Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 102 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dyah Perwitasari
"Isu perubahan iklim yang semakin berkembang membuat pembangunan dan perusahaan dihadapkan pada konsep keberlanjutan, yaitu tetap menjalankan bisnis dengan memperhatikan dampak lingkungan. Konsep keberlanjutan telah menciptakan kebiasaan/pola hidup dan pasar yang baru berupa permintaan terhadap produk-produk hijau atau yang ramah lingkungan. Peluang tersebut ditangkap oleh para pelaku bisnis dengan adanya UMKM ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh dari internal dan eksternal terhadap strategi keberlanjutan dari UMKM ramah lingkungan di Indonesia. Pengaruh internal dilihat menggunakan orientasi kewirausahaan dari para pelaku UMKM, sedangkan pengaruh eksternal dilihat menggunakan kondisi turbulensi lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian didapatkan dari 217 UMKM ramah lingkungan yang tersebar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM), dengan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dari kondisi turbulensi lingkungan terhadap orientasi kewirausahaan dan strategi keberlanjutan. Orientasi kewirausahaan mempengaruhi secara positif terhadap strategi keberlanjutan. Lebih lanjut, orientasi kewirausahaan dan strategi keberlanjutan mendukung inovasi hijau atau yang ramah lingkungan.  

The growing issue of climate change has forced development and companies to face the concept of sustainability, which is to continue to do business by paying attention to environmental impacts. The concept of sustainability has created new habits/lifestyles and markets in the form of demand for green or environmentally products. This opportunity is captured by business owner shown by the existence of green MSMEs. The purpose of this study is to see the influence of internal and external on the sustainability strategy of green MSMEs in Indonesia. Internal influences are seen using the entrepreneurial orientation of MSME actors, while external influences are seen using environmental turbulence conditions. This study uses a quantitative approach. The research data were obtained from 217 green MSMEs spread across Indonesia. This study uses Structural Equation Model (SEM) analysis, with the results showing that there is a positive correlation of environmental turbulence on entrepreneurial orientation and sustainability strategy. The entrepreneurial orientation positively influences the sustainability strategy. Furthermore, entrepreneurial orientation and sustainability strategies support green or environmentally innovation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Andriani
"Penelitian ini mencoba menguji secara empiris pengaruh social capital yang dimediasi oleh kemampuan ambidexterity dan knowledge sharing terhadap inovasi pada unit kerja di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk yang merupakan salah satu perusahaan semen swasta terbesar di Indonesia yang sedang berada pada lingkungan yang tidak stabil. Hasil penelitian membuktikan bahwa social capital yang dimediasi oleh kemampuan ambidexterity dan knowledge sharing dapat berpengaruh terhadap inovasi. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap perusahaan yang berada di industri semen Indonesia agar dapat bertahan dengan mendukung kegiatan inovasi pada tiap unit kerja di perusahaannya.

The purpose of this study is to examine the effect of social capital on innovation through the mediation of ambidexterity and knowledge sharing in work units at PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, one of the largest private cement companies in Indonesia. The company operates in an unstable environment. The study's findings demonstrate that social capital can influence the generation of innovation when it is mediated through ambidexterity and knowledge sharing. This research is expected to assist enterprises in the Indonesian cement sector in surviving by fostering innovation within each work unit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mawaddah Akmalia
"Digitalisasi menawarkan kesempatan yang besar untuk lingkungan bisnis, tak terkecuali untuk perusahaan rintisan (startup). Menanggapi desakan teknologi, banyak perusahaan rintisan yang menggunakan platform digital sebagai strategi bisnis mereka. Namun kenyataannya, banyak perusahaan rintisan yang gugur karena tidak adanya entrepreneurial orientation dan digital platform capability yang sebanding. Selain itu, perusahaan rintisan menghadapi tantangan yang unik karena sumber daya mereka yang terbatas maka perusahaan rintisan harus mampu mengelola hubungan internal dan eksternal mereka sehingga dibutuhkan network capability yang baik. Dalam mengelola hubungan tersebut, perusahaan juga harus mampu mengembangkan pendekatan strategic flexibility mereka. Karena skala perusahaan yang kecil, maka dibutuhkannya kemampuan untuk mengambil tindakan yang fleksibel dan cepat dalam menanggapi perubahan lingkungan. Dengan adanya kapabilitas dan orientasi tersebut diharapkan bahwa perusahaan rintisan dapat meningkatkan startup performance mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh entrepreneurial orientation dan digital platform capability yang dipengaruhi network capability dan strategic flexibility terhadap startup performance. Survey dilakukan terhadap 124 perusahaan rintisan berbasis digital dalam bidang jasa di Indonesia. Selanjutnya hasil survey dianalisis menggunakan structural equation modelling-partial least square (SEM-PLS) untuk menguji hipotesisnya.
Hasilnya, entrepreneurial orientation dan digital platform capability berpengaruh secara langsung terhadap network capability dan tidak langsung terhadap startup performance melalui peran network capability dan strategic performance. Namun berdasarkan penelitian ini bahwa pengaruh network capability terhadap startup performance tidak didukung data

