Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 64 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Salman Ribathul Khoeli
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas layanan Pusat Sumber Belajar Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka. Penelitian dilakukan di Pusat Sumber Belajar Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dari bulan Oktober sampai dengan November 2015. Responden terdiri dari 60 orang yang terdiri dari 12 guru dan 48 siswa. Metode yang digunakan adalah metode LibQUAL+TM yang merupakan metode pengukuran kualitas layanan perpustakaan berdasarkan gap antara harapan dan persepsi pemustaka. Adapun variabel yang diukur dalam penelitian ini yang meliputi kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani atau service affect, fasilitas dan suasana ruangan perpustakaan atau library as place, petunjuk dan sarana akses atau personal control, dan Akses Informasi information access. Responden diminta untuk mengisi persepsi atau kinerja perpustakaan yang sudah dirasakan, harapan minimum atau standar minimum dari suatu perpustakaan yang baik dan juga harapan ideal atau harapan yang sebenarnya diinginkan dari sebuah perpustakaan. hasil dari ketiga aspek tersebut kemudian dihitung gap atau jaraknya untuk mengetahui kualitas layanan yang telah diberikan dengan rumus AG (Adequecy Gap) yang merupakan selisih antara persepsi dikurang harapan minimum dan SG (Superiority Gap) yang merupakan selisih dari persepsi dikurangi harapan ideal. Adapun pengambilan data digunakan dengan kuesioner yang terdiri dari 28 pertanyaan terkait keempat variabel yang dinilai dengan skala 1-9. Dari penelitian ini diperoleh hasil persepsi sebesar 6.16, harapan minimum sebesar 5.92 dan harapan ideal sebesar 7.84. dengan demikian diketahui AG bernilai 0.24 dan SG bernilai -1.68 artinya kualitas layanan kualitas layanan Pusat Sumber Belajar Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa berada pada wilayah zone of tolerance.
ABSTRACT
The purpose of this research is to measure the service quality in Pusat Sumber Belajar (research learning center) Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa based on the users? expectation and perceiption. The research is conducted at Pusat Sumber Belajar (research learning center) Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat from October until November 2015. The respondent of this research consist of 12 teachers and 48 students of SMART Ekselensia Indonesia. This research uses LibQUAL+TM method to measure service quality based on gap between expectation and perception. Variables of this research consist of four LibQUAL+TM?s dimensions. The dimensions are service affect, library as place, personal control,and information access. The respondent are asked to fill the questionnaire based on their perception about delivered service, minimum expectation and desired expectation. From those three aspects we can see value of Adequacy Gap (gap between perception and minimum expectation) and Superiority Gap (gap between perception and desired expectation). The data is collected from 28 questions of questionnaire using 1 until 9 scale. The result showsthe valuef perception 6.16, minimum expectation 5.92 and desired expectation 7.84. It means the value of Adequacy Gap is 0.24 and Superiority Gap is -1.68. On bottom line, the result shows that the quality of Pusat Sumber Belajar Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa is considered GOOD ENOUGH and within in the ZONE OF TOLERANCE.
2016
S65679
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Agung Raisa Wedangga
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan pengembangan koleksi yang meliputi analisis pengguna, kebijakan pengembangan koleksi, seleksi, akuisisi, penyiangan dan evaluasi koleksi di Perpustakaan Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan interprestasi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perpustakaan Labschool Jakarta belum efektif dalam melakukan pengembangan koleksi karena tidak menganalisis kebutuhan penggunanya secara sistematis dan tidak memiliki kebijakan pengembangan koleksi. Perpustakaan menghadapi hambatan ketika melakukan pengembangan koleksi mulai dari kurangnya anggaran, susahnya pencarian koleksi, sibuknya guru dan kurang aktifnya siswa dalam memberi usulan. Perpustakaan Labschool Jakarta diharapkan menganalisis kebutuhan penggunanya secara sistematis dan membuat kebijakan pengembangan koleksi agar kegiatan pengembangan koleksi dapat berjalan lebih efektif dan dapat dijadikan alat komunikasi bagi staff perpustakaan dan pengguna perpustakaan.
