Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rina Wahyuni
Abstrak :
Layanan perpustakaan memiliki peranan yang cukup penting di dalam sebuah penyelenggaraan perpustakaan. Kualitas layanan perpustakaan menjadi indikator keberhasilan suatu institusi perpustakaan. Untuk itu, peningkatan kualitas layanan perpustakaan perlu menjadi prioritas utama Lembaga perpustakaan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya yang bertugas di layanan perpustakaan, melalui pelatihan. Diklat layanan perpustakaan merupakan diklat teknis yang diselenggarakan oleh pusat pendidikan dan pelatihan perpustakaan nasional. Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memberikan layanan perpustakaan. Namun, teridentifikasi bahwa proses penciptaan pengetahuan di dalam diklat layanan kurang sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan peserta diklat. Hal ini terjadi karena adanya kesenjangan pengetahuan sesama peserta diklat, sesama SDM di penyelenggara diklat dan antara peserta diklat dan penyelenggara diklat. Kesenjangan pengetahuan tersebut tetap terpelihara seiring terselenggaranya diklat layanan. Upaya alternatif yang dapat dilakukan untuk menjembatani kesenjangan tersebut antara lain melalukan analisis kebutuhan diklat, evaluasi pascadiklat layanan dan meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar unit di pusat pendidikan dan pelatihan. ......Library services have an important role in a library operation. The quality of library services determines the succesfull indicator of a library institution. For this reason, improving the quality of library services needs to be main priority for library institutions. One of the efforts to be done is to improve the quality of human resources through training, especially those assigned in library services. Library service training is a technical training that is managed by the Education and Training Cente of National Library of Indonesia. This training aims to increase the knowledge and skills of participants in providing library services. However, it was identified that the process of knowledge creation in the library service training was not in accordance with the expectations and needs of the training participants. It happens as knowledge gap among participants, among units in education and training centre, and also between participants and the training host (education and training centre) occur. Alternative efforts that could be done to fill in the gaps are conducting training need analysis, post training evaluation, and increasing the coordination and communication among units in the education and training centre.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ludya Arica Bakti
Abstrak :
Tesis ini membahas hubungan literasi informasi dengan publikasi hasil penelitian peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi - LIPI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa peneliti khususnya di lingkungan Pusat Penelitian Bioteknologi - LIPI lebih mengekplorasi dan mengembangkan kemampuan literasi informasi; pengembangan strategi organisasi berupa pembuatan program literasi informasi; perlunya keterlibatan perpustakaan dalam kegiatan literasi informasi.
The focus of this study is analyzing the relationship between researchers? information literacy with publications of research results that existed at the Research Center of Biotechnology - LIPI. The type of this research is a quantitative study with descriptive approach. The results suggest that researchers, especially in the Biotechnology Research Center - LIPI to explore and develop information literacy skills; construct organizational strategies such as information literacy programming; involvement of the library in information literacy activities.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
T33054
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aam Mariyamah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kondisi literasi media baru tenaga perpustakaan sekolah di Kota Depok, Jawa Barat berdasarkan New Media Literacy Framework yang terdiri dari empat variabel literasi yakni functional consuming, critical consuming, functional prosuming, dan critical prosuming. Bagi tenaga perpustakaan sekolah, literasi media baru tidak hanya penting bagi diri mereka sendiri tetapi juga untuk membimbing pemustaka yakni para siswa agar terhindar dari efek negatif media baru seperti berita palsu, provokasi, dan perundungan. Oleh karena itu, literasi media baru merupakan salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh tenaga perpustakaan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan kepada 44 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi functional consuming tenaga perpustakaan sekolah di Kota Depok masuk ke dalam kategori sangat baik, literasi critical consuming masuk ke dalam kategori baik, literasi functional prosuming masuk ke dalam kategori baik, dan literasi critical prosuming masuk ke dalam kategori cukup baik. Kesimpulannya, literasi media baru tenaga perpustakaan sekolah di Kota Depok masih lebih mengarah kepada kemampuan fungsional. Sehingga diharapkan adanya peningkatan kemampuan dalam berpikir kritis.
