Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Desyani Aviciena Adiyuwono Putri
Abstrak :
Latar belakang: Seorang mahasiswa kedokteran harus memiliki kemampuan sebagai pembelajar dewasa yang mawas diri dan mampu belajar sepanjang hayat. Demi menciptakan hal tersebut, strategi pembelajaran yang digunakan saat ini di pendidikan kedokteran yaitu Student Centered Learning (SCL) dengan salah satu pendekatannya Problem Based Learning (PBL). Pada proses PBL mahasiswa dituntut untuk dapat mengatur dirinya dalam pembelajaran atau memiliki kemampuan Self-regulated Learning (SRL) untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat strategi yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan SRL dalam PBL. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi SRL pada PBL dan faktor yang mempengaruhinya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden diambil dengan teknik maximum variation sampling. Sebanyak enam FGD mahasiswa dan tiga FGD staf pengajar dilaksanakan untuk mengeksplorasi implementasi SRL pada PBL. Sebagai triangulasi data dilakukan enam observasi proses PBL. Hasil: Hasil penelitian didapatkan SRL diimplementasikan secara terintegrasi dengan proses PBL. Terdapat usaha staf pengajar atau institusi dan mahasiswa dalam mengimplementasikan SRL. Usaha staf pengajar yang teridentifikasi yaitu menganalisis tugas sebagai bentuk persiapan, menyelenggarakan assessment for learning, memberikan umpan balik dan beberapa peran staf sebagai fasilitator, memberikan dorongan positif, memonitor mahasiswa, dan melakukan intervensi strategi belajar. Usaha yang dilakukan oleh mahasiswa antara lain analisis tugas, memiliki orientasi tujuan, dapat memonitor proses belajarnya, mencari bantuan orang lain, memiliki motivasi, menetapkan strategi belajar terbaik, menetapkan suasana belajar dan melakukan self-assessment. Terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi implementasi SRL dalam PBL misalnya skenario, materi, capaian pembelajaran, keberadaan teman dalam proses PBL, karakteristik staf pengajar, dan karakteristik mahasiswa. Kesimpulan: SRL diimplementasikan dalam pendekatan PBL dengan adanya peran serta staf pengajar, institusi dan mahasiswa, sehingga PBL dapat dimanfaatkan untuk melatih kemampuan SRL mahasiswa agar mampu belajar sepanjang hayat ......Background: A medical student should have an ability to be an adult learner who applies self-introspection and long-life learning. To achieve that goal, one of the current strategies used in medical education is Student Centered Learning (SCL) with Problem Based Learning (PBL) approach. In PBL process, the students are required to have Self-regulated Learning (SRL) capability to achieve their goal. There are strategies that can be applied to practice SRL ability. Aims: This study is aimed to explore the implementation of SRL on PBL and their influencing factors. Methods: This study used a qualitative method with case study approach. Respondents were taken by maximum variation sampling method. Six student FGDs and three teacher FGDs were conducted to explore the implementation of SRL on PBL. As a triangulated data, six PBL processes were observed. Results: The study showed that SRL was integrated into the PBL process. Both teachers or institution and students had their own roles. The roles of teacher identified were analyzing the students’ tasks as a form of preparation, conducting assessment for learning, giving feedback, facilitating the students, encouraging in a positive way, monitoring the students, and intervening learning strategies. The roles of students were analyzing task, determining goal orientation, monitoring their learning process, help-seeking, creating self-motivation, determining the best learning strategies and learning environment, and conducting self-assessment. There were other factors which could influence SRL on PBL such as scenario, learning materials, learning outcomes, availability of peers, characteristics of teachers and students. Conclusion: SRL is implemented on PBL approach supported by the roles of teachers, institution, and students so that PBL could be utilized to train students’ SRL ability, so that students can have lifelong learning
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Yuri Perwita
Abstrak :
