Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sitinjak, Marina
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang kinerja operasional call center Kring Pajak 1500200 dalam penanganan panggilan pada tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja operasional layanan call center Kring Pajak 1500200 berdasarkan praktik terbaik indikator kinerja utama call center yang terdiri dari ukuran layanan, ukuran kualitas, dan ukuran efisiensi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian ini, beberapa saran yang diajukan penulis untuk peningkatan kinerja operasional call center Kring Pajak 1500200, yaitu manajemen perlu melakukan pengukuran kinerja dengan mengacu kepada indikator kinerja utama call center pada umumnya, menetapkan standar/target untuk setiap indikator kinerja, melakukan evaluasi jam operasional dengan mempertimbangkan tren jumlah panggilan masuk di luar jam operasional, serta meningkatkan kualitas proses penanganan panggilan dan mengefektifkan waktu penanganan rata-rata masing masing agen dengan pelatihan mengenai pengetahuan perpajakan, penguasaan aplikasi, dan keterampilan berkomunikasi.

ABSTRACT
This research discusses the operational performance of call center Kring Pajak 1500200 in handling incoming calls in the year 2015. This aims at figuring out the operational performance of the call center based on the applicable best practices and key performance indicators, which comprise service measures, quality measures, and efficiency measures. This research is a qualitative research approached with descriptive research. Based on this research, a number of recommendations have been proposed by the writer to improve the operating performance of call center Kring Pajak 1500200, where it is important for the management to measure its performance by referring to the generally alllicable key performance indicators in call centers, to apply standards and set objectives for each performance indicator, to conduct evaluation on the operational hours by taking the trends of incoming calls beyond the operational hours, and to improve the quality in incoming calls handling process and the effectiveness of the average handling time of each agent by providing trainings on taxations, the use of applications, and communication skills."
2017
S65889
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivan Bony Pratama
"Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh efektivitas dewan komisaris, komite audit dan struktur kepemilikan terhadap biaya jasa audit. Sampel penelitian terdiri dari 192 perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 dan 2015 yang mengungkapkan biaya jasa auditnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas dewan komisaris tidak terbukti memiliki pengaruh terhadap biaya jasa audit, namun efektivitas komite audit berpengaruh positif terhadap biaya jasa audit. Kepemilikan keluarga berpengaruh positif terhadap biaya jasa audit, sedangkan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap biaya jasa audit. Kepemilikan asing tidak terbukti berpengaruh terhadap biaya jasa audit.

This research aims to investigate the effect of board of commissioner's effectiveness, audit committee's effectiveness and ownership structure on audit fee. The sample of this study consists of 192 non financial companies which are listed in Bursa Efek Indonesia for period 2014 and 2015 with audit fee disclosure.
The result shows that board of commissioner's effectiveness has no effect on audit fee, but audit committee's effectiveness has positive effect on audit fee. Family ownership has positive effect on audit fee, while managerial ownership has negative effect on audit fee. Foreign ownership has not proven to affect the audit fee.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68133
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khaerunnisah
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi akuntan perusahaan. Penelitian ini didasari oleh teori perilaku berencana Theory of Planned Behavior yang dilihat dari sudut pandang norma subjektif dan pribadi mahasiswa Perceived Behavior Control. Faktor-faktor tersebut adalah reputasi profesi akuntan perusahaan, perasaan terhadap profesi akuntan perusahaan, pengetahuan akuntansi dan self-efficacy. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa aktif program sarjana jurusan akuntansi FEB UI angkatan 2014 dan 2015. Jumlah total responden yang berpartisipasi sebanyak 176 mahasiswa. Pengujian data menggunakan metode analisis structural equation modelling-partial least square SEM-PLS dengan bantuan software Smart PLS versi 3. Hasil pengujian menunjukkan bahwa faktor perasaan terhadap profesi akuntan perusahaan dan self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi akuntan perusahaan. Selanjutnya faktor pengetahuan akuntansi dimediasi oleh self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi akuntan perusahaan.

