Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 201 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurza Dwi Prisca Faradilla
Abstrak :
Meskipun bisnis online di Indonesia mulai tumbuh dan e-commerce kian populer, namun tetap saja masih banyak konsumen yang ragu dan takut untuk berbelanja secara online. Penelitian ini berfokus pada atribut pelayanan yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen online. Metode Kano model digunakan untuk mengelompokkan atribut-atribut penelitian sehingga dapat dipilih beberapa atribut pelayanan fashion online shop yang penting untuk peningkatan kualitas dan pengembangan inovasinya. Sedangkan metode conjoint analysis yang merupakan salah satu teknik analisa multivariat digunakan untuk memahami bagaimana preferensi konsumen terhadap fashion online shop. Karena pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen dapat meningkatkan kepuasan mereka, maka dibuatlah hasil penelitian berupa desain pelayanan fashion online shop yang sesuai dengan preferensi konsumen online.
Although the online business in Indonesia has now started growing and e- commerce increasingly popular, shop at online stores still more risky than shopping directly. There are still many consumers are hesitant and afraid to shop online. The research focuses on service attributes that can enhance online consumer trust. Kano model method is used to classify the attributes of research that can be chosen few fashion online shop service attributes that are important for improving the quality and innovation development. While conjoint analysis method, which is one of the technique in the multivariate analysis used to understand how respondents construct a preference for online fashion shop. Because the development of product that suit the need and preference of consumers can increase their satisfaction, then the result of research is fashion online shop service design that match to online consumer preference.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44359
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Fikri Supriyatna
Abstrak :
Tingginya tingkat kejadian bencana yang terjadi di Indonesia, menjadi latar belakang dari penelitian ini. Dengan memanfaatkan keahlian yang dimiliki oleh siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) khususnya siswa jurusan Teknik Konstruksi Kayu yang dapat membuat rumah semi permanen yang dapat dipasang dan di bongkar kembali (knockdown), diharapkan dapat membantu proses penanganan pengungsian yang membutuhkan tempat tinggal yang layak dan sesuai dengan harapan para pengungsi. Penelitian ini menganalisis beberapa atribut desain penyusun rumah knockdown sehingga didapatkan kombinasi yang benar-benar sesuai dengan keinginan responden yang merupakan korban pengungsian erupsi Gunung Merapi, Desa Krinjing, Jawa Tengah. Selain itu, dengan penelitian ini akan ditemukan tingkat kepentingan dari spesifikasi teknik yang akan diterapkan untuk membuat rumah knockdown tersebut. Penelitian ini dikemas dengan pendekatan statistik menggunakan metode Conjoint Analysis untuk mendapatkan kombinasi atribut, dan Metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mendapatkan tingkat kepentingan spesifikasi teknik rumah knockdown dimana kedua metode tersebut saling melengkapi satu sama lain untuk menunjang penelitian ini.
High frequency of disaster occured in Indonesia is the background of this study. By utilizing the expertise of vocational high school students (SMK) especially students majoring in Wood Construction Engineering to create semi-permanent houses that can be installed and dismantled (knockdown), is expected to help the process of refugees management in need of decent shelter and appropriate with the expectations of the refugees. This study analyzed several constituent design attributes of the knockdown house to get a combination that suits the respondents who were victims of the eruption of Merapi Mountain evacuation, Krinjing village, Central Java. In addition, the study will find the importance of the technical specifications that will be applied to make the knockdown house. This study is packed with statistical approach using Conjoint Analysis to get a combination of attributes, and Quality Function Deployment (QFD) to get the importance level of the technical specifications of the knockdown house in which the two methods is complementary to one another to support this research.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44666
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desti Yus Virgieni
Abstrak :
Perkembangan teknologi telekomunikasi menjadikan telepon seluler sebagai media komunikasi yang paling dekat dengan penggunanya. Telepon seluler kemudian dijadikan media baru untuk memasarkan produk atau promosi dari sebuah perusahaan. Media promosi dengan menggunakan telepon seluler dinamakan dengan Mobile advertising. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang preferensi konsumen terhadap penerimaan mobile advertising menggunakan conjoint analysis agar dapat menjadi strategi pemasaran yang tepat dan efektif sesuai dengan segmentasi penerima. Penelitian terdiri atas dua segmen, yaitu mahasiswa dan karyawan swasta. konsumen mahasiswa menyukai menerima sms mobile advertising yang berisi informasi potongan harga, menerima sms pada hari libur (weekend), menggunakan bahasa Indonesia, dan lokasi penerimaan di rumah atau kantor. Sedangkan konsumen karyawan swasta menyukai menerima sms mobile advertising yang berisi informasi potongan harga, menerima sms pada hari libur (weekend), menggunakan bahasa apa saja (Indonesia dan Inggris), serta mau menerima sms di mana saja.
