Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Andi Irvan
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur analitis dalam audit atas akun aset tetap PT ABC yang merupakan perusahaan yang bergerak di industri kelapa sawit untuk periode tahun buku 31 Desember 2021.  Prosedur analitis dijalankan berdasarkan KAP XYZ Audit Guide. Prosedur analitis atas aset tetap PT ABC dilakukan sebagai pengujian substantif untuk memperoleh bukti tentang asersi tertentu yang berhubungan dengan saldo akun. Evaluasi atas prosedur yang dilakukan terbatas pada aktivitas penulis selama periode magang yang berkaitan dengan prosedur analitis terhadap akun aset tetap PT ABC. Prosedur analitis atas akun aset tetap PT ABC sudah dilakukan berdasarkan standar audit yang berlaku umum di Indonesia yang diadopsi dari ISA (International Standards on Auditing). Namun, penulis menemukan bahwa KAP XYZ tidak meminta representasi tertulis kepada manajemen PT ABC atas perbedaan perhitungan nilai buku neto sesuai dengan Standar Audit 450: Pengevaluasian Atas Salah Saji Yang Diidentifikasi selama Audit.

This report discusses the evaluation of analytical procedures on the audit of fixed asset accounts of PT ABC which is a company engaged in the palm oil industry for the period ended December 31, 2021. The analytical procedures are implemented based on the KAP XYZ Audit Guide. Analytical procedures for PT ABC's fixed account are performed as a substantial test to obtain evidence about certain assertions relating to the account balances. The evaluation of the procedures are limited to the authors’s activities during the internship period related to analytical procedures for PT ABC's fixed asset accounts. The evaluation shows that the analytical procedures performed during audit on PT ABC's fixed assets account have been in accordance with the applicable Audit Standard in Indonesia which are adopted from the ISA (International Auditing Standard). However, the Audit Standard no.450 has not been implemented fully as the auditor did not request a written representation with regard to the immaterial difference of the fixed asset's net book value resulting from recalculation performed by the auditor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Falanisa Zahra Kusputri
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur pengujian rinci (test of details) yang dilakukan oleh IVS Indonesia terhadap akun Kas dan Setara Kas PT AMF untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2020. PT AMF merupakan perusahaan pembiayaan yang memberikan fasilitas pembiayaan kepada konsumennya. Prosedur tersebut dievaluasi kesesuaiannya berdasarkan teori audit, Standar Audit (SA), dan PSAK. Evaluasi tersebut dilakukan melalui observasi, praktik, dan diskusi selama kegiatan magang berlangsung. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, pelaksanaan prosedur pengujian rinci yang dilakukan oleh IVS Indonesia atas akun Kas dan Setara Kas PT AMF telah sesuai dengan teori dan memenuhi standar yang berlaku, meskipun terdapat beberapa area yang dilakukan profesional auditor.

This internship report has an objective to evaluate the test of details procedure performed by IVS Indonesia towards PT AMF’s Cash and Cash Equivalents account for the period ended December 31, 2020. PT AMF is a financing company that provides financing for its customers. This procedure is evaluated for its conformity with audit theories, applicable audit standards (ISA), and PSAK. Based on the evaluation, test of details procedure performed by IVS Indonesia is in accordance to and comply with the theories and applicable standards, although there are several areas that are performed based on auditor’s professional judgements."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhia Alisya Pratista
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit akun Kas dan Setara Kas pada PT EBP untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2020 yang dijalankan oleh KAP ARP. PT EBP adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur barang kesehatan. Evaluasi atas prosedur audit yang dilakukan terbatas pada prosedur pengujian substantif, khususnya konfirmasi bank, tes rekonsiliasi bank serta prosedur kas kecil yang meliputi perhitungan kas dan pelaksanaan vouching. Secara umum, prosedur audit yang dilakukan untuk akun Kas dan Setara Kas telah sesuai dengan Standar Audit (SA) dan teori akuntansi yang berlaku. Maka dari itu, secara keseluruhan akun Kas dan Setara Kas pada PT EBP telah disajikan dengan wajar dalam hal yang material.

