Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Angeline Melinda Primasari
"Tesis ini merupakan hasil analisis dari kegiatan business coaching melalui proses observasi dan wawancara terhadap pemilik UKM ABC yang bergerak di bidang usaha bengkel. Berdasarkan pemetaan terhadap kondisi UKM terdapat beberapa gap antara kondisi aktual yang terjadi dengan kondisi ideal yang diharapkan, salah satunya mengenai indikator kinerja karyawan yang belum terukur secara kuantitatif. Perlunya penilaian kinerja karyawan berbasis Key Performance Indicator KPI individu merupakan usulan yang diajukan kepada Bengkel ABC.

This thesis is the result of analysis of business coaching activities through observation and interviews with SMEs ABC owners which engaged in the car service workshop business. Based on the mapping of the condition of SMEs there is some gap between the actual conditions that occur with ideal conditions expected, one of that is the indicators of the performance of employees who have not quantifiable. The need for performance appraisal based on Individual Key Performance Indicator KPI was a proposal submitted to Workshop ABC."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Putera Nugraha
"Tesis ini membahas tentang kegiatan business coaching yang pembahasannya berupa analisis masalah tujuannya adalah untuk memberikan solusi demi memaksimalkan potensi UKM. Pada pelaksanaan business coaching ini yang dibahas adalah Perusahaan ABC yang merupakan usaha keluarga di bidang otomotif bengkel. Perusahaan ABC menyediakan jasa dan produk perawatan serta perbaikan kendaraan roda empat di Jalan Margonda, Depok. Tujuan dari business coaching ini adalah mengembangkan kesadaran atas risiko dan penilaian risiko di Perusahaan ABC.

This thesis discuses the activities of business coaching in which the subject is regarding the problem analysis and the focus is to give solution and maximizing the UKM’s potential. This business coaching discused here is ABC Company, in which is a family business in the automotive repair shop working field. ABC company provides services and products for four-wheel vehicles in Jalan Margonda, Depok. The goal of business coaching is to develop the risk awareness and risk assessment in ABC company.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Gerry Yudha
"Penelitian ini mengevaluasi gambaran umum untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan strategic alliances dalam membentuk entrepreneurial ecosystem untuk bank sampah di Bali untuk mencapai peningkatan nilai sampah plastik dengan memproduksi produk daur ulang. Analisis dilakukan pada kesembilan aspek yang ada di business model canvas untuk mendapatkan pandangan secara komprehensif mengenai business model canvas yang cocok untuk bank sampah di Bali untuk mulai memproduksi produk daur ulang. Dari sana, business model canvas yang baru akan muncul. Setelah itu, untuk mencapai keberlangsungan, implementasi dari strategic alliances untuk menciptakan entrepreneurial ecosystem akan direkomendasikan dalam bentuk rencana kerja. Selain itu, penelitian ini juga melakukan riset pasar untuk memahami harga-harga yang paling baik untuk setiap prototipe produk. Penelitian ini dilakukan dengan analisa data kualitatif yang didapatkan melalui ­in-depth interview, observasi langsung, studi literatur, dan didukung oleh kuesioner yang bersifat konfirmatoris kepada calon pelanggan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap pendapatan bank sampah di Bali dan untuk meningkatkan nilai sampah plastik sehingga jumlah sampah plastik dapat berkurang secara tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa business model canvas dapat menyajikan gambaran komprehensif dari suatu model bisnis. Sebagai tambahan, aka nada rencana kerja sebagai bentuk implementasi strategic alliances untuk membentuk entrepreneurial ecosystem bagi bank sampah di Bali dalam memproduksi produk plastik daur ulang. Setelah melakukan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa membentuk entrepreneurial ecosystem akan menjadi awal yang baik bagi bank sampah di Bali sebelum mulai memproduksi produk plastik daur ulang.