Latar Belakang: Telah diketahui bahwa paradigma pendekatan pembelajaran sekolah kedokteran saat ini menuju pendekatan pembelajaran student-centered learning, namun, perubahan pendekatan pembelajaran ini akan sulit dilakukan jika konsepsi yang dimiliki oleh seorang dosen berbeda dengan pendekatan student-centered learning. Oleh karena itu, perlunya instrumen COLT adaptasi Bahasa Indonesia yang diharapkan dapat mengukur konsepsi dosen kedokteran Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan instrumen pengukuran konsepsi dosen kedokteran mengenai pembelajaran dan pengajaran yang valid dan reliabel Metode: Penelitian ini merupakan penelitian psikometri yang termasuk dalam studi eksplorasi untuk menilai validitas kuesioner COLT adaptasi Bahasa Indonesia pada dosen kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Penelitian ini melalui 3 tahap, yaitu adaptasi bahasa, wawancara kognitif, dan pengumpulan data untuk validasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan perangkat SPSS 26 dengan exploratory factor analysis (EFA). Hasil: Validitas konten pada tahap expert panel dilakukan oleh 6 orang ahli dengan menghitung nilai i-CVI dan didapatkan hasil 0,95. Hasil wawancara kognitif menunjukkan perbaikan bahasa pada beberapa butir pernyataan. Sejumlah 91 kuesioner disebar kepada dosen pada dua institusi berbeda. Hasil uji validitas konstruk menunjukkan terdapat 2 butir pernyataan dikeluarkan dari kuesioner. Ekstraksi dengan metode principal component analysis dan rotasi direct oblimin memperoleh 3 faktor. Nilai koefisien Cronbach alpha COLT adaptasi Bahasa Indonesia sebesar 0,744. Terdapat perbedaan bermakna pada kategori pengalaman mengajar, jenis kelamin, dan asal institusi Kesimpulan: Instrumen COLT adaptasi Bahasa Indonesia merupakan instrumen yang valid dan reliabel ......Backgrounds: It is known that the paradigm of the current medical school learning approach is towards a student-centered learning, however, changing this learning approach will be difficult if the conception held by a teacher is different from the student-centered learning approach. Therefore, the Indonesian version of the COLT instrument is needed, which is expected to help measure the conceptions of Indonesian medical teachers. The aim of this study was to obtain a valid and reliable instrument for measuring conceptions of learning and teaching for medical teachers. Methods: This study is a psychometric study included in an exploratory study to assess the validity of the Indonesian adapted COLT questionnaire for medical Teachers at the Faculty of Medicine, Gunadarma University and the Faculty of Medicine University of Indonesia. This research went through 3 stages, which consists of language adaptation, cognitive interview, and data collection for validation. The data obtained were then analyzed using SPSS 26 with EFA. Results: Content validity at the expert panel stage was carried out by 6 experts by calculating the i-CVI value and the result was 0.95. The results of cognitive interviews showed improvement in language in several statements. A total of 91 questionnaires were distributed to 2 different institutions. The results of the construct validity test showed that there were 2 statements from the questionnaire excluded. Extraction using PCA method and direct oblimin rotation obtained 3 factors. The value of the cronbach alpha COLT for Indonesian adaptation is 0.744. There are significant differences in the categories of teaching experience, gender, and institutional origin. Conclusion: The Indonesian adaptation COLT instrument is a valid and reliable
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Dwi Jatirizki Ramadhana
Abstrak :
ABSTRAK
Student Centered E-Learning (SCeLE) merupakan media pembelajaran online yang mulai digunakan pada tahun 2008. Penggunaan SCeLE pada Cluster Sosial dan Humaniora paling rendah dibandingkan dengan Cluster Sains dan Teknologi dan Cluster Ilmu Kesehatan di Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penerimaan teknologi yang mempengaruhi tingkat kepuasan siswa sosial dan humaniora dalam menggunakan SCeLE. Penelitian ini menggunakan kombinasi model kesuksesan informasi teori DeLone & McLean dan Technology Acceptance Model (TAM) dengan analisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian terhadap 9 hipotesis, yaitu 7 hipotesis diterima dan 2 hipotesis ditolak. Hipotesis yang ditolak adalah bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap persepsi kegunaan, dan kualitas sistem berpengaruh terhadap persepsi kegunaan. Hipotesis yang diterima adalah Kualitas layanan mempengaruhi persepsi kemudahan kita, Kualitas informasi mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan, Kualitas informasi mempengaruhi persepsi kegunaan, Kualitas sistem mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi niat perilaku, persepsi kegunaan mempengaruhi niat perilaku, perilaku niat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