This internship report aims to evaluate the audit procedures for the Cash and Cash Equivalent accounts of PT EBP for the period ended December 31, 2020, which is carried out by KAP ARP. PT EBP is a manufacturing company, which mainly produces health goods. The evaluation of audit procedures carried out is limited to substantive tests, particularly bank confirmations, bank reconciliation tests and petty cash procedures, which was cash count and vouching. In general, audit procedures performed for Cash and Cash Equivalent accounts are in accordance with International Standards on Auditing (ISA) and applicable accounting theory. Hence, the overall PT EBP’s Cash and Cash Equivalents account has been fairly presented in all material aspects."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Danistya Smara Putri
"Laporan magang ini membahas evaluasi atas kesesuaian antara teori eksekusi dan pemantauan strategi organisasi dengan praktik riil yang dijalankan oleh PT Konsultan di dalam pendampingan proses setup organisasi Klien. Lingkup pembahasan meliputi eksekusi strategi organisasi, khususnya eksekusi crash program, pemantauan atas eksekusi strategi organisasi, efektivitas tim proyek dan stakeholder management tim proyek. Penulis melakukan evaluasi dengan membandingankan kerangka evaluasi, yaitu teori yang telah dipelajari pada mata kuliah Pengantar Manajemen, Pengantar Manajemen Operasi, Struktur, Proses, dan Perilaku Organisasi, Strategi dan Manajemen Kinerja Organisasi, serta beberapa referensi relevan lain, dengan pengalaman penulis selama menjalani magang pada proyek Klien di PT Konsultan. Melalui analisis yang dilakukan, penulis menemukan bahwa praktik PT Konsultan, walau agak berbeda dengan teori, memiliki esensi yang sama dengan kerangka evaluasi.

This internship report discusses the evaluation of the suitability of the theory of execution and monitoring of organizational strategy with the real practice carried out by PT Konsultan in assisting Klien’s organizational setup process. The scope of discussion includes the execution of organizational strategy, particularly the crash program execution, monitoring of organizational strategy execution, project team effectiveness and project team stakeholder management. The author evaluates by comparing the evaluation framework, namely the theory that has been studied in Introduction to Management, Introduction to Operations Management, Structure, Process and Organizational Behavior, Strategy and Organizational Performance Management courses, as well as several other relevant references, with the author's experience of interning in Klien project at PT Konsultan. Through the analysis carried out, the author found that PT Konsultan's practice, although somewhat different from theory, has the same essence as the evaluation framework."
Depok: Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Syarief Muhammad
"Penelitian ini membahas mengenai ketentuan-ketentuan terkait penerimaan hibah yang tertuang dalam undang-undang, peraturan pemerintah dan peraturan menteri. Penerimaan hibah terhadap total pendapatan negara dan hibah tidak terlalu signifikan. Namun demikian, tetap perlu dikelola dengan cermat, untuk dapat mewujudkan pengelolaan yang lebih tertib, akuntabel dan transparan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain analisa deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa masih ada ketentuan yang masih harus diperbaiki. Laporan atas penerimaan dana hibah dan pengeluarannya telah lebih transparan dan akuntabel, hal ini dilihat dari hampir sebagian besar data hibah pada periode 2006 sampai dengan 2010 yang belum dilaporkan dalam LKPP telah dapat dijelaskan dengan trend peningkatan data hibah yang teridentifikasi setiap periode pelaporan.