This study aimed to describe the collection development activities that include user analysis, collection development policy, selection, acquisition, weeding and evaluation of the collection in the Library Labschool Jakarta. This study used a qualitative approach and descriptive interpretation. These results indicate that the Library Labschool Jakarta less effective in developing the collection because it did not systematically analyze the needs of its users and does not have a collection development policy. Libraries face barriers when developing collections ranging from the lack of budget, hard to find collectibles, busy teachers and students are less active in giving proposals. Library Labschool Jakarta are expected to systematically analyze users needs and make the collection development policy so that collection development activities can run more effective and can be used as a communication tool for library staff and library users.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64340
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Prianti Yasti
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai minat baca anak di Sekolah Citra Alam Jakarta. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu minat baca anak pada usia masa tengah dan akhir yang berusia 8 ndash; 10 tahun yang memiliki nilai Bahasa Indonesia tertinggi dan terendah di kelas berdasarkan aspek-aspek minat baca anak yaitu keterampilan membaca, ketertarikan anak dalam membaca, lingkungan, tingkat ekonomi, tempat tinggal, usia, dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat anak dalam membaca di Sekolah Citra Alam. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan dan ketersediaan bahan bacaan merupakan faktor dominan yang memengaruhi minat baca anak. Sedangkan untuk aspek tingkat ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat baca anak di Sekolah Citra Alam. ......This study discusses the children's interest in the Sekolah Alam Jakarta. Issues discussed in this research that children's interest in ages past middle and end were aged 8 10 years have a value of Indonesian highs and lows in the classroom based on aspects of children's interest in which reading skills, child's interest in reading, the environment, economic level, place of residence, age, and gender. This study aimed to analyze the factors that affect a child's interest in reading in the Sekolah Citra Alam. The approach used in this study is qualitative case study method. The results of this study indicate that the environment and the availability of reading materials is the dominant factor affecting children's interest. As for the aspects of economic levels do not affect the children's interest in the Sekolah Citra Alam.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hudzaifah Rahman
Abstrak :
Pusat informasi kompas merupakan sebuah lembaga informasi yang menyimpan dan mengelola arsip berita elektronik. Arsip berita elektronik yang dikelola merupakan arsip yang tidak dapat dihapuskan karena memiliki nilai komersil dan memiliki nilai sejarah terkait konten dari berita tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan arsip berita elektronik pada pusat sumber informasi kompas dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh pusat informasi kompas dalam mengelola arsip berita elektronik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap informan yang berjumlah lima orang yang dipilih berdasarkan kegiatan pengelolaan arsip berita elektronik dan hasil pemanfaatan arsip berita elektronik.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan arsip berita elektronik memiliki perbedaan dengan pengelolaan arsip elektronik karena dalam pengelolaan arsip berita elektronik tidak dilakukan tahap retensi. Dalam melakukan pengelolaan arsip berita elektronik, pusat informasi kompas menghadapi hambatan pada masalah teknis, seperti teknologi yang terbatas untuk sebuah sistem pengelolaan arsip berita. ......Kompas Information Center is an information center that store and manage electronic news archive. Kompas Information Center store and manage electronic news archive that can rsquo t be eliminated or deleted because it contain a commercial and historical value that related with the electronic news archive. This research has been done to gives a description about how Kompas information center manage their electronic news archive and to identify the difficulties that their dealing with. This study is a qualitative study with a descriptive design. The research data that include in this study were obtained by interview and observation with five informant who are related to electronic news archive management and utilization activity.This study shows that electronic news archive management activity is different than electronic archive management activity because there is no retention in the electronic news archive management activity. Kompas Information Center has some techincal difficulties in managing the electronic news archive.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64123
