Ditemukan 84 dokumen yang sesuai dengan query
Amelia Sari
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai penerapan fungsi manajemen pada pengelolaan layanan e-resources di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualiatatif, pendekatan studi kasus dan pengumpulan data melalui metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan fungsi manajemen pada pengelolaan layanan e-resources di PNRI belum dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen menurut George R. Terry. Penerapan fungsi manajemenen berjalan berdasarkan hubungan antar kelompok layanan keanggotaan dengan kelompok layanan referens yang berada dibawah bidang Layanan Kelompok Umum. Saran dari hasil penelitian agar kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi selaku orang yang mengepalai bidang layanan yang ada di PNRI membuat target layanan e-resources yang ingin dicapai, serta layanan eresources masuk kedalam kelompok layanan referens.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Pipit Kesumawardani
Abstrak :
Skripsi ini membahas persepsi siswa sekolah dasar terhadap layanan Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana apakah positif atau negatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriftif. Sampel yang diambil sebanyak 102 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa adalah positif terhadap layanan perpustakaan. Hal tersebut dapat dilihat dari persepsi positif terhadap jadwal dan durasi layanan, koleksi, petugas serta fasilitas Perpustakaan Keliling Yayasan Pustaka Kelana.
......This thesis discussed about the perception of elementary school students towards Pustaka Kelana Mobile Library service whether positive or negative. This research is descriptive quantitative research design. Samples are taken as many as 102 students. Sampling technique is accidental sampling. The results showed that the perception of students is positive about the library service. This can be seen from the positive perception of the schedule and duration of service, collection, personnel and facilities Pustaka Kelana Mobile Library.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43084
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Lian Hateveana Dhita
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai kemampuan literasi informasi aparatur negara khususnya pejabat Eselon III yang ada di 15 Dinas kota Depok. Pejabat Eselon III salah satu tugasnya adalah membuat program dan untuk itu mereka membutuhkan informasi yang tepat, maka dibutuhkan kemampuan literasi informasi. Kemampuan literasi informasi yang dimaksud adalah kemampuan dalam mendefinisikan tugas, menggunakan strategi pencarian informasi, menemukan sumber informasi dan mengakses informasi, menggunakan informasi, melakukan sintesis, dan melakukan evaluasi terhadap tugas mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 41 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi mereka tidak merata.
......This thesis discusses about the information literacy skills of the state apparatus, especially Echelon III at 15 services of Depok City. One of the Echelon III tasks is make the program and it needed the right information, so it needed information literacy skills. The information literacy skills are about the skills of task definition, information seeking strategy, locate and access, use of information, synthesis, and evaluation. This study uses a quantitative approach with a sample of as many as 41 persons. The result showed that their information literacy skills are not evenly distributed.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42112
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Ribka Prima Setyanty
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang persepsi pustakawan mengenai pergeseran peran
pustakawan di abad elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi
pustakawan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Jakarta dan
mengetahui apa saja strategi yang dimiliki pustakawan Unika Atma Jaya dalam
menghadapi pergeseran perannya di abad elektronik. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan
cara memeriksa dokumen terkait, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini
juga dikaitkan dengan kompetensi pustakawan abad 21 oleh American Library
Association.
ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses the librarian perception about librarian?s
shifting role in electronic era. This research aims to determine perception of
Unika Atma Jaya Jakarta?s librarian about their shifting role and to get overview
about their strategy so they can survive in electronic era. This study was a
qualitative research with case study method. The research data obtained by
examining relevant documents, interviews, and observation. The results of this
study was also associated with the 21th century competencies of librarian by
American Library Association.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42189
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library