The focus of this study is regulations of government grant revenue in Indonesia described in statute, regulations issued by government and regulations issued by ministry. Grants receipt is not significant compare to total revenue, still it requires a good administration in order to realize a more organized, accountable and transparent management. This research is qualitative descriptive interpretive. The result shows that government grant regulations should improve some term and policy in grant. Report shows that grant revenue and disbursement had identified the unreported grant in central government financial statement during fiscal year 2006 to 2010.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T34649
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Edwin Setiawan
"Penelitian ini ingin melihat pengaruh dari ekspropriasi yang diproksikan dengan transaksi pihak berelasi yang dilakukan oleh perusahaan dan koneksi politik yang dimiliki dengan pembagian kas dividen pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan dana panel dengan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2012. Hipotesis penelitian adalah dengan semakin banyaknya transaksi pihak berelasi yang dilakukan oleh perusahaan, akan semakin sedikit dividen yang dibagikan perusahaan sedangkan koneksi politik berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen perusahaan. Dari penelitian disimpulkan bahwa dari objek yang diteliti, ekspropriasi dan koneksi politik tidak berpengaruh terhadap kebijakan pembagian dividen tunai perusahaan.

This study using panel data analysis to examine the relationship between expropriation and political connection on cash dividend policy. Samples used at this study are manufacturer company listed in Indonesia Stock Exchange from 2009-2012. The hypotheses are, expropriation which showed from related party transaction has negative relationship and political connection has positive relationship on cash dividend policy. The result of the research shows that expropriation and political connection does not affect cash dividend policy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57050
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Octania Rayyan Ayu
"Laporan ini membahas proses audit yang dilaksanakan oleh KAP PQR atas pendapatan management fee PT ABC, sebuah perusahaan manajemen investasi yang mengelola dana kolektif dan aset nasabah individual. Proses audit yang dilaksanakan mengacu pada PQR Audit Guide PAG yang telah disesuaikan dengan Standar Audit SA. Selama proses audit, prosedur konfirmasi piutang tidak berjalan sesuai dengan rencana sehingga diperlukannya prosedur alternatif. Hasil audit menunjukkan bahwa pengendalian dan pengungkapan yang terkait dengan pendapatan management fee PT ABC telah disajikan dengan wajar dalam semua hal yang material tanpa adanya penyesuaian.

This report discusses about the audit process by KAP PQR on management fee revenue of PT ABC, an investment management company that manages mutual funds and discretionary clients rsquo assets. The audit process that was done is based on PQR Audit Guide PAG, which has been adjusted to International Standards on Auditing ISA. During the audit process, the procedure to confirm account receivables did not go as planned thus causing an alternative procedure to be done. The audit result shows that the control and disclosure of PT ABC that is related to management fee revenue has been presented fairly in all material respects.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Asri
"Penelitian ini merupakan studi empiris yang bertujuan untuk menemukan fakta terkait tingkat pengungkapan emisi gas rumah kaca di Indonesia, serta untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh independensi dewan, gender diversity dalam dewan, dan komite tanggung jawab sosial/lingkungan perusahaan terhadap tingkat pengungkapan emisi gas rumah kaca. Pengungkapan emisi gas rumah kaca diukur dengan menggunakan indeks berdasarkan ISO 14064-1. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan metode Ordinary Least Square (OLS) untuk data cross section. Penelitian menemukan bahwa rata-rata tingkat pengungkapan emisi gas rumah kaca pada industri sumber daya alam dan manufaktur di Indonesia hanya 9,33% dimana 73,23% perusahaan memiliki tingkat pengungkapan di bawah rata-rata. Penelitian juga menemukan bahwa independensi dewan dan keragaman jender tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan emisi gas rumah kaca, sedangkan Keberadaan komite tanggung jawab sosial/lingkungan memiliki pengaruh signifikan dan bersifat positif terhadap tingkat pengungkapan emisi gas rumah kaca. Keberadaan komite tanggung jawab sosial/lingkungan di dalam perusahaan menyebabkan kenaikan tingkat pengungkapan gas rumah kaca sebesar 6,60%.