This thesis aims to analyse the factors that affecting Accounting Students of FEB UIs interest to become a corporate accountant. This research is based on theory of planned behaviour which is seen from the perspective of subjective norm and personal of students Perceived Behavior Control. These factors are consisted of the reputation of corporate accounting profession, the feelings toward corporate accounting profession, accounting knowledge and self efficacy. Research conducted by distributing questionnaires to active students of accounting undergraduate program at FEB UI batch 2014 and 2015. The total number of respondents who participated were 176 students. The data testing was using structural equation modelling partial least square SEM PLS method with Smart PLS software version 3. The test results show that significantly feelings toward corporate accounting profession and self efficacy affects the student 39 s interest to be a corporate accountant. Furthermore, accounting knowledge factor was mediated by self efficacy and affects the student 39s interest to be a corporate accountant."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Ramadhany
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dan pemberi kerja mengenai generic skills yang meliputi tingkat kepentingan dari generic skills untuk kesuksesan di dalam berkarir, tingkat pengembangan generic skills mahasiswa akuntansi melalui mata kuliah yang diambil selama masa kuliah S1, dan tingkat pencapaian generic skills yang didemonstrasikan oleh lulusan akuntansi. Survei dilakukan terhadap mahasiswa tingkat akhir S1 akuntansi dari Universitas Indonesia dan pemberi kerja dengan level pekerjaan menengah ke atas untuk melihat kesenjangan atas generic skills yang terjadi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa akuntansi mulai sadar atas kebutuhan generic skills di dalam dunia kerja dimana dari empat kategori generic skills, terdapat dua kategori yang tidak memiliki perbedaan yang signifikan, yaitu kategori keterampilan personal dan keterampilan interpersonal dan komunikasi. Meskipun demikian, masih terdapat kesenjangan antara generic skills yang diharapkan oleh pemberi kerja dengan generic skills yang dimiliki oleh lulusan akuntansi, serta antara persepsi mahasiswa akuntansi mengenai tingkat pengembangan generic skills dengan persepsi pemberi kerja.

ABSTRACT
The purpose of this research is to see generic skills perception between undergraduates and employers in terms of the importance of generic skills for career success, generic skills developed by undergraduates thorugh courses taken during the degree, and the achievement level of generic skills demonstrated by accounting graduates. Respondents of this survey consist of final year accounting undergraduates of Universitas Indonesia and employers that have upper middle employement level to see if there is a gap between those two categories of respondents. This study finds that undergraduates are becoming aware of the importance of generic skills for career success, namely, personal skills and interpersonal and communication skills. However the gap still exists between generic skills expected by employers and generic skills demonstrated by accounting graduates. The gap is also found between undergraduates perception of generic skills developed and employers perception of generic skills."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Sutrisna
"ABSTRAK
Psikopati adalah salah satu topik dalam psikologi yang merupakan bagian dari dark triad bersamaan dengan machiavellianisme dan narsisme. Memahami psikopati sangat relevan dalam mempelajari tindak kecurangan fraud dan akuntansi forensik, hal ini karena psikopati berkaitan erat dengan salah satu faktor dalam segitiga fraud yaitu rasionalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat psikopati mahasiswa akuntansi, perubahan tingkat psikopati seiring berjalannya waktu dan pengaruh psikopati terhadap justifikasi untuk melakukan tindakan fraud. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan data yang digunakan berupa data primer yang didapat melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Tingkat psikopati diukur melalui sebuah tes yang disebut dengan tes LSRP Levenson rsquo;s Self Report Psychopathy dan justifikasi untuk melakukan tindakan fraud diukur dengan survei manajemen laba. Hasil dari penelitian ini yang berdasarkan respon dari 127 responden adalah: 1 Tidak terdapat perbedaan tingkat psikopati mahasiswa akuntansi dan non akuntansi. 2 Tingkat psikopati tidak berubah stabil seiring dengan berjalannya waktu. 3 Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara psikopati dan tindakan fraud. Diduga tingkat psikopati bukan merupakan faktor dominan yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan fraud namun faktor lain yang terdapat dalam segitiga fraud seperti tekanan dan kesempatan.

