Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 70 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Koeni Pudyastuti
"Tesis ini bertujuan membahas tentang persiapan, pelaksanaan penyusunan. dan hambatan yang terjadi dalam penyusunan Laporan Keuangan pada Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Mencngah sebagai Unit Akuntansi Pcmbantu Pengguna Anggaran Eselon-l(UAPPA-El) yaitu salah satu entitas akuntansi di bawah Kementerian Negara!Lembaga yang beikewajiban menyelenggarak:an akuntansi dan pertanggungjawaban pelaksanaan anggarnn dengan menyusun lapota.n keuangan berupa Realisasi Anggaran dan Neraca disertai Catatan atas Laporan Keuangan tingkat Eselon-1. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan desk:riptif kualitati£ Hasil peneiitian ini diharapkan agar Direktornt Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggarnn Eselon-l(UAPPA-El)dapat dengan 1ebih trnnsparansi dan akuntabe1 dalam menyusun dan menyampaikan laporan keuangan Eselon 1 berupa Lapornn Realisasi Anggaran, Nernca dan Catatan atas Laporan Keuangan sebagaimana diarnanatkan dalam tata kelola yang balk (good governance).

This thesis aim to study about preparation, execution of compilation, and resistance happened in compilation of Financial statement at Management Directorate General of Elementary Education and Menengah as Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Eselon-I(UAPPA-El) that is one of accountancy entity below (under Kementerian Negara!Lembaga whlch fs obliged to carry out accountancy and execution responsibility of budget by compiling financial statement in the form of Realisasi Anggaran and Neraca is accompanied by Note to Financial statement level ofEselon-1. This research is research with qualitative descriptive approach. Result of this research expected that Management Directorate General of Elementary Education and Mencngah as Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggar.m Eselon·l(UAPPA-El) with interest transparency and akuntabel in compiling and &1lbmits financial statement F..selon 1 in the form of Laporan Realisasi Anggaran, Balance and Note to Financial statement as commended in ammging good management {good governance)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25605
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyaningsih
"Dalarn proses pembangunan di Indonesia pajak merupakan sumber penerimaan yang terbesar dan merupakan sumber dana pembangunan terbesar yang berasal dari dalam negeri. Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah salah satu bentuk pajak dimana merupakan jenis pajak tidak langsung dan dapat dikenakan terbadap Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak danlatau Jasa Kena Pajak yang dapat dilakukan di dalam negeri dalarn bentuk penyerahan, maupun dari luar negeri dalam bentuk impor. Buku-buku pelajaran umum yang dapat berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, tennasuk barang kena p'\iak tertentu yang alas impor dan atau penyerahannya dibebaskan dari pengenaan PPN tanpa diwajibkan memiliki surat keterangan Bebas PPN, kecuaii untuk impor dan atau penyerahan buku-buku tertentu yang memerlukan pengesahan sebagai buku pelajaran umum. Dimana pembebasan dlberikan berdasarkan rekomendasi dari Departemen terkait. Dalam kaitannya dengan pengendalian mutu buku, Pusat Perbukuan dalam hal ini di Sub Bidang Pengendalian Mutu Buku mempunyai fungsi strategis. Fungsi strategis tersebut karena Pusat Perbukuan sebagai lembaga yang memberikan rekomendasi sebagai buku pelajaran umum sehingga mendapatkan pembebasan pengenaan Pajak Pertambahn Nilai (PPN). Metode peneiitian yang digunakan da!am penyusunan karya akhir ini adalah kuaHtatif deskriptif melalui penelitian kepustakaan, pengumpulan data sekunder dan penelitian lapangan untuk kemudian melakuk:an analisis berdasarkan teori dan peraturan perundang~undangan yang berlaku. Pemberian rekomendasi sebagai buku pelajaran umum wttuk mendapatkan pembebasan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Pusat Perbukuan sebagian besar bcrasal dari penyerahan dan atau import buku·buku yang berkategori buku pelajaran umum dan sebagian kecil dari buku-buku yang belum berkategori buku pelajaran umum. Hasil analisis pada saat pemohon mengajukan surat permohonan rekomendasi, proses surat masuk sesuai tata administrasi yang berlaku di Pusat Perbukuan sudah berjalan dengan baik. Sementara hasil anaHsis terha.dap proses penelaahan oleh tim penelaah diketemukan masih diperlukan adanya analisis cost terhadap harga jual buku, perlu ditambahkan anggota penelaah sebagai cost accounting, diperlukan penilaian resiko terhadap buku-buku yang akan diberikan rekomendasi* diperlukan kriteria