This article evaluated general overview to understand how to implement strategic alliances on forming entrepreneurial ecosystem for waste banks in Bali to achieve a value-increment of the plastic waste by producing plastic recycled products. To begin with, the analysis was conducted in all nine aspects given in the business model canvas to gain a comprehensive insight about which business model canvas describes best for waste banks in Bali to start producing plastic recycled. Therefrom, new business model canvas will be developed. Moreover, to achieve sustainability, implementation of strategic alliances for the forming of entrepreneurial ecosystem will be recommended in form of action plans. Furthermore, this research also conducted a market research to understand the best prices of each products prototype. This research has conducted by using qualitative data analysis gathered through in-depth interviews, direct observation, literature review, and supported by confirmatory questionnaire to potential customers. The result is expected to positively affect waste banks’ revenue in Bali and to enhance the value of plastic waste so that the amount of plastic waste will indirectly be reduced. The result shows that business model canvas can provide comprehensive picture of a business model. And as an addition, there will be action plans for implementation of strategic alliances to form an entrepreneurial ecosystem for waste banks in Bali to produce plastic recycled products. After conducting this research, it is to be concluded that forming an entrepreneurial ecosystem will be a good start for waste banks in Bali prior to start producing plastic recycled products.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabrina Fiddiny
"Pandemi COVID-19 sangat berdampak ke UMKM di Indonesia. Banyaknya
UMKM di Indonesia yang mengalami penurunan pendapatan akibat adanya
Pandemi COVID-19 menjadikan UMKM harus berkerja lebih keras untuk dapat
bertahan dalam pandemi COVID-19 ini. Salah satu UMKM yaitu Warung Sop
Ayam Mbah Min bergerak di Industri kuliner yang menawarkan Sop Ayam Khas
Klaten di daerah Galaxy, Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode Business
Coaching, penelitian kualitatif dan data yang didapatkan berdasarkan hasil
observasi, survey serta wawancara mendalam. Terdapat beberapa metode analisis
yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian antara lain Business Model
Canvas (BMC), analisis Porter’s Five Forces, analisis PESTEL, Bauran Pemasaran
Jasa, analisis VRIO, analisis SWOT, analisis TOWS, dan analisis GAP. Hasil
menunjukan bahwa UMKM belum maksimal dalam menerapkan kegiatan promosi
dan belum menjalin hubungan dengan pelanggan. Maka solusi yang diambil untuk
masalah tersebut yaitu dengan merancang bauran promosi dan pembentukan
database marketing. Elemen bauran promosi yang diimplementasi yaitu sales
promotion dan digital/internet marketing. Pengimplementasian rancangan bauran
promosi berupa promosi potongan harga yang dilakukan secara offline maupun
online yang disebarkan melalui media Instagram UMKM. Pembentukan database
marketing dilakukan dengan pengumpulan database pelanggan. Hasil implementasi
menunjukan adanya kenaikan penjualan pada UMKM selama pandemi COVID-19
berlangsung.

The COVID-19 pandemic has a profound impact on MSMEs in Indonesia.
The number of MSMEs in Indonesia has experienced a decline in income due to the
COVID-19 Pandemic, making MSMEs have to work harder to survive this COVID-
19 pandemic. One of the MSMEs, namely Warung Sop Ayam Mbah Min, is
engaged in the culinary industry which offers Klaten Typical Chicken Soup in the
Galaxy area, Bekasi. This research was conducted using the Business Coaching
method, qualitative research and data obtained based on observations, surveys and
in-depth interviews. There are several analytical methods used to achieve the
research objectives, including the Business Model Canvas (BMC), Porter's Five
Forces analysis, PESTEL analysis, Service Marketing Mix, VRIO analysis, SWOT
analysis, TOWS analysis, and GAP analysis. The results show that MSMEs have
not been maximal in implementing promotional activities and have not established
relationships with customers. So the solution taken for this problem is by designing
a promotional mix and establishing database marketing. The elements of the
promotional mix that are implemented are sales promotion and digital / internet
marketing. Implementation of the promotional mix design in the form of discounted
promotions carried out offline and online which is spread through the UMKM
Instagram media. The establishment of the loyalty program is done by collecting a
customer database. The implementation results showed an increase in sales to MSMEs during the COVID-19 pandemic.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Audinta Andiza Setio Safitri
"Penelitian ini berupa business coaching yang dilaksanakan di UMKM Hani Mandiri yang berlokasi di PIK Pulogadung, Jakarta Timur. Tujuan dari pelaksanaan business coaching ini adalah untuk mengembangkan saluran pemasaran digital melalui website dan mendesain ulang logo Hani Mandiri. Hasil dari wawancara terstruktur dianalisis menggunakan analisis SWOT, STP, Business Model Canvas, Marketing Mix, Porter’s 5 Forces, gap analysis, dan pareto analysis. Temuan menunjukkan bahwa terdapat dua masalah utama yang dihadapi UMKM, yaitu: 1) Belum memaksimalkan saluran pemasaran digital, 2) Belum dapat membuat logo yang menarik dan sesuai dengan identitas perusahaan. Proses business coaching ini diharapakan dapat membantu Hani Mandiri dan UMKM lainnya untuk meningkatkan kinerjanya.

