Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 215 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simanungkalit, Dedy
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat maturitas penerapan manajemen risiko pada sebuah lembaga penegakan hukum bidang korupsi di Indonesia. Analisis dilakukan dengan RIMS Risk Maturity Model yang memiliki 5 aspek yaitu Strategy Alignment, Culture and Accountability, Risk Management Capabilities, Risk Governance, dan Analytics. Hasil penilaian menunjukkan bahwa tingkat maturitas manajemen risiko pada instansi XYZ berada pada posisi Tier-2 dengan total skor 2.33, dimana pilar yang mendapatkan nilai paling rendah adalah Culture and Accountability. Sementara itu, berdasarkan laporan penjaminan mutu tahun 2019 dari BPKP indeks maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) instansi XYZ adalah 3.5693. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat gap antara kondisi saat ini dengan tingkat maturitas yang ditargetkan. Oleh karena itu, instansi XYZ perlu segera mulai mengintegrasikan manajemen risiko ke dalam semua proses bisnis dan manajemen kinerja untuk meningkatkan tingkat kematangan manajemen risikonya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi instansi XYZ, serta organisasi yang serupa dalam melakukan penilaian terhadap penerapan proses manajemen risiko dengan mengikuti praktik terbaik pada umumnya.

This study aims to analyze the maturity level of risk management in a law enforcement agency in Indonesia's corruption field. The analysis is carried out using the RIMS Risk Maturity Model, which has five aspects: Strategy Alignment, Culture and Accountability, Risk Management Capabilities, Risk Governance, and Analytics. The assessment results show that the risk management maturity level at XYZ agency is in the Tier-2 position with a total score of 2.33, where the pillar that gets the lowest score is Culture and Accountability. Meanwhile, based on the 2019 quality assurance report from BPKP, the maturity index for the Government Internal Control System (SPIP) for agency XYZ is 3,5693. It shows that there is still a gap between the current condition and the targeted maturity level. Therefore, XYZ agency needs to immediately start integrating risk management into all business processes and performance management to increase risk management maturity. This research is expected to be a guide for XYZ agencies and similar organizations in assessing the implementation of the risk management process by following best practices in general."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Serinteg
"Standar Audit (SA) 701 telah ditetapkan di Indonesia pada tahun 2021. Standar ini berlaku secara efektif untuk pelaksanaan audit umum atas laporan keuangan emiten pada periode yang dimulai 1 Januari 2022. Dalam SA 701, mengatur tanggung jawab auditor untuk mengomunikasikan dalam laporan auditnya mengenai hal audit utama, yang bertujuan untuk meningkatkan nilai komunikatif atas laporan yang diterbitkannya melalui transparansi yang lebih baik atas pelaksanaan auditnya. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini berupaya untuk mengevaluasi penerapan tahun pertama berlakunya SA 701. Penelitian dilakukan pada KAP yang mengembangkan metodologi sendiri, meskipun KAP tersebut memiliki afiliasi internasional. Penelitian dilakukan dengan pendekatan studi kasus implementasi standar. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, sedangkan data sekunder berupa kebijakan dan prosedur audit dari KAP ABC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAP ABC mampu mengimplementasikan SA 701 meskipun afiliasi internasionalnya tidak menyediakan metodologi audit dan KAP ABC belum menetapkan SOP penerapan SA 701. Terkait pelaksanaan audit, tidak terdapat perubahan proses audit yang signifikan, tetapi KAP ABC melibatkan pereviu pengendalian mutu perikatan dalam penentuan hal audit utama dan perumusan kalimatnya di dalam laporan auditor. Kendala yang dihadapi KAP ABC dalam mengimplementasikan SA 701 yaitu komunikasi dengan pihak yang bertanggung jawab atas tata kelola dan manajemen terkait hal audit utama, serta perumusan paragraf hal audit utama dalam laporan auditor.

