Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 202 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nainggolan, Foreman Lois Alberto
"ABSTRAK
Industri rokok saat ini semakin meningkat dan kompetitif. Hal tersebut secara tidak langsung memaksa dan mendorong perusahaan rokok untuk terus berkembang untuk dapat terus bersaing dengan kompetitor. Salah satu strategi yang dapat
dilakukan untuk dapat terus bersaing ialah dengan mengembangkan produk rokok baru. Walaupun demikian perlu diketahui bahwa tingkat kegagalan produk baru cukuplah tinggi, yaitu sekitar 40% - 90%. Hal tersebut mendorong perusahaan
untuk perlu merencanakan segala bentuk aktivitas pengembangan produk baru (New Product Development) secara matang guna mengurangi tingkat kegagalan produk baru tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan aktivitas pengembangan produk baru ialah penentuan kerangka model pengembangan produk baru (NPD) yang tepat. Sehingga penelitian ini meneliti kerangka model NPD yang tepat bagi industri rokok berdasarkan identifikasi faktor yang mempengaruhi New Product Purchase Intention masyarakat terhadap produk rokok baru. Kemudian berdasarkan hasil analisis tersebut, maka akan dilakukan interview dengan salah satu expert guna mendapatkan analisis kerangka model NPD yang lebih mendalam serta tepat bagi industri rokok. Sehingga pada akhirnya, diharapkan hasil analisis tersebut dapat menjadi pertimbangan terhadap penerapan strategi bisnis bagi perusahaan rokok untuk mengembangkan bisnisnya.

ABSTRACT
The tobacco industry is currently becomes more increasing and more competitive. Thus, it is indirectly forcing and urging the tobacco companies to continuously develop in order to be able to compete with its competitors. One of the strategy that
can be conducted to be able to contionously compete is by developing new cigarette products. Nevertheless, it should be noted that the failure rate of a new products is quite high, which is about 40% - 90%. This fact encourages company to plan any
product development activities carefully to reduce the failure rate of such new product. One of the factor that influence the success of the new product development (NPD) activities is the determination of the appropriate framework model on the new product development. Therefore, this study is researching on the
appropriate framework model of NPD for the tobacco industry based on the identification of factors that influence the New Cigarette Product Purchase Intention of the society. Afterward, based on the results of such analysis, then an interview with one of the experts will be conducted, to obtain a more detailed and
appropriate analysis on the framework model of NPD for the tobacco industry. Therefore eventually, it is expected that the result of such analysis can becomes a consideration towards the implementation of business strategy of tobacco companies to develop its business."
2017
T48895
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eduardus Dimas Arya Sadewa
"Manajemen pengetahuan banyak digunakan di perusahaan karena memiliki pengaruh signifikan terhadap strategi inovasi dan efektifitas perusahaan. Institusi pendidikan yang merupakan bentuk dari knowledge business merupakan tempat yang tepat bagi perkembangan manajemen pengetahuan. Pendidikan tinggi vokasi yang lebih banyak melakukan praktek dan kerjasama industri dalam meningkatkan kompetensi siswanya memiliki sumber pengetahuan sebagai aset intangible institusi. Dari hasil penelitian sebelumnya, manajemen pengetahuan di pendidikan tinggi vokasi belum terstruktur. Penelitian ini fokus pada pengembangan model sistem manajemen pengetahuan di pendidikan tinggi vokasi. Model menunjukkan hubungan antara faktor lingkungan dan infrastruktur berpengaruh dalam sistem pembelajaran untuk membentuk aliran pengetahuan. Hasil assessment level dan bentuk aliran pengetahuan membentuk strategi manajemen pengetahuan guna merancang program manajemen pengetahuan yang tersusun dalam peta jalan manajemen pengetahuan institusi. Model diujicobakan di institusi Polman astra.