This thesis research is in form of business coaching conducted at SME Hani Mandiri, located in PIK Pulogadung, East Jakarta. The purposes of this study is to develop the digital marketing channel website and logo improvement for SME Hani Mandiri. The results of structured interviews were analyzed using SWOT, STP, Business Model Canvas, Marketing Mix, Porter’s 5 Forces, gap analysis, and Pareto Analysis. The finding shows that there were two main problems faced by the SME, which were: 1) Lack of marketing channel, especially in digital marketing, 2) Not being able to create attractive logos and in accordance with company identity. This business coaching process is expected to help Hani Mandiri and other SMEs to improve their performance"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Armita Anastasya
"Keadaan sulit untuk bisnis retail tidak hanya dialami oleh pelaku bisnis besar saja, namun bisnis menengah dan kecil turut merasakan dampaknya. Keadaan ini membuat bisnis – bisnis harus melakukan perubahan atau perkembangan agar usahanya tetap dapat berkompetisi dan bertahan. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Abelarosa Collection yang adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang retail. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah business coaching dimana peneliti akan berdiskusi dan mengamati proses bisnis secara langsung pada UMKM Abelarosa Collection. Serangkaian wawancara terstruktur dilakukan dengan pemilik UMKM Abelarosa Collection dan hasil temuan yang menunjukkan bahwa ada tiga masalah utama yang dihadapi UMKM Abelarosa Collection di masa ini yaitu masalah lokasi penjualan, kurangnya media promosi, dan tidak adanya program untuk meretensi konsumen yang dimiliki UMKM. Hal ini dapat diperbaiki dengan cara sebagai berikut: 1) Menambahkan Saluran Distribusi yang dimiliki oleh UMKM Abelarosa Collection 2) Menambahkan dan memperbaiki metode promosi yang dimiliki UMKM Abelarosa Collection dan 3). Mengembangkan program customer relationship. Penelitian ini membahas mengenai penambahan saluran distribusi dan pengembangan metode promosi dengan cara membuat media sosial khusus brand Abelarosa Collection serta membuat toko online di E-commerce.

