Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 96 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chandra Hermawan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi
bagi anak penderita kanker dalam menjalani pengobatannya di Yayasan Kasih
Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi bagi anak penderita kanker dalam
menjalani pengobatannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode
studi kasus. Dalam prosesnya, dilakukan analisis koleksi dengan pendekatan
pengguna dan penggunaan diukur melalui persepsi pengguna, observasi pengguna
dan pengujian atas manfaat koleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi
anak yang disediakan YKAKI melalui program Sekolah-Ku didasarkan pada visi
dan misi program, perkembangan anak, pendidikan dan biblioterapi yang
diberikan melalui story telling bagi anak usia 0-6 tahun. Koleksi yang digunakan
yaitu 9,2% dari total koleksi. Namun, dalam proses pemanfaatan terdapat kendala
yaitu bahan bacaan yang dikenal masih perlu ditambah dan ditingkatkan kualitas,
menyesuaikan bahan bacaan dengan kondisi anak dan administrasi kegiatan
biblioterapi. Untuk itu, diperlukan perhatian agar membuat kebijakan
pengembangan koleksi dan ketersedian koleksi, meningkatkan pengetahuan SDM
guru/konselor mengenai manajemen koleksi anak dan laporan statistik
pemanfaatan koleksi.

ABSTRACT
This research describes about usage of child’s collection for bibliotherapy to
children with cancer in healing treatment at YKAKI. The Research conducted to
analyze the usage of child’s collection for bibliotherapy to children with cancer in
healing treatment. The type of this research is “qualitative” by “case studying”
method. The useful of collections analysis by user and using approach and the
useful was measuredby the perception of user, user’s obsevation and the test of
The usage of collection. The result of this research shows of the child’s collection
was provided YKAKI through “Program Sekolah-Ku” based on vision and mision
program, children development, education grade and biblioteraphy has been given
through story telling for children age 0-6 years. The collection was adopted
approx 9,2% from the number of collections. The obstacle was discovered of the
usage process are the reading materies was known still need enhance and advance
the quality, adapting the reading materies to child’s condition and the
administrative of biblioteraphy activity. Based on fact was discovered during the
research, it necessary to make the policy of collection development and providing
the collection, advance the human resources knowledge (teachers or concelors)
relate to the management of children’s collection and statistic report of the
collection usage."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55656
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rian Windarsih
"ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi kerja Pejabat Fungsional
Pustakawan Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta dalam bidang kerja
pengembangan koleksi dan layanan perpustakaan sesuai dengan Standar
Kompetensi Kerja Nasional Indonesia – Perpustakaan (SKKNI – PRP). Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus.
Hasil penelitian ini adalah Pejabat Fungsional Pustakawan Perpustakaan Umum
Provinsi DKI Jakarta sudah mampu melakukan tiga unit kompetensi umum, tiga
unit kompetensi inti bidang pengembangan koleksi, dan empat unit kompetensi
inti bidang layanan perpustakaan. Penelitian ini menyarankan agar Pejabat
Fungsional Pustakawan di bidang layanan perpustakaan meningkatkan
kompetensinya dalam melakukan promosi perpustakaan dan melakukan kegiatan
literasi informasi. Kemudian Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta sekiranya
dapat mendorong pustakawannya untuk menyertakan dirinya mengikuti uji
sertifikasi pustakawan.