ABSTRACT
Psychopathy is one of the topics in psychology and part of dark triad along with machiavellinism and narcissism. Understanding psychopathy is very relevant in studying fraud and forensic accounting because psychopathy is closely related to one of the factors in the fraud triangle, rationalization. This study aims to investigate the psychopathy level of accounting students, changes in psychopathy level over time and how psychopathy influence on justification for fraud action. The method used in this research is descriptive quantitative and using primary data obtained through the distribution of questionnaires to students of the Faculty of Economics and Business, University of Indonesia. Psychopathy levels are measured by a test called Levenson 39 s Self Report Psychopathy and the justification for fraud is measured by earnings management survey. The results of this study based on responses from 127 respondents are 1 No difference level of psychopathy of accounting and non accounting students. 2 The level of psychopathy does not change over time. 3 There is no significant influence between psychopathy and fraud actions. Allegedly the level of psychopathy is not a dominant factor that causes a person to act fraud but other factors contained in the fraud triangle such as pressure and opportunity."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Rahmawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang dijalankan di Kementerian XYZ dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengoptimalkan pengendalian internal pada proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah diterapkan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya indeks tata kelola pengadaan barang dan jasa serta temuan hasil audit berupa kelebihan pembayaran dan keterlambatan pekerjaan di tahun 2020 pada Kementerian XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari melalui studi kepustakaan dan wawancara kepada Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen dan auditor internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pengendalian internal pada komponen penilaian risiko dan kegiatan pengendalian dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pada komponen penilaian risiko, kelemahan disebabkan Kementerian XYZ belum menjalankan identifikasi dan analisis risiko. Pada komponen kegiatan pengendalian, kelemahan disebabkan kegiatan pengendalian yang ada belum berbasis risiko sehingga reviu kinerja atas instansi, pembinaan sumber daya manusia, pengendalian fisik atas aset, pemisahan fungsi, otorisasi atas transaksi dan kejadian penting, pencatatan yang akurat dan tepat waktu atas transaksi dan kejadian, dan akuntabilitas terhadap sumber daya dan pencatatannya masih belum efektif mengatasi risiko yang ada.

The purpose of this research is to evaluate the implementation of internal control system in government procurement of goods and services at XYZ Ministry and give recommendations in ways to optimize its internal control. This research is based on the fact that low of goods and services procurement governance index and audit findings in the form of overpayments and work delays in 2020. The method of this research is descriptive analysis in the form of case study. The data were obtained from library research and interviews with respondents such as Procurement Officer, Commitment-Making Officer and internal auditor. The results showed that still found the weaknesses in risk assessment and control activity component. In risk assessment component, the weaknesses come from XYZ Ministry has not carried out risk identification and risk analysis. In control activity component, the weaknesses are caused by existing control activities are not yet based on risk, so performance review of agencies, development of human resources, physical control over assets, segregation of duties, authorization of important transactions and events, accurate and timely recording of transactions and events, and accountability for resources and records have not been effective in overcoming the existing risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Septia Wijayanti
"Badan Kebijakan Fiskal (BKF) merupakan salah satu instansi yang memiliki peran strategis dalam merumuskan kebijakan fiskal Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya, diperlukan suatu mekanisme untuk memastikan bahwa proses kegiatan yang dilakukan di BKF berjalan sebagaimana mestinya. Sejak tahun 2011, BKF telah menerapkan pemantauan pengendalian intern untuk meningkatkan penerapan pengendalian internal di lingkungan BKF. Penerapan sistem pengendalian intern menjadi penopang reformasi keuangan negara yang harus dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan pemantauan pengendalian intern pada BKF. Penelitian dilakukan melalui metode kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan data primer serta data sekunder dari BKF. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan pemantauan pengendalian intern di BKF serta terdapat ketidaksesuaian antara pelaksanaan dengan peraturan. Sosialisasi kepada pegawai untuk meningkatkan pemahaman atas pemantauan pengendalian internal menjadi solusi untuk mengatasi hambatan tersebut.