This research is an empirical study that aims to find facts related to the level of greenhouse gas disclosure in Indonesia, as well as to prove the influence of board independence, board gender diversity, and the existence of corporate social responsibility/environmental committee to the level of greenhouse gas disclosure. Greenhouse gas disclosure measured using an index based on ISO 14064-1. Model in this research is multiple regression model which conducted by Ordinary Least Square (OLS) for cross section data. This study found that the average level of greenhouse gas disclosure in the natural resource and manufacturing industries in Indonesia is only 9,33% while 73,32% of companies have level of disclosure below average. This study also found that board independence and gender diversity don?t have significant effect on the level of greenhouse gas disclosure, while the existence of corporate social responsibility/environmental committee has a significant and positive effect on the level of greenhouse gas disclosure. The existence of corporate social responsibility/environmental committee in the company increases the level of greenhouse gas disclosure by 6,60%.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62921
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
George Willcox Samuel
"Perkembangan teknologi informasi menyebabkan timbulnya disrupsi teknologi dalam rantai pasokan yang berakibat pada ketidakpastian kondisi pasar dan memicu munculnya biaya tambahan sehingga pelaku usaha mengalami kesulitan dalam menentukan penetapan harga. UMKM dalam praktiknya belum menerapkan strategi penetapan harga berdasarkan perubahan-perubahan dinamis secara pesat yang terjadi saat ini. Hal ini dapat berpengaruh pada penurunan jumlah volume penjualan, menyebabkan banyak perusahaan mengalami kerugian serta tidak mampu mempertahankan keberlanjutan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi disrupsi dalam rantai pasokan yang terjadi karena adanya disrupsi teknologi yang berdampak pada ketidakakuratan dalam penentuan harga. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai strategi penelitian di mana analisis konten dan analisis tematik diterapkan untuk menganalisis instrumen penelitian dalam bentuk analisis dokumen dan wawancara semi terstruktur. Dalam hal ini, peneliti menemukan bahwa terdapat tiga disrupsi teknologi dominan yang terjadi dalam rantai pasokan UMKM perdagangan tekstil. Disrupsi tersebut adalah disrupsi distribusi, disrupsi transportasi, dan disrupsi pada sistem perdagangan elektronik. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa hambatan dalam menentukan atau menerapkan strategi penetapan harga adalah ketidaksiapan bisnis itu sendiri untuk menarik loyalitas pelanggan melalui penawaran seperti harga khusus anggota. Hal ini dapat menimbulkan pengambilan keputusan yang salah oleh pelaku bisnis dalam menetapkan harga produknya dan juga hilangnya permintaan konsumen yang tidak dapat diakomodir. Sesuai dengan yang diuraikan oleh Boundy (2019), strategi dynamic atau penetration pricing merupakan alternatif yang dapat diambil oleh UMKM dalam menghadapi situasi disrupsi teknologi yang terjadi secara dinamis seperti sekarang ini. Implementasi strategi ini dilakukan melalui metode market pricing yaitu dengan menetapkan harga jual yang rendah yang dapat bersaing di pasaran untuk mengganggu para kompetitor lainnya khususnya dalam menjalankan kegiatan perdagangan secara online di era disrupsi teknologi saat ini yang sejalan dengan yang dikemukakan oleh Khare et al. (2016). Pangsa pasar yang semakin luas akan mempengaruhi volume penjualan sehingga UMKM dapat menetapkan harga meskipun dengan profit margin yang rendah. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki penetapan harga yang selama ini dilakukan oleh UMKM Perdagangan Tekstil agar terhindar dari risiko hilangnya daya tarik dari para konsumennya dari segi harga.

