Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anita
Abstrak :
Penelitian mengenai pengaruh mutu layanan terhadap kepuasan pemustaka di perpustakaan bersertifikat SMM ISO 9001:2015 studi kasus di Perpustakaan UAI telah dilakukan. Penting untuk mengetahui pengaruh mutu layanan agar perpustakaan dapat mengidentifikasi kebutuhan pemustaka dan merencanakan strategi dalam memenuhi kebutuhan pemustaka di masa yang akan datang sehingga perpustakaan dapat mencapai kepuasan pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh mutu layanan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan UAI, dimana perpustakaan tersebut telah mengimplementasikan SMM ISO 9001:2015. Pengukuran mutu layanan dilakukan dengan menggunakan model pendekatan Libqual+™ melalui tiga dimensi mutu layanan yaitu dimensi affect of service, information control, dan library as place. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 92 responden. Penelitian terdiri dari dua variabel yaitu variabel independen meliputIi dimensi affect of service, information control, library as place dan variabel dependen yaitu kepuasan pemustaka. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian mampu mengidentifikasi pengaruh mutu layanan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan UAI. Mutu layanan Perpustakaan UAI dinilai “baik” oleh pemustaka, begitupun kepuasan pemustaka mendapatkan penilaian “puas”. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari ketiga dimensi mutu layanan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan UAI dengan kontribusi signifikansi sebesar 70,5%. Secara parsial, dimensi information control merupakan dimensi mutu layanan yang memberikan pengaruh paling tinggi terhadap kepuasan pemustaka, disusul dengan dimensi library as place dan terakhir dimensi affect of service. Hal ini menunjukkan bahwa dimensi affect of service, information control dan library as place sebagai dimensi mutu layanan yang diadopsi dari Libqual+™ mampu memperlihatkan kontribusi pengaruh mutu layanan terhadap kepuasan pemustaka. ......Research on the effect of service quality on user satisfaction in ISO 9001:2015 QMS-certified library case studies at the UAI Library has been carried out. It is important to know the effect of service quality so that the library can identify the needs of users and plan strategies to meet the needs of users in the future so that the library can achieve user satisfaction. This study aims to identify the effect of service quality on user satisfaction at the UAI Library, where the library has implemented QMS ISO 9001:2015. The measurement of service quality is carried out using the Libqual+™ approach model through three dimensions of service quality, namely the dimensions of affect of service, information control, and library as place. This study used a quantitative method by distributing questionnaires to 92 respondents. The study consisted of two variables, namely the independent variables including the dimensions of affect of service, information control, library as place and the dependent variable, namely user satisfaction. Data analysis used multiple regression analysis techniques with the help of SPSS version 26. The results of the study were able to identify the effect of service quality on user satisfaction at the UAI Library. The service quality of the UAI Library is rated "good" by users, as well as user satisfaction is rated "satisfied". There is a positive and significant effect of the three dimensions of service quality on user satisfaction at the UAI Library with a significant contribution of 70.5%. Partially, the information control dimension is the service quality dimension that has the highest effect on user satisfaction, followed by the library as place dimension and finally the affect of service dimension. This shows that the dimensions of affect of service, information control and library as place as dimensions of service quality adopted from Libqual+™ can show the contribution of the effect of service quality on user satisfaction.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fadly Suhendra
Abstrak :
Meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas buku ilmiah dalam lanskap pengetahuan digital merupakan sebuah kebutuhan dalam menghadapi tuntutan perkem­bangan teknologi informasi yang telah membuat komunitas aka­demik menjadi lebih terhubung, ide dibagikan lebih cepat, dan informasi dapat diambil lebih mudah daripada sebelum­nya. Penelitian kualitatif dengan metode studi kasus ini ber­upaya mengeksplorasi bagaimana penerbitan buku ilmiah dapat dilihat dan ditemukan oleh pengguna potensial yang mungkin memanfaatkannya. Langkah-lang­kah apa yang dilaku­kan untuk mencapai tujuan tersebut juga dianalisis, serta mengidentifikasi tantangan yang di­hadapi untuk memas­ti­kan bahwa buku-buku ilmiah terintegrasi ke dalam lans­kap pengetahuan digital. Pengam­bilan data dilakukan pada Januari-Maret 2022 dengan wawancara, kuesioner, obser­vasi, dan tinjauan literatur. Hasil penelitian menun­juk­kan bahwa strategi penerbitan buku ilmiah di era digital adalah dengan mem­bangun visibilitas