Knowledge management extensively applied in enterprise because it significantly effect on enterprise effectiviness and innovation strategy. Education institution as a knowledge business is a suitable form for a knowledge management development. Vocational education with practical approach methods and strong industrial relationship in order to improve their student skills, have plenty of knowledge sources to create knowledge as institutions intangible asset. From prior study, knowledge management system in vocational education is unstructurized. This study focused on knowledge management system model development in higher vocational education institution. The model shown that relation between organization environment and KM infrastructure effect on knowledge flow. KM assessment level and knowledge flow configurate KM strategy to establish KM roadmap. The model tested on Polman Astra institution."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48764
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galang Setyardi Pradipto
"Manusia memiliki kecenderungan untuk menyalahkan dirinya sendiri sebagai ldquo;human error rdquo;. Terdapat satu pendekatan yang melibatkan penggunaan metode struktural untuk dapat mendeteksi kesalahan yang mungkin dilakukan oleh manusia dalam performa pekerjaannya, yaitu Human Error Identification HEI . Salah satu teknik dari metode HEI untuk memprediksi performa pengguna yang berinteraksi dengan mesin adalah Task Analysis for Error Identfication TAFEI . TAFEI mampu memberikan ldquo;suggested way rdquo; dalam pengendalian kesalahan tersebut namun gagal untuk memperkirakan seberapa sering risiko kesalahan tersebut terjadi, kemungkinan memprediksi risiko kesalahan dan seberapa serius dampak yang dihasilkan. Oleh karena itulah untuk mengatasi ketidakmampuan TAFEI, penulis menggunakan metode FMEA Failure Mode Effects Analysis.
Penelitian ini akan menggunakan fuzzy FMEA sebagai perbaikan dari FMEA tradisional. Kelemahan dari FMEA tradisional dapat dieliminasi oleh fuzzy logic, dimana menggunakan linguistik variables. Dengan FMEA, maka akan didapatkan kesalahan mana yang akan diprioritaskan untuk kemudian dilakukan evaluasi. Pengambilan data dilakukan di Polman Astra pada proses casting,cutting, dan forming. Berdasarkan hasil TAFEI yang dilakukan, terdapat 22 kesalahan pada ketiga proses tersebut. 22 kesalahan tersebut diterjemahkan menjadi 13 mode kesalahan pada FMEA. Untuk penilaian FMEA, dilakukan pembobotan penilaian dan dilakukan 3 skenario pembobotan pada FMEA dengan 3 jenis responden.

People tend to blame themselves for their errors. There exists an approach that use a structural method to detect errors done by humans in their work, i.e. Human Error Identification HEI. One of the techniques and methods of HEI predicting the performance of users who interact with the machine is Task Analysis for Error Identification TAFEI. TAFEI is able to provide a suggested way in controlling these errors but failed to estimate the probability of errors, to predict the occurance of the risk and to measure the severity generated. Therefore to overcome the inability of TAFEI, this study uses FMEA.
This study will use fuzzy FMEA as an improvement over the traditional FMEA. The weakness of traditional FMEA can be eliminated by fuzzy logic, that using linguistic variables. FMEA will prioritize the errors for further evaluation. Data collection is done in Polman Astra on casting, cutting, and forming processes. Based on the results of TAFEI, there are 22 errors in the three processes. 22 errors are translated into 13 failure modes on FMEA. For FMEA assessment, weighing the scores and 3 weighted scenarios on FMEA with 3 respondents.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48665
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dytha Fitriana
"ABSTRAK
Pengetahuan terdiri dari dua yaitu tacit dan eksplisit. Pengetahuan tacit merupakan pengetahuan yang terdapat dalam individu yaitu berupa pengalaman, sedangkan pengetahuan eksplisit berupa artikel, publikasi, dan lainnya yang berbentuk dokumen. Dalam perusahaan yang berbasis proyek, pengetahuan yang ada dalam perusahaan berupa pengetahuan indvidu tanpa adanya dokumentasi yang baik yang merupakan aset intangible perusahaan. Penelitian ini mengenai knowledge management pada perusahaan berbasis proyek sudah banyak diterapkan, namun masih sedikit penelitian mengenai knowledge management dibidang penilaian. Agar pengetahuan yang terdapat di perusahaan yang bergerak dibidang penilaian dapat tersimpan dan digunakan kembali, maka penelitian ini mengembangkan model knowledge management bagi dibidang penilaian. Dengan melakukan penilaian kesiapan KM pada perusahaan maka dapat ditentukan knowledge management system yang sesuai dengan perusahaan