Auditing Standards (SA) 701 have been established in Indonesia in 2021. This standard applies effectively to the implementation of general audits of financial statements of listed entities for the period starting on January 1, 2022. In SA 701, it regulates the auditor's responsibility to communicate in his audit report regarding Key Audit Matters (KAM), which aims to increase the communicative value of the reports it publishes through better transparency in the implementation of its audits. In this regard, this research pursues to evaluate the implementation of the first year when SA 701 came into effect. The research was conducted at public accounting firm that developed their own methodology, even though these firm had international affiliations. The research was conducted using a standard implementation case study approach. The data in this research uses primary data and secondary data. Primary data was obtained through semi-structured interviews, while secondary data was in the form of audit policies and procedures from firm. The research results show that Public Accounting Firm “ABC” is able to implement SA 701 even though its international affiliate does not provide an audit methodology and The Firm has not yet established SOPs for implementing SA 701. Regarding audit implementation, there are no significant changes to the audit process, but Firm involves engagement quality control reviewers in determining KAM and the formulation of the sentence in the auditor's report. The obstacles faced by Firm “ABC” in implementing SA 701 are communication with those charged with governance (TCWG) and management regarding KAM, as well as the formulation of paragraphs on KAM in the auditor's report."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Tisalita Permata
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas penerapan anggaran berbasis kinerja pada satuan kerja di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan klasifikasi best practices di negara-negara OECD yang telah menerapkan Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK) sejak berpuluh tahun lalu. Evaluasi lebih lanjut atas penerapan PBK di satuan kerja X OJK dilakukan berdasarkan 3 (tiga) faktor yang digunakan sebagai basis penilaian yaitu faktor Orientasi Tujuan, Sumber Daya Manusia, dan Teknologi Informasi. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa dokumen regulasi dan kemudian dikonfirmasi dengan kondisi riil PBK di OJK melalui wawancara dengan pejabat dan staf yang berwenang dan kompeten dalam pelaksanaan penganggaran di OJK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OJK berada pada level 2 klasifikasi PBK Negara-Negara OECD, yaitu Performance-Informed Budgeting. Pada level Performance-Informed Budgeting, dimana sebagian besar negara OECD berada, pelaksanaan anggaran telah dikaitkan dengan informasi kinerja. Lebih lanjut, evaluasi atas masing-masing faktor menghasilkan tingkat efektivitas yang cukup baik pada faktor orientasi tujuan dan faktor sumber daya manusia, namun tingkat efektivitas yang rendah pada faktor Teknologi Informasi. Beberapa kendala juga diketahui dari hasil wawancara, diantaranya waktu dan proses penyusunan anggaran yang panjang, jumlah SDM yang kurang dan sistem informasi yang kurang mumpuni. Penelitian juga memberikan beberapa rekomendasi guna meningkatkan efektivitas pelaksanaan PBK.

This research aims to evaluation of the application of performance-based budgeting to work units in the Financial Services Authority (FSA) based on the classification of best practices in OECD countries that have implemented Performance-Based Budgeting (PBB) since the last decade. Further evaluation of the implementation of PBB in work unit X OJK was carried out on the basis of 3 (three) basis of assessment, namely: Goal Orientation, Human Resources, and Information Technology. The study was conducted by analyzing regulatory documents and then confirmed with the real conditions of PBB at the OJK through interviews with officials and staff who are authorized and competent in the implementation of budgeting at the OJK. The research results show that OJK is at level 2 of the OECD countries’ PBB classification, namely Performance-Informed Budgeting. In the Performance-Informed Budgeting level, whereas most OECD countries are classified, budget execution has been linked to performance information. Furthermore, evaluation of each factor resulted in a fairly good level of effectiveness for the goal orientation and human resources, meanwhile a low level of effectiveness for the information technology. Several obstacles were also identified from the interview results, including long duration and processes of budget preparation, insufficient human resources and inadequate information systems. The research also provides several recommendations to increase the effectiveness of PBB implementation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novita Harimintarti
"Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah menerbitkan PSAK 74 : Kontrak Asuransi yang merupakan adopsi dari IFRS 17: Insurance Contract, yang akan diterapkan mulai 1 Januari 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kesiapan Perusahaan Asuransi Kerugian X dan Perusahaan Asuransi Jiwa Y dalam penerapannya, meliputi pelaporan keuangan sampai dengan kesesuaian peraturan di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan mewajibkan pelaku industri asuransi melakukan persiapan pelaksanaan Parallel Run Implementasi PSAK 74 : Kontrak Asuransi yang merupakan salah satu target output Triwulan I Tahun 2024. Metodologi penelitian  ini kualitatif, dimana datanya diperoleh dari data primer (wawancara, dokumen dan materi sharing Perusahaan Asosiasi Asuransi) dan sekunder (website Perusahaan X dan Y). Dari hasil penelitian, penerapan membutuhkan sumber daya manusia dan sistem yang baik serta dana yang memadai. Selain itu Direksi berperan sangat penting dalam prosesnya, sebagai pertanggungjawaban ke pemegang saham. Simulasi dampak dari penerapan PSAK 74: Kontrak Asuransi masih terus dievaluasi oleh manajemen melalui aktuaris Perusahaan.