The development of telecommunications technology to make mobile phones as a medium of communication that is closest to the user. The cell phone then used the new media to market your product or promotion of a company. Media campaigns using mobile phones called the Mobile advertising. Therefore, do research on consumer preferences toward mobile advertising revenue using the conjoint analysis in order to be a proper marketing strategy and effective according to the segmentation of the recipient. The study consisted of two segments, namely students and private sector employees. College student consumers like receiving mobile advertising, which provides discounts, receive message on holiday (weekend), using the Indonesian language, and location of the reception in your home or office. While consumers like private sector employees receive mobile advertising, which provides discounts, receive on holiday (weekend), using any language (Indonesian and English), and would receive anywhere.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indar Robbi Mardiyan
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan pada Departemen Leak Detection & Repair yaitu salah satu bagian dari PT. PALYJA yang bergerak di bidang pelayanan penanggulangan kebocoran pipa, baik pipa dinas dan pipa jaringan. Terkait dengan dilakukannya penelitian ini yaitu perlunya untuk meningkatkan mutu proses pelayanan penanggulangan kebocoran pipa dinas yang masih melebihi perjanjian waktu respon dengan PT. PAM Jaya, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap proses pelayanan guna mengidentifikasi pemborosan (waste) yang menyebabkan keterlambatan waktu respon. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan pendekatan Lean Six Sigma untuk mengidentifikasi dan memperbaiki sumber permasalahan pada proses pelayanan dengan tahapan DMAIC yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control. Hasil yang diperoleh adalah faktor-faktor yang berpengaruh pada kecepatan proses pelayanan dan usulan perbaikan guna mengurangi pemborosan pada alur proses pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh usulan berupa perbaikan jadwal kerja tim motor, perbaikan pengaturan dan pengawasan SPPK, dan perubahan jadwal pencetakan informasi kebocoran.
This research was conducted at Leak Detection & Repair of PT. PALYJA which runs a service of pipe leaks, whether network or house connection pipe. Related to this research is the needs to improve quality of house connection pipe leaks service that still out of response time based on the contract with PT. PAM Jaya, therefore it is need to do an analysis of process services to identify wastes that make the response time longer. The method that use in this research was Lean Six Sigma approach to identify and improve source trouble within the service process with DMAIC phases that is Define, Measure, Analyze, Improve and Control. The obtained results are the factors that affect the speed of the service process and the proposed improvements to reduce wastes in the service process flow. Based on the results, the proposed form are repairing team work schedule, improved regulation and supervision of the FC, and change printing schedule of information leakage.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44465
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Humaira
Abstrak :
Dengan permasalahan yang kompleks pada sistem pengelolaan sampah di DKI Jakarta, dibutuhkan sebuah pendekatan yang komprehensif terhadap sistem tersebut. Salah satu pendekatan itu adalah pendekatan makroergonomi, dimana salah satu metode yang dapat digunakan adalah Macroergonomic Analysis and Design (MEAD). Melalui tahapan MEAD, diketahui varian kunci dari sistem ini adalah kesalahan pembuangan sampah pada tempatnya oleh warga DKI Jakarta. Salah satu solusi technical support yang dapat diterapkan adalah perbaikan tempat sampah pilah. Proses perbaikan ini menerapkan New Product Development Processes (NPD Processes). Pengembangan baru dari tempat sampah ini memiliki beberapa fitur, seperti tanda warna, lambang pemilahan, pembedaan lubang, penutup kontainer, pengait kantung sampah, fungsi ayun, dan media informasi.
