Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 202 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vidi Rahman Alma`i
"Sistem produksi terdiri dari elemen manusia, material, mesin, dan metode.Tingkat operasional produksi merupakan personil yang langsung berhubungan dengan proses produksi dan memengaruhi produktivitas dan kualitas. Pada tingkat operasional produksi memiliki masalah tersendiri dalam hal manajemen pengetahuan, seperti perbedaan kemampuan antar grup kerja, minimnya komunikasi, hingga tidak lengkapnya panduan operasional. Perlu adanya strategi penerapan manajemen pengetahuan yang tepat sehingga proses berbagi pengetahuan dapat berjalan dengan baik.
Dalam penelitian ini strategi manajemen pengetahuan didasarkan pada model SECI. Penyusunan prioritas strategi manajemen pengetahuan dilakukan dengan menggunakan metode TOPSIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi adanya kepemimpinan yang kuat dalam membentuk budaya positif, pembuatan laporan produksi, management review, evaluasi, dan pemberian reward merupakan strategi manajemen pengetahuanyang utamauntuk diterapkan pada tingkat operasional produksi.

The production system consists of the elements of human, material, machines, and methods. Operational level of production is directly related to personnel and production processes affect productivity and quality. At the operational level of production has its own problems in terms of knowledge management, such as the difference between the ability of the working group, the lack of communication, incompleteoperational guidance. It needs proper knowledge management implementation strategies so that the process of knowledge sharing can work well.
In this research, the knowledge management strategy is based on the SECI model. Prioritizing strategy of knowledge management is done by using TOPSIS method. The results showed that the strategy presence of strong leadership in making positive culture, production report, management review, evaluation, and reward giftare major knowledge management strategies to be implemented at the operational level of production.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42472
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Gery Yosua
"Kolaborasi dan ilmu pengetahuan memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam mengembangkan produk alat kesehatan. Strategi yang umum digunakan untuk memajukan industri ini meliputi identifikasi regulasi, peningkatan investasi R&D, dan perluasan dukungan pasar. Analisis dan komunikasi risiko yang efektif juga sangat penting untuk memastikan respons cepat saat dibutuhkan. Kekuatan industri ini diukur oleh kegiatan R&D yang mencerminkan komitmen terhadap inovasi. PT. BD, perusahaan manufaktur alat kesehatan, telah mencapai tingkat kematangan awal level 5 dengan skor 5.43 dalam Innovation Maturity Assessment. Meskipun telah terintegrasi dengan baik dan memenuhi standar regulasi, perusahaan ini perlu meningkatkan monitoring kebutuhan pasar, manajemen R&D, dan pelatihan karyawan. Berdasarkan evaluasi ini, 26 rekomendasi strategi dikembangkan dan divalidasi, menghasilkan enam strategi prioritas yang fokus pada sesi brainstorming, menghubungkan manajemen SDM dengan pertumbuhan pendapatan, aliansi R&D, pelatihan ulang operasional, memanfaatkan umpan balik karyawan, dan interaksi langsung dengan pelanggan melalui Virtual Customer Integration.

Collaboration and science play an important role in improving company performance in developing medical device products. Common strategies used to advance the industry include regulation, increased R&D investment, and expanded market support. Effective risk analysis and communications are also critical for rapid response when needed. Clinicians play a significant role in product assessment, training, and innovation. The strength of this industry is measured through R&D activities which reflect a commitment to innovation. PT. BD, a medical device manufacturing company, has reached initial maturity level level 5 with a score of 5.43 in the Innovation Maturity Assessment. Although it is well integrated and meets regulatory standards, the company needs to improve monitoring of market needs, R&D management, and employee training. Based on this evaluation, 26 strategy recommendations were developed and validated, resulting in six strategic priorities that focused on brainstorming sessions, connecting HR management with revenue growth, combining R&D, operational retraining, leveraging employee feedback, and direct interaction with customers through Virtual Customer Integration."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gaby Reveria Hellianto
"Perkembangan teknologi dan komunikasi yang pesat saat ini telah membawa kita pada era digital, di mana media teknologi dan komunikasi, seperti internet menjadi salah satu media yang dikenal semua orang dan digunakan untuk berbagai keperluan. Hal ini tidak hanya disadari oleh kaum awam, namun juga seluruh perusahaan dan organisasi, baik sosial maupun komersial.
Banyak perusahaan melihat situasi ini sebagai ruang atau media baru untuk melakukan ekspansi bisnis sebagai cara yang inovatif dalam melakukan kegiatan perekonomian yang memenuhi ekspektasi masyarakat terkait aspek kemudahan, dikenal dengan istilah e-commerce. E-commerce menjadi salah satu alternatif pilihan bagi perusahaan sebagai media informasi yang memudahkan adanya interaksi antara penjual dan pembeli tanpa dibatasi ruang dan waktu, yang mana kemajuannya didukung oleh penggunaan website. Bagaimana pengalaman pengguna selama berinteraksi dengan website menjadi kunci penting dalam kemajuan e-commerce.
Penelitian ini memberikan bentuk model pengalaman pengguna website e-commerce agar mampu meningkatkan keberhasilan performa bisnis e-commerce melalui penggunaan website. Penelitian ini berfokus pada e-commerce jenis C2C di Indonesia dengan tujuan untuk memodelkan hubungan antar faktor dalam UX.