ABSTRACT
Knowledge consists of tacit and explicit. Tacit knowledge is the knowledge contained in the individual which is experience, while the explicit knowledge are knowledge in the form of articles, publications, and others in the form of documents. In a project based company, their intangible asset is knowledge which is individual knowledge of their worker. Research on knowledge management in project based companies has been widely applied, but there is still little research on knowledge management in the field of property valuer. In order for such knowledge to be stored as corporate knowledge, this research develops a knowledge management model for property valuer industry. By assessing the readiness of KM in the company, it can be determined knowledge management system in accordance with the company"
2017
T48664
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Amir Perdana
"ABSTRAK
Permasalahan paling dominan yang dialami sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia adalah pembiayaan. Crowdfunding adalah cara baru untuk mendapatkan pendanaan melalui internet. Berdasarkan pengamatan, hampir semua reward-based crowdfunding di dunia ditujukan untuk kampanye industri kreatif, sehingga reward-based crowdfunding diyakini mampu membantu perkembangan industri kreatif di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu mendapatkan rancangan situs web reward-based crowdfunding yang sesuai dengan kebutuhan pengguna di Indonesia. Pendekatan Lean Product Process, yang merupakan pengembangan dari Lean Startup, digunakan untuk mendapatkan rancangan situs web yang tepat. Terdapat enam tahapan pada kerangka kerja Lean Product Process dengan masing-masing metode yang berbeda disetiap tahapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Persona untuk menentukan target pengguna, Kano Model untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna, Product Value Proposition untuk menentukan nilai tambah, User Stories untuk menentukan fitur set MVP, User Experience Design Framework untuk membuat rancangan purwarupa, dan Usability Testing untuk menguji purwarupa. Penelitian ini melakukan dua kali iterasi. Pada iterasi pertama diperoleh rancangan situs web clickable mockup, sedangkan pada iterasi kedua diperoleh rancangan situs web interactive prototype.

ABSTRACT
The most dominant problem experienced by sub sector of creative economy in Indonesia is funding. Crowdfunding is a new way to get funds via internet. Based on observations, almost all of the world 39 s reward based crowdfunding is intended for creative industry campaigns, so reward based crowdfunding is believed to help the development of creative industry in Indonesia. The purpose of this research is to get the design of reward based crowdfunding website that suits user needs in Indonesia. The Lean Product Process approach, which is the development of Lean Startup, is used to get the appropriate website design. There are six stages in the Lean Product Process framework with different methods in each stage. The methods used in this study were Persona to determine user target, Kano Model to identify user needs, Product Value Proposition to determine the added value, User Stories to determine the feature set of MVP, User Experience Design Framework to create prototype design, and Usability Testing to test the prototypes. This study conducted two time iteration. In the first iteration, website design of clickable mockup was obtained, while in the second iteration web site design of interactive prototype was obtained."
2017
T48666
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christian Huygans
"ABSTRAK
Keselamatan kerja merupakan hal yang menjadi prioritas utama bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Resiko kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, kesadaran mengenai keselamatan dan kesehatan kerja menjadi sangat diperlukan. Tetapi resiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di lingkungan tempat kerja. Muskuloskeletal disorder merupakan risko kerja yang dimiliki oleh semua kelompok usia dan sering menyebabkan cacat, gangguan, dan merugikan. MSDs terdiri dari berbagai penyakit yang berbeda yang menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada tulang, sendi, otot, atau struktur di sekitarnya. Untuk mengurangi MSDs khususnya pada customer service maka dapat digunakan desktop reminder yang dapat digunakan sebagai rekomendasi gerakan dan pengingat agar setiap customer service dapat melakukan olahraga ringan sebelum mengalami MSDs. Hasil yang diperoleh dari pengujian yang dilakukan ditemukan bahwa desktop reminder efektif untuk peregangan pada bagian lengan dan bahu, serta adanya pengaruh karakter personal terhadap pemakaian desktop reminder.Kata Kunci : Desktop reminder, MSDs, Customer Service, RULA