With the complex problems in the waste management system in Jakarta, it takes a comprehensive approach to the system. One of the approaches that could be used is the macro-ergonomics approach, where one of the methods is Macroergonomic Analysis and Design (MEAD). Through stages of MEAD, known key variants of this system is human error to dispose the waste into the proper bin. One solution that can be applied to technical support is improved recycle bins. New Product Development Processes (NPD Processes) is implemented to develop the recycle bin. The new recycle bin development has some features, such as colour coding, signs of waste segregation, differentiation of holes, container?s lids, trash bag?s hooks, swing feature of the bin, and information media.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44670
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldianto
Abstrak :
UKM memiliki potensi yang besar sebagai pilar perekonomian bangsa. Namun bersamaan dengan hal tersebut, terdapat berbagai masalah yang menghambat perkembanganya, diantaranya adalah buruknya kemasan produk UKM tersebut. Kemasan produk-produk UKM yang ada kini dianggap buruk, kotor dan tidak menarik. Permasalahan kemasan inilah yang merupakan salah satu faktor mengapa konsumen kurang tertarik untuk membeli dan kalahnya produk UKM dalam bersaing dengan produk lainnya. Penelitian ini membahas bagaimana desain kemasan produk UKM yang berkualitas dan lebih menarik bagi konsumen. Sebagai sebuah pilot project, penelitian ini akan memfokuskan pada studi kasus kemasan produk makanan olahan yang berada pada UKM kota Depok. Metode Kansei Engineering digunakan dalam penelitian ini untuk memformulasikan rancangan kemasan produk yang baru. Dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat 4 komponen yang merepresentasikan keinginan konsumen, yaitu Attractiveness, Robustness, Handy&Green, dan Lightness. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terbentuknya 4 usulan rancangan baru untuk kemasan produk makanan olahan yang memenuhi masing-masing komponen tersebut. Rekonfirmasi desain baru juga menunjukan adanya perubahan signifikan terhadap penilaian pada desain kemasan baru dibanding pada kemasan produk lama.
SME has been proven as one of important pillars of national economy. Unfortunately, there are still some problems that hinder its development, such as the quality of the product packaging. The existing SME product packaging are considered poor, dirty and unattractive. Packaging problem is one of factors why consumers are less interested in buying and why SME products always loose the competition with other products. This study discusses about how to design a better SME product packaging with focus on psychological (affective) aspects of the customers by means of Kansei Engineering method. In this research noted that there are four components that represent the consumer?s desires, Attractiveness, Robustness, Handy & Green, and Lightness. The final result of this research is the creation of 4 new design for the product package that satisfy each of those components. Reconfirmation new design also showed the new designs have a significant increase in valuation than the old ones.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52763
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Tri Prasetyo
Abstrak :
Flute adalah salah satu instrumen tiup dari keluarga woodwind dan Yamaha Music Manufacturing Indonesia merupakan salah satu produsen flute. Selama ini Yamaha kurang mengetahui preferensi mengenai flute model apa yang paling diminati oleh konsumen, sehingga konsumen sering tidak berhasil mendapatkan model flute yang diinginkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yamaha flute model x71 adalah Yamaha flute yang paling diminati oleh konsumen dan inovasi atribut baru yang diharapkan adalah B to C# trill. Pada akhir penelitian, penulis mengurutkan model flute paling diminati hingga paling tidak diminati serta mendesain ulang Yamaha flute sesuai preferensi konsumen.
Flute is one of wind instruments from woodwind family and Yamaha Music Manufacturing Indonesia is one of the flute producers. All this time, Yamaha flute does not know the favored flute models by consumers, so consumers are often unable to get the desired flute. Results of this study indicate that the Yamaha flute model x71 is the most desired flute by consumers and consumers expected B to C# trill attribut for the new innovation. At the end of the study, the authors sort flute models from the most favored until the least favored flute, and redesign the Yamaha flute that match with consumer preferences.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45475
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agasi Mualim
Abstrak :
Penggunaan website saat ini sudah menjadi bagian esensial dalam melakukan proses bisnis. Namun kurangnya perhatian perancang mengenai penggunaan metodologi dalam pengembangan website mengakibatkan kualitas dari website menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Akibatnya, tingkat usability dari website yang ada tidak mampu menarik banyak kunjungan. Sebagai bahan studi kasus, penulis menggunakan website yang dimiliki oleh Fakultas Teknik di Universitas Indonesia. Untuk meningkatkan usability dari website Fakultas Teknik Universitas Indonesia, dilakukan penelitian untuk merancang ulang website tersebut dengan menggunakan metode Fuzzy Delphi untuk menentukan penggunaan tipe media bagi masing-masing konten yang disediakan di website serta menentukan tata letak dari masing-masing konten pada setiap halaman web. Selain itu digunakan juga Metode Fuzzy Cognitive Maps untuk memodelkan hubungan dari konten yang disediakan dengan tipe media yag diajukan. Penelitian ini menghasilkan rancangan purnarupa dari 12 halaman web untuk website Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan dengan jumlah total sebanyak 36 konten disediakan untuk dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Utilizing website in business process has become