Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 113 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arief Rachman
"Skripsi ini membahas tentang penggunaan koleksi khusus Jakarta di BPAD provinsi DKI Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui subjek informasi yang digunakan pengguna, mengetahui sumber informasi yang digunakan pengguna, mengetahui sarana temu kembali apa yang digunakan oleh pengguna, mengetahui bagaimana tanggapan pengguna terhadap sarana yang ada di koleksi khusus Jakarta, dan mengetahui bagaimana tanggapan pengguna terhadap peran pustakawan ketika membantu pengguna dalam mencari informasi yang diinginkan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survai. Hasil penelitian ini yaitu tingkat penggunaan koleksi perpustakaan yang paling tinggi berdasarkan umur yaitu umur 21-30 sebesar 52 %, dan berdasarkan pekerjaan, yaitu mahasiswa sebesar 72 %. Berdasarkan subjek informasi yang digunakan, yaitu subjek mengenai kebudayaan Jakarta dengan nilai indikator 3,80. Berdasarkan sumber informasi yang digunakan, yaitu koleksi buku teks dengan nilai indikator 4,08. Berdasarkan sarana temu kembali, yaitu menelusur langsung ke rak koleksi dengan nilai indikator 4,28. Berdasarkan sarana dan prasarana, yaitu ruang tempat penyimpanan koleksi bagus dan nyaman dengan nilai indikator 4,04 dan Berdasarkan peran pustakawan, yaitu pustakawan bersikap ramah dalam membantu pengguna dengan nilai indikator 3.68.
The focus of this research is the use of special collection of Jakarta in BPAD province of DKI Jakarta. The purposes of this research are to know what is the subject of information is use by visitors, what is the source of information is use by visitors, what is the retrieval tool is use by visitors, what is the visitor?s response about facilities and librarian role to help them. This research is quantitative research with survey method. The most use of special collection of Jakarta based on age is 21-30 years old with 52 % and university student with 72 %. Based on subject of information is subject information about culture with indicator value 3,80. Based on the source of information is the text book, with indicator value 4,08. Based on retrieval tools is explore the rack collection with indicator value 4,28. Based on infrastructure and facilities is the collection storage room is fine and comfortable with indicator value 4,04 and based on play role of the librarian to help users? to find library materials is the librarian is friendly with users? with the value of indicator 3.68."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43730
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Al Iqbal
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan respon pengguna perpustakaan terhadap layanan yang disediakan atau diberikan oleh pihak Kantor perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan khususnya mengenai tingkat kepuasannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna layanan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa respon pengguna terhadap layanan yang diberikan merasa puas serta tidak ada hambatan yang berarti dalam memanfaatkan layanan yang disediakan oleh pihak Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan.

This study aims to reveal the response of library users to the services provided or given by the Office of Library and Archives South Jakarta Administration particularly on the level of satisfaction. This research is a quantitative study using survey methods. Respondents in this study were users of the Office of Library and Archives South Jakarta Administration. The results of this study indicate that the user response to the services provided are satisfied and there is no significant obstacle in utilizing the services provided by the Office of Library and Archives South Jakarta Administration."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44802
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditio Setyawicaksono
"Skripsi ini membahas tentang kepuasan pemustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan yang meliputi kelengkapan koleksi, kemutakhiran koleksi, kemudahan akses koleksi, dan ketepatan koleksi serta hambatan dan saran pemustaka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu survei kepuasan pemustaka secara tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemustaka sudah puas dengan koleksi Perpustakaan Umum Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Kepuasan pemustaka terhadap kelengkapan judul dan jenis koleksi referensi pada tingkat kepuasan tertinggi dengan skor 3,57 sedangkan kepuasan pemustaka terhadap penyediaan rak khusus koleksi terbaru pada tingkat kepuasan terendah dengan skor 3,09. Adapun hambatan dan saran pemustaka adalah masalah kemutakhiran koleksi perpustakaan.