ABSTRACT
Student Centered E-Learning (SCeLE) is an online learning media that began to be used in 2008. The use of SCeLE in the Social and Humanities Cluster is the lowest compared to the Science and Technology Cluster and the Health Science Cluster at the University of Indonesia. This study aims to determine the technology acceptance factors that affect the level of social and humanities student satisfaction in using SCeLE. This study uses a combination of the DeLone & McLean theorys information success model and the Technology Acceptance Model (TAM) with analysis using SEM-PLS. The results of the study on 9 hypotheses, namely 7 hypotheses accepted and 2 hypotheses rejected. The rejected hypothesis is that service quality affects perceived usefulness, and system quality affects perceived usefulness. The accepted hypothesis is that service quality affects our perceived convenience, information quality affects perceived ease of use, information quality affects perceived usability, system quality affects perceived ease of use, perceived ease of use affects behavioral intention, perceived usefulness affects behavioral intention, behavioral intention affects user satisfaction.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Julya Ade Jhora
Abstrak :
Peran penting universitas dalam memajukan pendidikan bangsa diiringi dengan berbagai usaha universitas dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Untuk tujuan ini, universitas pada umumnya menetapkan beberapa standar (selain dari standar nasional yang telah ditetapkan oleh Kementerian) didalam sistem perkuliahan, seperti standar kompetensi, beban studi, proses pembelajaran, jadwal perkuliahan serta standar-standar lainnya yang disesuaikan dengan kebijakan masing-masing fakultas maupun jurusan atau departemen yang ada di universitas. Disadari atau tidak, standar-standar ini kemudian membentuk suatu tuntutan, terutama bagi mahasiswa dalam menjalani bidang studi yang mereka tekuni. Penelitian ini membahas tentang hubungan antara kelelahan mahasiswa dengan sistem perkuliahan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Variabel penelitian terdiri dari academic workload, lecturer behavior, teaching and learning, supporting facilitator, serta student burnout. Pengumpulan data dilakukan melalui survei (kuesioner) dengan total responden sebanyak 200 orang mahasiswa (Teknik Industri dan Arsitektur). Model penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kelelahan mahasiswa dengan faktor-faktor terkait sistem perkuliahan, sehingga diusulkan sebuah rekomendasi untuk mengevaluasi sistem perkuliahan yang ada agar dapat meminimalkan terjadinya sindrom kelelahan di kalangan mahasiswa.
Universities have an important role in enhancing the education of a nation, which aligns with efforts to generate qualified graduates. In relation to this circumstance, universities generally establish several standards (apart from the national standards established by the Ministry) in their academic systems such as standard of competency, study allocation for each semester, teaching and learning processes, teaching period and any other related standards depend on faculty and/department within the universities. Realized it or not, the established standards create a number of demand and/study burden, particularly for students. This study discusses the relationship between student burnout and the academic system using the Partial Least Square (PLS) method. Variables of this study consist of academic workload, lecturer behavior, teaching and learning, supporting facilitator, and student burnout. The data obtained through surveys (questionnaires) with a total of 200 students (Industrial Engineering and Architecture). The research model obtained shows a significant relationship between student burnout with factors related to the academic systems so that recommendations are proposed to evaluate the existing academic systems as well as minimizing the occurrence of burnout syndrome amongst students.
Depok: Universitas Indonesia, 2019
T54220
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library