essential. But lot of web designer have no respect of using methodology in developing a website causes the quality that website do not meet the needs of its users. On the other hand, usability level of the website could not attract a lot of visitation from any user. On this paper, researcher using Engineering Faculty in University of Indonesia?s website to be studied. To increase the usability of this website, research conducted by redesign the website using Fuzzy Delphi Method to determine the media type to presenting each service and also to determine the services layout of each web page. In addition, this research also uses Fuzzy Cognitive Maps to models the interrelationship between each services and media type. Resulting the prototype of 12 web page for website owned by Engineering Faculty in University of Indonesia with total 36 services provided in this website to gives an optimal information for the users.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57974
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benjamin Ibnu Almer
Abstrak :
Industri kosmetik merupakan salah satu sektor penting yang dapat medukung perekonomian nasional. Untuk melakukan tindakan preventif dalam rangka menghadapi pasar bebas ASEAN di tahun 2015, personalisasi dapat dilakukan untuk dijadikan nilai tambah bagi produk dalam negeri. Dalam rangka mencari diferensiasi, maka dilakukan perancangan kemasan produk secara khusus. Metode Kansei Engineering tipe I merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Digunakan Principal Component Analysis dan Partial Least Square Regression dalam analisis statistik multivariat. Principal Component Analysis digunakan dalam mengelompokkan variabel-variabel kansei word yang memiliki korelasi tinggi ke dalam komponen-komponen. Partial Least Square Regression digunakan untuk mendapatkan category tiap item yang dapat merepresentasikan spesifikasi desain tiap komponen. Dalam penelitian ini, ekspektasi pelanggan terhadap kemasan produk kosmetik dapat digolongkan menjadi Cheerful, Fresh, Chic, Relaxing, dan Mild. Hasil akhir dari penelitian ini adalah desain 3D yang didasarkan pada spesifikasi desain yang dapat mewakili keinginan konsumen. Setelah dilakukan rekonfirmasi desain baru, dapat dilihat bahwa terdapat perubahan signifikan dari sampel produk yang beredar di Indonesia.
The cosmetic industry is one of the important sectors that can support the national economy. In order to face the ASEAN free market on 2015, personalization can be utilized to become some added values of Indonesian?s local product. For finding the differentiation, the packaging design of the product needs to be done in specific ways. Kansei Engineering type 1 is the method applied in this research. Principal Component Analysis and Partial Least Square Regression were used for multivariate statistical analysis. Principal Component Analysis was used to group kansei words with a high correlation into components. Partial Least Square Regression was used to get category for each item that can represent component?s design specification. Customer?s expectation to the cosmetic product is specified by five components, which are Cheerful, Fresh, Chic, Relaxing, and Mild. The result of this research is 3D design based on the design specification that represents the customer?s desire.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57826
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Herawati
Abstrak :
Munculnya jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi sangat mengambil perhatian masyarakat di Jabodetabek untuk menggunakan aplikasi tersebut dan bergabung menjadi pengemudi maupun pengguna. Namun, masih banyak sekali kesulitan dalam menggunakan aplikasi yang dirasakan baik dari sisi pengemudi maupun pengguna. Sebuah penelitian terkait persepsi pengguna dan pengemudi terhadap teknologi tersebut dibutuhkan untuk terus mengembangkan jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi ini. Penelitian ini berfokus pada studi kasus PT Gojek Indonesia. Analisis faktor yang berhubungan dengan proses pengadopsian pengguna dan pengemudi terhadap produk teknologi jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi akan dilakukan menggunakan model terintegrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Analisis akan dilakukan dan data akan diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi pengemudi kesan positif yang dirasakan tergolong rendah, namun kebermanfaatan dirasakan tergolong tinggi sehingga Gojek diharapkan mampu meningkatkan kualitas aplikasi untuk meningkatkan kesan positif. Dari sisi pengguna, kesan positif dan kebermanfaatan sudah dinilai cukup tinggi sehingga Gojek diharapkan mampu mempertahankan posisi dengan memberikan beberapa inovasi agar terus dapat berkompetisi.
The new service of online transportation reservation is currently popular, encouraging other people to join as a driver and as a user. However, there are still many difficulties in using the applications from both the driver's side and the user’s side. A related study of users and drivers perception about technology adoption is needed to develop transportation reservation applications. This research focuses on case study of PT Gojek Indonesia. Analysis of factors related to users and drivers’ technology adoption of transportation reservation applications will be done using the integrated model Technology Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB). The analysis will be conducted and the data will be processed using the method of Structural Equation Modelling (SEM). The results showed low attitude towards behavior, yet high perceived usefulness from the driver's side so Gojek is expected to improve the quality of its application to enhance the positive impression from the driver's side. From the user side, the attitude towards behavior and perceived usefulness has been rated high enough so that Gojek is expected to maintain their current position by providing some innovation.
2016
S62057
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>