This undergraduate thesis discusses the library user satisfaction. The purpose of this research was to determine the library user satisfaction to the library collection which includes the complete collection, currency collection, collection accessibility, and accuracy of the collection as well as the barriers and suggestions from the user library. This research used descriptive research with quantitative approach. The method used is a written satisfaction survey of library user.
The results of this research is that the majority of library users are satisfied with the collections of the public library in Central Jakarta. Satisfaction of library users on the completeness of the title and type of the reference collection at the highest levels with a score of 3,57, while the provision of library user satisfaction shelf latest collection at the lowest levels with a score of 3,09. The barriers and suggestions from library users is up to date library collection problem.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Ayu Puspita
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan di Peprustakaan Ali Alatas Kementerian Luar Negeri RI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Dimensi kuesioner untuk mengetahui persepsi pemustaka adalah dengan mengukur persepsi terhadap layanan perpustakaan, persepsi terhadap koleksi perpustakaan, persepsi terhadap sumber daya manusia perpustakaan,dan persepsi terhadap gedung dan fasilitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa 30 responden berpersespi baik, dengan nilai 2,94, terhadap keseluruhan layanan perpustakaan di Perpustakaan Ali Alatas berdasarkan pada penghitungan yang dilakukan. Persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,79, persepsi pemustaka terhadap koleksi perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,78, persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah sangat baik dengan nilai 3,28, dan persepsi pemustaka terhadap gedung dan fasilitas perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,9.

This study discusses library users’ perception of library services at Ali Alatas Library of Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia. This research is quantitative research by using survey method. The dimension of questionnaire is to know library users perception by measuring perception of library services, library collection,human sources at library, and perception of its building and facilities.
The result of this research states that 30 respondens have good perception, with score 2,94, to overall library services at Ali Alatas Library based on calculation done. Users perception of library services is good with score 2,79, users perception of library collection is good with score 2,78, users perception of human sources at library is very good with score 3,28, and users perception of its’ building and facilities is good with score 2,9.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tantio Pradhana Sularto
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan Kemensos RI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan pembahasan bersifat memaparkan atau menjabarkan hasil dari data penelitian.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan Kemensos RI yang terdiri dari, jenis layanan, koleksi perpustakaan, pustakawan, sarana & prasarana, dan jam buka perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan Kemensos RI.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa layanan yang diberikan perpustakaan Kemensos RI sudah baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti lokasi perpustakaan yang tidak strategis dan jumlah pustakawan yang masih kurang untuk memberikan layanan.

This research discusses about user's perceptions of the library service at social ministries of Republic Indonesia. This research is a descriptive quantitative with survey method.
The problem of this research is to know how perception of user about the library service of library of social ministries RI which consist of kind of service, library’s collection, librarians, facilities & infrastructure, and operational hour of the library. The purpose of this research is to know the user's perception about the library service.
The result of this research shows that the library service is good enough for the user, but some things must to be repair, such as the location of library which not strategic for user and the quantity of librarians which not support to provide the excellent service.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46038
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Junita
"Skripsi ini membahas mengenai bagaimana persepsi siswa terhadap layanan Perpustakaan SMA Sejahtera 1 Depok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap koleksi, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, layanan dan harapan siswa untuk kemajuan layanan Perpustakaan SMA Sejahtera 1 Depok. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan desain deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 91 siswa dari populasi 1015 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Peneliti menggunakan rentang nilai untuk kategori baik yaitu 2,52-3,37.
Hasil penelitian secara keseluruhan dimensi menunjukkan bahwa persepsi siswa adalah baik terhadap layanan perpustakaan dengan skor 2,93. Sedangkan untuk hasil tiap dimensi diantaranya persepsi siswa terhadap koleksi adalah baik dengan skor 2,94, persepsi siswa terhadap sumber daya manusia adalah baik dengan skor 3,20, persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana adalah baik dengan skor 2,76, dan persepsi siswa terhadap layanan adalah baik dengan skor 2,81. Harapan siswa terhadap layanan perpustakaan yang tertinggi dari tiap dimensi adalah sebesar 38,5% siswa mengharapkan untuk menambahkan jangka waktu peminjaman buku. 30% siswa mengharapkan untuk menambahkan kelengkapan (keragaman) koleksi, dan 22,8% siswa mengharapkan untuk memaksimalkan penyediaan fasilitas internet.