terhadap· objektivitas sebagai tim penelaah, belum adanya post audit terhadap pemohon rekcmendasi. Dengan demikian basil anaHsis menunjukkan bahwa proses penelaahan oleh tim penelaah beJum beija1an dengan baik. Hasil analisis lerhadap penerbitan sural rckomendasi olch Kepala Pusat Perbukuan menunjukkan bahwa proses tersebut belum dapat dijalankan secara maksimal dikarenakan masih seringknli terbentur dengan masalah biroknasi. vii Universitas Indonesia Internal Control dalam pelaksanaan pemberian rekomendasi sebagai buku pelajaran umum untuk mendapatkan pembebasan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Pusat Perbukuan sudah dilakukan. Analisis pengendalian internal menunjukkan bahwa untuk aspek lingkungan pengendalian sudah dilakukan dengan baik; untuk aspek peni!aian resiko belum dijalankan dengan maksimal karena proses identifikasi dan penilaian resiko dalam rangka pemberian rekomendasi di Pusat Perbukuan belum tertuang secara eksplisit; untuk aspek aktivitas pengendalian sudah dilakukan dengan baik; untuk aspek informasi dan komunikasi belum dilakukan secara rnaksimal karena komunikasi ekstem dalam bentuk pengumuman, brosur. ataupun wibsite belum ada dan untuk aspek pengawasan sudah dilakakan dengan haik""

In development process, tax in Indonesia is the biggest resource and the main domestic resource. Additional value tax is the direct tax for the attained tax of businessman who carries out the item; later on he/she has to pay a tax, and or tax hospitality done domestically in the form of admittance, likewise in the importing form will do if the item comes from abroad. The general textbooks whlch have the important role on education. including the gained item tax for import whlch the admittance is free from tax without noticing the free tax letter of recommendatior1;. except for import and or certain books need some approval as the general textbooks. Free of recommendation is given based upon recommendations come from the relevant department. In connection with the book quality control, Division of Book Quality Control at Book Centre has the strategic function. The strategic function is given recommendation as the general books in order to get the free value additional tax. Research of methodology used in this paper is qualitative description by library research, secondary data collection and field observation and to be continued on composing analysis based upon theory in accordance with the rule and law. As far as we are concerned, most of recommendation to get free valued additional tax are coming from the importing books in general textbooks category, some of them are not categorized as the general textbooks. The result of analysts when registering the books in order to get recommendation, the incoming ]etters administratively are processing in good condition by Book Centre. The result of analysis of review processed by reviewer, the reviewer has opinion about cost analysis to textbooks price, it needs a member of reviewer as cost accounting. We need the risk evaluation towards the recommended books .• needed criteria the objectives as the reviewer, in this case no post audit provided here. The final analysis shows that the reviewing process done by reviewer shows that the process has not been done optimally due to the bureaucracy problems. Internal control in making general textbook reconunendation to get free valued additional tax at Book Centre has been well done. The result of internal control shows that aU aspects of control have been well done likewise; the risk aspect has not been optimally done due to identification process and the risk assessment is not explicitly done; aspect of control has been well done; aspects of information and communication have not been optimally done because of external communication appears in the form of announcement, brochures. and website which are not provided."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25604
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Junita Ruth
"Tesis ini membahas efektivitas Sistem Informasi Pengendalian Intern Penjualan Piutang PT ABC dalam mendeteksi kesalahan maupun kecurangan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyarankan agar PT ABC memperbaiki system pengendalian intern terutama lingkungan pengendalian sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif dan juga pengendalian berbasis komputer yaitu pengendalian umum dan pengendalian aplikasi dengan menempatkan unit yang fokus mengelola sistem infomasi dan melengkapi fasilitas pengendalian aplikasi sesuai dengan proses bisnis yang ada
The focus of this study is the effectivitation Internal Control System Information of Sale in Credit & Account Receivable PT ABC in detection the error and fraud. This research is
