Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 113 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wiwit Siswarini
"ABSTRAK
Skripsi ini mengenai persepsi siswa terhadap profesi dan tugas pustakawan. Penelitian ini bertujuan untuk merigetahui gambaran mengenai pengenalan dan persepsi siswa terhadap perpustakaan, mengefahui kontak antara siswa dan pustakawan, mengetahui persepsi siswa SMU terhadap profesi dan tugas pustakawan, gambaran mengenai pengenalan siswa terhadap organisasi profesi pustakawan, serta pengenalan dan minat siswa terhadap jurusan iimu perpustakaan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Kuesioner disebarkan langsung kepada responden hingga didapat jumlah yang diinginkan. Data dari hasil penyebaran kuesioner merupakan data utama dalam penelitian ini.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pengenalan siswa terhadap perpustakaan sebagian besar dimulai sejak mereka duduk di bangku SMP dan perpustakaan yang pernah dikunjungi hampir seluruh responden adalah perpustakaan sekalah sedangkan persepsi responden terhadap perpustakaan adalah positif. Kontak antara siswa dan pustakawan sebagian besar terjadi di meja sirkulasi. adalah positif. Kontak antara siswa dan pustakawan sebagian besar terjadi di meja sirkulasi.
Sebagian besar responden mengetahui ada profesi pustakawan dan mereka mempunyai persepsi positif terhadap peranan pustakawan di era informasi dan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, kecenderungan persepsi negatif terdapat pada prospek, gaji yang rendah, kedudukan pustakawan di antara profesi lain dan tugas pustakawan yang rutin dan membosankan.
Sebagian besar responden menyatakan tugas pustakawan adalah menyediakan informasi, dan untuk menjadi pustakawan dibutuhkan kepribadian yang dinamis, cepat dan cekatan, kreatif dan proaktif.
Hanya sebagian kecil yang mengetahui adanya organisasi profesi pustakawan itupun tidak mengetahui namanya secara lengkap. Minat responden untuk masuk ke jurusan ilmu perpustakaan sangat rendah karena hanya 4 % yang menyalakan berminat masuk.

"
1999
S15624
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Umi Suryati
"ABSTRAK
Majalah ilmiah adalah terbitan berseri yang direncanakan untuk terbit terus menerus dengan kala terbit tertentu (bulanan, ningguan, ) yang diterbitkan oleh suatu lembaga, memiliki judul khas dan format seragam dan berisi artikel dari suatu bidang ilnu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi atau keadaan majalah ilmiah bidang ekononi di Indonesia selama tahun 1969-1994 yang di indeks dalan Indeks Majalah Ilmiah Indonesia, yaitu dengan melihat jumlah (presentase) judul majalah menurut sub-disiplin bidang ekonomi, junlah penerbit, kala terbit dan usia terbit majalah ilmiah. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1. majalah ilmiah ekononi berjumlah 60 judul (sampel), yaitu : Ekonomi (umum) berjumlah 14 judul (23,37%), Industri dan perdagangan 12 judul (20,03%), manajemen 8 judul (13,33%), buruh dan tenaga kerja 5 judul (8,33%), perbankan dan koperasi masing-masing 4 judul (6,67%), keuangan 3 judul {5%), administrasi, akuntansi, asuransi, denografi dan pajak masing-masing 2 judul (3,33%). 2. Lembaga pendidikan menerbitkan 20 judul (33,33%), lembaga penerintah 19 judul (31,67%), organisasi profesi 11 judul (18,33%), lembaga riset independen dan penerbit swasta masing-masing 5 judul (8,33%). 3. Sebagian besar majalah ekononi menpunyai kala terbit dua bulanan 17 judul (28,33%), bulanan 15 judul (25%), tiga bulanan 14 judul (23,33%). 4. Usia terbit majalah yang tertinggi adalah 25 ? 28 tahun sebanyak 2 judul (3,33%) yaitu Ekonomi Indonesia dan Berita Pajak. Sedangkan yang terendah adalah 1 ? 4 tahun sebanyak 11 judul (18,33%). Majalah ekonomi yang terbanyak adalah berusia terbit antara 13 ?16 tahun yaitu sebanyak 14 judul (23,33%).