The development of information technology rapidly that occurs causes disruption of technology in the supply chain which results in uncertainty of market conditions and triggers additional costs so that companies having difficulties in price determination. In practice, MSMEs have not yet implemented a pricing strategy based on the dynamic changes that are happening right now. This can trigger a decrease in sales volume, causing many companies to suffer losses and be unable to maintain the sustainability of their businesses. This study aims to analyze and evaluate in order to problem solving based on disruption in the supply chain that occurs due to disruptive technology and the impact on inaccuracies in price determination. This study applies case studies as a research strategy in which content and thematic analysis is applied to analyze research instruments in the form of document analysis and semi structured interviews. In this case, we found that there were three dominant disruptions technology occurring in the textile trade MSME supply chain. These disruptions include distribution, transportation and ecommerce system disruptions. Also, the author found that the obstacle in determining or implementing pricing strategies is the unpreparedness of the business itself to attract customer loyalty through offers like membership special prices. This could create an incorrect decision making by business actors in setting the price of their products and also the loss of consumer demand that cannot be accommodated. This is in line with Boundy (2019), the dynamic or penetration pricing strategy is an alternative that can be taken by MSMEs in the current technological and dynamic disruption situation. The implementation of this strategy is carried out through market pricing methods, namely by setting low prices that can compete in the market to disrupt other competitors, especially in carrying out online trading activities in the current era of technological disruption in line with what was stated by Khare et al. (2016). Increasing market share will affect sales volume so that MSMEs can set prices even with a low profit margin. This is done to improve the price fixing that has been carried out by the Textile Trade SMEs to avoid the risk of losing the attractiveness of consumers in terms of price."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Lestari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan konsep pengendalian internal dengan kerangka COSO atas pengadaan dan pengelolaan aset tetap dalam upaya peningkatan keandalan laporan keuangan. PT WAN merupakan perusahaan penyedia jasa logistik dengan menyediakan jasa angkutan darat. Dump truck dan alat berat merupakan komponen penting dalam aktivitas bisnis. Beberapa kejadian kekeliruan aset tetap seperti perbedaan pencatatan, ketidaksesuaian status kepemilikan aset, dan dokumentasi yang tidak memadai. Selain itu, aset tetap lainnya juga memiliki permasalahan seperti terdapat aset yang tidak dicatat dan didepresiasi dan ketidaktahuan nilai perolehan aset. Hal tersebut membuat PT WAN harus menginisiasi langkah yang tepat dalam menekan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang diolah diperoleh dari wawancara, melakukan observasi, analisis dokumen internal kemudian dievaluasi berdasarkan prinsip-prinsip COSO 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan dalam pengendalian internal atas pengadaan dan pengelolaan aset tetap perusahaan. Kelemahan tersebut adalah alur pengadaan, pencatatan dan penjualan aset yang tidak teratur, tidak tercatatnya seluruh aset tetap, dan kurangnya pengetahuan tentang proses pengadaan dan pencatatan aset tetap. PT WAN harus membuat dokumen formal terkait SOP aset tetap, memberi label pada perlengkapan dan peralatan perusahaan, melakukan stock opname aset tetap setiap bulan, melakukan manajemen ulang data seluruh aset tetap perusahaan, menambah tenaga akuntansi dan memberikan pelatihan.

This research aims to evaluate the implementation of the concept of internal control within the COSO framework for the procurement and management of fixed assets in an effort to increase the reliability of financial reports. PT WAN is a logistics service provider company by providing land transportation services. Dump trucks and heavy equipment are important components in business activities. Several incidents of errors in fixed assets such as discrepancies in recording and asset ownership status, also inadequate documentation. In addition, other fixed assets also have problems such as unrecorded and depreciated assets and ignorance of the acquisition value of assets. This made PT WAN have to initiate the right steps to suppress the problem. This study uses a case study method with a qualitative approach. The processed data is obtained from interviews, conducts observations, analysis internal documents and then evaluated based on COSO 2013 principles. The results showed that there are still deficiencies in internal control over the procurement and management of the company's fixed assets. These weaknesses are the unorganized flow of procurement, recording and sale of assets, not recording of all fixed assets, and lack of knowledge about the process of procuring and recording fixed assets. PT WAN must establish formal documents related to SOPs of fixed assets, labeling the company's equipment and tools, carrying out stock taking of fixed assets every month, re-managing data on all of the company's fixed assets, adding accounting personnel and providing training."
2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8 9   >>