Digitization offers great opportunities for the business environment, and there are no exceptions for startup companies. Responding to the pressure of technology, many startup companies are using digital platforms as their business strategy. However, in reality, many startups fail due to the lack of an entrepreneurial orientation and comparable digital platform capability. In addition, startups face unique challenges because of their limited resources, so startups must be able to manage their internal and external relationships hence good network capability is needed. In managing these relationships, companies must also be able to develop their strategic flexibility approach. Due to the small scale of the company, it requires the ability to take flexible and fast actions in response to environmental changes. With this capability and orientation, it is hoped that startup companies can improve their startup performance.
This study aims to empirically examine the influence of entrepreneurial orientation and digital platform capability that effect network capability and strategic flexibility on startup performance. The survey was conducted on 124 digital-based startups in the service sector in Indonesia. Furthermore, the survey results were analyzed using the structural equation modeling-partial least square (SEM-PLS) to test the hypothesis.
As a result, entrepreneurship orientation and digital platform capabilities have a direct effect on network capabilities and indirectly on startup performance through the role of network capabilities and strategic flexibility. However, based on this research, the effect of network capability on startup performance is not supported by data.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alan Fatih
"Meskipun jumlah UMKM di Indonesia cukup besar, namun kontribusi UMKM terhadap PDB negara relatif rendah. Beberapa kendala yang dihadapi UMKM antara lain akses permodalan, sumber daya manusia, dan fasilitas pendukung. Kendala tersebut juga dihadapi oleh salah satu UMKM di Jakarta yaitu IT’s Buah yang ingin mengembangkan usahanya namun terkendala oleh akses permodalan. Selain itu, kurangnya evaluasi kinerja oleh IT’s Buah khususnya pada aktivitas digital marketing juga menjadi kendala sehingga peningkatan kinerja kurang terencana dengan baik. Studi ini menjelaskan program business coaching kepada IT’s Buah dengan membantu pembuatan proyeksi keuangan dan pengukuran digital marketing. Dengan demikian, IT’s Buah dapat lebih akuntabel dalam mencari pendanaan dan dapat melakukan evaluasi kinerjanya secara kontinyu. Program business coaching ini diharapkan dapat meningkatkan akses permodalan dan meningkatkan produktivitas IT’s Buah. Peningkatan kompetensi UMKM untuk dapat semakin bersaing dan produktif memerlukan dukungan dari berbagai pihak sehingga kendala-kendala yang dihadapi UMKM dapat diatasi.