"
1995
S15664
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luluk Tri Wulandari
"Skripsi ini membahas tentang fasilitas yang dibutuhkan penyandang cacat di Perpustakaan Umum. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya jumlah penyandang cacat Indonesia, yaitu sekitar 6.220.000 orang (1998), dan tidak diimbangi dengan adanya fasilitas bagi penyandang cacat tersebut di Perpustakaan Umum.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fasilitas yang dibutuhkan bagi penyandang cacat di Perpustakaan Umum, mengetahui kendala dalam penyediaan fasilitas tersebut, bagaimana usaha pustakawan untuk mengatasinya, serta mengetahui rencana pustakawan terhadap kondisi penyandang cacat di Perpustakaan Umum. Penenlitian ini bersifat deskriptif. Data yang dipakai pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data dikumpulkan dengan observasi langsung dan wawancara. Sampel pada penelitian ini adalah lima Perpustakaan Umum di DKI, yang terdiri pemerintah tiga sampel, dan swasta 2 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden belum membuat kebijakan bagi penyandang cacat, akibatnya tidak ada fasilitas baik dalam hal koleksi, layanan, dan perabot perpustakaan bagi penyandang cacat di Perpustakaan Umum. Saran bagi penelitian yang akan datang adalah menambah obyek penelitian dari segi penyandang cacat, sehingga hasil yang diperoleh akan menjadi timbal balik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2000
S14962
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saif Haromain Al-Fashli
"Skripsi ini membahas iklim komunikasi yang terjadi di perpustakaan Universitas Indonesia yang dilihat dari lima nilai dalam iklim komunikasi seperti, nilai dukungan, nilai partisipasi pembuatan keputusan, nilai kepercayaan, keyakinan dan keandalan, nilai keterbukaan dan keterusterangan dan terkahir nilai tujuan kinerja tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah seorang kepala perpustakaan dan lima orang staf pada pusat layanan mahasiswa di perpustakaan Universitas Indonesia. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa iklim komunikasi berjalan kondusif secara keseluruhan. Hasil penelitian selanjutnya juga menggambarkan bahwa kedekatan yang terjalin antara kepala perpustakaan dan bawahan khususnya staf yang berada di level bawah, dirasakan kurang. Hal ini karena kesempatan berkomunikasi langsung yang didapatkan oleh bawahan tidak sesering para koordinator.

The focus of this thesis is communication climate which happens in Library of University of Indonesia that can be seen from five values of communication climate such as supportiveness; participate decisi_n making; beliefs, faith and dependability; openness and honesty; and lastly, high performance goals. This research is a qualitative research with descriptive design. The method of collecting data used in this research is interview and observation. The informan in this research is the Head of Library and five staffs in centre of student service in Library of University of Indonesia. The result of this research is showing that communication climate happens condusively as a whole. The finding is also showing that the affiliation between the Head of Library and the subordinates especially at the lowest level, is very lack. It because the chance of having direct communication for low-level subordinates is not as often as coordinator do."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15292
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Rasulia Wirawan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan memahami persepsi pemustaka terhadap tata ruang pada perpustakaan SMAN 47 Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah untuk mengetaui bagaimana persepsi pemustaka, yang terdiri dari kepala sekolah, pembina perpustakaan, guru, staff perpustakaan dan siswa terhadap penerapan tata ruang pada perpustakaan setelah direnovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka sudah merasa nyaman dan cukup puas dengan tata ruang yang baru namun masih ada kendala yaitu kurangnya luas ruang perpustakaan.

Abstract
The objective of this research is to understand the users perception about interior design in Library of 47 Senior High School, South Jakarta. This research is qualitatif research with descriptive case study method. The problem of this research is to know how perception of users whom are the principle, coordinator of library, teacher, library staff and student, on the design of the library room after had been renovated. The result of the study shows that users become to feel comfortable and satisfield with the new design, but there is still a lack of the size necessary of the library room.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15612
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Shabrina
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang peran guru pustakawan di Australian International School Kemang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran guru pustakawan di sekolah dan sejauh mana peran tersebut memenuhi Standards of Professional Excellence for Teacher-Librarians. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pustakawan di Australian International School Kemang telah menjalankan perannya dalam mendukung kegiatan belajar mengajar melalui program pendidikan, layanan koleksi perpustakaan, dan program literasi informasi dan hampir memenuhi Standards of Professional Excellence for Teacher-Librarians. Hasil penelitian menyarankan bahwa guru pustakawan seharusnya dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah, tetap mempertahankan kerjasama dengan guru, meningkatkan pengembangan koleksi, dan mengajarkan anak-anak untuk melakukan penelusuran informasi menggunakan internet.

Abstract
This study describes about the role of teacher librarian in Australian International School Kemang. The purpose of this study is to understand the role of teacher librarian in school and how far that role fulfills Standards of Professional Excellence for Teacher-Librarians. This research uses qualitative approach and case study methodology. As a result, teacher librarians in Australian International School Kemang have implemented their role to support learning and teaching activities in school by providing education program in the library, library collection service, and information literacy program and almost fulfilled Standards of Professional Excellence for Teacher-Librarians. The researcher suggests that teacher librarian have to be involved in curriculum development, maintain the collaboration with teachers, enhance collection development, and teach children how to search information by internet."
2010
S15030
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Nurrachman
"Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami peran pustakawan dalam proses renovasi dan pembangunan gedung perpustakaan di Miriam Budiardjo Resource Center, Public Health Information Center, dan Perpustakaan Psikologi UI dan juga menggambarkan hubungannya dengan pihak yang terlibat lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dperoleh melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan menjadi suatu penghubung dan berperan sebagai pemberi masukan di dalam setiap tahapan proses renovasi atau proses pembangunan gedung perpustakaan baru.