description. Knowing this will allow PT ABC improve Internal Control, specially about control environment to make conducsif environment and improve the control of computer that's general control and application cootrol by held the departement that focus in create & maintenance the information system dan make the facility of application control completely depend on bison's process.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sujana Gitanegara
"Tesis ini membahas tentang dampak sertifikasi penjenjangan Jabtan Fungsional auditor (JFA) terhadap kompetensi, pola karies dan fungsi adutor Inspektorat Departmen Pendidikan Nasional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripti. Hasil penelitian menyarankan agar dalam menyusun formasi kebutuhan auditor hendkaknya menggunakan pendekatan formasi yagn telah dikerluarkana oleh BPKP, dan dalam memetakan auditor hendaknya memperhitungkan beban kerja dan sertifikasi peran yang dimiliki masing-masing auditor serta disampaing semangan untuk belajar dan berkembang harus ada dalam diri auditor, BPKP pun sebagai badan pembina pengawasan APIP diharapkan lebih optimal dalam menciptakan auditor auditor yang handal profesional loyal jujur dan berintegrasi tinggi dalam melaksanakan kegitaan audit melalui kegitan diklat sertifikadi yang telah berlangsung selama ini.

This thesis works through increasing of certification impact to Auditors Functional Responsible Position (JFA) to Interest, Career pattern, and Function of Auditor National Education Department General Inspectorate. This research is observational descriptive qualitative. The result suggest to arrange Auditor requirement formation ought to utilize fonnation approaching that already has been issued by BPKP, and in map Auditor ought to take into account work load and proprietary role certification each Auditor and also. Auditor must have spirit to study to develope himself, BPKP as institution of AP!P'S suporvisory builder is expected more optimal in create Auditors that competence, professional. loyal, have high integrity in perform Audit activity via education and training activity certification that already happen all this time."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27071
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Purnamasari
"Pengadaan barang/jasa pemerintah saat ini masih dianggap rentan dengan tindak korupsi, hal ini tentunya mengurangi akuntabilitas pemerintah. Salah satu cara untuk mengembalikan akuntabilitas pemerintah adalah dengan melakukan pengendalian internal (internal contrac) dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa. Oleh karena itu peneliti ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengendalian internal dalam pengadaan yang dilaksanakan oleh Pusat Kurikulum, mengetahui kelemahannya dan memberikan solusi. Metode penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif, kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan penelitian lapangan. Proses pengadaan barang/jasa di Pusat Kurikulum secara umum telah melaksanakan pengendalian internal. Karena telah melaksanakan setiap komponen pengendalian internal menurut COSO yaitu lingkungan pengendalian, penilaian resiko. pengendalian resiko, informasi dan komunikasi, serta monitoring.

Government procurement for goods/services at this present still susceptible with corruption, this opinion will diminish government accountability. One of the ways to give back government accountability through Internal control implement in government procurement. Objective from this research to know how internal control implement in government procurement at Pusat Kurikulum, its weakness and give solution to it. Research method used in this thesis is Descriptive qualitative method, with data conection method through literature research and field research. Government procurement process at Pusat Kurikulum in general have been implement internal control, because have met COSO internal control component which is environment control, risk assessment. risk control, information and communication, and monitoring."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27052
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nicolaus W Da Rato
"ABSTRAK
Kertas keda pemeriksaan memiliki karakteristik digmiakan sebagai bukti yang sah
sudah dilakukannya suatu pemeriksaan keuangan. Bagian internal audit biasanya yang
melakukan pemeliharaan atas dokumentasi kertas kerja pemeriksaan, mengingat
pentingnya fungsi kertas keija. Akses atas data - data kertas kerja pemeriksaan terbatas
pada pengguna yang sudah diotorisasi oleh manajemen, artinya kertas kerja pemeriksaan
bersifat rahasia.