This thesis is a result of my research about students’s perception concerning to library service in SMA Sejahtera 1 Depok. The purpose of this study is to understand student’s perception about the collections, librarians, facilities and infrastructures, service in order to fulfil student’s expectations and upgrade library services in SMA Sejahtera 1 Depok’s library. This research is quantitative research with a survey method that uses descriptive design. The samples are 91 of 1015 students in SMA Sejahtera 1 Depok. Sampling technique is accidental sampling. Researchers using the range for good categories is 2,52–3,37.
The result of this research is showed that the overall dimensions of students perceptions of the library service is good with a score of 2,93. As for the result of which each dimension is student perceptions of collection is good with a score 2,94, student perception of human resources is good with score of 3,20, student perceptions of the facilities and infrastructure is good with a score of 2,76, and score of student perceptions of service is 2,81 that means service in the library is good. Student expectations for library services of the highest of each dimension are 38,5% of students expect to add term borrowing book, 30% of students expect to add completeness (variety) collection, and 22,8% of students expect to maximum the provision of internet facilities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47179
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ita Shylvia
"Penelitian ini membahas sikap pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling Pustaka Bersama di kecamatan Bayung Lencir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui sikap pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling Pustaka Bersama di kecamatan Bayung Lencir yang meliputi pelayanan, koleksi, petugas perpustakaan dan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan survey. Sampel yang diambil sebanyak 92 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap yang mempunyai aspek kognitif, afektif dan konatif pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling Pustaka Bersama di kecamatan Bayung Lencir berada dalam kategori positif yaitu memiliki bobot sebesar 3,19 yang mencakup: pelayanan sebesar 3,17, koleksi sebesar 3,23, petugas perpustakaan sebesar 3,24, dan sarana prasarana sebesar 3,12. Rentang untuk kategori positif adalah 2,51-3,25.

The research discusses about user's attitude toward mobile library service Pustaka Bersama in Bayung Lencir district. This research has some purposes in descriptive and to know user’s attitude toward mobile library service Pustaka Bersama in Bayung Lencir district include: service, collection, human resource and facility. This research use quantitative and survey method to collect the data.samples has been taken 92 user. Technique of withdrawing sample for this research is accsidental sampling.
The results indicates that users’ attitude of cognitive, affective and connative through the mobile library service Pustaka Bersama in Bayung Lencir district in a cathegory that has a positive value of 3,19 which includes: service in 3,17, collection in 3,23, library staff in 3,24, and facilities in 3,12. Range for positif cathegory is 2,51-3,25.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46792
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Wirawan
"Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal yang ada pada Perpustakaan dan Arsip Daerah Kebumen untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki.. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Dari hasil analisis SWOT diketahui bahwa Perpustakaan dan Arsip Daerah Kebumen mempunyai sedikit kekuatan internal dan peluang eksternal yang cukup besar. Maka strategi yang harus diterapkan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kebumen dalam pengembangannya adalah strategi pertumbuhan yang agresif dengan menggunakan kekuatan yang ada untuk meraih peluang sebesar-besarnya. Konsep perencanaan strategis yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa rumusan program pengembangan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kebumen di masa yang akan datang.

This research is qualitative research with a descriptive approach. This research analyzes the internal and external environment in the Regional Library and Archive Office of Kebumen to know the strengths, weaknesses, opportunities and threats. Analyzing in this research using a SWOT analysis. From the results of the SWOT analyze was known that the Regional Library and Archive Office of Kebumen. They have few internal strengths and external opportunities are quite large. So the strategy should be applied in the Regional Library and Archive Office of Kebumen development is an aggressive growth strategy by using strength to take advantages the opportunities. The concept of strategic planning that resulted in the formulation of this research are the development of this library program for the future."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53015
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rindy Priyanka Estri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa yang menjadi motivasi intrinsik dan ekstrinsik orangtua mengajak anaknya berkunjung dan memanfaatkan Perpustakaan Anak Rimba Baca, serta latar belakang ekonomi, pendidikan, dan sosial yang mendukung terjadinya motivasi pemanfaatan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua belas orang yang terdiri dari sepuluh pemustaka dan dua orang pihak perpustakaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: motivasi intrinsik orangtua adalah edukasi, rekreasi, dan sosialisasi. Motivasi ekstrinsik yang menjadi pendorong untuk memanfaatkan perpustakaan adalah tempat dan koleksi yang dimiliki perpustakaan tersebut. Motivasi pemanfaatan dapat timbul karena didukung latar belakang ekonomi dan pendidikan orangtua, kebiasaan membaca dalam keluarga dan kegiatan sekolah yang mendukung.