Fiscal Policy Agency (FPA) is an institution that has a strategic role in formulating fiscal policy in Indonesia. In performing its duties , it needs a mechanism to ensure that the activities carried out in FPA function properly . Since the year 2011 , FPA has implemented internal controls monitoring to improve implementation of internal control in the FPA . Implementation of the internal control system became the backbone of the country 's financial reforms should be implemented based on the principles of good governance . This study was conducted to determine the application of internal control monitoring at one FPA. The study was conducted through descriptive qualitative method utilizing primary data and secondary data from BKF . The study concluded that there are some obstacles in the implementation of internal control monitoring in BKF and there is a mismatch between the implementation and the regulations . Socialization to employees to increase understanding of the internal control monitoring a solution to overcome these obstacles"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nathania Elma Christie
"Skripsi studi kasus ini menganalisis penerapan pengendalian internal di organisasi nirlaba berupa organisasi keagamaan yaitu Gereja A Bekasi. Sebagai organisasi nirlaba, Gereja A Bekasi memiliki pedoman dalam melakukan pengendalian internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengendalian internal atas pelayanan dan pengelolaan keuangan di Gereja A Bekasi dan mengetahui kesesuaian pengendalian internal yang diterapkan dengan kerangka kerja COSO (2013) yang mencakup lima
komponen terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta aktivitas pemantauan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis data yang diperoleh dan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka sebagai teknik
pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Gereja A Bekasi sudah mengusahakan penerapan pengendalian internal. Gereja A Bekasi telah memiliki kebijakan dalam melakukan pengendalian internal. Dalam pelaksanaan pelayanan,
Gereja A Bekasi memiliki kebijakan tertulis namun peraturan tertulis yang dimiliki saat ini masih terbatas. Dalam hal keuangan, Gereja A Bekasi memiliki kebijakan tertulis namun tidak semua kebijakan yang dilakukan oleh Gereja A Bekasi dalam mengelola keuangan diatur dalam peraturan tertulis. Gereja A Bekasi sudah berusaha menerapkan pengendalian internal dalam melaksanakan aktivitas operasionalnya, namun belum menerapkan semua komponen yang ada di kerangka kerja COSO.

This case study analyzes the application of internal control in a nonprofit organization in the form of a religious organization, a church namely Gereja A Bekasi. As a nonprofit organization, Gereja A Bekasi has guidelines in exercising internal control. This study aims to obtain the management of internal control over service and financial management at Gereja A Bekasi and to find out the suitability of internal controls implemented with
the COSO framework (2013) which includes five components consisting of control environment, risk assessment, control activities, information and communication, and monitoring activities. This case study used a qualitative descriptive method to analyze the data and used interview techniques, observation, documentation, literature study as data
collection techniques. The results of this study concluded that the Gereja A Bekasi has made efforts to implement internal controls. Gereja A Bekasi has a policy of exercising internal control. In the implementation of services, Gereja A Bekasi has a written policy, but the written regulations currently have are still limited. In terms of finance, Gereja A Bekasi has a written policy but not all regulations and policies implemented by Gereja A Bekasi in managing finances are regulated in written regulations. Gereja A Bekasi has tried to implement internal controls in carrying out its operational activities but has not implemented all the components in the COSO framework.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Johanes Ricky Nelson
"Skripsi ini membahas tentang evaluasi penerapan manajemen strategik dalam bisnis pakan ternak, khususnya pengeringan jagung. Pakan ternak sendiri mempunyai ketergantungan yang tinggi terhadap pasokan jagung sebagai bahan baku. Ketersediaan jagung sangat menentukan arah bisnis dalam industri perunggasan dari hulu ke hilir. Sebagai salah satu industri yang berumur cukup lama di Indonesia, industri pakan ternak merupakan industri yang menjanjikan namun memiliki tingkat ketergantungan yang cukup tinggi dengan produksi bahan baku jagung. Ketersediaan bahan baku, harga jagung yang fluktuatif, juga risiko pertanian jagung menjadi permasalahan utama yang harus dihadapi, sehingga membutuhkan langkah-langkah pengelolaan perusahaan yang lebih strategik.
Dalam mencapai tujuan perusahaan, terdapat banyak faktor eksternal dan internal yang perlu dipertimbangkan. Selain itu, visi, misi, sasaran-sasaran strategik dan pengendalian manajemen menjadi faktor penting untuk meningkatkan keunggulan perusahaan dalam persaingan di industri. Dalam pengendalian manajemen strategik, balanced scorecard menjadi salah satu instrumen yang dapat mengukur sejauh mana ketepatan pengukuran kinerja perusahaan. Skripsi ini akan membahas tentang evaluasi penerapan strategi perusahaan dalam rangka memberikan masukan terhadap strategy map dan balanced scorecard yang diterapkan oleh PT Santosa Utama Lestari. Hasil dari skripsi ini dharapkan bisa memberikan pertimbangan yang tepat bagi perusahaan dalam mengelola strategi perusahaan.

