Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 32 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Awanis Linati Haziroh
"Runtuhnya organisasi seperti Lehman Brothers dan Enron adalah petunjuk singkat tentang pentingnya perilaku etis. Bukan hanya di perusahaan keuangan saja, perusahaan farmasi di Indonesia juga mengalami kasus yang sama yaitu ketidaksesuain pencatatan laporan keuangan atau penggelembungan dana di mana adanya pelanggaran terhadap etika bisnis. Kepemimpinan adalah faktor paling penting untuk mendorong keterlibatan dan retensi karyawan. Manajemen yang baik sangat penting untuk keberhasilan mempertahankan dan membuat karyawan lebih terlibat dan manajemen yang buruk sering disebut sebagai alasan mengapa karyawan meninggalkan pekerjaan mereka. Penelitian ini dilakukan untuk melihat dampak ethical leadership pada work engagement dengan organizational identification sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mendistribusikan kuesioner untuk mengumpulkan data dari responden. Sampel penelitian ini adalah 123 karyawan X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ethical Leadership Survey (ELS) untuk menilai kepemimpinan etis dan Utrecht Work Engagement Survey (UWES) untuk menilai keterlibatan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organizational identification terbukti memediasi antara ethical leadership dan work engagement.

The collapse of organizations such as Lehman Brothers and Enron is a brief guide to the importance of ethical behavior. Not only in financial companies, pharmaceutical companies in Indonesia also experience the same case, namely incompatibility of recording financial statements or inflating funds where there are violations of business ethics. Leadership is the most important factor to encourage employee engagement and retention. Good management is very important for the success of maintaining and making employees more engaged and poor management is often referred to as the reason why employees leave their jobs. This study was conducted to see the impact of ethical leadership on work engagement with organizational identification as a mediating variable. The quantitative approach is used in this study by distributing questionnaires to collect data from respondents. The sample of this study were 123 X employees. The instruments used in this study are the Ethical Leadership Survey (ELS) to asses ethical leadership and the Utrecht Work Engagement Survey (UWES) to assess work engagement. The results of the study show that organizational identification is proven to mediate between ethical leadership and work engagement"
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54682
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Nur Rochman
"Kepemimpinan dalam hubungan relasional terjadi ketika terdapat klaim dari seorang individu bahwa dirinya mampu memimpin dan klaim tersebut didukung (dalam bentuk pemberian endorsement) oleh individu lain. Dengan menggunakan social identity theory of leadership, penelitian ini bertujuan menguji faktor pemimpin dan bawahan yang memengaruhi pembentukan leader endorsement. Dengan menggunakan teknik convenience sampling, sampel penelitian yang terkumpul adalah 186 pekerja swasta di Indonesia. Data dikumpulkan melalui online survey dengan alat ukur yang memiliki reliabilitas 0.7-0.9.
Hasil analisa moderated regression menunjukkan: (1) bawahan memberikan endorsement kepada pemimpin yang prototipikal, (2) bawahan dengan organizational identification akan memberikan leader endorsement, (3) efektivitas pemimpin memperlemah hubungan positif antara leader prototypicality dengan leader endorsement.
Hasil ini menunjukkan pemimpin dengan prototipikalitas yang rendah tetap berkesempatan mendapatkan endorsement, jika menampilkan perilaku efektif. Penelitian ini berkontribusi menjelaskan bagaimana persepsi atas karakteristik pemimpin dan identifikasi bawahan terhadap organisasinya dapat membentuk leader endorsement. Penelitian ini juga berkontribusi menjelaskan perilaku seperti apa yang sebaiknya ditampilkan pemimpin untuk mendapatkan dukungan dari bawahan.