The Indonesian Institute of Accountants (IAI) has issued PSAK 74: Insurance Contract which is an adoption of IFRS 17: Insurance Contract, which will be applied starting January 1, 2025. This study aims to determine and analyze the readiness of Loss Insurance Company X and Life Insurance Company Y in its application, covering financial reporting to regulatory compliance in Indonesia. The Financial Services Authority requires insurance industry players to prepare for the implementation of the Parallel Run Implementation of PSAK 74: Insurance Contracts, which is one of the output targets for the first quarter of 2024. This research methodology is qualitative, where the data is obtained from primary data (interviews, documents and sharing materials of Insurance Association Companies) and secondary (Company X and Y websites). From the results of the research, the application requires good human resources and systems as well as adequate funds. From the results of the research, the application requires good human resources and systems as well as adequate funds. In addition, the Board of Directors plays a very important role in the process, as an accountability to shareholders. Simulation of the impact of the implementation of PSAK 74: Insurance Contracts are still being evaluated by management through the Company's actuaries."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lady Yohana
"Penelitian ini menguji pengaruh abnormal audit fee positif dan abnormal audit fee negatif terhadap kualitas audit. Sampel yang digunakan adalah perusahaan-perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 sampai dengan 2017. Penelitian ini menggunakan akrual diskresioner sebagai proksi atas manajemen laba untuk mengukur kualitas audit. Penelitian ini menemukan bahwa abnormal audit fee positif dan abnormal audit fee negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Dalam penelitian ini tidak terbukti bahwa abnormal audit fee positif dan negatif mempengaruhi independensi auditor yang dapat berdampak pada kualitas audit. Hal ini menunjukan bahwa walau menerima audit fee di atas normal atau audit fee di bawah normal, kualitas audit yang dihasilkan auditor tetap terjaga.

This study examines the effect of positive abnormal audit fees and negative abnormal audit fees on audit quality. This study used sample of listed non financial companies in Indonesia Stock Exchange using data from 2015 to 2017. This study uses discretionary accruals as a proxy for earnings management to measure audit quality. This study found that positive abnormal audit fees and negative abnormal audit fees did not significantly influence audit quality. In this study it is not proven that the positive abnormal audit fees and negative abnormal audit fees affect auditor independence which can have an impact on audit quality. This shows that even though the auditor receives an audit fee above the normal fee or an audit fee below the normal fee, the audit quality produced by the auditor is maintained."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzia Diah Rembulan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas informasi akuntansi dan auditor spesialisasi pada efisiensi investasi perusahaan. Penelitian ini juga meneliti efek moderasi spesialisasi auditor dalam mempengaruhi informasi akuntansi
kualitas dan efisiensi investasi. Penelitian ini menggunakan regresi data panel dan sampel adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI untuk periode 2012 hingga 2017. The
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi akuntansi tidak signifikan berpengaruh pada efisiensi investasi dan spesialisasi auditor berpengaruh positif signifikan
berpengaruh pada efisiensi investasi. Penelitian ini menghasilkan moderasi auditor spesialisasi memiliki pengaruh yang tidak signifikan meningkatkan pengaruh akuntansi
kualitas informasi tentang efisiensi investasi. Implikasi dari penelitian ini adalah kualitas informasi akuntansi tidak cukup efektif untuk meningkatkan investasi efisiensi dan spesialisasi auditor dapat memberikan informasi yang memadai untuk mempengaruhi efisiensi investasi.