This thesis discusses the evaluation of strategic management implementation in the animal feed business, particularly corn drying. Animal feed itself has a high dependence on the supply of corn as raw material. The availability of maize greatly determines the direction of business in the poultry industry from upstream to downstream. As one of the long-lived industries in Indonesia, the animal feed industry is a promising industry but has a high degree of dependence on the production of corn raw materials. Availability of raw materials, fluctuating maize prices, as well as the risk of corn farming are the main problems that must be faced, requiring more strategic corporate management steps.
In achieving company goals, there are many external and internal factors that need to be considered. In addition, vision, mission, strategic objectives and management control are important factors in increasing the company's excellence in competition in the industry. In strategic management control, the balanced scorecard is an instrument that can measure the accuracy of company performance measurement. This thesis will discuss the evaluation of the company's strategy implementation in order to provide improvement on the strategy map and balanced scorecard implemented by PT Santosa Utama Lestari. The results of this thesis are expected to provide appropriate considerations for companies in managing corporate strategy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astrining Rahayu Diyanti
"ABSTRAK
Laporan ini membahas tentang kepatuhan PT XYZ terhadap ketentuan kepabeanan
terkait impor barang yang tidak mendapatkan fasilitas ke kawasan berikat, impor
bahan baku untuk diolah lebih lanjut di kawasan berikat, dan pertanggungjawaban
atas bahan baku impor tersebut. Kepatuhan terfokus pada kesesuaian pembayaran
bea masuk yang dinilai berdasarkan pelaporan pemberitahuan pabean dan temuan
audit kepabeanan. Dalam pelaksanaan impor barang yang tidak mendapatkan
fasilitas ke kawasan berikat ditemukan ketidakpatuhan yang dilakukan PT XYZ.
Akan tetapi, pada pelaksanaan impor bahan baku untuk diolah lebih lanjut di
kawasan berikat dan pertanggungjawaban atas bahan baku impor, PT XYZ telah
patuh terhadap ketentuan kepabeanan.

ABSTRACT
This report discusses PT XYZ compliance of customs regulations related to
importation of goods to bonded zone without facilities, importation of raw materials
for further processing in bonded zone, and the accountability upon imported raw
materials. The compliance focuses on the suitability of the payment of import duty
that is assessed based on customs declaration reporting and customs audit findings.
In the implementation of import goods to bonded zone without facilities, there is
non-compliance was found. However, in the implementation of import raw
materials for further processing in bonded zone and the accountability upon
imported raw materials, PT XYZ is in compliance with customs regulations.
"
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9   >>