The Aim of this research to understand the librarian_s role in renovation and building process of library building at Miriam Budiardjo Resource Center, Public Health Information Center, and Library Psychology UI and also to describe relation with the other professionals and stakeholders. The method used in this research is qualitative with a casestudy method. The data were collected by means of deep interview. The result of this research shows that the librarian become an intermediary and have a role as an adviser in every stage of renovation process or building process of a new library building."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15031
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yasser Arafat
"Tesis ini menganalisis subjek Islam dalam berbagai bagan klasifikasi yaitu SKI Depag tahun 2003, DDC edisi 22, dan IOCS Ziauddin Sardar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan taksonomi ilmu pengetahuan Islam antara SKI Depag dengan bagan Klasifikasi Islam DDC; SKI Depag dengan Islam: Outline of a Classification Scheme; Bagan Klasifikasi Islam DDC dengan Islam: Outline of a Classification Scheme; dan menganalisis ketiga bagan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui perbedaan penggunaan notasi dasar, redakasi faset, pembagian cabang ilmu pengetahuan Islam ke dalam kelas utama, pengelompokan kelas, dan tata urut faset pada ketiga bagan tersebut. Terdapat persamaan, yaitu mempunyai perhatian terhadap keilmuan Islam. Selain itu, terdapat kelebihan dan kelemahan pada ketiga bagan klasifikasi Islam tersebut.

This research analyzed subject of Islam in a variety of classification scheme, this is System Classification of Islam Departement of Religion (2003), DDC in 22th edition, and IOCS (Ziaudin Sardar). The research purpose is to know taxonomy camparison from Islamic Science between Sytem Classification of Islam Ministry of Religion with Islamic Scheme of DDC in 22th edition, Sytem Classification of Islam Ministry of Religion dengan Islam: Outline of a Classification Scheme?, Islamic Scheme of DDC in 22th edition between Islam: Outline of a Classification Scheme, and analized three of scheme. This research use quantitative approach with comparative research.
Based of research was known the diffrences of basic notation, facet editorial, distribution the branch of Islamic Science in Main Class, grouping of class, fequential order of facet of the three scheme. The are is have attention to Islamic Knowledge. Further more, there are surplus and minus at three scheme of Islam Classification.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28867
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Suharmini Wahyuningsih
"Tesis ini mengevaluasi 4 mata kuliah program web suplemen yaitu mata kuliah Pelayanan Bahan Pustaka, Manajemen Perpustakaan, Dasar-Dasar Dokumentasi dan Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan yang dijadikan balhan ajar dalam pengajaran menggunakan sistem e-learning. Metode yang digunakan adalah kuantatif, dengan mendeskripsikan data yang masuk melalui kuesioner.
Hasil yang diperoleh dalam evalusi adalah program web suplemen bahan ajar tersebut responden merasakan manfaat pemahaman yang lebih mudah dari mata kuliah tersebut, penambahan pengetahuan tentang ilmu perpustakaan. Di sawing itu responden merasa lebih siap dalam menghadapi ujian semester dengan adanya soal-soal latihan beserta umpan balik dalam materi web suplemen tersebut;This thesis evaluates web-supplements programs of the four courses.

This thesis evaluates web-supplements programs of the four courses: Bibliographical Services, Library Management, Basic of Documentation, and, Library Collaboration and Network. Those are used as course material in the e-learning system. The research uses quantitative method using descriptive data from quesionnaires.
The result of the evaluation shows that the respondents consider to get the advantages of the easiness in grasping the course materials and improving on the library science knowledge. Furthermore, the respondents consider that the exercises and their feedbacks in the web-supplement programs make them feeling well-prepared to cope with the semester examination. In fact, they do not have any difficulties to access those programs, and especially the respondents who work, are not disturbed by the way the programs do.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T26915
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Farizal Andriansyah
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap perpustakaan
MTs Negeri 3 Jakarta Selatan yang di tinjau dari aspek sumber daya manusia
(SDM), koleksi, serta sarana dan prasarana. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data
dengan kuesioner sebagai sumber utama, dan dilengkapi dengan wawancara, dan
observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap
perpustakaan yang ditinjau dari aspek tenaga perpustakaan mendapatkan skor
2,74, aspek koleksi mendapatkan skor 2,64, dan aspek sarana dan prasarana
mendapat skor 2,48. Sehingga skor rata-rata persepsi siswa terhadap perpustakaan
yang dinilai dari 3 aspek tersebut hanya bernilai 2,61 dari skor maksimal 4,00.
Skor 2,61 berada pada interval 2,51-3,75 yang menunjukan penilaian baik.

ABSTRACT
This research aimed to discover the students? perceptions toward library in
Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 of South Jakarta that reviewed from three aspects;
those are human resources, collections, facilities and infrastructures. This research
is a quantitative one using a descriptive case study approach. The data collecting
techniques are questioners as a main source, interview and observation as
additional sources. The results of this research show that the students? perceptions
toward library that reviewed from human resources aspect obtain score 2,74;
collections aspect obtain score 2,64; facilities and infrastructures obtain score
2,48. So that the average score of the students? perceptions toward library that
reviewed from those three aspects obtain score only 2,61 from the maximum
score 4,00. Score 2,61 is on interval 2,51-3,75 that shows good appraisal."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42186
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8 9 10 11   >>