ABSTRACT
This study aims to look at the effect of the quality of accounting and auditor information specializes in the efficiency of corporate investment. This research also examines the moderating effect of auditor specialization in influencing accounting information investment quality and efficiency. This study uses panel data regression and The sample is a manufacturing company listed on the IDX for the period 2012 to 2017. The The results of this study indicate that the quality of accounting information is not significant effect on investment efficiency and auditor specialization significantly positive effect effect on investment efficiency. This research resulted in auditor moderation specialization has an insignificant effect increasing accounting influence quality of information about investment efficiency. The implications of this research are
the quality of accounting information is not effective enough to increase investment the efficiency and specialization of the auditor can provide sufficient information to influence
investment efficiency."
2019
Spdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mirella Kirsty
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi dosen, fasilitas pendidikan, dan tipe kepribadian siswa pada kompetensi mahasiswa akuntansi. Kompetensi mahasiswa akuntansi yang dimaksud adalah kompetensi yang dibagi menjadi tiga dimensi, yaitu kompetensi utama, pendukung, dan lainnya. Penelitian ini dilakukan menggunakan survei terhadap 350 mahasiswa akuntansi dari 10 universitas di wilayah Jabodetabek yang telah mengambil kursus akuntansi keuangan dan akuntansi keuangan tingkat lanjut. Data adalah diproses menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), juga dikenal sebagai PLSSEM. Penelitian ini menemukan bahwa kompetensi dosen dan fasilitas pendidikan telah a efek positif pada kompetensi mahasiswa akuntansi. Sementara itu, kepribadian siswa jenis, terutama extraversion, sensing, thinking and judging (ESTJ), dan juga Introversi, penginderaan, pemikiran, dan penilaian (ISTJ) tidak mempengaruhi kompetensi mahasiswa akuntansi.

ABSTRACT
This study aims to examine the effect of lecturer competence, educational facilities, and student personality types on accounting student competencies. The intended accounting student competencies are competencies which are divided into three dimensions, namely the main competencies, supporters, and others. This research was conducted using a survey of 350 accounting students from 10 universities in the Greater Jakarta area who have taken courses in financial accounting and advanced financial accounting. Data is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method, also known as PLSSEM. This study found that lecturer competencies and educational facilities had a positive effect on accounting student competencies. Meanwhile, the personality of student types, especially extraversion, sensing, thinking and judging (ESTJ), and also Introversion, sensing, thinking, and assessment (ISTJ) did not affect the competence of accounting students."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farich Anton Susilo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel moderasi ukuran perusahaan, kualitas audit, dan produksi kebangkrutan yang juga sebagai variabel kontrol terhadap hubungan antara tingkat pengungkapan laporan tahunan serta hubungan politik terhadap cost of equity capital pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoneia tahun 2011. Sampel penelitian ini adalah 101 perusahaan. Hasil penilaian atas indeks pengungkapan Botosan adalah 43.8% sehingga dapat disimpulkan tingkat pengungkapan dalam laporan tahunan perusahaan masih relatif rendah. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan regresi linear Ordinary Least Square (OLS) dengan sampel 101 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bahwa tingkat pengungkapan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap cost of equity capital, (2) hubungan politik memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap cost of equity capital, (3) moderasi kualitas audit memperkuat pengaruh antara tingkat pengungkapan terhadap cost of equity capital, (4) moderasi prediksi kebangkrutan memperlemah pengaruh antara tingkat pengungkapan terhadap cost of equity capital.

