Tujuan dari tesis ini adalah untuk menguji faktor-faktor apa saja yang akan mempengaruhi intention to book,attitude dan trust konsumen dalam melakukan pemesanan hotel. Berdasarkan bantuan studi peneltian sebelumnya, secara khusus penelitian ini akan menyelidiki pengaruh EWOM, classes hotel, dan discount strategy terhadap intention to book,attitude dan trust konsumen untuk melakukan pemesanan hotel. Dengan menggunakan desain eksperimental, tesis ini mencoba mengungkapkan efek utama dari EWOM, classes hotel, dan discount strategy pada intention to book,attitude dan trust konsumen. Agar penelitian ini lebih menarik, penelitian ini juga mengungkapkan pengaruh interaksi antar variabel independen tersebut terhadap intention to book,attitude dan trust konsumen. Total partisipan pada penelitian ini 240 respondent yang disebar dan diminta untuk mengisi pertanyaan dari salah satu sel yang dimana skenario setiap sel akan berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan efek utama yang signifikan adalah dari EWOM terhadap intention to book,attitude dan trust konsumen. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh ke 3 interaksi antara EWOM, classes hotel, dan discount strategy terhadap intention to book,attitude dan trust konsumen dengan hasil yang signifikan juga. Hasil dari penelitian ini member arahan kepada pemasar hotel tentang cara mempromosikan hotel mereka dan meningkatkan keuntungan hotel tersebut.
The objective of this study was to examine factors affecting hotel booking intention,attitude and trust. Based on previous studies, this research specifically investigated the effect of e-wom, discount strategies and hotel classes on consumer intention to book, attitude and trust hotel. By using experimental design, this research tried to uncover the main effects of e-wom, discount strategies, as well as hotel classes on intention to book, attitude and trust hotel. Further, this research also tried to reveal the interaction effect among above independent variables on intention to book, attitude and trust hotel. The sample of this research was 240 students of Universitas Indonesia who were then randomly assigned to each of treatment conditons. The results of this research showed significant main effects of e-wom, discount strategies, and hotel classes on intention to book, attitude and trust hotel. This research also showed a significant interaction effect of e-wom, discount strategies, as well as hotel classes on intention to book, attitude and trust hotel. The research results gave directions to hotel marketers on how to promote their hotels and increase their hotels occupancy rates.
"PT Asta Kriya merupakan salah satu UMKM di Indonesia yang memproduksi lebih dari 200 jenis suvenir dan kerajinan tangan khas Indonesia. PT Asta Kriya memiliki omzet senilai 1.4 miliar per tahun dan menjalankan bisnisnya dengan bermitra dengan beberapa pengrajin pilihan dari berbagai kota seperti Solo, Jogjakarta, Bandung, dan Surabaya. Berdasarkan pengumpulan data oleh peneliti secara kualitatif (in depth interview), observasi, dan analisis data kuantitatif, peneliti menemukan kendala utama yang dihadapi oleh PT Asta Kriya, yaitu terkendalanya pengelolaan persediaan dan kunjungan penjualan yang tidak efektif. Penelitian business coaching ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pemasaran melalui pengelolaan overstock dan pembuatan standard operating procedure (SOP) dalam kegiatan kunjungan perusahaan. Melalui kegiatan business coaching ini diperoleh hasil bahwa pengelolaan overstock yang dilakukan secara cepat dan tepat media mampu meminimalisir jumlahnya pada perusahaan, pelaksanaan retention program dapat membantu meningkatkan penjualan terhadap perusahaan, serta penggunaan SOP dapat memberikan arahan bagi divisi pemasaran untuk melakukan direct selling. Untuk kedepannya, penulisan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi di bidang ilmu pengetahuan terkait dengan manajemen persediaan, overstock, dan pemasaran direct selling.
PT Asta Kriya is one of the MSMEs in Indonesia that produces more than 200 types of Indonesian souvenirs and handicrafts. PT Asta Kriya has a turnover of 1.4 billion anually and runs its business by partnering with selected craftsmen from various cities such as Solo, Jogjakarta, Bandung and Surabaya. Based on data collection by researchers qualitatively (in depth interview), observation, and quantitative data analysis, researchers found the main obstacles that being faced by PT Asta Kriya, There are constrained inventory management and ineffective sales visits. This business coaching study aims to solve marketing problems through overstock management and making standard operating procedure (SOP) in company visits. Through this business coaching activity, results were obtained that overstock management that being carried out quickly and using correct media was able to minimize the amount to the company, the implementation of the retention program could help increase sales to the company, and the use of SOP’s could provide direction for the marketing division to direct selling. In the future, this writing is expected to contribute in the field of science related to inventory management, overstock, and direct selling marketing.
"