dan aksesibilitas ke dalam alur kerja editorial, mulai dari produksi hingga penyebarluasan buku dengan meman­faatkan secara maksimal berbagai alat dan inovasi penemuan infor­masi. Sementara itu, langkah-langkah yang perlu dilaku­kan penerbit adalah mulai mengadopsi dan menerapkan sistem pener­bitan elektronik yang mampu menam­pung dan mengelola metadata secara leng­kap serta menggunaan berbagai alat penemuan infor­masi, seperti E-ISBN, DOI, dan berbagai jejaring media sosial serta media berbagi untuk men­dukung penyebar­luasan dan penemuan buku dalam lanskap pengetahuan digital. Adapun tantangan yang di­hadapi untuk memasti­kan bahwa buku-buku ilmiah terintegrasi ke dalam lanskap pengetahuan digital adalah karena penerbit ilmiah di Indonesia masih terlalu fokus dengan penerbitan buku versi cetak dan belum memiliki sistem yang meng­arah pada pendistribusian ke dalam lanskap digital. Akhirnya, penerbit ilmiah di Indonesia perlu me­laku­kan transformasi dalam proses produksi dan penye­barluasan buku ilmiah sebagai media komunikasi ilmiah yang mendalam. Keterbatasan penelitian ini adalah pada jumlah narasumber yang digunakan. Untuk itu, diharapkan adanya pene­litian lanjutan dengan me­libatkan lebih banyak penerbit dan akademisi untuk memetakan bentuk serta peran penerbitan buku ilmiah di masa depan dan penga­ruh­nya terhadap pembaca dan kualitas publikasi nasional. ......Increasing the visibility and accessibility of scholarly books in the digital knowledge landscape is a necessity in the face of the demands of information technology developments that have made the academic community more connected, ideas shared faster, and information retrieved easier than ever before. This qualitative research with the case study method seeks to explore how scholarly book publications can be seen and discovered by potential users who might take advantage of them. The steps taken to achieve these goals are also analyzed, as well as identifying the challenges faced to ensure that scholarly books are integrated into the digital knowledge landscape. Data collection was carried out in January-March 2022 with interviews, questionnaires, observations, and literature review. The results show that the strategy for publishing scholarly books in the digital era is to build visibility and accessibility into the editorial workflow, from production to book dissemination by making maximum use of various information discovery tools and innovations. The steps that need to be taken are that publishers begin to adopt and implement an electronic publishing system that is able to accommodate and manage complete metadata and use various information discovery tools, such as E-ISBN, DOI, and various social media networks and sharing media to support the dissemination and book discovery in the digital knowledge landscape. The challenge faced in ensuring that scholarly books are integrated into the digital knowledge landscape is that scientific publishers in Indonesia are still too focused on publishing printed versions of books and do not yet have a system that leads to distribution in the digital landscape. Finally, scholarly publishers in Indonesia need to make a transformation in the process of producing and disseminating scholarly books as a medium of deep scientific communication. The limitation of this research is the number of sources used. For this reason, it is hoped that further research will be carried out by involving more publishers and academics to map out the form and role of scientific book publishing in the future and its impact on readers and the quality of national publications.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sekar Ari Prabaningtyas
Abstrak :
Di era digital, informasi mengenai kepustakawanan perlu memanfaatkan berbagai sumber informasi untuk mencapai audiens secara luas. Media sosial seperti Instagram dapat digunakan sebagai media diseminasi informasi yang cukup efisien dibandingkan dengan media komunikasi konvensional lainnya. Hal ini dikarenakan Instagram memiliki fitur-fitur yang mendukung untuk melakukan kegiatan penyebaran informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram yang dilakukan oleh akun @bibliovora.id dalam menyebarkan informasi mengenai kepustakawanan, fitur-fitur yang sering diakses oleh pengikut, dan manfaat yang diperoleh pengguna dari diseminasi informasi bibliovora.id. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling. Analisis dalam penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini yaitu pemanfaatan Instagram sebagai media diseminasi informasi pada akun Instagram @bibliovora.id digunakan dengan baik dimana pengelola menggunakan feeds, highlights, tagar, dan bio untuk mengunggah konten informasinya. Berdasarkan jenis-jenis fitur dalam akun Instagram tersebut, pengguna sering mengakses fitur seperti feeds dan highlights karena dinilai menarik perhatian dan isi konten yang variatif. Manfaat yang diperoleh pengguna dari konten informasi yang diunggah juga memperluas wawasan pengguna tentang ragam profesi di bidang kepustakawanan, tokoh-tokoh di dunia perpustakaan, kemampuan yang diperlukan pustakawan, dan perpustakaan. ......In the digital era, information about librarianship needs to utilize various sources of information to reach users widely. Social media platforms, such as Instagram, can be used as a medium for disseminating information in a way that is considered quite efficient compared to other conventional communication media. This is because Instagram has features that support information dissemination activities. This study aims to determine the use of Instagram by the @bibliovora.id account in disseminating information about librarianship, features that are often accessed by followers, and the benefits that users get from disseminating bibliovora.id information. This type of research is qualitative with a case study method. Methods of data collection using observation, interviews, and literature study. Sampling in this study using convenience sampling. The analysis in this study uses an interactive model from Miles and Huberman. The results of this study are that the use of Instagram as a medium for disseminating information on the Instagram account @bibliovora.id is well used where managers use feeds, highlights, hashtags, and bio to upload informational content. Based on the types of features in the Instagram account, users often access features such as feeds and highlights because they are considered to attract attention and contain varied content. The benefits that users get from the information content also broaden users' insights about various professions in librarianship, figures in the world of libraries, the skills needed by librarians, and libraries.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan Azhari Ilyas
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang perilaku informasi para pemain Genshin Impact. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan informasi, sumber informasi, dan perilaku pencarian informasi pemain Genshin Impact. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini ditetapkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara secara daring kepada para pemain Genshin Impact. Data yang telah didapatkan kemudian diolah dengan melakukan reduksi data, display data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan informasi pemain Genshin Impact adalah mekanik permainan berupa elemental reaction dan combat, eksplorasi berupa eksplorasi peta dan cerita, serta team building. Sumber informasi yang digunakan oleh pemain Genshin Impact seluruhnya berasal dari internet dengan sumber berupa penyedia layanan video, komunitas online, maupun hasil diskusi dengan pemain lain. Kemudian, perilaku pencarian informasi para pemain Genshin Impact mengikuti seluruh tahapan pada model Information Search Process milik Kuhlthau dengan perbedaan pada tahapan exploration. Perbedaan ini dapat dikaitkan dengan pengalaman dalam bermain dan mencari informasi yang telah dimiliki oleh para informan. ......This research discusses the information behavior of Genshin Impact players. The purpose of this research is to analyze the information needs, information sources, and information seeking behavior of Genshin Impact players. This research method was carried out with a qualitative approach. The informants of this study were determined using purposive sampling method. Data collection was carried out by online interviews with Genshin Impact players. The data that has been obtained is then processed by reducing data, displaying data, and verifying and drawing conclusions The results showed that the information needs of Genshin Impact players are game mechanics in the form of elemental reaction and combat, exploration in the form of map and story exploration, and team building. The sources of information used by Genshin Impact players all come from the internet with sources in the form of video service providers, online communities, and the results of discussions with other players. Then, the information search behavior of Genshin Impact players follows all stages in Kuhlthau's Information Search Process model with differences at the exploration stage. This difference can be attributed to the experience in playing and seeking information that the informants have had.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Aliffia Rafiza
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai proses penerapan kemas ulang informasi pada Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Republik Indonesia, dalam penelitian ini proses kemas ulang informasi ditinjau berdasarkan sembilan tahap model kemas ulang informasi yang diungkapkan oleh Satyanarayana, dalam buku “Information Products and Service”. Penelitian ini merupakan kualitatif studi kasus. Informasi didapatkan melalui observasi dan wawancara terbuka. Hasil dari penelitian ini adalah proses kemas ulang informasi pada Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan RI yang ditinjau berdasarkan model Satyanarayana sudah baik, namun terdapat beberapa temuan penerapan proses kemas ulang informasi yang belum optimal, yaitu pada tahap analisis pengguna, evaluasi dan feedback sehingga penulis