Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 103 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asri Wulandari
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur audit substantif atas akun Penempatan pada Bank Indonesia dan Bank Lain PT Bank LTS yang dilakukan oleh KAP AWD untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2023. PT Bank LTS merupakan salah satu bank swasta di Indonesia. Evaluasi dilakukan berdasarkan konsep dan standar audit yang berlaku. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, , prosedur audit substantif yang dilakukan oleh KAP AWD atas akun Penempatan pada Bank Indonesia dan Bank Lain PT Bank LTS telah sesuai dengan konsep dan standar audit yang berlaku.

This internship report discusses the evaluation of substantive audit procedures for placement accounts with Bank Indonesia and other banks PT Bank LTS performed by KAP AWD for the period ending 31 December 2023. PT Bank LTS is one of the private banks in Indonesia. Evaluation is performed based on applicable audit concepts and standards. Based on the results of the evaluation conducted, substantive audit procedures performed by KAP AWD on Placement accounts with Bank Indonesia and Other Banks PT Bank LTS are in accordance with applicable audit concepts and standards. This internship report also discusses self-reflection while participating in the internship program at KAP AWD.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Benardi Andrianto Ramadhan
"AP WWB, yang berfokus pada evaluasi prosedur test of detail yang dilakukan kantor akuntan public (KAP) WWB terhadap akun beban usaha PT GYB. Prosedur test of detail merupakan bagian dari audit yang bertujuan untuk memastikan bahwa saldo dan transaksi dalam akun beban usaha disajikan secara wajar sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku secara umum. Evaluasi yang dilakukan dalam laporan magang ini adalah membandingkan apa yang dikerjakan di lapangan dengan teori atau standar yang berlaku. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur yang dilakukan KAP WWB sudah memadai dalam mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan materiil serta telah sesuai dengan teori dan standar yang berlaku.

This internship report presents a comprehensive overview of internship activities at KAP WWB, focusing on the evaluation of test of detail procedures performed by the public accounting firm WWB on the operating expense accounts of PT GYB. Test of detail procedures are an integral part of the audit process aimed at ensuring the fair presentation of balances and transactions in operating expense accounts in accordance with generally accepted accounting principles (GAAP). The evaluation carried out in this internship report is to compare what is done in the field with applicable theories or standards. The Evaluation results indicate that the procedures performed by KAP WWB were adequate in identifying and correcting material errors and were in compliance with applicable theories and standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Elizabeth Alvita Stephanie
"Tujuan laporan magang ini adalah mengevaluasi prosedur audit substantif yang dilakukan oleh KAP NRG terhadap akun utang usaha pada laporan keuangan PT VLR untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2023. PT VLR merupakan perusahaan pemasok energi listrik. Prosedur audit substantif yang dievaluasi mencakup proses pembuatan lead schedule, penelusuran terhadap saldo pada buku besar, unusual item review, serta prosedur out-of-period seperti SURL dan cutoff. Kerangka evaluasi yang digunakan adalah konsep audit terkait prosedur audit substantif, Standar Audit (SA) 315, 330, dan 500. Pelaksanaan prosedur audit substantif menunjukan bahwa PT VLR telah melakukan pencatatan transaksi utang usaha mereka dengan wajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa KAP NRG telah melakukan prosedur audit substantif sesuai dengan konsep audit yang relevan dan standar yang berlaku.

This internship report is written to evaluate the substantive audit procedure done by KAP NRG for PT VLR’s Account Payable account. The financial statements used for this evaluation is the financial statements ending December 31, 2023. PT VLR is a company that acts as the supplier for electricity. The evaluation scope is the substantive audit procedure, which consists of the making of Lead Schedule, the process of agreeing subledger to general ledger, unusual item review, and out-of-period tests such as SURL and cutoff. The evaluation framework used is Standar Audit (SA) 315, 330, 500 and other various theories. The implementation of substantive audit procedure shows that PT VLR has recorded their transactions regarding accounts payable account fairly.The evaluation shows that KAP NRG carried out the substantive audit procedures correctly in accordance with the applicable auditing standards and theories."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Margaret
"Perkembangan teknologi berdampak terhadap seluruh lini kehidupan, termasuk sektor akuntansi dan keuangan. Perkembangan teknologi yang pesat ditambah kemunculan pandemi COVID-19 yang mengubah cara bisnis beroperasi, mendesak adopsi teknologi. Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi praktisi, mahasiswa, dan dosen akuntansi tentang dampak adopsi teknologi terhadap fungsi akuntansi dan keuangan di Indonesia, keterampilan apa yang dibutuhkan akuntan untuk menghadapi adopsi teknologi, dan seberapa jauh pendidikan akuntansi telah memperlengkapi lulusannya dengan keterampilan yang dibutuhkan. Kuesioner disebarkan kepada tiga kelompok responden menggunakan metode purposive sampling dan jawaban kuesioner dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Penelitian menemukan bahwa peran kerja akuntansi dan keuangan tingkat junior paling rentan tergantikan oleh teknologi. Keterampilan baru tentang teknologi dan digital perlu dipelajari oleh akuntan, namun keterampilan bisnis dan komunikasi tetap perlu ditingkatkan akuntan. Pendidikan akuntansi perlu menyesuaikan kurikulumnya agar memasukkan keterampilan yang diperlukan akuntan untuk menghadapi adopsi teknologi. Hasil penelitian memberikan rekomendasi bagi asosiasi profesi akuntan maupun instansi pendidikan akuntansi.