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Detha Heidyningtias
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai persepsi pemangku kepentingan Taman Bacaan Masyarakat TBM , yang terdiri dari pemilik, pengelola dan pengguna, terhadap TBM yang berlokasi di Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemilik dalam mendirikan TBM, mengetahui persepsi pengelola dalam mengelola atau mengoperasikan TBM, serta mengetahui persepsi pengguna terhadap eksistensi TBM. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing pemilik memiliki jenis TBM yang berbeda-beda yang menimbulkan pengelolaan dan jenis pengguna yang berbeda. Setiap TBM bertahan dengan kekuatannya masing-masing. Rumah Pintar Bhara Cendekia I bertahan karena terikat dengan instansi POLRI yang masih mempertahankan TBM-nya, TBM Bina Kreasi bertahan karena PKBM Bina Kreasi masih terus berjalan, sementara TBM Alfabet bertahan karena kesadaran diri dan tekad yang kuat dari pemilik dan pengelola. ......This research discusses about the perception of TBM 39 s stakeholders, which involve the owners, the keepers and the users, towards TBMs which are all located in Depok. The purposes of this research are to find out the owner 39 s perception in establishing TBM, the keeper 39 s perception in taking care or operating TBM, and the user 39 s perception towards TBM existence. This research is a qualitative research with a case study method. The result of this research indicates that each owner has a different type of TBM, which leads to different management and different types of users from all three TBMs. Three TBMs could survive using their own powers. Rumah Pintar Bhara Cendekia I could survive since it 39 s tied to POLRI which still maintains its TBM, TBM Bina Kreasi would always exist as long as PKBM Bina Kreasi exists, and TBM Alfabet could still survive after all this time because of self awareness and strong determination that the owner and keeper have.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66034
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Irmalasari
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai Strategi Arsip Nasional RI dalam meningkatkan mutu layanan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh Subdirektorat Layanan Arsip Nasional RI dalam meningkatkan mutu layanan dan faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan mutu layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi layanan yang dilakukan oleh Subdirektorat Layanan Arsip. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi mutu layanan yaitu: Pengembangan SDM melalui DIKLAT, sertifikasi ISO 9001: 2008 tentang Sistem Manajemen Mutu, inovasi layanan arsip terpadu, pemanfaatan teknologi, sinergi antar lembaga, fasilitasi teknis layanan pemanfaatan arsip statis, dan efisiensi jangka waktu layanan arsip. Faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu layanan adalah Sumber Daya Manusia, sarana prasarana, serta ketersediaan arsip.Indikator mutu layanan adalah kepuasan penggunaKata Kunci: Mutu layanan, layanan arsip, manajemen, strategi kearsipan, ANRI
ABSTRACT
This study discuss about the strategy of National Archives on improving the quality of archival services. The main problems of this study are how the strategy of Sub Directorate of Archives Services on improving the quality services and what the factor that can influence the quality services. This study aimed to describe the services strategy that is undertook by National Archives of TheRepublic of Indonesia. This research s method is qualitative descriptive through a case study approach. The conclusion of this research shows, are Develop of human resources through the delegation to enroll some education and training, ISO 9001 2008 certification about Management Quality s System, integrated static archives services innovation, usage of technology, synergy of institutions, service of static archiving usage facilitated, and efficiency of archive services time s period. The factors that influence the improvement of quality services are human resources, tools and infrastructures, and the availability of the archive. Keywords Strategy, Quality Service, Archive Services, Archival Management, National Archives of The Republic of Indonesia .