ABSTRACT
Safety in workplace environmet is a top priority for companies to improve employee performance. Occupational risk can happen anytime for employee. Therefore, awareness about Occupational Safety and Health becomes indispensable. But the risk of accidents can happen anytime and anywhere including in the workplace environment. Musculoskeletal disorder MSDs is a work risk that can suffered to all age and often leads to human disability . MSDs consist of a variety of different diseases that cause pain or discomfort in the bones, joints, muscles, or surrounding structures. In some cases, to reduce MSDs especially in customer service we applied desktop reminder which can be used as recommendation of movement and reminder so that, every customer service could trysome light exercise before suffering MSDs. The results obtained from some tests, it found that the desktop reminder are effective for stretching on the arm and there rsquo s a personal factor effect when using desktop reminder .Keywords Desktop reminder, MSDs, Customer Service, RULA."
2017
T48242
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Gretalita Niken Winaputri
"ABSTRAK
Perancangan Visual Usability pada Aplikasi Financial Personal Assistant dengan Metode Kansei Mining Salah satu aplikasi personal assistant yang mulai marak digunakan adalah financial assistant. Aplikasi financial personal assistant adalah sebuah aplikasi yang dapat menjawab masalah pengelolaan keuangan yang seringkali dialami oleh kaum muda. Pengembangan aplikasi financial personal assistant juga perlu diperhatikan dari segi user interface-nya. Untuk merancang user interface pada aplikasi mobile yang interaktif dengan pengguna, seorang desainer harus berfokus pada pengalaman pengguna user experience agar aplikasi tersebut menarik dan berfungsi dengan baik. Penelitian ini memetakan Kansei Word terhadap gambar desain aplikasi financial personal assistant sehingga didapatkan beberapa Kansei Word yang terkait dengan beberapa gambar desain aplikasi financial personal assistant dan fitur-fitur yang diinginkan oleh konsumen. Penelitian ini memberikan alternatif desain baru untuk desain aplikasi financial personal assistant yang memenuhi kebutuhan afektif konsumen.

ABSTRACT
Visual Usability Design of the Financial Personal Assistant Application with Kansei Mining MethodOne of the personal assistant applications that began to bloom in use is a financial assistant. A financial personal assistant application is an application that can address financial management issues that are often experienced by young people. Development of financial personal assistant application also needs to be considered in terms of its user interface. To design user interfaces on interactive mobile applications with users, a designer must focus on the user experience to make the app attractive and functioning properly. This research mapped Kansei Word on financial design application design drawing so that some Kansei Word related to some image design of financial personal assistant application and features desired by consumer. This research provides a new design alternative for the design of financial personal assistant applications that meet the affective needs of consumers."
2017
T48173
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anasthasia Giovanny
"ABSTRAK
Lifeguard memiliki peranan sangat penting dalam menjaga keselamatan para pengujung pada wahana permainan waterpark. Wahana permainan waterpark merupakan salah satu permainan yang banyak digemari masyarakat, tetapi memiliki risiko tinggi terhadap keamanan dan keselamatan pengunjung. Oleh karena itu, dibutuhkan lifeguard yang memiliki kinerja prima, terutama dalam mengidentifikasi kejadian-kejadian kritis agar tidak menimbulkan akibat yang lebih fatal. Dalam mendukung kemampuan lifeguard untuk mengidentifikasi kejadian-kejadian kritis, maka pihak pengelola memiliki peranan penting dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi lifeguard, antara lain dengan mengusahakan adanya manajemen kesehatan dan keselamatan kerja yang baik. Selain itu, juga penting memperhatikan stressor dalam lifeguard, terutama akibat suhu yang panas heat stress dan bekerja yang pada umumnya tanpa ada rotasi time on task . Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh manajemen kesehatan dan keselamatan kerja dan stres heat stress dan time on task terhadap kinerja lifeguard dalam mengidentifikasi kejadian-kejadian kritis serta mencari kombinasi optimal dari ketiga faktor tersebut agar dapat dipertimbangkan dalam meningkatkan kinerja lifeguard. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode Design of Eksperiment DOE 3 faktor dengan setiap faktor 2 level. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, heat stress dan time on task berpengaruh signifikan terhadap kinerja lifeguard dalam mengidentifikasi kejadian-kejadian kritis. Kombinasi untuk dapat menghasilkan kinerja lifeguard yang paling optimal dalam mengidentifikasi kejadian-kejadian kritis yaitu pada manajemen K3 tinggi, suhu < 28oC, dan rotasi setiap 30 menit sekali. Hasil penelitian ini selanjutnya diharapkan dapat memberikan masukan yang berarti bagi pengelola wahana permainan waterpark dalam meningkatkan kinerja lifeguard, khususnya dengan cara memperbaiki sistem manajemen K3, merancang pos jaga agar memiliki suhu ideal untuk kenyamanan lifeguard, dan pengaturan rotasi pengawasan untuk meminimalkan kejenuhan lifeguard.