Technological developments have impacted all aspects on human life, including within the accounting and finance sector. Rapidly evolving technology combined with the COVID-19 pandemic, which has changed the way businesses operate, means that technology adoption is no longer a future need. This study aims to explore the perceptions of Indonesian accounting practitioners, students, and lecturers regarding changes in the accounting and finance function due to technology adoption, the skills required to contend with it, and the accounting education support needed to provide the requisite skills. Questionnaires were distributed to three respondent groups using a purposive sampling method and analyzed quantitatively using descriptive quantitative. This study found the junior-level accounting role to be the most at risk of replacement by technology. New skills such as technology-related and digital skills need to be learned, but business and communication skills also require improvement. Accounting education curriculums may need to be adjusted to provide the skills required to contend with technology adoption. The results of the research gave recommendation to professional associations of accountants and accounting education institutions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Ryna
"Properti investasi merupakan properti yang dikuasai oleh pemilik atau penyewa melalui sewa pembiayaan untuk menghasilkan rental atau untuk kenaikan nilai atau kedua - duanya, dan bukan untuk dijual dan digunakan dalam kegiatan produksi. walaupun yang diterapkan di Indonesia harus berdasarkan PSAK, namun ada beberapa perusahaan properti yang menerapkannya sebagai aset tetap. Skripsi ini akan menganalisis penerapannya pada salah satu perusahaan properti di Indonesia, yakni PT IPM. PT IPM merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang properti yanitu menyewakan perkantoran.

Investment properties are properties held by the owner or tenant finance lease to earn rentals or for capotal appreciation or both, rather than for sale and use in production activities. although it should be applied in Indonesia under GAAP, but there are several properties that apply as a corporate asset. this research will analyze the application to one of the property companies in indonesia, namely PT IPM. PT IPM is a company engaged in the field os property that is rented office space."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S43974
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edo Yuliandra
"Universitas Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan peraturan yang menjadi landasan pengelolaannya, mulai dari PP 152/2000, PP 66/2010, dan UU 12/2012 yang baru saja disahkan. Perubahan peraturan tersebut merubah bagaimana tatanan dan praktik pengelolaan Universitas Indonesia. Perubahan yang terjadi terlihat pada hubungan universitas dengan stakeholdernya. Selain itu, perubahan tersebut mengakibatkan organ universitas seperti MWA dan SAU menjadi organ yang ada namun tidak diakui dalam Peraturan Pemerintah di masa transisi. Perubahan ini juga menyebabkan terganggunya operasional Universitas Indonesia karena ketiadaan rektor.
Setelah dilakukan wawancara dan tinjauan terhadap peraturan yang berlaku, penelitian ini menyimpulkan bahwa Universitas Indonesia saat ini menerapkan pola PTP yang mana terdapat MWA dan SU sementara yang dibentuk oleh rektor sebelum Universitas Indonesia sebagai PTN BH resmi disahkan. Artinya, pola seperti BHMN dengan dua pengawas operasional yaitu MWA dan SU masih tetap ada. Organ pengawas MWA dan SAU terpisah dengan eksekutif universitas sehingga dapat disimpulkan bahwa Universitas Indonesia menerapkan dual system structure dalam tata kelolanya.