ABSTRACT
This thesis aims to identify the job competency of librarian functional staff in
DKI’s Jakarta Public Library in the case of collection development and library
service based on Indonesian National Job Competency Standard (SKKNI – PRP).
This thesis utilizes the qualitative approach using case study methodological
research. Based on the research finding, the librarian functional staff have been
able to comprehend and conducting three general competencies, three collection
development core competencies, and four library service core competencies. In
conclusion, this research suggest the librarian to improve their competencies
withIn the field of library service. It can be improving the library promotion and
the information literacy program. Besides, the need to certificate themselves for
gaining several librarian competencies."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57410
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Elita
"Penelitian ini membahas mengenai Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia, khususnya layanan referensi lantai 4. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana tingkat kualitas Layanan Referensi Lantai 4 Perpustakaan Universitas Indonesia berdasarkan dimensi kualitas layanan LibQual+TM. Dimensi-dimensi tersebut diantaranya, yaitu Affect of Service (kinerja pustakawan), Information Control (kualitas koleksi), dan Library as Place (perpustakaan sebagai tempat). Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 80 sampel. Penentuan sampel, yaitu dengan cara accidental sampling.
Analisis menunjukkan bahwa secara umum seluruh kualitas layanan berada pada zone of tolerance, atau memenuhi harapan minimum pengguna. Namun, keseluruhan layanan tersebut belum dapat dikatakan sebagai layanan yang unggul (superior service). Hal ini dikarenakan keseluruhan dimensi layanan tidak ada yang memenuhi harapan yang benarbenar diinginkan oleh para pengguna.

The focus of this study is about the reference service at the University of Indonesia. The purpose of this study is to analyze the quality of the reference service, especially the reference service at the 4th floor, based on the service quality dimension of LibQual+TM. The dimensions are Affect of Service, Information Control, and Library as Place. This is a quantitative study with questionnaire as a data collection tool. The sample used were 80 respondents who are determined based on population of the reference services visitors.
The result shows that all the dimensions of quality service are within users zone of tolerance, or in other words have met the minimum expectaition of users. However, the overall dimensions of the services cannot be said as a superior service. This is because there is no services that meet with the maximum expectation of the users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulva Ibadati
"[ABSTRAK
Fokus dari penelitian ini adalah layanan Bulk Loan dan pengelola layanan Bulk Loan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh angka melek huruf yang sudah tinggi namun belum menunjukkan korelasi dengan minat baca masyarakat. Sudah banyak upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satu upaya yang menarik perhatian peneliti adalah layanan paket buku (Bulk Loan) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang berada di Blitar, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan pembentukan, pengelolaan layanan, pendapat pengelola terkait minat baca masyarakat Blitar, kendala yang dihadapi, serta dampak dari layanan Bulk Loan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif, metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi melalui laporan tahunan dan lini masa jejaring sosial Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan Bulk Loan ini membawa dampak positif bagi masyarakat Blitar. Layanan Bulk Loan dapat merangsang masyarakat untuk membaca.
ABSTRACT
The focus of this study is the Bulk Loan service and its managers. This research is motivated by the fact that the literacy rate which is already high, but it does not correlate with reading interest of the population. There are efforts to increase population?s reading interest. One of them is the Bulk Loan service of Proklamator Bung Karno Library located in Blitar, East Java. It purposes are to know the reasons behind the establishment, management services, the manager?s opinion on reading interest of Blitar people, the, obstacle faced, as well as the impact of Bulk Loan service. This is qualitative research with descriptive design and the case study method. Depth-interview and documentation study through annual reports and Facebook are used to collect data. Result shows that the Bulk Loan service brings positive impact to Blitar people, which can attract people to read., The focus of this study is the Bulk Loan service and its managers. This research is motivated by the fact that the literacy rate which is already high, but it does not correlate with reading interest of the population. There are efforts to increase population’s reading interest. One of them is the Bulk Loan service of Proklamator Bung Karno Library located in Blitar, East Java. It purposes are to know the reasons behind the establishment, management services, the manager’s opinion on reading interest of Blitar people, the, obstacle faced, as well as the impact of Bulk Loan service. This is qualitative research with descriptive design and the case study method. Depth-interview and documentation study through annual reports and Facebook are used to collect data. Result shows that the Bulk Loan service brings positive impact to Blitar people, which can attract people to read.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61576
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Putri Sandyastuti
"Penelitian ini membahas pemanfaatan data rujukan online oleh mahasiswa FEB UI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemanfaatan data rujukan online; kelebihan dan kekurangan yang dirasakan mahasiswa dalam memanfaatkan data rujukan online; serta mengetahui fasilitas dan sosialisasi yang telah dilakukan dalam meningkatkan pemanfaatan data rujukan online tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei yang menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden telah memanfaatkan data rujukan online yang dimiliki Pusat Sumber Belajar (PSB). Data rujukan online yang paling banyak diminati responden yaitu Thomson Reuters Datastream. Setengah dari jumlah responden memanfaatkan data rujukan online untuk mengerjakan skripsi dan setengah sisanya untuk mengerjakan tugas kuliah.
Hasil penelitian ini juga menyarankan agar pihak PSB bekerja sama dengan para dosen dalam mensosialisasikan data rujukan online yang dimiliki dengan cara pemberian tugas untuk menggunakan rujukan online PSB FEB UI kepada mahasiswa.