The purposes of this research are to identify the intrinsic and extrinsic motivation of the parents who bring their children for using Rimba Baca and the economic, academic, and social background which are supported the motivations. This research uses descriptive qualitative approach with case study method. There are twelve informants in this research, consists of are ten users, and two people from Rimba Baca Children Library.
The conclusions from this research are: intrinsic motivations of the parents are education, recreation, and socialization. Extrinsic motivations of the parents to use the library are place and collections in that library. The motivations of library use can emerge because they are supported by economic and academic background of the parents, reading habit in the family, and supporting school activities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55107
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Marnodi
"Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara faktor jabatan, pendidikan, masa kerja, sikap dan prestasi kerja pustakawan dalam rangka pelaksanaan jabatan fungsional pada perpustakaan perguruan tinggi negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada tahun 1993 di 5 perpustakaan dengan menggunakan teknik pendekatan populasi. Populasi terdiri 106 pustakawan meliputi semua jenjang jabatan. Dalam pengumpulan data digunakan angket/kuesioner; untuk menguji validitas dan reliabilitas angket digunakan uji validitas logis dan uji reliabilitas dengan Rumus Alpha.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa angket secara logis valid, koefisien reliabilitas prestasi kerja cukup (0,708340), dan koefisien reliabilitas sikap tinggi (0,843726). Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis korelasi Chi-kuadrat dengan taraf signifikansi 5%.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa hubungan antara jabatan dan prestasi kerja tidak signifikan karena X² lebih kecil daripada nilai kritis (3.71 < 5.99); hubungan antara pendidikan dan prestasi kerja signifikan karena X2 lebih besar daripada nilai kritis (10,54 > 5,99); hubungan antara masa kerja dan prestasi kerja tidak signifikan karena X2 lebih kecil daripada nilai kritis (3,56 < 5,99); dan hubungan antara sikap dan prestasi kerja tidak signifikan karena X2 lebih kecil daripada nilai kritis (1,41 < 5,99).
Selain itu terungkap pula bahwa prestasi kerja pustakawan pada umumnya cenderung rendah karena beberapa faktor antara lain kemampuan profesional kurang memadai, kebiasaan yang tidak menguntungkan, perbedaan persepsi tentang konsep pengelompokan tugas pokok pustakawan berdasarkan jenjang jabatan, pekerjaan kurang memberi tantangan, kebutuhan pemakai jasa layanan perpustakaan masih terbatas, dan sebagainya.

The objective of this study is to discover the relations between position, education, work period, attitude and librarian's work performance in the implementation of functional job at 5 government's own higher education libraries in the Special Region of Yogyakarta. The study has been carried out at 5 libraries, in 1993. In this study, population approach technique is used; consisting of 106 librarians, cover all over positions. In collecting the data, questionnaires method is used. In testing the questionnaires to deter-mine the validity and reliability, the logic validity and Alpha Formulae is used.
The result shows, that questionnaires is logically valid, coefficient reliability of work performance is enough (0.708340), and coefficient reliability of attitude is high (0.843726). In analyzing the data, Chi-square correlation analysis technique is used, with 5% significance level.
It is concluded from this study, that the relation between position and work performance is not significant, because X2 value is smaller than the critical value (3.71 < 5.99); the relation between education and work performance is significant, because X2 value is bigger than the critical value (10.54 > 5.99); the relation between work period and work performance is not significant, because X2 is smaller than the critical value (3.56 < 5.99); and the relation between attitude and work performance is not significant, because X2 value is smaller than the critical value (1.41 < 5.99).
This study shows, that in general, librarian's work performance tends to be low, due to several factors are inadequacy of professional qualification, in advantageous tradition, difference in perception among the librarians about the concept of librarian main duty grouping, the profession is unchallenging enough, limited user needs, etc.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1993
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>