There was some changes of regulation of higher education in University of Indonesia, since, PP 152/2000, PP 66/2010, dan UU 12/2012. These changes create the structure and governance practice in Universitas Indonesia. It can be seen in it?s relationship with stakeholders. This changes make MWA and SAU become unauthorized entity in Peraturan Pemerintah while Universitas Indonesia is still in transition phase. Morover, it disturbs university?s operation because of the absence of rector.
After some interviews was held and regulation was evaluated, this research conclude that right now, Universitas Indonesia was governed as PTP where MWA and SU created by rector are still exist. It means that BHMN structure is still applied in Universitas Indonesia. MWA and SAU are separated with board of executive of Universitas Indonesia which means that Universitas Indonesia is applying dual system structure in it's governance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Krisna Chanti
"Laporan magang ini membahas prosedur audit yang dilakukan tim audit KAP PSS terhadap aset biologis tanaman perkebunan kelapa sawit PT IKSJ untuk periode pelaporan keuangan 31 Desember 2015. Prosedur audit yang dilakukan tim audit terbagi menjadi empat tahapan yaitu, tahap perencanaan dan identifikasi risiko, strategi dan penilaian risiko, eksekusi, serta kesimpulan dan pelaporan. Berdasarkan pembahasan dan analisis penulis, proses audit yang dilakukan tim audit KAP PSS telah sesuai dengan standar audit yang berlaku secara umum di Indonesia yaitu Standar Audit (SA) yang dikeluarkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Laporan magang ini juga menjelaskan tentang perlakuan akuntansi yang diterapkan pada aset biologis tanaman perkebunan kelapa sawit PT IKSJ dengan menggunakan PSAK 16 Aset Tetap dan Dolapkeu-PHP sebagai pedoman.

This internship report discusses the audit procedures of biological assets performed by KAP PSS on PT IKSJs palm oil plantation for the period ended December 31st 2015. The audit procedures performed were divided into four processes, they are planning and risk identification, strategy and risk assessment, execution, and conclusion and reporting. Based on the writers analysis, the audit procedures performed by KAP PSS are in accordance with the generally-applicable auditing standards called Standar Audit (SA), published by Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). This internship report also explains the accounting treatment for the biological asset in PT IKSJs palm oil plantation with PSAK 16 Fixed Assets and Dolapkeu-PHP as their references.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nicolas
"Laporan Magang ini membahas mengenai analisis kinerja dari sistem informasi yang digunakan oleh PT Indonesian Capital Market Electronic Library (PT ICaMEL) dalam menyediakan data dan informasi pasar modal Indonesia bagi masyarakat luas, yang merupakan komitmen dari PT Bursa Efek Indonesia sebagai Self Regulatory Organization (SRO), dengan menggunakan pendekatan IT Balanced Scorecard (IT BSC). Secara keseluruhan, kinerja sistem informasi PT ICaMEL sebagai pusat informasi pasar modal Indonesia yang diukur berdasarkan IT BSC sudah menujukkan hasil yang sangat baik. Keempat perspektif dari IT BSC memiliki pencapaian target diatas 80%, yang termasuk dalam kategori sangat baik.

This internship report explains about performance analysis of information system that used by PT Indonesian Capital Market Electronic Library (PT ICaMEL) in providing Indonesian capital market data and information for wide community, which is the commitment of PT Bursa Efek Indonesia as Self Regulatory Organization (SRO), using the IT Balanced Scorecard (IT BSC) approach. Overall, the performance of Information system used by PT ICaMEL as referral source for Indonesian Capital Market information had shown good results. Each four of the IT BSC?s perspective?s achievement had reached more than 80%, which is categorized as very good."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Royhan Faqihuddin
"Laporan magang ini menganalisis pengendalian internal pada siklus pengeluaran perusahaan PT ZXC yang bergerak di bidang penjualan susu formula bayi. Penjualan susu formula bayi tidak dapat diperjualbelikan secara bebas karena terdapat peraturan-peraturan dari para pemangku kepentingan. Aktivitas bisnis yang tidak taat peraturan akan membebani pengeluaran perusahaan. Cakupan analisis berfokus pada siklus pembayaran jasa medis dan reimbursement pegawai menggunakan COSO Framework 2013, berikut solusi perbaikan kekurangan yang ada sesuai dengan cakupan kerja penulis saat melakukan program magang. Hasil analisis menunjukkan hampir semua komponen COSO Framework 2013 terpenuhi kecuali beberapa prinsip dari komponen COSO Framework 2013 yang kurang teraplikasikan.