ABSTRACT
Lifeguard has a very important role in safeguarding the safety of the visitors on waterpark rides. Waterpark is one of the most popular in the community, but it has a high risk for the security and safety of visitors. Therefore, it takes a lifeguard that has excellent performance, especially in identifying critical events, so that not to cause more fatal consequences. In support of the lifeguard 39 s ability to identify critical events, its important the waterpark rides managers in realizing a sense of secure and confort for the lifeguard, among others, by ensuring good health and safety management. In addition, it is also important to pay attention to the lifeguard stressors, especially due to the temperature of the heat heat stress and work in general without any rotation time on task . Therefore, this study aims to examine the effect of health and safety management and stress on the lifeguard performance in identifying critical events and to find the optimal combination of these three factors to be considered in improving the lifeguard performance. This research was analyzed by using 3 factor Design of Experiment DOE with each 2 level factor. The results of this study prove that health and safety management, heat stress and time on task significantly influence the lifeguard performance in identifying critical events. The combination to produce the most optimum lifeguard performance in identifying critical events is on high health and safety management, temperature "
2017
T48241
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Khairunnisa
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang rancangan alat deret hitung untuk anak-anak autis sebagai
alat permainan edukatif dengan menggunakan metode QFD dan Usability Testing.
Penelitian ini melibatkan anak-anak autis dari SLB Pelita Hati dan SLB Cipta Anugerah
di Jakarta Timur. Hasil dari rancangan alat deret hitung ini berupa prototipe berteknologi
tinggi yang sesuai dengan sifat dan kebutuhan anak-anak autis. Metode Usability Testing
dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada para guru sambil dipersilakan
menggunakan prototipe alat deret hitung ini. Didapatkan hasil bahwa alat deret hitung
untuk anak-anak autis haruslah tidak memiliki sudut-sudut tajam, dan alat permainan
edukatif yang tidak anti air tidak akan mempengaruhi proses belajar mengajar di kelas.

ABSTRACT
This thesis discusses about designing an arithmetic progression tool for the autistic
children as an educational playing tool by using QFD and Usability Testing methods.
This research is involving autistic children from SLB Pelita Hati and SLB Cipta Anugerah
which are located in the East Jakarta. The final output of this arithmetic progression tool
design is a prototipe which contains of high technology that is suitable with the
characteristics and the needs of the autistic children. The Usability Testing method is
done by giving questionnaires to the teachers and let them use the prototipe of this
arithmetic progression tool. The results of this research are that the arithmetic progression
tool should not has any sharp corners, and that if the arithmetic progression tool is not
waterproof, it would not influence any study activities in the class."
2018
T49256
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Komang Artha Winadi
"Tesis ini berupaya menyusun model faktor kritis dan strategi knowledge management dalam angkatan kerja multi generasi. Faktor kritis yang diperoleh dari tinjauan pustaka kemudian divalidasi dan dianalisis keterkaitan didalamnya. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan menggunakan data 271 orang karyawan pada sebuah organisasi yang memiliki karakteristik multi generasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik organisasi, teknologi dan infrastruktur, budaya organisasi serta strategi dan kepemimpinan merupakan faktor kritis yang mempengaruhi kemampuan dan kemauan organisasi multi generasi didalam mengimplementasikan knowledge management. Dengan mempertimbangkan aspek kemampuan dan kemauan organisasi multi generasi, selanjutnya dapat ditemukan bahwa strategi knowledge management yang sesuai adalah strategi external personification.

This thesis is intended to design a model on knowledge management critical success factor and strategy in terms of multi generation work force. Critical success factors on knowledge management obtained form literature review were subsequently validated and analyzed for their relationship. Structural Equation Modeling was used to investigate the data of 271 employees in an organization that consist of multi generation work force.
The result showed that organizational characteristic, technology and infrastructure, culture, strategy and leadership is the critical success factor that directly affect knowledge management ability and willingness within multi generation work force organization. By considering the value of knowledge management ability and willingness, it is found that the appropriate knowledge management strategy for multi generation work force organization is external personalization."
Depok: Universitas Indonesia, 2018
T50781
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library