This research aims to map the new media literacy of school library staff in Depok, West Java based on the New Media Literacy Framework which consists of four literacies: functional consuming, critical consuming, functional prosuming, and critical prosuming. For school library staff, new media literacy is not only important for themselves but also for guiding the students to avoid the negative effects of new media such as fake news, provocation, and ciber bullying. New media literacy is one of the competencies that must be owned by school library staff. This study used a quantitative approach with survey methods and questionnaires as research instruments. Respondents in this research were 44 school library staff. The results said that functional consuming literacy of school library staff in Depok was very good, critical consuming literacy was good, functional prosuming literacy was good, and critical prosuming literacy was quite good. The conclusion of this research is the functional skills of school library staff in Depok is better than their critical skills. They need to enhance critical thinking skills.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T53860
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christinia Minarso
Abstrak :
Kemampuan wanita dalam menggunakan teknologi harus disertai dengan literasi yang baik agar mereka dapat merespons informasi hoax yang beredar melalui WhatsApp secara kritis. Demikian juga dengan kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan dan Keluarga (PKK) Situbondo yang mayoritas Tim Penggeraknya (TP) adalah ibu-ibu yang memanfaatkan WhatsApp sebagai komunikasi kelompoknya. Karenanya, tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengidentifikasi literasi informasi dan media TP PKK Situbondo serta respons informasi hoax melalui WhatsApp, 2) Mengidentifikasi pengaruh literasi informasi dan media TP PKK Situbondo terhadap respons informasi hoax melalui WhatsApp, 3) Mengidentifikasi pengaruh literasi informasi dan media TP PKK Situbondo terhadap respons kognitif, afektif, dan behavioral terhadap informasi hoax melalui WhatsApp. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan 440 responden. Hasil yang didapat yakni: 1) Literasi infromasi dan media TP PKK Situbondo cukup tinggi, namun respons informasi hoax melalui WhatsApp cukup rendah, 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi informasi dan media TP PKK Situbondo terhadap respons informasi hoax melalui WhatsApp, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi informasi dan media TP PKK Situbondo terhadap respons kognitif, afektif, dan behavioral informasi hoax melalui WhatsApp. Penelitian ini memberikan gambaran dalam membuat strategi kebijakan literasi informasi dan media untuk pemberdayaan TP PKK Situbondo dalam merespons informasi hoax secara kritis dan bijak. ......Women's ability in using technology must accompanied by good literacy to respond critically of hoax information through WhatsApp. Likewise, the Situbondo Empowernment and Family Welfare (PKK) movement, where the majority of Driving Team are housewifes also use WhatsApp as their group communication. Therefore the purpose of this study are for: 1) Identify media and information literacy of Situbondo PKK Driving team and hoax information through WhatsApp, 2) Identify the effect of media and information literacy of Situbondo PKK driving team on hoax information responses through WhatsApp, 3) Identify the effect of media and information literacy of Situbondo PKK driving team to the cognitive, affective, and behavioral responses of hoax information through WhatsApp. The method used is quantitative with 440 respondents. The results reveal that: 1) the media and information literacy is quite high, but the response of hoax information is quite low, 2) There is positive and significant influence of media and information literacy on hoax information responses, 3) There is positive and significant influence of media and information literacy to the cognitive, affective, and behavioral responses. This study provide inside in making media and information literacy policies for Empowering Situbondo PKK driving team in responding hoax information critically and wisely.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rikka Poerna Anggelia
Abstrak :
Bank Indonesia (BI) Corner merupakan fasilitas pojok baca di perpustakaan sekolah dengan karakteristik desain dan fasilitas yang memiliki potensi untuk membangun minat baca para penggunanya. Namun, kajian dan penelitian terkait pemanfaatan fasilitas dan koleksi BI Corner di tingkat siswa masih jarang ditemukan. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi pemanfaatan fasilitas dan koleksi BI Corner serta kaitannya dalam membangun minat baca siswa di SMKN 10 Jakarta. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pemanfaatan BI Corner oleh siswa dilatarbelakangi karena faktor internal dan eksternal meliputi kebutuhan siswa, motif siswa, minat siswa, aspek jumlah dan jenis koleksi, pelayanan dari pustakawan dan kinerja dari sistem pencarian kembali koleksi. Terdapat prinsip-prinsip dalam membangun minat baca siswa yaitu; cultivating Individual Interest, fostering situational interest, selecting texts with interest-enhancing elements, teaching interest self-regulation strategies. Beberapa pemanfaatan dan implementasi BI Corner di perpustakaan sekolah telah berjalan sesuai dengan keempat prinsip membangun minat baca tersebut. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan fasilitas dan koleksi BI Corner tidak memengaruhi secara langsung minat baca siswa SMKN 10 Jakarta. Tetapi beberapa fasilitas dan koleksi BI Corner telah dimanfaatkan dengan baik oleh siswa SMKN 10 Jakarta, sehingga siswa tertarik untuk berkunjung. ......Bank Indonesia (BI) Corner is a reading corner facility in the school library with design and facilities that have the potential to build reading interest among its users. However, studies and research related to the use of BI Corner facilities and collections at the student level are still rare. The purpose of this study was to identify the use of BI Corner facilities and collections and their relation to enhance students' reading interest at SMKN 10 Jakarta. A qualitative method with a case study approach is used in this study. The results of this study revealed that the use of BI Corner by students was motivated by internal and external factors including student needs, student motives, student interests, aspects of the number and type of collections, services from librarians and the performance of the collection retrieval system. There are principles in building students' reading interest, namely; growing individual interest, cultivating situational interest, choosing texts with elements of augmenting interest, teaching interest self-regulation strategies. Several uses and implementations of BI Corner in the school library have been carried out in accordance with the fourth principle of building interest in reading. Based on the results of this study, it can be interpreted that the use of BI Corner facilities and collections does not directly affect students' reading interest at SMKN 10 Jakarta. However, several BI Corner facilities and collections have been put to good use by students of SMKN 10 Jakarta, so the students are interested to visit BI Corner.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Najiah
Abstrak :
Penelitian ini membahas proses eksternalisasi informasi layanan pada Tel-U Open Library Kampus Jakarta dan mengidentifikasi produk yang dihasilkan dalam eksternalisasi informasi layanan dalam mendukung promosi perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Proses eksternalisasi informasi layanan telah diaplikasikan pada Tel-U Open Library Kampus Jakarta dengan menggunakan metode diskusi antar pustakawan. Informasi tacit tersebut dituangkan dalam format content planning sehingga kebutuhan informasi layanan dapat teridentifikasi dan terkonsep secara jelas, terstruktur dan terkodifikasi dalam fase akuisisi. Proses ekternalisasi dibedakan menjadi tiga bentuk yaitu infografis, video dan artikel. Hasil dari proses eksternalisasi dituangkan pustakawan menjadi berbagai produk seperti buletin yang didalamnya dapat berupa tulisan dan desain grafis, konten media sosial dengan format video atau infografis dan artikel pada website dalam bentuk tulisan. Ketiga produk tersebut memiliki indikator promosi seperti pesan, media, waktu dan frekuensi sehingga dapat mendukung promosi di perpustakaan. Hambatan pada eksternalisasi dapat dibedakan menjadi people, processes, dan technologies. People meliputi kurangnya keterampilan pustakawan dalam menggunakan aplikasi desain konten. Pada segi process kesulitan dalam mencocokan fitur pendukung dengan isi informasi. Sedangkan untuk technologies, spesifikasi perangkat komputer yang tidak mendukung. ......This study discusses the process of externalizing service information at Tel-U Open Library Jakarta Campus and identifying the products produced in externalizing service information in support of library promotion. This research uses a qualitative approach with a case study method. The process of externalizing service information has been applied to the Tel-U Open Library Jakarta Campus using the discussion method between librarians. The tacit information is set forth in a content planning format so that service information needs can be identified and conceptualized in a clear, structured and codified manner during the acquisition phase. The externalization process is divided into three forms, namely infographics, videos and articles. The results of the externalization process are poured by librarians into various products such as bulletins which can be in the form of writing and graphic design, social media content in video or infographic formats and articles on the website in written form. The three products have promotion indicators such as message, media, time and frequency so that they can support promotion in the library. Barriers to externalization can be divided into people, processes, and technologies. People include the librarian's lack of skills in using content design applications. On the process side, it is difficult to match the supporting features with the information content. As for technologies, computer device specifications that do not support.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Orisa Mahardhini
Abstrak :