menyarankan agar dibuat standar operasional prosedur yang dapat dijadikan panduan dan acuan dalam penerapan proses kemas ulang informasi. ......This research discusses the process of implementing information repackaging at Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan RI. In this study, the information repackaging process is examined based on the nine stages of the information repackaging model proposed by Satyanarayana in the book "Information Products and Service". The research follows a qualitative case study approach, and information is gathered through observation and open interviews. The findings of this research indicate that the information repackaging process at Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan RI, based on Satyanarayana's model, is generally effective. However, there are some areas where the implementation of the information repackaging process is not optimal, particularly in the stages of user analysis, evaluation, and feedback. As a recommendation, the author suggests creating standard operating procedures that can serve as guidelines and references for improving the implementation of the information repackaging process.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Vieri
Abstrak :
Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia menjadi persoalan yang serius karena salah satu cara seseorang memperoleh informasi dan ilmu adalah dengan membaca. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini terlihat dari berbagai inovasi yang ditawarkan dalam berbagai aplikasi. Bahkan, keberadaan aplikasi turut mengubah gaya hidup dan perilaku masyarakat. Salah satu inovasi tersebut adalah bahan bacaan digital yang dapat dibaca dengan mudah di mana saja, kapan saja hanya dengan smartphone atau laptop dan koneksi internet. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana fitur Discover pada aplikasi by.U menyediakan bahan bacaan digital yang mempengaruhi minat baca penggunanya menurut teori pembangunan minat baca Springer et.al. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara pada bulan Mei tahun 2023 dengan ketiga informan yang dipilih berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian, hadirnya fitur Discover pada aplikasi by.U telah menerapkan keempat prinsip pembangunan minat baca. Hal tersebut didukung oleh beberapa faktor strategi by.U dalam menyajikan bahan bacaan digital di fitur Discover mulai dari gaya bahasa, isi cerita, menjadi fitur hiburan, dan adanya kesempatan mendapatkan rewards. Dapat disimpulkan bahwa fitur Discover juga memberikan dampak serta pengaruh yang positif dalam membangun minat baca penggunanya sekaligus meningkatkan rutinitas membaca yang didukung oleh beberapa fitur unggulan dalam aplikasi by.U. ......The low reading interest of the Indonesian people is a serious problem because one of the ways a person can obtain information and knowledge is by reading. The development of information and communication technology is currently experiencing very rapid progress. This can be seen from the various innovations offered in various applications. In fact, the existence of the application has also changed people's lifestyles and behavior. One of these innovations is digital reading material that can be read easily anywhere, anytime with just a smartphone or laptop and an internet connection. Therefore, researchers are interested in knowing how the Discover feature in the by.U application provides digital reading materials that affect users' reading interest according to Springer et.al's theory of reading interest development. The method used in this research is qualitative with data collection techniques in the form of interviews in May 2023 with the three informants selected based on specific criteria set. Based on the research results, the presence of the Discover feature on the by.U application has implemented the four principles of developing reading interest. This is supported by several factors of by.U's strategy in presenting digital reading materials in the Discover feature, starting from language style, story content, entertainment features, and the opportunity to get rewards. It can be concluded that the Discover feature also has a positive impact and influence in building users' interest in reading while increasing their reading routine which is supported by several excellent features in the by.U application.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rani Muthia Fatin