Relational leadership will be formed when there is a claim from a person that he/she is capable to lead and that claim is supported in the form of endorsement from other person. By using social identity theory of leadership, this study aims to determine what factors from leaders and followers that possibly have an impact on the construction of leader endorsement. By using convenience sampling technique, samples that were collected are 186 private workers across Indonesia. Data were collected through online survey with scales reliability ranging from 0.7-0.9.
Moderated regression analysis shows that: (1) followers will give their endorsement towards prototypical leaders, (2) followers with organizational identification will formed an endorsement towards their leaders, (3) leader effectiveness will weakened the positive relations between leader prototypicality and leader endorsement.
This result indicates that low prototypical leader still has an opportunity to be endorsed if they are showing effective behavior. This study contributes to explain how followers perception towards their leaders prototypicality and followers identification towards their organization will formed leader endorsement. This study also contributes to explain what kind of leadership behavior that could get followers endorsement.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Setyo Nur Fitriani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang menentukan perusahaan dalam menerbitkan obligasi, serta pengaruh penerbitan obligasi terhadap firm value. Penerbitan obligasi diukur dengan 1 untuk perusahaan yang menerbitkan obligasi dan 0 sebaliknya. Firm value dalam penelitian ini diukur dengan Tobin rsquo;s Q. Selain itu dalam penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol antara lain size, leverage, liquidity, profitability, interest coverage, foreign capital access, sales growth, dan free cash flow.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan publik non-keuangan periode 2010 sampai dengan 2015. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa size, profitability, leverage, sales growth, dan foreign capital access berpengaruh positif menentukan probabilitas penerbitan obligasi. Liquidity dan interest coverage berpengaruh negatif menentukan probabilitas penerbitan obligasi. Hasil penelitian ini konsisten dengan pecking order teory dan static trade-off theory. Selain itu penerbitan obligasi berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap firm value. Sehingga perusahaan hendaknya lebih mempertimbangkan dalam pemilihan sumber pendanaan dengan menerbitkan obligasi.

ABSTRACT
This study aims to examine the factors that determine the company in issuing bonds, as well as the effect of issuing bonds to firm value. Issuance of bonds is measured by 1 for companies issuing bonds and 0 otherwise. Firm value in this study is measured by Tobin 39 s Q. In addition, this research also uses control variables such as size, leverage, liquidity, profitability, interest coverage, foreign capital access, sales growth, and free cash flow.The sample used in this research is non financial public company period 2010 to 2015. The result of this research shows that size, profitability, leverage, sales growth, and foreign capital access have positive influence to determine the probability of bond issuance. Liquidity and interest coverage negatively influence the probability of issuing bonds. The results of this study are consistent with pecking order theory and static trade off theory. In addition, the issuance of bonds has a negative and insignificant effect on firm value. So the company should be more consider in the selection of funding sources by issuing bonds."
2017
S67652
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadel Ahmad Fadhilah
"ABSTRAK
Mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten dan mampu bersaing secara global merupakan tujuan yang harus dicapai oleh pemerintah Indonesia di bidang pendidikan dan perlu dilakukan peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh tenaga kependidikan. Oleh karena itu diperlukan berbagai perilaku yang terkait dengan kepuasan kerja, seperti employee engagement dan identifikasi organisasi agar perilaku kerja menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan pada 318 staf pengajar tetap di salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa identifikasi organisasi dapat berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan employee engagement dan employee engagement berperan sebagai mediator antara identifikasi organisasi dan kepuasan kerja. Meningkatkan rasa memiliki tenaga kependidikan dengan menanamkan nilai dan tujuan universitas dapat membantu tenaga kependidikan mengabdikan diri untuk bekerja dan meningkatkan kepuasan kerja.

ABSTRACT
Realizing competent human resources and able to compete globally is a goal that must be achieved by the Indonesian government in the field of education and it is necessary to improve the quality of education carried out by educational personnel. Therefore, various behaviors related to job satisfaction are needed, such as employee engagement and organizational identification so that work behavior can be better. This research was conducted on 318 permanent teaching staff at one of the leading universities in Indonesia. Data processing was performed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The findings in this study explain that organizational identification can have a positive effect on job satisfaction and employee engagement and employee engagement acts as a mediator between organizational identification and job satisfaction. Increasing the sense of belonging to the education staff by instilling the values ​​and goals of the university can help education personnel dedicate themselves to work and increase job satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pandapotan
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan intervensi untuk meningkatkan kolaborasi dan kompetensi pada karyawan di strategic job family PT XYZ. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi perubahan strategi XYZ dalam meningkatkan daya saing dalam kompetisi global. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengukur organizational identification pada karyawan di divisi yang akan digabung (merge) yang berdasarkan survey engagement memiliki nilai kolaborasi antar divisi rendah. Secara spesifik, kolaborasi sebagai suatu variable juga terdiri dari beberapa dimensi yang berproses di dalamnya. Ada lima dimensi yang diukur yaitu governance, administration, organizational autonomy, mutuality dan norms.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara organizational identification dan kolaborasi. Selain itu, berdasarkan perhitungan deskriptif didapatkan perbedaan nilai dari dimensi-dimensi yang membentuk kolaborasi. Dimensi yang dianggap rendah yang menjadi dasar rancangan program intervensi ini, yang mengkombinasikan antara intervensi proses kelompok serta beberapa inisiatif knowledge management.