Makalah proyek akhir ini membahas mengenai pengalaman pengguna (User Experience) dalam menggunakan website library.umn.ac.id berdasarkan konsep ekologi informasi Rosenfield seperti context, content dan user yang bertujuan untuk membantu perpustakaan dalam memvisualisasikan dan memahami lingkungan informasinya. Pengalaman pengguna (User Experience) dalam mengakses informasi menjadi penting untuk diperhatikan terutama dalam kaitannya dengan kegunaan (usability) dan kemudahan (ease to use) web untuk mendapatkan sumber informasi yang dibutuhkan. Arsitektur informasi suatu website akan mempengaruhi pengalaman pengguna (User Experience) dalam menggunakan situs website perpustakaan dan kemudahan mendapatkan informasi. Website perpustakaan seharusnya dapat menjadi rujukan bagi pengguna perpustakaan dalam mengakses referensi dan informasi, namun berdasarkan visitor count tingkat kunjungan website library.umn.ac.id tahun 2021 justru menurun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran mendalam pada saat pemustaka menggunakan website library.umn.ac.id. Adapun penentuan informan didasarkan pada seseorang yang memiliki kapabilitas dalam fokus penelitian sehingga dapat mengartikulasikan pengalaman hidupnya. Berdasarkan temuan penelitian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pembuatan website library.umn.ac.id masih belum terlihat jelas (context), menu website library.ac.id masih sulit ditemukan dan membingungkan (content) Kedua komponen tersebut pada akhirnya mempengaruhi pengguna (user) dalam menggunakan website library.umn.ac.id. Berdasarkan penilaian terhadap komponen kualitas instrumental dari CUE-Model diperoleh hasil website library.umn.ac.id dinilai masih kurang dilihat dari kegunaan (usability) dan kemudahan (ease to use) dinilai cukup mudah namun tetap harus memberhatikan kebutuhan pengguna. Komponen kualitas non-instumental menunjukan user interace web library.ac.id tidak menarik pengguna untuk menggunakan. Ketiga, reaksi emosi yang ditunjukan saat menggunakan website meliputi emosi gembira, seding, bingung marah dan terkejut. Kesimpulan penelitian ini adalah Pengalaman pengguna (user experience) yang mengacu pada CUE-Model dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang interaksi manusia dengan teknologi dibandingkan studi kegunaan lainnya. Pengalaman pengguna (user experience) terhadap website library.umn.ac.id dipengaruhi oleh beberapa hal seperti desain arsitektur informasi (context, content dan user) website library.umn.ac.id yang masih jauh dari ideal. ......This final project discusses the user experience using the library.umn.ac.id website based on Rosenfield's information ecology concepts such as context, content and users, which aims to assist libraries in visualizing and understanding their information environment. User experience in accessing information is important to note, especially in the usability and ease of use of the web to obtain the required information sources. The information architecture of a website will affect the user experience in using the library website and the ease of getting information. The library website must be a reference for library users in accessing references and information, but based on the number of visitors visiting the library.umn.ac.id website in 2021, it has decreased. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach which aims to get an in-depth picture of when users use the library.umn.ac.id website. As for what is determined based on someone who has the capability in the research focus so that he can articulate his life experiences. Research findings The results of this study indicate that the purpose of making the library.umn.ac.id website is still unclear (context), and the library.ac.id website menu is still difficult to find and surprising. using the library.umn.ac.id website. Based on the instrumental quality components of the CUE-Model, the website library results.umn.ac.id is considered to be still lacking in terms of usability and ease of use which is considered quite easy but still has to pay attention to the user. needs. The non-instrumental quality component indicates that the library.ac.id web user interface does not attract users. Third, the emotional reactions shown when using the website include happy, sad, confused and surprising emotions. This study concludes that user experience that refers to the CUE-Model can better understand human interaction with technology compared to other usability studies. The user experience of the website.umn.ac.id library is influenced by several things, such as the information architecture design (context, content and users) of the library.umn.ac.id website, which is still far from ideal.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Setiawan
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang ketersediaan koleksi bahan ajar berbasis silabus Jurusan Bahasa dan Sastra di Perpustakaan UIN SGD Bandung. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis ketersediaan koleksi serta faktor yang mempengaruhi ketersediaan koleksi di Perpustakaan UIN SGD Bandung sesuai dengan daftar bacaan pada silabus bahan ajar mata kuliah utama Jurusan Bahasa dan Sastra. Penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode checklist dalam mengukur dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi perpustakaan UIN SGD Bandung tidak memenuhi kebutuhan koleksi bahan ajar utama Jurusan Bahasa dan Sastra. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kurangnya koordinasi antara pihak jurusan dengan pihak perpustakaan, dan kebijakan pengembangan perpustakaan diatur oleh pihak rektorat. Peneliti menyarankan agar adanya koordinasi antara perpustakaan, jurusan, dan dosen dalam pengadaan koleksi perpustakaan. Serta adanya kerjasama antara pihak rektorat dengan perpustakaan dalam hal melakukan kebijakan pengembangan koleksi. ......This thesis is about the availability of learning material collections based on language and literature syllabus in UIN SGD Bandung library. The objective of this research is to identify and analyze collection availability and factors affect the collection availability in the library of UIN SGD Bandung based on reading lists of main subject learning material from language and literature department. This research is descriptive with quantitative approach. Checklist was used to analyze the data in measuring and analyzing it. The result of this research shows that liibrary collection in UIN SGD Bandung could not provide of subject collection necessity of language and literature department. Factors that caused it are the lack of coordination between department and the library, and also collection development policy is set out by the university. The researcher suggests the library that there must be cooperation between university, library, and lectures in collection library acquisition. And also there must be cooperation between university and library in applying collection development policy.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28899
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjorang, Ependi
Abstrak :
Penelitian mengenai pemanfaatan koleksi CD-ROM ini dilakukan di Perpustakaan Jurusan Akuntansi FE-UI pada bulan September 2001 sampai dengan Desember 2001.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemanfaatan koleksi CD-ROM di Perpustakaan Jurusan akuntansi FE-UI, untuk mengetahui kemahiran mahasiswa Jurusan Akuntansi FE-UI mengoperasikan pangkalan data CD-ROM, untuk mengetahui kesesuaian informasi yang ada dalam pangkalan data CD-ROM dengan bidang yang dibutuhkan, untuk mengetahui faktor yang mendorong dan yang menghambat dalam mendayagunakan layanan koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI. Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode survey. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Kuesioner digunakan sebagai alat mengumpul data pokok. Hasil penyebaran kuesioner diperoleh 104 responden. Analisis data dilakukan dengan penghitungan menggunakan rumus prosentase dan skala Linkert. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemanfaatan koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI masih rendah, tingkat kemahiran mahasiswa mengoperasikan pangkalan data CD-ROM tinggi, kesesuaian informasi dalam pangkalan data CD-ROM dengan bidang studi relevan. Faktor yang mendorong diantaranya koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI relevan dengan bidang studi, tarif yang ditetapkan untuk pengoperasian masih batas wajar, spesifikasi komputer yang digunakan untuk mengoperasikan koleksi CD-ROM memadai, syaratyang ditetapkan oleh pihak perpustakaan untuk masuk anggota perpustakaan mudah. Faktor yang menghambat dalam mendayagunakan koleksi CD-ROM di Perpustakaan EAK FEUI adalah jumlah unit komputer yang digunakan untuk mengoperasikan koleksi CD-ROM rnasih kurang karena perpustakaan hanya menyediakan 1 unit komputer. Untuk peningkatan layanan ini perlu melakukan penambahan komputer, luas ruangan, dan disosialisasikan kepada seluruh mahasiswa yang ada di Jurusan Akuntansi FEUI, juga perlu ditetapkan batas waktu menggunakan koleksi CD-ROM.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001
S15337
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Meifrina Suminarsih
Abstrak :
Penelitian dilaksanakan di perpustakaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPP Teknologi) Jakarta untuk mengetahui kebutuhan informasi peneliti BPP Teknologi, cara peneliti memenuhi kebutuhan informasinya, jenis bahan pustaka yang dibutuhkan oleh peneliti, penyediaan informasi bagi peneliti di perpustakaan, pendapat peneliti mengenai perpustakaan, dan usaha yang dilakukan oleh perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi peneliti. Jenis penelitian adalah survei deskriptif dengan populasii adalah peneliti BPP Teknologi Jakarta dengan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek yang diminati peneliti secara umum adalah mengenai industri, lingkungan, pertanian, energi, sosial ekonomi, kimia, dan pertambangan dengan jenis bahan pustaka berupa majalah. Jenis informasi yang mereka butuhkan berupa informasi, aktif dan informasi pasif. Adapun pola pencarian informasi yang dilakukan 70,00% peneliti dalam mendapatkan informasi adalah dengan menggunakan perpustakaan dan menghubungi rekan seprofesi. Para peneliti menilai bahwa secara keseluruhan layanan, koleksi dan fasilitas yang dimiliki perpustakaan sudah baik dan perpustakaan telah berusaha dengan sebaik_-baiknya menyediakan informasi yang dibutuhkan peneliti. Saran yang diberikan untuk meningkatkan layanan koleksi, dan fasilitas perpustakaan, yaitu secara aktif mempromosikan seluruh sumber daya yang dimiliki perpustakaan, lebih memperhatikan subyek yang diminati peneliti sebagai pemakai utama, dan penyebaran informasi secara efektif dan berkala kepada peneliti.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15240
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9   >>