This study discusses about the untilisation of online database reference by FEB UI students. The purpose of this study is to describe the untilisation of online database Reference; to find out the advantages and disadvantages perceived by student; and to find out whether the facilities and socialization is sufficient to support the students in using the online database. This research is descriptive quantitative research which is using questionnaire as an instrument to collecting data.
The results shows that most of respondents has use the online database reference that provided by Pusat Sumber Belajar (PSB) FEB UI. Online database reference which is the most preferred by respondets is Thomson Reuters Datastream. Half of the respondents use the online dtabase reference to work on their thesis and the other for doing the coursework.
The results also suggested that the PSB should cooperate with the faculty lecturer in term of online database reference sosialization.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S63746
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Adelia
"Berbagi pengetahuan dinilai mampu meningkatkan inovasi. Hal ini dapat menjadi alternatif solusi bagi Indonesia yang mengalami masa surut dalam produksi penelitian. Rendahnya hasil penelitian yang ada di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu faktor sumber daya manusia peneliti. Kualitas sumber daya manusia peneliti pada lembaga penelitian merupakan modal utama untuk tercapainya produksi pengetahuan baru. Sehingga penting memiliki kemampuan pengelolaan pengetahuan. Mengelola pengetahuan melalui kegiatan berbagi pengetahuan pada lembaga penelitian membawa dampak pada lahirnya inovasi. Pusat Studi dan Dokumentasi Sajogyo Institute merupakan salah satu bentuk lembaga penelitian, dimana, memiliki proses berbagi pengetahuan yang utuh. Hal ini dibuktikan dengan runtutnya daur pengetahuan mulai dari sharing-creation-desimination.
Penelitian kali ini dikaji dengan menggunakan konsep knowledge creation dari Nonaka dan Toyama, dimana dalam konsep tersebut terdapat 4 bagian utama yakni sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi dan internalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses berbagi pengetahuan pada pegiat Pusat Studi dan Dokumentasi Sajogyo Institute. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif interpretative dengan jumlah informan 6 pegiat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berbagi pengetahuan pada pegiat telah terinternalisasi dalam diri pegiat. Kemudian dari keempat proses yang ada pada knowledge creation Nonaka dan Toyama, proses sosialisasi dan internalisasi menjadi praktik paling dominan yang dijalankan.