The rapid technology and communication developments today have brought us to the digital age, where its media, such as the internet become one famous media that is widely used for various purposes around the world. The advantages of this era are not only realized by the laity, but also all companies and organizations, both social and commercial.
Many organizations view this situation as a space or new media to do business expansion as an innovative way of doing activities that meet the communities expectations of economy related aspects of convenience, known by the term of e commerce, which became one of the alternative options for the organizations as a medium of information which facilitates the presence of interaction between sellers and buyers without limited time and space, where their progress was supported by the use of the website. How the user experience in interacting with the website become an important key in the advancement of e commerce.
This research provides user experience modeling on e commerce website in order to be able to increase the success of e commerce business performance through the use of the website. This research focuses on e commerce type of C2C in Indonesia with the aim to model of relationships factor in term of user experience using structural equation modeling.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50748
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Yudisha
"Perkembangan teknologi yang semakin pesat medorong perusahaan untuk selalu berinovasi. Inovasi membutuhkan knowledge, diperlukan tool untuk mengidentifikasi, mengelola dan membagikan knowledge yang biasa disebut knowledge management system. Saat ini banyak perusahaan telah menggunakan Knowledge management system untuk melakukan inovasi. Begitu juga dengan perusahaan milik pemerintah, yang terus berinovasi dan meningkatkan pelayan agar lebih efisien dan transparan. Penelitian ini membahas tentang hubungan antara knowlegde management system dan daya saing organisasi dengan menggunakan metode PLS-SEM. Model yang dihasilkan dengan menerapkan knowledge management system memilihi hubungan yang signifikan dengan faktor pendukung pada peningkatan daya saing organisasi, serta mendapatkan strategi untuk meningkatkan daya saing organisasi melalui KMS.