Predicament for retail business is not only experienced by large businesses, but also small and medium-sized business presents to feel its effects. These circumstances create businesses should make changes or development of its business in order to still be able to compete and survive. This research is conducted on the SME Abelarosa Collection which is one of the SMES that is engaged in the retail trade. The methods used in this research is a business coaching where researchers will discuss and observe the business processes directly on the SME Abelarosa Collection. A series of structured interviews conducted with owner of SME Abelarosa Collection and the results showed that there are three main problems facing SMES Abelarosa Collection in this period, which are the issue of the location of the sale, the lack of promotion, and the absence of any program to maintain existing consumers owned by SME. This can be remedied in the following way: 1) Adds distribution channel that is owned by SME Abelarosa Collection 2) Add and improve promotion methods that is owned SME Abelarosa Collection and 3). Develop a customer relationship program. This research deals with the addition of the distribution channels and promotion development methods by creating a special brand of social media of Abelarosa Collection as well as make an online store in E-commerce."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Felia Amelita
"UMKM seringkali mengalami kendala dalam mengelola usaha nya, salah satunya yaitu strategi pemasaran. Bunda Bread adalah UMKM, bisnis kuliner di Jakarta Timur, yang menjual aneka macam roti untuk pelanggan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode business coaching, sebuah riset kualitatif, untuk memetakan kondisi dan masalah UMKM, dilanjutkan dengan mengambil tindakan korektif untuk mengimplementasikan solusi perbaikan. Hasilnya menunjukkan bahwa UMKM tidak memberikan informasi produk dan layanan yang dimiliki kepada pelanggan secara offline, serta tidak digunakannya kegiatan pemasaran secara online. Maka solusi yang dilakukan adalah memperbaiki saluran pemasaran yang dapat mengintegerasikan semua saluran penjualan UMKM. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mendukung bukti hasil perbaikan. Hasilnya, terdapat peningkatan signifikan melalui peningkatan penjualan produk dan kemudahan yang dirasakan pemilik. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMMKM Bunda Bread mengelola kegiatan pemasaranya secara offline dan online dengan menerapkan implementasi omnichannel untuk meningkatkan penjualan UMKM Bunda Bread.

The increasing number of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia has contributed positively to Indonesia's economy. However, many MSMEs are unable to successfully manage their business. To address this issue, this study was conducted focusing on an Indonesian MSME restaurant that was experiencing difficulties in managing their businesses during the pandemic. It aims to identify and analyze the MSME’s omnichannel activities, and to find solutions to improve their strategy and marketing promotion. One of the obstacles was in managing its marketing strategy and activities by implementing a strategy to increase their promotion. The data were collected using business coaching methods, qualitative research, to investigate the actual condition and problems. Later, the actions that were approved by the MSME were taken to overcome the problems. After conducting several external and internal analyses, omnichannel was applied to increase consumers’ buying of the MSME’s products. In addition, MSME’s POS Display and digital marketing promotion through Instagram and a website was optimized to promote their products. It was proven that the omnichannel successfully improved their selling and customer engagement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sammy Agustinus Santana
"PD.Dan's  adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berlokasi di Jakarta Pusat, Indonesia yang memiliki bisnis toko bahan bangunan selama 30 tahun dan memiliki omzet sekitar 1,6-2,4 miliar per tahun. Berdasarkan proses business coaching yang dilakukan, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan data sekunder dari PD. Dan `S.
Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa masalah utama dalam PD. Dans adalah tentang tidak adanya pencatatan sistem penjualan dan pencatatan sistem persediaan, sehingga PD Dan tidak tahu tentang nilai persediaan saat ini, daftar harga, daftar pemasok, dan persediaan saat ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu PD Dan menyelesaikan masalah melalui pengembangan pencatatan sistem penjualan dan sistem persediaan. Implementasi dari business coaching ini menghasilkan pencatatan transaksi penjualan dan laporan persediaan PD.Dan`s yang aktual melalui sistem penjualan dan sistem persediaan untuk membantu PD.Dan`s dalam mengelola persediaan.

PD.Dan's it's a Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) located in Central Jakarta, Indonesia which has a business of building material stores for 30 years and has a turnover of around 1.6-2.4 billion per year. Based on the business coaching process conducted, the researcher collected data through interviews, observations and secondary data from PD. Dan` S.
Based on the results of data collection and data analysis, researchers concluded that the  main problem in PD. Dans is about the absence of a sales and inventory systems record, so PD.Dan`s does not know about the current inventory value, price list, supplier list, current inventory.
The purpose of this study is to help PD.Dan`s solve problems through the development of sales and inventory systems record. The implementation of this business coaching results in recording actual PD.Dan`s sales and inventory reports through sales and inventory systems to help PD.Dan`s in managing inventory.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53705
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Wahyudi
"Penelitian karya akhir ini berupa kegiatan business coaching yang dilaksanakan di UMKM Four Coffee. Penelitian ini menjelaskan, menafsirkan, dan menjelaskan situasi yang dihadapi, bersamaan dengan melakukan intervensi untuk melakukan perbaikan pada objek penelitian. Berdasarkan analisis, UMKM Four Coffee belum memiliki format laporan keuangan yang dapat digunakan sebagai acuan bahan pengambilan keputusan internal dan data referensi untuk calon kreditor atau investor. Manajemen persediaan bahan baku juga belum tertata sehingga terjadi kesulitan dalam mendapatkan data persediaan yang actual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan format laporan keuangan dan melakukan penataan stok persediaan bahan baku pada UMKM Four Coffee. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan perangkat lunak akuntansi berbasis web dengan melakukan optimasi dan kustomisasi dari output yang dihasilkan untuk mendapatkan penyajian laporan keuangan yang diinginkan. Selain itu, dimulainya penggunaan kartu stok dan kegiatan stock opname sebagai titik awal penataan manajemen persediaan bahan baku pada UMKM Four Coffee.