The purpose of this research is to develop interventions to improve employee collaboration and competence in strategic job family at XYZ. This is done in anticipation of strategy changes in the XYZ to increase competitiveness in the global competition. This study used quantitative methods to measure organizational identification on employee in that division will be merged (merge) and also based on a survey of engagement has a low value of collaboration among divisions. Specifically, the collaboration as a variable also consists of several dimensions process in it. There are five dimensions were measured, namely governance, administration, organizational autonomy, mutuality and norms.
The results showed that there was no significant relationship between organizational identification and collaboration. In addition, based on the calculation, it showed differences value of the dimensions that make up the collaboration. Lower perceived dimensions on which to base the design of the intervention program, which combines the intervention group process and knowledge management initiatives.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42583
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Made Sekar Ratih Prabhacitra
"Studi ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara komitmen afektif organisasi, identifikasi organisasi dan employer branding, serta apakah employoyee engagement berfungsi sebagai faktor mediasi di antara keduanya. Keandalan dan validitas model telah diatasi melalui Confirmatory Factor Analysis. Structural Equation Modeling (SEM) telah digunakan untuk menentukan kontribusi employer branding melalui komitmen organisasional. Temuan menunjukkan bahwa aspek employer branding serta identifikasi organisasi merupakan prediktor penting dari komitmen afektif organisasi. Hasil penelitian juga menjelaskan peran employee engagement dalam perannya sebagai mediator. Studi ini menganalisis dampak dari employer branding dalam startup teknologi dari sudut pandang karyawan yang ada di negara berkembang seperti Indonesia.

This study aims to investigate the relationship between organizational commitment and various aspects of employer branding, as well as whether organizational identification functions as a mediating factor between the two. The reliability and validity of the model have been addressed through Confirmatory Factor Analysis. Structural Equation Modeling (SEM) has been used to determine the contribution of employer branding through organizational commitment. Findings indicate that developmental values, an aspect of employer branding, as well as organizational identification, are important predictors of affective organizational commitment. The research results also highlight the role of employee engagement as a mediator. This study analyzes the impact of employer branding in the technology startup businesses from the perspective of employees in developing countries like Indonesia."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Aliy Andra Putra
"Perubahan besar yang dipicu oleh globalisasi dan pandemi COVID-19 telah menuntut adaptasi dan kreativitas dalam dunia kerja, khususnya di era digital. Generasi milenial dan gen Z, yang mendominasi tenaga kerja saat ini memiliki peran penting dalam menciptakan keunggulan kompetitif dan menjaga keberlanjutan organisasi khususnya startup. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis seberapa besar pengaruh perceived authentic leadership, organizational identification, dan terhadap employee creativity yang dimediasi oleh work engagement pada pekerja startup di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metodologi berbasis survey menggunakan kuesioner online dengan penilaian menggunakan Skala Likert. Data 243 orang responden dianalisis menggunakan teknik partial least squares structural equation modeling (PLSSEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived authentic leadership dan organizational identification berpengaruh positif terhadap employee creativity, baik secara langsung maupun melalui mediasi work engagement.

Significant changes triggered by globalization and the COVID-19 pandemic have required adaptation and creativity in the world of work, especially in the digital era. The millennial and Z generation, which dominate the workforce today, have an essential role in creating competitive advantages and maintaining the sustainability of organizations, especially startups. This research aims to measure and analyze the influence of Perceived Authentic Leadership, Organizational Identification, and Employee Creativity mediated by Work Engagement in millennial employees who work in startups (Jabodetabek). This research uses a survey-based methodology using an online questionnaire with assessments using a Likert Scale. Data from 243 respondents was analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) technique. The research results show that perceived authentic leadership and organizational identification positively affect employee creativity, both directly and through the mediation of work engagement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ridha Bintang
"Penelitian mengenai generasi milenial atau generasi “Y” merupakan sebuah topik penelitian yang menarik, kontekstual dan seksi untuk dilakukan. Peran mereka dewasa ini juga menjadi kian penting dengan semakin besarnya kuantitas mereka di dunia kerja dan juga kualitas mereka yang sudah banyak mengisi beberapa posisi di perusahaan terkemuka yang ada di Indonesia. Studi empiris ini bertujuan unutk menganalisis pengaruh dari organizational engagement terhadap job satisfaction baik secara langsung dan melalui adanya mediasi dari organizational identification dan organizational commitment. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner digital untuk mengumpulkan data yang dihimpun melalui sosial media. Responden yang terlibat dalam penelitian ini ditentukan dengan metode non probability sampling, dengan populasi responden yang seluruhnya merupakan karyawan dari generasi milenial dengan pengalaman minimal satu tahun kerja. Hasil yang ditemukan menggambarkan bahwa ada aspek yang mempengaruhi hubungan yang dimediasi dalam hipotesis. Diskusi, implikasi manajerial, dan saran atas penelitian ini selanjutnya diberikan di akhir laporan akhir ini.