The advance and rapid development of technology are forcing companies to always innovating further. Innovation requires knowledge, tools to identify, manage, and share knowledge, known as knowledge management system. Nowadays, there are numbers of companies using knowledge management system as tools of innovation. So are state owned companies, which keep on innovating and improving their services to be more efficient and transparent. This research is focusing on the relationship knowledge management system and organizational competitiveness using PLS SEM method. Model resulted by implementing knowledge management system has a significant relationship with contributing factors on improving the competitiveness of the organization."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50740
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sylfannie Santoso
"ABSTRAK
Limbah elektronik menunjukkan pertumbuhan yang cepat setiap tahunnya dengan benua Asia sebagai penyumbang jumlah limbah elektronik tertinggi, yaitu 40,7 dari total limbah elektronik yang ada di dunia. Indonesia, sebagai salah satu negara yang terletak di Asia mempunyai kewajiban yang lebih tinggi untuk mulai mengembangkan sebuah sistem penanganan formal untuk mengumpulkan dan mengelola limbah elektronik. Penanganan dan pengelolaan yang tepat terhadap limbah elektronik dibutuhkan karena adanya kandungan material berharga dan material berbahaya yang terdapat di dalam limbah elektronik. Penelitian ini adalah penelitian pertama di Indonesia yang menggunakan metode advanced input-output analysis IOA untuk mengestimasi limbah elektronik yang dihasilkan di Indonesia. Metode advanced IOA mencoba meningkatkan kualitas dari hasil estimasi dengan mempertimbangkan semua titik data yang terdapat di sistem, yaitu sales, stocks dan lifespans pada tahap perhitungan. Data lifespan dengan jenis distribusi digunakan pada penelitian karena lebih mewakili kondisi umur pakai di Indonesia yang beragam. Selain itu, metode extended logistic function juga digunakan pada penelitian untuk meramalkan data stocks dari produk elektrik dan elektronik. Metode extended logistic function dipilih karena dapat menggambarkan produk dengan pasar saturated maupun produk dengan pasar non-saturated dengan baik. Produk yang diestimasi pada penelitian merupakan empat jenis produk elektrik dan elektronik yang paling banyak digunakan di Indonesia. Empat jenis produk tersebut diklasifikasi menjadi dua kelompok berdasarkan karakteristik pasarnya. Mesin cuci, kulkas dan televisi termasuk kelompok produk dengan jenis pasar saturated sedangkan telepon genggam termasuk kelompok produk dengan jenis pasar non-saturated. Hasil dari penelitian diharapkan dapat menjadi dasar kuantitatif dalam proses pengambilan keputusan untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan strategi penanganan yang tepat terkait pengelolaan limbah elektronik di Indonesia.

ABSTRACT
Electronic waste e waste shows an increasing trend from time to time, with Asia contributes the largest amount, i.e. around 40.7 of e waste generated worldwide. Indonesia as a part of Asia, should start to develop a formal management system to properly collected and treated e waste, as their contents are both harmful and valuable. This study will be the first study in Indonesia that used advanced Input output analysis IOA method to estimate e waste generation. The advanced IOA method attempted to enhance the estimation results by involving all three data points, i.e. sales, stocks and lifespans in the calculation step. Distribution lifespan was used to present a more representative state of diverse e products rsquo lifespan in Indonesia. This study used the extended logistic function to predict the past and future stocks data of e products. The extended logistic function was chosen because it can capture either saturated or non saturated market growth as well. The e waste estimated is for four most common e products found in the e waste stream in Indonesia. These four products are categorized into two groups based on their market rsquo s characteristics. Washing machines, refrigerators and, television as a part of the saturated market products meanwhile mobile phones are in the non saturated market category. The result of this study is expected to provide a quantitative basis in helping policy decision makers in Indonesia to develop a formal regulation regarding e waste formal take back policies."
2018
T50271
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Safaat
"ABSTRAK
Pengembangan dan kemajuan teknologi yang semakin di dunia menciptakan jumlah produk elektronik yang diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan manusia. Jumlah produk elektronik yang diproduksi secara massal yang tidak didukung oleh perilaku dan kesadaran konsumen dapat menjadi limbah berbahaya dan dapat merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia. Penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan pemodelan konseptual pada perilaku dan kesadaran konsumen, terutama untuk mengetahui sikap manusia ketika menghadapi sampah elektronik. Secara konseptual berdasarkan Teori Perilaku Terencana TPB . Pemodelan konseptual perilaku konsumen dan kesadaran limbah eletronik dibangun menggunakan metode Structural Equation Model SEM yang menggabungkan dua metode statitika terpisah yaitu analisis faktor dan Pemodelan simultan. Pendekatan yang digunakan adalah basis dari Maximum Likehood ML . Dasar dari persamaan struktural dibangun untuk menghubungkan variabel yang diamati dengan variabel laten melalui persamaan regresi simultan. Dimana dasar dari Teori Perilaku Terencana TPB dan empat variabel turunan yang telah dikembangkan adalah: Socio-Psychological, Socio-Demographic, Technical Organization dan Study Spesific Variables akan diamati variabel dan masing-masing akan disusun dengan beberapa variabel laten sebagaimana diukur oleh indikator teramati dan dengan variabel manifes.