Knowledge sharing is considered to enhance an innovation. It can emerge as an alternative solution for Indonesia which has unproductive research period. The research publication short age in Indonesia was caused by several factors the important one was the human resource of researcher. The quality of this human resource at research institutions comes to be the main asset for the achievement of new knowledge production. Therefore, it is important to have knowledge management capability. Managing the knowledge through knowledge sharing at research institutions has impact to the rise of innovation. Center for Studies and Documentation Sajogyo Institute is a research institution which hasa holistic process of knowledge sharing. It is proved by the consecutive knowledge cycle start from sharing creation dissemination.
This study was assessed by the knowledge creation concept from Nonaka and Toyama, which has four main parts, including socialization, externalization, combination and internalization. Those four parts are linked each other in a spiral model. The purpose of this study was to analyze the knowledge sharing process in the activists of Center of Studies and Documentation Sajogyo Institute. This study was qualitative interpretative study which involved six activists The study result showed that the knowledge sharing process has been internalized inside them. Further, according to the four processes of Nonaka and Toyama knowledge creation, the socialization and internalization processes were became the most dominantly applied.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T47144
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Nurfadilah
"ABSTRAK
Indonesia adalah negara hukum yang kegiatannya harus berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada. Dalam menegakkan supremasi hukum, dibutuhkan suatu kerjasama membentuk sebuah lembaga yang mengelola peraturan perundang-undangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kerjasama Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional JDIHN yang diciptakan tersebut melibatkan banyak pihak pusat dokumentasi hukum yang ada pada setiap instansi yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga perlu diperhatikan tahapan dari proses kerjasamanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk penelitian studi kasus. Penilitian ini akan membahas proses kerjasama, suatu teori dari Tuckman mulai dari tahap forming, storming, norming, performing, dan adjourning. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perkembangan kerjasama yang ada pada JDIHN. Kerjasama yang ada dalam JDIHN bertahan hingga saat ini karena adanya legitimasi hukum dan kepentingan pimpinan instansi pemerintahan dan non pemerintahan. JDIHN merupakan organisasi yang mengelola peraturan hukum dan merupakan media mendapatkan peraturan hukum sebagai referensi dalam membuat produk hukum yang dikeluarkan oleh masing-masing instansi.Kata kunci :Kerjasama jaringan, JDIHN, BPHN, networking.

ABSTRAK
Indonesia is state of law whose activities must be based on existing legal regulations. In upholding the supremacy of the law, it takes a cooperation to establish an institution that manages the laws and regulations spread throughout Indonesia. The cooperation in the National Legal Information Documentation and Information Network JDIHN created involves many parties of legal documentation center that existed in every agency spread all over Indonesia so it should be noted the stages of the cooperation process. This research uses qualitative method in case study research. This research will discuss the process of cooperation, a theory of Tuckman from the stage of forming, storming, norming, performing, and adjourning. The research was conducted to know the development of cooperation in JDIHN. Cooperation is in JDIHN survived until today because of the legitimacy of the law and the interests of the heads of government and non government agencies. JDIHN is an organization that manages the rule of law and media to get the rule of law as a reference in making the legal product issued by each agency. Keywords Network cooperation, JDIHN, BPHN, networking "
2017
S69385
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feoni Youmil Karismawati Ws.
"Penelitian ini membahas mengenai kolaborasi antara writing center dan layanan referensi di Perpustakaan Sampoerna University. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan pustakawan dan mendeskripsikan persepsi mahasiswa dan tutor writing center mengenai potensi kolaborasi kedua layanan tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah memanfaatkan layanan di writing center, tutor writing center, dan pustakawan Perpustakaan Sampoerna University. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pustakawan siap dengan kolaborasi tersebut dilihat dari SDM dan koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan. Mahasiswa dan tutor pun menjelaskan bahwa kolaborasi layanan tersebut akan berkesinambungan dan menghasilkan suatu yang positif dalam membantu mahasiswa dalam penulisan karya ilmiahnya, namun harus didukung oleh kebijakan yang jelas dan terstruktur.