Meningkatnya jumlah transaksi membuat banyak perusahaan mulai menggunakan
teknologi informasi sebagai solusi yang digunakan untuk mengantisipasi perkembangan
dunia usaha yang semakin cepat. Perkembangan usaha yang semakin cepat dan persaingan
yang semakin ketat berimbas juga pada tuntutan kerja di bagian internal audit yang
dituntut lebih efisien dan efektif dalam melaksanakan pekerjaannya.
Perkembangan teknologi saat ini membuat auditor bisa bekerja lebih cerdas, cepat
dan memberikan nilai tambah dalam setiap pemeriksaan dengan adanya software tools
yang memungkinkan terealisasinya penjngkatan produktifitas dalam kategori manajemen
sistem dokumentasi, sistem pakar dan sistem permodelan Hamscher (1999).
Tugas akhir ini berkaitan dengan manajemen sistem dokumentasi dalam hal ini
analisis dan perancangan dolcumentasi kertas keija pemeriksaan dengan mengambil kasus
pada bagian intemal audit PT Indopersda Primamedia ( PT IP). Masalah yang dihadapi
secara umum adalah keterbatasan jumlah personil audit intemal, sedangkan perkembangan
perusahaan yang cukup pesat menuntut dilakukannya audit secara cepat. Di samping masalah
jumlah tenaga audit dan perkembangan jumlah unit usaha yang harus ditangani, lokasi unit
usaha yang tersebar di seluruh Indonesia juga menjadi kendala dalam hal lama waktu
proses audit. Secara spesifik masalah yang ada berkaitan dengan proses kertas kerja
pemeriksaan di bagian intemal audit PT IP yang masih manual. Hal ini menyebabkan proses
kerja menjadi lama dan data - data kertas kerja belum terintegrasi. Risiko yang dihadapi
karena penggunaan kertas kerja pemeriksaan yang masih manual di sarnping lamanya proses
kerja juga data yang tidak terintegrasi dalam penyimpanan data bisa hilang atau tercecer.
Dalam melakukan analisis menggunakan metode survey dan observasi atas proses
audit yang sudah berjalan selama ini dan kertas kerja pemeriksaan yang sudah digunakan
selama ini. Perancangan model kertas kerja pemeriksaan menggunakan Data Flow
Diagram dan Use Case. Kelayakan operasional ( Operational Feasibility) digunakan
sebagai alat analisis untuk mengukur seberapa besar masalah yang dihadapi (urgency)
atau kemampuan solusi yang diberikan bisa diterima oleh pengguna dan manajemen.
Kertas kerja elektronik yang ditawarkan sebagai solusi di sini menggunakan
aplikasi Microsoti Office 2007 seperti Excell, Word dan Visio. Sedangkan untuk
mengintegrasikan database kertas kerja pemeriksaan mengglmakan Microsoft Office
Groove 2007 yang juga terdapat dalam paket Microsoft Office 2007. Perbandingan antara
kertas kerja pemeriksaan manual dan elektronik bisa dilihat pada tabel berikut ini"
2009
T27033
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maikel Harris Setyawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti secara empiris apakah penerapan Corporate Governance berpengaruh terhadap informasi laba yang diukur dengan Earnings Response Coefficieni (ERC) untuk mengetahui apakah investor di Indonesia concern dengan praktik Corporate Governance. Penelitian menggunakan sampel sehanyak 43 observasi diambil dari perusahaan publik pada pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) yang dikeluarkan oleh IICG pada tahun 2002 sampai dengan 2005. Hasil penelitian menunjukkan secara empiris Corporate Governance Index tidak berpengaruh terhadap ERC. Hal ini mengindikasikan bahwa Corporate Governance Index yang sudah dipublikasikan tidak cukup mendapatkan respon oleh publik terutama bagi investor.