The study of the millennial generation or the "Y" generation is an interesting, contextual and sexy research topic to do. Their role nowadays has also become increasingly important with their increasing quantity in the world of work and also the quality of those who have filled a number of positions in companies and even in government. This empirical study aims to analyze the effect of organizational engagement on job satisfaction both directly and through the mediation of organizational identification and organizational commitment. The approach used uses a quantitative approach through a digital questionnaire to collect data collected through social media. Respondents involved in this study were determined using a non-probability sampling method, with a population of respondents who were all employees of the millennial generation with at least one year of work experience. The results found illustrate that there are aspects that affect the relationship that is mediated in the hypothesis. Discussions, managerial implications, and suggestions for this study are provided at the end of this final report.."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Putri Nurfida
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh involved communication terhadap readiness for change yang dimediasi oleh organizational identification dan change recipients’ beliefs pada pendidik dan tenaga kependidikan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross-sectional dan metode purposive sampling dalam mengumpulkan data primer dengan jumlah sampel 211 responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa involved communication memiliki pengaruh positif terhadap organizational identification dan change recipients’ beliefs, memiliki pengaruh bersifat negatif terhadap resistance to change, tetapi tidak memiliki pengaruh positif terhadap readiness for change. Kontribusi teoritis penelitian ini adalah dapat menemukan pengaruh positif involved communication terhadap organizational identification, change recipients’ beliefs, dan readiness for change dan disaat yang sama memiliki pengaruh negatif terhadap resistance to change. Selain itu, kontribusi praktis dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan untuk dapat menciptakan strategi komunikasi dan keterlibatan tenaga pendidik dan kependidikan perguruan tinggi yang lebih kreatif dan menyesuaikan perkembangan zaman.

This study aims to determine the effect of involved communication on readiness for change mediated by organizational identification and change recipients’ beliefs in the educators and educational staff in state and private universities in Indonesia. This quantitative research uses cross-sectional design and purposive sampling method to collect primary data with a number of 211 respondents. Data processing is performed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results of this study indicate that involved communication has a positive influence on organizational identification and change recipients’ beliefs, has a negative effect on resistance to change, but does not have a positive effect on readiness for change. The theoretical contribution of this research is that it can find the positive influence of involved communication on organizational identification, change recipients’ beliefs, and readiness for change and at the same time have a negative influence on resistance to change. Meanwhile, the practical contribution is a material consideration to be able to create a communication strategy and involvement of educators and tertiary education staff who are more creative and adapt to the time."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhira Alifah
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh efek ethical leadership terhadap organizational cynicism dari karyawan perusahaan e-commerce di Jabodetabek. Penelitian ini menguji mekanisme variabel leader-member exchange dan organizational identification sebagai variabel mediasi dengan menggunakan pendekatan structural equation modelling (SEM) dari data yang didapatkan melalui survei cross-sectional dari 195 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ethical leadership tidak berpengaruh negatif terhadap organizational cynicism yang dirasakan oleh karyawan perusahaan e-commerce di Jabodetabek. Selain itu, leader-member exchange dan organizational identification tidak memediasi hubungan antara ethical leadership dan organizational cynicism secara parsial. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan teori pada variabel penelitian ini yaitu ethical leadership, leader-member exchange, organizational identification, dan organizational cynicism. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi terhadap implikasi manajerial yang dapat diterapkan diterapkan oleh organisasi terkait dengan konsep ethical leadership, leader-member exchange, organizational identification, dan organizational cynicism.

This study aims to see the effect of ethical leadership on organizational cynicism of employees of e-commerce companies in Greater Jakarta (Jabodetabek). This study examines the mechanism of the variable leader-member exchange and organizational identification as a mediating variable using a structural equation modeling (SEM) approach from data obtained through a cross-sectional survey of 195 respondents. The results of this study indicate that ethical leadership does not affect organizational cynicism perceived by employees of e-commerce companies in Greater Jakarta negatively. In addition, leader-member exchange and organizational identification did not partially mediate the relationship between ethical leadership and organizational cynicism. This study contributes to the development of theory on the variables of this study, namely ethical leadership, leader-member exchange, organizational identification, and organizational cynicism. Furthermore, this study also contributes to managerial implications that can be applied by organizations related to the concept of ethical leadership, leader-member exchange, organizational identification, and organizational cynicism."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>