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang pengelolaan muatan lokal berbasis Gallery, Library, Archive, Museum (GLAM) di Perpustakaan Badan Narkotika Nasional (Perpustakaan BNN). Perpustakaan BNN merupakan salah satu perpustakaan khusus di Indonesia yang memiliki terbitan yang dihasilkan oleh para pegawai atau Satuan Kerja dan juga instansi BNN itu sendiri atau biasa disebut sebagai koleksi muatan lokal. Dengan koleksi muatan lokal ini, Perpustakaan BNN berharap dapat memberikan dan menyediakan berbagai kebutuhan informasi yang diinginkan para pemustaka. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui proses pengelolaan muatan lokal yang dilakukan oleh Perpustakaan BNN terhadap koleksi yang masuk hingga di unggah ke dalam website yang sudah terintegrasi oleh konsep GLAM. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan koleksi muatan lokal berbasis GLAM yang ada di Perpustakaan BNN sudah dapat berjalan dengan baik, namun kurangnya kesadaran akan pengumpulan karya membuat hanya sedikit karya yang dapat diunggah ke dalam website Perpustakaan BNN. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya surat perintah langsung yang dikeluarkan oleh BNN sehingga masih banyak penghasil karya yang tidak sadar akan pentingnya pengumpulan karya tersebut. ......This study discusses the management of Gallery, Library, Archive, Museum (GLAM) based local content at the National Narcotics Agency Special Library (BNN Library). BNN Library has publications produced by employees or work units, and the BNN itself is commonly referred to as a collection of local content. With this collection of local content, the BNN Library hopes to provide and provide various information needs those users want. This article aims to discover the local content management process carried out by the BNN Library on incoming collections until they are uploaded to a website that the GLAM concept has integrated. The qualitative method with a case study approach used in this research. Data was collected using interviews and observations. This study shows that the management of local content collections based on GLAM in the BNN Library can run well, but the lack of awareness of the collection of works makes only a few works can be uploaded to the library website. This happened because the BNN issued no direct order, so many producers of works still were unaware of the importance of collecting these works.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Yuni Syafa&
Abstrak :
Penelitian ini mengkaji pemanfaatan koleksi layanan ekstensi oleh warga binaan pemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan ekstensi di lembaga pemasyarakatan, mengetahui pengaruh ketentuan koleksi layanan ekstensi terhadap pemanfaatan, dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi pustakawan dalam memberikan layanan ekstensi berdasarkan faktor pemanfaatannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pegumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan ekstensi sudah dilakukan dengan baik melalui ketentuan koleksi yang diberikan, tetapi pemanfaatannya masih terdapat kendala dari faktor internal dan eksternal warga binaan pemasyarakatan. Hal yang menjadi kendala pemanfaatan yaitu berasal dari kebutuhan akan sumber edukatif kurang terpenuhi, minat terhalang oleh kurangnya kebiasaan membaca serta kegiatan lain, dan kelengkapan koleksi yang kurang beragam. Sementara faktor kebutuhan akan sumber rekreasi, motif memperbaiki diri, dan keterampilan pustakawan dalam mengatasi kendala, dapat mendorong pemanfaatan koleksi lebih maksimal. ......This study examines the use of collections of extension services by correctional inmates. This study aims to identify extension services in prisons, determine the effect of the provision of extension service collections on utilization, and identify obstacles faced by librarians in providing extension services based on utilization factors. This study uses a qualitative method with a case study approach. Data collection was done by interview, observation, and document analysis. The results of this study indicate that the implementation of extension services has been carried out well through the provisions of the collection provided. However, there are still obstacles in its utilization from internal and external factors of the inmates. Things that become obstacles to utilization are derived from the need for educational resources that is not fulfilled, interest is hindered by a lack of reading habits and other activities, and the completeness of the collection is less diverse. Meanwhile, the need for recreational resources, the motive for self-improvement, and the librarian's skills in overcoming obstacles can encourage maximum utilization of the collection.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Syaakira Mahardika
Abstrak :
Penelitian ini akan membahas latar belakang yang mendasari mengapa BI menempatkan pojok bacanya di perpustakaan, bagaimana Perpustakaan Universitas Atma Jaya mengelola BI Corner berdasarkan fungsi manajemen POAC, serta kendala apa saja yang ada. Dalam mengelola organisasi terutama di perpustakaan dibutuhkan penerapan fungsi manajemen Planning, Organizing, Actuating, Controlling. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus dan penentuan informan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah didirikannya BI Corner merupakan bentuk hibah dari BI ke perpustakaan sebagai salah satu usaha untuk mengatasi rendahnya literasi keuangan di masyarakat Indonesia serta membentuk masyarakat yang memahami masalah ekonomi. Dalam penerapan fungsi Planning pembuatan rencana dilakukan dengan menentukan tujuan perencanaan dan analisis SWOT. Penyusunan struktur organisasi, standar kerja tertulis, serta pengadaan seminar pelatihan untuk SDM sebagai bentuk penerapan fungsi Organizing dan Actuating. Adanya sistem informasi CRM sebagai penerapan fungsi Controlling. Selain itu, ditemukan juga beberapa kendala terkait BI Corner, seperti masih belum tersedianya koleksi digital, koleksi buku wajib, laporan keuangan BEI dan jurnal terupdate yang banyak dibutuhkan oleh mahasiswa ekonomi. Disarankan kedepannya akan lebih baik jika di BI Corner menyediakan koleksi yang banyak dibutuhkan oleh mahasiswa ekonomi dan koleksi digital yang akan memudahkan mahasiswa untuk mengaksesnya dari rumah dikarenakan saat pandemik banyak fasilitas kampus dan perpustakaan yang ditutup. ......This research will discuss why BI put its reading corner in the library, how the Atma Jaya University Library manages the BI corner based on POAC management functions, and what constraints exist. Managing organizations, especially in the library, takes the implementation of Planning, Organizing, Actuating, Controlling management functions. The research uses a qualitative approach with case study methods and the determination of informants using purposive sampling. The result of this research is the establishment of BI Corner is a form of a grant from BI to the library as one of the efforts to overcome low financial literacy in Indonesian society and to create a society that understands economic problems. In implementing the Planning function, Planning is done by determining the planning objectives and SWOT analysis. Preparation of organizational structure, written work standards, and provision of training seminars for HR as a form of implementing the Organizing and Actuating functions. The existence of a CRM information system as the implementation of the Controlling function. In addition, several obstacles were also found related to the BI Corner, such as the unavailability of digital collections, mandatory book collections, IDX financial reports, and updated journals that are much needed by economics students. It is suggested that in the future it would be better if the BI Corner provides a collection that is much needed by economics students and a digital collection that will make it easier for students to access it from home because during the pandemic many campuses facilities and libraries were closed.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Afrita Maharani
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan aplikasi manajemen pengetahuan terhadap kinerja pustakawan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dalam penelitian ini, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengembangkan sebuah aplikasi manajemen pengetahuan untuk membantu secara teknis pekerjaan para pegawainya. Rumusan masalah penelitian ini mengungkapkan bagaimana penggunaan aplikasi manajemen pengetahuan ini dapat mempengaruhi kinerja pustakawan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mengidentifikasi penggunaan aplikasi manajemen pengetauan dalam meningkatkan kinerja pustakawan yang dilihat dari indikator penilaian kinerja dari Prawirosentono. Penggunaan konsep Prawirosentono dalam penelitian ini dapat membantu menilai kinerja pustakawan BPPT. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik snowball sampling terhadap para pustakawan BPPT dan terpilih informan yang bergelut langsung dengan aplikasi KM ini. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aplikasi KM ini dapat meningkatkan kinerja pustakawan yang bersifat teknis saja, seperti penugasan, komunikasi antar pustakawan, absensi, memberikan pendapat, dan perencanaan jadwal kerja. Walaupun ada beberapa indikator yang tidak sesuai, tetapi indikator yang tidak sesuai ini merupakan sebuah sikap yang tidak dapat diubah walau dengan suatu aplikasi. ......This research focused to discuss the impact of the usage of knowledge management application on the performance of Agency for the Assessment and Application of Technology (BPPT)’s staff. In this research, BPPT developed a knowledge management application to help the technical issues faced by their staff. This research’s question is to reveal how the usage of the knowledge management application is affecting the staff’s performance. The purpose of this research is to find out and identify the usage of the application in increasing the staff’s performance seen from the indicator of staff’s performance by Prawirosentono. This research is done by conducting a qualitative approach and descriptive method. To gather the data, the researcher did an in-depth interview and the source was selected with snowball sampling technique towards the librarian of BPPT. The chosen sources are using the application firsthand. The result of this research is to know that the knowledge management application can improve the performance of the staff in terms of technical work such as for assignments, communication between the staff, attendance, sharing a comment, and work schedule. Nonetheless, there are a few missed indicators, but it is part of the behavior that can’t be changed through an application.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8 9   >>