2016
S70018
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Superman
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai strategi penyediaan produk kemas ulang informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia untuk memberikan pelayanan kebutuhan informasi melalui produk kemas ulang informasisebagai produkunggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pemilihan informan berdasarkan metode pusposive sampling dengan teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi utama yang telah diterapkan adalah pengembangan produk, pengembangan pasar dan inovasi. Namun, dalam implementasi strategi masih terkendala dengan kompetensi Sumber Daya Manusia. Selain itu evaluasi strategi belum terstruktur. ......This undergraduate thesis discusses strategy of supplying information repackaging product. This research aims to know Center for Scientific Documentation and Information Indonesian Institute of Science strategy to supplying information repackaging product as competitive product. This research uses qualitative approach with case study method. The selection of informants based on purposive sampling method with data collection techniques through interviews and document analysis. The result of this research shows that main strategies that have been implemented are product development, market development and innovation. But, in the strategy implementation still constrained with human resources competence. In addition, strategy evaluation not structured yet.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Utami Saraswati
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses digitalisasi arsip audio visual videotape siaran daerah di TVRI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran proses digitalisasi arsip siaran daerah di TVRI agar dapat diketahui apa saja kendala yang terjadi dalam proses digitalisasi arsip siaran daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus agar penulis mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai suatu kasus yang akan penulis bahas dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara beberapa informan dengan teknik snowball sampling disertai dengan pencarian literatur yang sesuai dengan gambaran digitalisasi arsip siaran daerah di TVRI. Hasil penelitian ini adalah proses digitalisasi arsip siaran daerah di TVRI belum berjalan dengan baik. Sebab, masih ditemukan beberapa kendala yang menghambat proses digitalisasi arsip siaran daerah tersebut.
ABSTRACT
This study discusses the process of digitalization of the audio visual archive videotape area broadcast in TVRI. The purpose of this study is identify the process digitizing the broadcast area archives in TVRI in order to know what are the constraints that occur in the process of digitizing the area broadcast archives. This study used a qualitative approach with case study strategies for the authors to get an in depth description of a case that will authors discussed in this study. The data was collected by interviewing several informants with sowball sampling technique along with the literature search which was appropriate with the picture of digitalization of regional broadcast archive in TVRI. The results of this research is the process of digitizing the area broadcast archive on TVRI done with immigration strategy. Because, TVRI digitalization provide cassette media into digital media. Digitalization activity is not seen well. Because, still found some obstacles that hinder the process of digitizing the broadcast archive area. The main obstacle is that supervisors pay less attention to digitalization activities conducted by the Documentation and Library Program TVRI.
2017
S69521
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Jaisyi Rohman
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang fungsi rekreasi perpustakaan, tepatnya pada Taman Baca Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana fungsi rekreasi edukatif berjalan pada Taman Baca Bulian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Taman Baca Bulian menyediakan koleksi, ruang, layanan, dan pengelola yang dapat menunjang kegiatan rekreasi edukatif dan telah dimanfaatkan oleh pemustaka anak. Hasil penelitian ini menyarankan Taman Baca Bulian untuk meningkatkan koleksi, ruang, layanan, dan pengelola serta melakukan promosi dengan gencar guna menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Taman Baca Bulian. ......This research describes the functions of recreations at libraries, specifically in the library of Taman Baca Bulian. The method used in this research is descriptive qualitative with case study approach. This research aims to describe how educative recreations function at Taman Baca Bulian. The result of the research shows that Taman Baca Bulian provides book collections, space, services, and management that support educative recreation activities which have been utilized by young readers. The result suggests Taman Baca Bulian to improve their book collections, space, services, management, as well as promotions to attract society's interest in visiting Taman Baca Bulian.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69515
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irwin Pratama Putra
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai apakah layanan referensi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi. Representasi ini dilihat berdasarkan persepsi pengguna terhadap layanan tersebut dan juga dilihat dari strategi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan referensi mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan referensi Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi karena Perpustakaan Universitas Indonesia berhasil membuat layanan referensi mereka menjadi lebih aktif dengan menghadirkan berbagai inovasi di dalamnya untuk lebih mendekatkan diri dengan pengguna. Selain itu pendapat pengguna terkait layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia juga semakin menguatkan tujuan dari penelitian ini.
This study discusses about whether the reference services in the University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library. This representation views based on user perception of reference services and the strategies undertaken by the University of Indonesia Library in improving the quality of their reference services. This study is a qualitative research with case study method. These results indicate that the reference services of University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library because the University of Indonesia Library makes their reference services to become more active by presenting a variety of innovations to get closer to the user. Additionally, related user opinions about reference services in University of Indonesia Library also reinforce the goal of this research.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>