This research aims to know the effect of firm size, audit quality and financial distress as moderating variable and control variable to disclosure level and political connection on cost of equity capital. Hypotheses testing used Ordinary Least Square (OLS) regression and using 101 sample of manufacture companies listed at Indonesia Stock Exchange/Bursa Efek Indonesia (BEI) in 2011.
The result of Botosan disclosure index is 43.8%, thus it can be concluded the disclosure level in company annual report is still relatively low and this study shows that: (1) disclosure level have positive and significant effect on cost of equity capital; (2) political connection have negative and significant effect on cost of equity capital; (3) audit quality as moderation variable increase the influence of disclosure level on cost of equity capital; (4) financial distress as moderation variable decrease the influence of disclosure level on cost of equity capital.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45500
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nissava Kinjie
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Partisipasi Anggaran dan Profil Kebutuhan Psikologis Manajer yang mencakup Kebutuhan Berprestasi (Nach), kebutuhan Berafiliasi (Naff) serta Kebutuhan untuk Berkuasa (Npow) terhadap Komitmen Pencapaian Target Anggaran. Secara umum, diduga bahwa Partisipasi Anggaran dan Kebutuhan Psikologis manajer berpengaruh positif terhadap Komitmen Pencapaian Target Anggaran.
Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari persepsi manajer tingkat menengah yang diperoleh melalui instrument penelitian kuesioner. Sampel adalah responden yang mencakup 100 orang manajer tingkat menengah pada industri perbankan di Indonesia. Untuk menguji hipotesis, digunakan metode analisis data berupa distribusi frekuensi, uji reliabilitas, validitas (analisis faktor), dan analisis regresi. Proses pengujian empiris menggunakan SPSS Statistics 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi Anggaran serta Kebutuhan Berprestasi berpengaruh positif pada Komitmen Pencapaian Target Anggaran. Sedangkan, Kebutuhan Berafiliasi serta Kebutuhan Berkuasa tidak berpengaruh terhadap Komitmen Pencapaian Target Anggaran.

This research is aimed to examine the effect of Budget Participation and Psychological Needs of Manager on Budget Goal Commitmnet. Manager?s pyschological needs include: (i) need for achievement (Nach); (ii) need for affiliation (Naff); and (iii) need for power (Npow). General hypotheses to be tested stated that Budget Participation and Psychological Needs of Manager are positively influence Budget Goal Commitment.
The primary data used in this study is the persceptions of middle management collected through questionnaires. Sample respondents consists of 100 middle- level managers in the banking industry in Indonesia. Data analysis method used is the frequency distribution, test reliability, validity (factor analysis), and regression analysis. The SPSS Statistics 17 is used as a tool for the empirical test.
The results indicate that Budget Participation and the Need for Achievement are positively associated with Budget Goal Commitment. On the other hand, the psychological needs of the manager to affiliate and to have power did not affect the commitment of the managers in the company's budget target.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45496
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roni
"ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari variabel usia, level, ukuran KAP, serta tekanan sosial terhadap auditor judgment. Penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang disebarkan ke KAP yang berlokasi di Jakarta dengan total responden 58 orang. Analisis regresi digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Dari hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa variabel usia, ukuran KAP berpengaruh positif terhadap auditor judgment, sedangkan variabel level dan tekanan sosial mempunyai pengaruh negatif terhadap auditor judgment. Selain itu pengalaman sebagai variabel kontrol tidak terbukti mempunyai engaruh terhadap auditor judgment.

ABSTRACT
This paper aims to examine the effect of variabel age, level, KAP size, and social pressure on auditor judgment. The study was conducted by using instrument such as questioner that is distributed to KAP located in Jakarta with total respondent of 58 auditor. Regression analysis is used to examine the hypothesis in this research. From data processing result, it is concluded that the age and KAP size variable has a positive effect on auditor judgment, while level and social pressure has a negative influence on auditor judgment."
2013
S47413
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>