This thesis research is in the form of business coaching conducted at SME Four Coffee. This research describes, interpret, and explain the situation at hand, together with intervening, to make improvements to the research object. Based on the analysis, SME Four Coffee yet has the correct financial statement format as internal decision-making materials and reference data for prospective creditors or investors. Raw material inventory management has also not been arranged so that there is difficulty in getting the actual inventory data. The purpose of this research is to improve the format of the financial statement and do stock management of raw material inventories on SME Four Coffee. The results of this research are the utilization of web-based accounting software by doing optimization and customization of the output produced to obtain a desirable financial statement presentation. Also, the commencement of the use of stock cards and stock opname activities at the end of the month serves as the starting point for structuring raw material inventory management at the SME Four Coffee."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54671
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edbert
"Perkembangan teknologi memberikan peluang sekaligus tantangan bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Tujuan utama dari penelitan ini adalah untuk membantu pemilik Liliana Collection, sebuah toko Pakaian Anak ritel kecil menengah yang berlokasi di Jakarta Pusat untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana meningkatkan operasi bisnisnya khususnya dalam distribusi pemasaran dan sistem manajemen persediaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Business Coaching. Data dikumpulkan dari wawancara mendalam, observasi dan survei kuesioner kepada pelanggan. Data kemudian dianalisis menggunakan Analisis PEST, Analisis Bauran Pemasaran, Analisis STP, Business Model Canvas dan Analisis SWOT. Hasil temuan kemudian akan dianalisis menggunakan Analisis Gap dan Analisis Pareto. Hasil temuan mengungkapkan bahwa Liliana Collection memiliki distribusi pemasaran tradisional dan sistem manajemen persediaan yang tidak memadai. Berdasarkan temuan ini, saluran E-Commerce diadopsi dalam memperluas saluran distribusi pemasaran dan aplikasi manajemen persediaan digunakan untuk membantu pemilik dalam mencatat transaksi persediaannya. Implementasi kemudian dilakukan bersamaan dengan proses pembinaan untuk mendidik pemilik tentang prosedur operasi standar (SOP) yang terkait dengan dua masalah ini untuk membuat implementasi ini berhasil.

The emergence of technology offers several opportunities for business owners to expand their markets and challenges to improve its business. The main purpose of this paper is to help the owner of Liliana Collection, a small medium retail Children Clothing store located in Central Jakarta to gain better understanding on how to improve its business operation specifically in marketing distribution and inventory management system. This research used Business Coaching approach. Data were collected from in-depth interviews, observation and questionnaire survey to customers. The data then were analysed using PEST Analysis, Marketing mix, STP analysis, Business Model Canvas and SWOT analysis. The findings were analysed using Gap Analysis and Pareto Analysis. Key findings revealed that Liliana Collection has traditional marketing distribution and inadequate inventory management system. Based on these findings, E-Commerce channel was adopted in expanding the marketing distribution channels and an inventory management application was used to help the owner in recording its inventory transactions. The implementations then carried out along with coaching process to educate the owner about the standard operating procedure (SOP) related to these two issues in order to make the execution successful. Therefore, these implementations were necessary to improve Liliana Collection business competitiveness."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54634
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>