The purpose of this Research is trying to give an empirical evidence whether the practice of Corporate Governance does have influence to informative of earnings that measured by Earnings Response Coefficient (ERC) to find the fact whether the investors in Indonesia concern about Corporate Governance, Using 43 sample to observed taken from Corporate Governance Scoring (Corporate Governance Perception Index) issued by IICG from year 2002 until year 2005. The Empirical result of the research shows that the Corporate Governance Index dldnlt have any effect significantly on the ERC. It indicates that the Corporate Governance Index published in the market didn't respond wen by the investors for their decision making on investing."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27016
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tampubolon, Banggas
"Manajemen sebagai pusat pertanggungjawaban membentuk suatu pengendalian intern atas pelaksanaan pengadaan barangjasa
dari penyusunan perencanaan, metoda pemilihan penyedia barang/jasa sampai serah terima hasil pekerijaan. Dalam hal ini, selain pejabat struktural yang ada, Bentuklah Tim dan Panitia untuk membantu manajemen dalam melaku pengendalian atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa sehingga diperoleh hasil yang optimal, akuntabel, efisien, dan efektif
Management responsibility as a central control intern to the implementation of the procurement of goods/scrvices from the preparation of planning, the selection method of the provider of goods / scrvices up to receive. The results of the work. In this case, other than the officials who have structural, team and management committee to assist in the control tasks to the implementation of the procurement of goods/ services so that the optimal results, accountable, effective, and efficient"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rini Alfiyanti, auhtor
"Karya Akhir ini bertujuan untuk menentukan indikator-indikator yang dapat diterapkan untuk melakukan penilaian terhadap akuntabilitas dekonsentrasi pada Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, dan menganalisis akuntabilitas dekonsentrasi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral dengan indikator yang sudah ditentukan tersebut.
Evaluasi ini merupakan evaluasi dengan menggunakan metode kualitatif dengan konsep evaluasi sumatif, yaitu evaluasi yang dilakukan pada akhir pelaksanaan kegiatan/program. Teknik evaluasi yang digunakan adalah peta strategi dan logika program.
Hasil evaluasi yang diperoleh secara keseluruhan adalah pelaksanaan dekonsentrasi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral tidak akuntabel, karena target capaian terhadap indikator yang ditentukan tidak tercapai. Hal ini disebabkan tidak adanya laporan pertanggungjawaban daerah penerima dana dekonsentrasi terhadap penggunaan dana dekonsentrasi tersebut kepada Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

This thesis is aimed at determining indicators applicable for assessing the accountability of deconcentration in The Ministry of Energy and Mineral Resources and analysing the accountability of the deconcentration using the established indicators.
This evaluation applies qualitative method by mean of summative evaluation concept, evaluation conducted in the end of activity/program implementation. Evaluation technique used is strategic map and program logic.
The whole result of the evaluation is the deconcentration in the Ministry of Energy and Mineral Resources not accountable since targeted established indicators cannot be achieved. This is because the absence of accountability reports from province which used deconcentration fund to The Ministry of Energy and Mineral Resources."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28276
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rizaputra
"Penelitian ini membahas kualitas penerapan Pengendalian Intern pada Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal (BPPNFI) Regional V Makassar. Dalam mengukur kualitas tersebut penulis melakukan survey dengan alat bantu daftar pertanyaan (kuesioner) dengan mengacu kepada parameterparameter Pengendalian Intern pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Peraturan ini dibuat dalam rangka meningkatkan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Hasil penelitian menunjukkan penilaian secara umum 5 (lima) unsur pengendalian intern berada pada kategori "baik", namun pada aspek-aspek dan parameter-parameter yang ada didalamnya terjadi ketimpangan yang menjadi hambatan dan kendala dalam penerapan Sistem Pengendalian Intern yang efektif.

This research talks about the application quality of internal controls in BPPNFI Regional V Makassar. In the measurement, the writer surveyed using some questionnaires related to the parameters of internal controls in Government Regulation No.60/2008 about Government Internal Controls System. The regulation was made to improve transparency & accountability of countrys's finance management. The results shows general value of internal controls material are in "good" category, but in the aspects and parameters inside, there is some unbalance that becomes a threat and problems in an effective internal control system application."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28305
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>