This study discusses the collaboration between writing center and reference service in Library of Sampoerna University. This study aims to see the readiness of librarians and to describe the perceptions of students and tutors of writing center about the potential collaboration of both services.
The research is conducted using qualitative research method with descriptive studies. Informants in this research are students who have utilized the writing center, tutor of writing center, and librarian in Library of Sampoerna University. Sample selection technique is done by using purposive sampling technique.
The results in this study show that librarians are ready for the collaboration, viewed from the human resources and collections owned by the library. Students and tutors explain that the collaboration of these services will be sustainable and it enables students to write paper easier as long as is supported by a clear and structured policy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S68881
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hammam Bagusni
"Penelitian ini membahas persepsi pustakawan referensi mengenai perannya di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi persepsi pustakawan mengenai peran dan kompetensinya dalam melayani pengguna yang membutuhkan informasi di bidang hukum melalui layanan referensi di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev beserta kendalanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan memandang layanan referensi sebagai layanan substantif, pustakawan mempersepsikan perannya sebagai seorang library is a librarian, dan menjawab pertanyaan referensi dari pengguna yang bersifat research question, sementara ia pun juga memenuhi lima kompetensi profesional dari RUSA terlebih pada kompetensi akses, dasar pengetahuan, promosi dan kolaborasi.
Kendala yang terjadi adalah, karena beban kerja dari pustakawan yang juga berlebih, maka perannya dalam melakukan pelayanan referensi masih belum berkembang hingga penciptaan produk baru secara signifikan, sementara itu staf layanan yang tersedia pun masih belum memiliki kompetensi yang cukup untuk diangkat dan didelegasikan menjadi seorang pustakawan referensi.
Pada akhirnya peran pustakawan di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev dapat disimpulkan sebagai seorang ldquo;pustakawan aktivis rdquo; yang sibuk dalam organisasi profesi sebagai media untuk mengaktualisasikan dirinya dan bidang perpustakaan secara umum, yang membuat perannya pada layanan referensi menjadi tersisihkan.

This research discuss the reference librarian perception of his role at the Daniel S. Lev Law Library. The aim of this research is to identificate the librarian 39 s perception of the role and expertise in serving the users who need information in the field of law through reference service in Daniel S. Lev Law Library along with the constraints. This research is a qualitative research using case study method.
The results show that librarians refer to reference services as substantive services, the librarian perceives his role as a library is a librarian, and answers questions from users who are research question, while he also fulfills the five professional competencies based on RUSA 39 s, especially on the ability of access, knowledge base, marketing and collaboration.
The constraints that occur are, the workload of librarians are also excessive, then its role in doing the reference service is still not developed until the creation of new products significantly, while the available service staff still have not enough competence to be appointed and delegated to a reference librarian.
At the end the role of librarian in the Daniel S. Lev Law Library can be summed up or dubbed as a ldquo activist librarian rdquo that busy in professional organizations as a medium to actualize himself and the field of libraries in general, which makes his role in the reference services out of sight.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diandra Nessia Alisty
"Penelitian ini merupakan penelitian tentang pemanfaatan yang dilakukan oleh pemustaka di Layanan Koleksi Anak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dilihat dari aspek koleksi, layanan, fasilitas, dan pustakawannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pemanfaatan yang telah dilakukan oleh pemustaka Layanan Koleksi Anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan yang dilakukan oleh pemustaka belum berjalan secara maksimal. Hal ini karena terkendala oleh beberapa faktor diantaranya adalah adanya ketidaksesuaian koleksi dengan pemustaka anak, kurangnya perhatian pihak Layanan Koleksi Anak terhadap sarana penelusuran informasi, kurangnya sumber daya manusia dalam kegiatan saat ada kunjungan, pustakawan yang belum cukup proaktif, dan adanya distorsi dalam penyelenggaraan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

This research is about the utilization done by the user in the Child Collection Services National Library of Indonesia seen from the aspect of the collection, the service, the facilities, and the librarian. The purpose of this study is to identify the utilization that has been done by the Child Collection Services user. This research is a qualitative research with descriptive method. The results showed that the utilization done by user not run maximally. This is caused by several factors such as the existence of non conformity between the collection and the users, the lack of attention of the Child Collection Services to the information tracking facilities, the lack of human resources in the activities when there is a visit, librarian who has not been proactive enough and distortion in the implementation of National Library of Indonesia. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>