ABSTRACT
Development and advancement of technology is incresingly rapidly in the world create the number of mass produced electronic product to satiffy human need and contribute to assist human work. The expansion of mass produced electronic product that not support by behavior and awareness consumer can be hazardnous waste and can be able to damage the evironment and endangering human health. This research is focus to develop conceptual modelling on consumer behavior and awareness, especially to find out attitude of human being when encounter electronic waste. Conceptually based on Theory of Planned Behavior TPB indicates that intentions can be measured approach when behavior being occur repeatedly. The conceptual modelling of consumer behavior and awareness of eletronic waste is build using the Structural Equation Model SEM method which combination of two separate statitical method that is factor analysis and simultaneitly Modelling. The approach used is basis of Maximum Likehood ML . The basis of structural equations is constructed to connecting the observed variable with the laten variable through the simultaneous regression equation. Where is the basic of Theory of Planned Behavior TPB and the four derived variables that have been developed are Socio Psychological, Socio Demographic, Technical Organization and Study Spesific Variables will be observed variables and each will be composed with several laten variables as measured by indocators or manifest variables."
2018
T50739
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Michiko Nur Widawati
"Perkembangan teknologi digital belakangan ini telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Salah satu perkembangan tersebut adalah tumbuh berkembangnya e-commerce, e-banking, serta produk nonprofit seperti layanan daring penggalangan dana. Di Indonesia, pertumbuhan platform digital penggalangan dana berbasis internet cukup pesat. Mayoritas penggalangan dana daring di Indonesia merupakan penggalangan dana di bidang kemanusiaan, walau begitu terdapat juga situs web penggalangan dana untuk lingkungan seperti Lindungi Hutan LH . Pada saat penelitian ini dikembangkan, situs web LH masih memiliki tingkat adopsi yang rendah dengan jumlah pengunjung 3.700 kunjungan dan 23 orang berdonasi dalam periode 5 bulan. Dari survei yang dilaksanakan, sekitar 46.88 responden belum tertarik untuk berdonasi karena kurang memahami cara berdonasi. Hal ini menunjukkan website Lindungi Hutan masih belum menawarkan user Experience UX yang memadai untuk menarik donatur. Beberapa penelitian menemukan faktor yang dapat mempengaruhi kemauan orang untuk memberi dana, seperti sumber daya yang dimiliki dan faktor lingkungan di mana orang dapat berdonasi dengan mudah, cepat, dan nyaman. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan apa saja yang perlu dilakukan dari segi usability untuk beberapa fitur website donasi LH. Dengan partisipasi 28 responden yang merupakan pengguna baru website LH, dilakukan usability testing dan postsession questionnaire menggunakan QUIS. Hasil pengujian pengguna website menunjukkan beberapa strategi peningkatan yang dapat dilakukan pada website Lindungi Hutan yang kemudian diperingkat menggunakan TOPSIS. Diantaranya adalah meningkatkan kemudahan mengakses informasi, menggunakan gambar atau logo yang representatif, serta konsistensi dalam penggunaan bahasa pada website.

The recent development of digital technology has brought many benefits to everyday life. One such development is the growth of e commerce, e banking, and nonprofit products such as online fundraising services. In Indonesia, the growth of digital fund based fundraising platform is quite rapid. The majority of online fundraising in Indonesia is fundraising in the humanitarian field, though there are also environmental fundraising websites such as Protect Forest LH . At the time this study was developed, the LH website still had a low adoption rate with a total of 3,700 visitors and 23 donors in a 5 month period. From the survey conducted, approximately 46.88 of respondents have not been interested to donate because they do not understand how to donate. This shows the Protect Forest website still not offering sufficient user Experience UX to attract donors. Several studies have found factors that can influence people to provide funds, such as resources and environmental factors in which people can donate easily, quickly, and comfortably. Therefore, this study was conducted to find out what improvement needs to be done in terms of usability for some features of LH donation website. With the participation of 28 respondents who are new users of LH website, usability testing and postsession questionnaire using QUIS were done. The test results of website users show some improvement strategies that can be implemented on the website Lindungi Hutan which was rated using TOPSIS. Some of the strategies are accommodate easier access to information, using a representative image or logo, as well as consistency in the use of language on the website. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50734
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aprilia Tri Purwandari
"ABSTRAK
Fuel magnetizer merupakan alat berbahan dasar magnet yang dapat meningkatkan efisiensi pembakaran pada kendaraan atau sistem pembakaran lainnya. Banyak penelitian yang mengkaji pengaruh magnet terhadap viskositas bahan bakar, efisiensi pembakaran, penghematan bahan bakar, maupun pengurangan emisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang paling berpengaruh terhadap performansi fuel magnetizer serta parameter optimal fuel magnetizer pada generator set berbahan bakar bensin dan kompor gas LPG menggunakan metode Rancangan Faktorial. Penelitian ini menggunakan tiga faktor dengan masing-masing faktor terdiri dari dua level. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa parameter optimal fuel magnetizer pada generator set adalah fuel magnetizer dengan jenis magnet Ferrite C8, polaritas saling tolak menolak dengan arah kutub searah dengan aliran bahan bakar monopolar , dan berjumlah satu pasang yang dapat meningkatkan 10,05 lamanya waktu konsumsi bahan bakar. Sedangkan pada kompor gas diperoleh parameter optimal fuel magnetizer berjenis Ferrite C8, polaritas monopolar, dan berjumlah dua pasang yang dapat meningkatkan 7,69 kecepatan memanaskan air.