Meskipun jumlah UMKM di Indonesia cukup besar, namun kontribusi UMKM terhadap PDB negara relatif rendah. Beberapa kendala yang dihadapi UMKM antara lain akses permodalan, sumber daya manusia, dan fasilitas pendukung. Kendala tersebut juga dihadapi oleh salah satu UMKM di Jakarta yaitu IT’s Buah yang ingin mengembangkan usahanya namun terkendala oleh akses permodalan. Selain itu, kurangnya evaluasi kinerja oleh IT’s Buah khususnya pada aktivitas digital marketing juga menjadi kendala sehingga peningkatan kinerja kurang terencana dengan baik. Studi ini menjelaskan program business coaching kepada IT’s Buah dengan membantu pembuatan proyeksi keuangan dan pengukuran digital marketing. Dengan demikian, IT’s Buah dapat lebih akuntabel dalam mencari pendanaan dan dapat melakukan evaluasi kinerjanya secara kontinyu. Program business coaching ini diharapkan dapat meningkatkan akses permodalan dan meningkatkan produktivitas IT’s Buah. Peningkatan kompetensi UMKM untuk dapat semakin bersaing dan produktif memerlukan dukungan dari berbagai pihak sehingga kendala-kendala yang dihadapi UMKM dapat diatasi.
Despite a large number of MSMEs in Indonesia, the contribution of the MSMEs to the country’s GDP is relatively low. Some of the obstacles faced by MSMEs include access to capital, human resources, and supporting facilities. These obstacles were also faced by IT’s Buah, one of the MSMEs in Jakarta, who wanted to expand its business but was constrained by access to capital. Furthermore, the lack of performance evaluation by IT’s Buah, especially in digital marketing activities, is also an obstacle so that the performance improvement plan is not well planned. This study describes a business coaching program for IT’s Buah by building the financial projection and measuring digital marketing activities. Thus, IT’s Buah can be more accountable in seeking funding and can evaluate their performance continuously. This business coaching program is expected to increase access to capital and increase the productivity of IT’s Buah. To accelerate the competence of MSMEs to be more competitive and productive, support from various parties is needed so that SMEs can overcome their obstacles.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Armita Anastasya
"Keadaan sulit untuk bisnis retail tidak hanya dialami oleh pelaku bisnis besar saja, namun bisnis menengah dan kecil turut merasakan dampaknya. Keadaan ini membuat bisnis – bisnis harus melakukan perubahan atau perkembangan agar usahanya tetap dapat berkompetisi dan bertahan. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Abelarosa Collection yang adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang retail. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah business coaching dimana peneliti akan berdiskusi dan mengamati proses bisnis secara langsung pada UMKM Abelarosa Collection. Serangkaian wawancara terstruktur dilakukan dengan pemilik UMKM Abelarosa Collection dan hasil temuan yang menunjukkan bahwa ada tiga masalah utama yang dihadapi UMKM Abelarosa Collection di masa ini yaitu masalah lokasi penjualan, kurangnya media promosi, dan tidak adanya program untuk meretensi konsumen yang dimiliki UMKM. Hal ini dapat diperbaiki dengan cara sebagai berikut: 1) Menambahkan Saluran Distribusi yang dimiliki oleh UMKM Abelarosa Collection 2) Menambahkan dan memperbaiki metode promosi yang dimiliki UMKM Abelarosa Collection dan 3). Mengembangkan program customer relationship. Penelitian ini membahas mengenai penambahan saluran distribusi dan pengembangan metode promosi dengan cara membuat media sosial khusus brand Abelarosa Collection serta membuat toko online di E-commerce.

Predicament for retail business is not only experienced by large businesses, but also small and medium-sized business presents to feel its effects. These circumstances create businesses should make changes or development of its business in order to still be able to compete and survive. This research is conducted on the SME Abelarosa Collection which is one of the SMES that is engaged in the retail trade. The methods used in this research is a business coaching where researchers will discuss and observe the business processes directly on the SME Abelarosa Collection. A series of structured interviews conducted with owner of SME Abelarosa Collection and the results showed that there are three main problems facing SMES Abelarosa Collection in this period, which are the issue of the location of the sale, the lack of promotion, and the absence of any program to maintain existing consumers owned by SME. This can be remedied in the following way: 1) Adds distribution channel that is owned by SME Abelarosa Collection 2) Add and improve promotion methods that is owned SME Abelarosa Collection and 3). Develop a customer relationship program. This research deals with the addition of the distribution channels and promotion development methods by creating a special brand of social media of Abelarosa Collection as well as make an online store in E-commerce."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tunjung Agung Wijaya
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebehasilan dan mengukur benefit sistem informasi UMS yang telah diimplementasikan di gudang PT Isuzu Astra Motor Indonesia. Penelitian menggunakan dua metode, pertama adalah dengan cara survei kepada pengguna sistem dan yang kedua adalah dengan mengukur cycle time, biaya, jumlah aktifitas proses, dan resiko. Metode pertama dilakukan dengan mengadaptasi model DeLone and McLean IS Success Model. Berdasarkan hasil penelitian, sistem informasi UMS sudah tergolong sistem yang sukses. Baik hasil analisis suvei maupun pengukuran benefit menunjukkan bahwa sistem informasi UMS mampu meningkatkan proses bisnis gudang PT IAMI.