This internship report analyzes internal controls in company namely PT ZXC rsquo s payment cycle company engaged in the sale of infant formula product. The sales can not be traded freely as there are regulations of the stakeholders. Non compliance business activities will burden corporate spending. Analysis focus on the payment cycle of medical services and reimbursement of employees using the COSO Framework 2013, following solutions of existing deficiencies in accordance with the author 39 s scope of work while doing the internship program. The analysis results show that almost all COSO Framework 2013 components are met except for some of principles that are less implemented."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
George Willcox Samuel
"Perkembangan teknologi informasi menyebabkan timbulnya disrupsi teknologi dalam rantai pasokan yang berakibat pada ketidakpastian kondisi pasar dan memicu munculnya biaya tambahan sehingga pelaku usaha mengalami kesulitan dalam menentukan penetapan harga. UMKM dalam praktiknya belum menerapkan strategi penetapan harga berdasarkan perubahan-perubahan dinamis secara pesat yang terjadi saat ini. Hal ini dapat berpengaruh pada penurunan jumlah volume penjualan, menyebabkan banyak perusahaan mengalami kerugian serta tidak mampu mempertahankan keberlanjutan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi disrupsi dalam rantai pasokan yang terjadi karena adanya disrupsi teknologi yang berdampak pada ketidakakuratan dalam penentuan harga. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai strategi penelitian di mana analisis konten dan analisis tematik diterapkan untuk menganalisis instrumen penelitian dalam bentuk analisis dokumen dan wawancara semi terstruktur. Dalam hal ini, peneliti menemukan bahwa terdapat tiga disrupsi teknologi dominan yang terjadi dalam rantai pasokan UMKM perdagangan tekstil. Disrupsi tersebut adalah disrupsi distribusi, disrupsi transportasi, dan disrupsi pada sistem perdagangan elektronik. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa hambatan dalam menentukan atau menerapkan strategi penetapan harga adalah ketidaksiapan bisnis itu sendiri untuk menarik loyalitas pelanggan melalui penawaran seperti harga khusus anggota. Hal ini dapat menimbulkan pengambilan keputusan yang salah oleh pelaku bisnis dalam menetapkan harga produknya dan juga hilangnya permintaan konsumen yang tidak dapat diakomodir. Sesuai dengan yang diuraikan oleh Boundy (2019), strategi dynamic atau penetration pricing merupakan alternatif yang dapat diambil oleh UMKM dalam menghadapi situasi disrupsi teknologi yang terjadi secara dinamis seperti sekarang ini. Implementasi strategi ini dilakukan melalui metode market pricing yaitu dengan menetapkan harga jual yang rendah yang dapat bersaing di pasaran untuk mengganggu para kompetitor lainnya khususnya dalam menjalankan kegiatan perdagangan secara online di era disrupsi teknologi saat ini yang sejalan dengan yang dikemukakan oleh Khare et al. (2016). Pangsa pasar yang semakin luas akan mempengaruhi volume penjualan sehingga UMKM dapat menetapkan harga meskipun dengan profit margin yang rendah. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki penetapan harga yang selama ini dilakukan oleh UMKM Perdagangan Tekstil agar terhindar dari risiko hilangnya daya tarik dari para konsumennya dari segi harga.

The development of information technology rapidly that occurs causes disruption of technology in the supply chain which results in uncertainty of market conditions and triggers additional costs so that companies having difficulties in price determination. In practice, MSMEs have not yet implemented a pricing strategy based on the dynamic changes that are happening right now. This can trigger a decrease in sales volume, causing many companies to suffer losses and be unable to maintain the sustainability of their businesses. This study aims to analyze and evaluate in order to problem solving based on disruption in the supply chain that occurs due to disruptive technology and the impact on inaccuracies in price determination. This study applies case studies as a research strategy in which content and thematic analysis is applied to analyze research instruments in the form of document analysis and semi structured interviews. In this case, we found that there were three dominant disruptions technology occurring in the textile trade MSME supply chain. These disruptions include distribution, transportation and ecommerce system disruptions. Also, the author found that the obstacle in determining or implementing pricing strategies is the unpreparedness of the business itself to attract customer loyalty through offers like membership special prices. This could create an incorrect decision making by business actors in setting the price of their products and also the loss of consumer demand that cannot be accommodated. This is in line with Boundy (2019), the dynamic or penetration pricing strategy is an alternative that can be taken by MSMEs in the current technological and dynamic disruption situation. The implementation of this strategy is carried out through market pricing methods, namely by setting low prices that can compete in the market to disrupt other competitors, especially in carrying out online trading activities in the current era of technological disruption in line with what was stated by Khare et al. (2016). Increasing market share will affect sales volume so that MSMEs can set prices even with a low profit margin. This is done to improve the price fixing that has been carried out by the Textile Trade SMEs to avoid the risk of losing the attractiveness of consumers in terms of price."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   4 5 6 7 8 9 10 11   >>