ABSTRACT
The purpose of this research is to evaluate and measure success level and benefits of UMS which has been implemented at PT Isuzu Astra Motor Indonesia warehouse department. This research used two methods, the first is analizing surveyed value which captured from UMS users. The second methods is measuring cycle time, cost, counts of process activity, and risks. First methods adapted DeLone and McLean IS Success Model. Based on research result, UMS is categorized as a success information system. Both methods show that UMS able to improve PT IAMI Warehouse Dept business process, The purpose of this research is to evaluate and measure success level and benefits of UMS which has been implemented at PT Isuzu Astra Motor Indonesia warehouse department. This research used two methods, the first is analizing surveyed value which captured from UMS users. The second methods is measuring cycle time, cost, counts of process activity, and risks. First methods adapted DeLone and McLean IS Success Model. Based on research result, UMS is categorized as a success information system. Both methods show that UMS able to improve PT IAMI Warehouse Dept business process]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alifya Risya Putri
"Tesis ini bertujuan untuk membantu salah satu UMKM pada bidang otomotif di Indonesia yaitu Garasi 64 untuk berkembang dengan melakukan penyusunan laporan keuangan, spesialisasi pekerjaan karyawan, dan membuat individual development plan (IDP). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan business coaching. Hasil dari wawancara dan observasi dianalisis menggunakan alat manajerial seperti analisis SWOT, STP, Business Model canvas, Marketing Mix, Porter’s Five Forces Model dan gap. Analisis menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi usaha yaitu: belum adanya laporan keuangan, spesialisasi pekerjaan, dan ketergantungan operasional bengkel kepada pemilik yang menghambat pengembangan usaha. Menggunakan analisis pareto, ketiga masalah tersebut merupakan masalah yang paling penting dan perlu diselesaikan. Proses business coaching diharapkan dapat membantu Garasi 64 untuk mengembangkan usahanya.

This thesis aimed to help one of automotive MSMEs in Indonesia, Garasi 64, to grow by doing financial statements preparation, employee specialization, and developing an individual development plan (IDP). This research used a qualitative and business coaching methods. Interviews and observation results were analyzed using several managerial tools such as SWOT, STP, Business Model Canvas, Marketing Mix, Porter’s Five Forces Model, and gap. Analysis showed that issues faced by the business are the absence of financial statements, work specialization, and the business operational dependency on the owner. Using pareto analysis, those issues are important and needs to be solved. This business coaching process are expected to help Garasi 64 to develop its business."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Nur Irfan
"Saat ini UKM bersaing dengan percepatan kemajuan teknologi dan pasar, serta inovasi yang semakin menantang. UKM berjuang untuk menerapkan inovasi karena mereka mungkin kurang dalam keterampilan manajerial dan teknis. Namun, mereka dapat menuai hasil yang lebih tinggi jika mereka lebih fleksibel dan cepat menanggapi perubahan lingkungan bisnis yang dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran fleksibilitas strategis dalam hubungan antara orientasi strategis (orientasi kewirausahaan dan orientasi pembelajaran), kapabilitas dinamis, dengan kinerja finansial dan kinerja inovasi UKM pada sektor kreatif Indonesia. Pada penelitian ini, kuesioner disebarkan secara daring kepada 150 UKM sektor kreatif di Pulau Jawa, namun demikian hanya 119 responden yang lolos proses skrining, dan datanya dapat diolah lebih lanjut. Metode pengolahan data yang digunakan untuk mengolah data survei adalah partial-least square structural equation modelling (PLS-SEM). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa variabel fleksibilitas strategis memediasi variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pembelajaran, dan kapabilitas dinamis terhadap variabel kinerja finansial dan kinerja inovasi. Serta temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kinerja inovasi dapat memediasi hubungan variabel fleksibilitas strategis dengan kinerja finansial.

Currently, SMEs are competing with accelerated technological and market advances, as well as increasingly challenging innovations. SMEs struggle to implement innovations because they may lack managerial and technical skills. However, they could reap higher returns if they were more flexible and quick to respond to changes in the dynamic business environment. The purpose of this study is to analyze the role strategic flexibility in the relationship between structured strategy (entrepreneurship orientation and learning orientation), dynamic capabilities, and financial performance and innovation performance of SMEs in Indonesia's creative sector. In this study, questionnaires were distributed online to 150 creative sector SMEs in Java, however, only 119 respondents passed the screening process, and the data can be processed further. The data processing method used to process the survey data is the partial-least square structural equation model (PLS-SEM). The results of the research data analysis show that strategic flexibility mediates the variables of entrepreneurial orientation, learning orientation, and dynamic capabilities on SMEs financial performance and innovation performance. As well as other findings in this study indicate that the innovation performance can mediate the relationship between strategic flexibility and financial performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghea Rizky Adrin
"Apotek berkembang secara dinamis, sejalan dengan pesatnya pertumbuhan industri farmasi Indonesia. Transformasi saat ini memberikan pengaruh besar pada persaingan, mencakup aspek sosial ekonomi, serta kemajuan dalam sains dan teknologi, persaingan pasar, dan ranah Sumber Daya Manusia. Pada penelitian ini mencoba menganalisis variabel-variabel yang dapat mempengaruhi kinerja Perusahaan. Dalam penelitian ini akan melihat pengaruh Leadership Style Terhadap Behavioral Integration, Speed of Decision Making dan Pengaruhnya Terhadap Firm Performance pada Apotek X. Penelitian ini akan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menggunakan data dari 102 cabang Apotek X se Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan pada lingkup apotek gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap integrasi perilaku dan kecepatan pengambilan keputusan. Serta kecepatan pengambilan keputusan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan

Pharmacies are developing dynamically, in line with the rapid growth of the Indonesian pharmaceutical industry. The current transformation has a major influence on competition, covering socio-economic aspects, as well as advances in science and technology, market competition and the realm of human resources. In this research, we try to analyse the variables that can influence the firm performance. This research analyses the influence of Leadership Style on Behavioral Integration, Speed of Decision Making and its Influence on Firm Performance at Pharmacy X. This research will use the Structural Equation Modelling (SEM) method with Partial Least Square (PLS). This research uses data from 102 Pharmacy X branches throughout Indonesia. The results of this research show that in the pharmacy sector, leadership style has a positive effect on behavioral integration and speed of decision making. And the speed of decision making has a positive effect on firm performance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewa Gede Ngurah Harthawan
"Perusahaan menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh lingkungan bisnis yang semakin dinamis di masa kini. Seiring berkembangnya zaman, model bisnis suatu perusahaan harus mampu beradaptasi dengan tuntutan lingkungan bisnis sehingga dapat mempertahankan dan menciptakan peluang serta keuntungan guna terciptanya keunggulan kompetitif dan kekayaan. Perusahaan harus merespons perubahan lingkungan bisnis secara cepat dan efektif. Penelitian ini mengkaji pengaruh strategic entrepreneurship terhadap kinerja inovasi pada sebuah bank swasta di Indonesia, hasil merger beberapa bank besar, yang sedang mengalami transformasi digital. Dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model struktural Partial Least Squares (SEM-PLS), penelitian ini melibatkan 69 responden dan menguji lima hipotesis terkait kepemimpinan kewirausahaan (entrepreneurial leadership), pola pikir kewirausahaan (entrepreneurial mindset), dan budaya kewirausahaan (entrepreneurial culture). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya kepemimpinan kewirausahaan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja inovasi bank. Sementara itu, pola pikir dan budaya kewirausahaan tidak memberikan dampak signifikan. Meski proses eksplorasi dan eksploitasi peluang melalui strategi dan inovasi berkontribusi penting, kinerja inovasi secara keseluruhan masih belum optimal. Penelitian ini menyoroti pentingnya peran kepemimpinan dalam mengatasi kelemahan pada pola pikir dan budaya kewirausahaan untuk mendorong inovasi di sektor perbankan. Keterbatasan studi ini meliputi data yang hanya berasal dari satu bank serta potensi bias dalam jawaban responden. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengatasi keterbatasan ini dan memperluas penerapan model.

Companies face uncertainty driven by the increasingly dynamic business environment of today. As times evolve, a company's business model must adapt to environmental demands to sustain and create opportunities and benefits, ultimately achieving competitive advantage and wealth. Companies must respond to changes in the business environment swiftly and effectively. This study examines the influence of strategic entrepreneurship on innovation performance in a private bank in Indonesia, formed through the merger of several major banks and currently undergoing digital transformation. Using a quantitative approach with the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (SEM-PLS) method, the study involved 69 respondents and tested five hypotheses related to entrepreneurial leadership, entrepreneurial mindset, and entrepreneurial culture. The findings indicate that only entrepreneurial leadership has a significant impact on the bank’s innovation performance. Meanwhile, entrepreneurial mindset and entrepreneurial culture do not have significant effects. Although the processes of opportunity exploration and exploitation through strategies and innovation are essential, overall innovation performance remains suboptimal. This study highlights the critical role of leadership in addressing weaknesses in entrepreneurial mindset and culture to drive innovation in the banking sector. The study's limitations include data derived from a single bank and potential biases in respondents' answers. Future research is expected to address these limitations and broaden the model's application."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   4 5 6 7 8 9 10 11   >>