ABSTRACT
Fuel magnetizer is a magnetic device that can improve the combustion efficiency on vehicles or other combustion systems. Many studies have been studied about the effect of fuel magnetizer on fuel viscosity or combustion efficiency, fuel savings, and emissions reductions. This study aims to identify the main factors that can influence on the performance of fuel magnetizer and optimum fuel magnetizer parameters in gasoline generator set and LPG gas stove using Factorial Design method. This study used three factors with each factor consist of two levels. The result shows that the optimal parameters of fuel magnetizer in generator set are fuel magnetizer with Ferrite C8 magnet type, polarity repel each other with the liquid flows parallel to the lines of force in the magnetic field monopolar with one magnet pair installed on the fuel pipe. It can increase 10.05 duration of fuel consumption. While optimal parameters of fuel magnetizer in LPG gas stove are used fuel Ferrite C8 magnet type, monopolar polarity, and use two of magnet pairs installed on fuel pipe. It decrease 7.69 of water heating time. "
2018
T50753
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alif Hikmah Fikri
"Perkembangan teknologi vending machine saat ini telah menghasilkan berbagai inovasi. Salah satu inovasi terbaru dalam vending machine adalah Printbox, yang menyediakan layanan pencetakan dokumen mandiri dan efisien. Namun, penerimaan pengguna terhadap teknologi ini tetap menjadi kekhawatiran utama dalam memastikan suksesnya implementasi Printbox. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Technology Acceptance Model (TAM) pada Printbox untuk menganalisis penerimaan pengguna terhadap mesin ini. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden penelitian ini adalah pengguna Printbox di lingkungan kampus Universitas Indonesia. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel dalam TAM (fitur teknologi, tingkat kepercayaan, dan tingkat daya tarik) dan penerimaan pengguna terhadap Printbox. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur operasional yang tangguh, seperti ketersediaan 24/7 dan kinerja sistem yang tidak terganggu, berkontribusi secara signifikan terhadap penerimaan pengguna terhadap Printbox. Fitur teknologi yang ada, tingkat kepercayaan dalam operasi mesin, dan kemudahan penggunaan telah berpengaruh positif terhadap penerimaan pengguna terhadap mesin ini. Temuan penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pengembang dan penyedia layanan Printbox dalam meningkatkan penerimaan pengguna dan memperluas implementasi teknologi ini. Dalam konteks yang lebih luas, penelitian ini juga berkontribusi pada pemahaman penerimaan pengguna terhadap teknologi vending machine dan implikasinya terhadap inovasi teknologi lainnya. Penelitian lebih lanjut dapat mengembangkan model ini dengan memperluas cakupan variabel TAM dan menguji implementasinya di lingkungan yang berbeda untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang penerimaan pengguna terhadap teknologi vending machine.

The current development of vending machine technology has resulted in various innovations. One of the latest innovations in vending machines is Printbox, which provides self-service and efficient document printing services. However, user acceptance of this technology remains a major concern in ensuring the successful implementation of Printbox. Therefore, this research aims to apply the Technology Acceptance Model (TAM) to Printbox to analyze user acceptance of this machine. This study uses a survey method, employing a questionnaire as the data collection instrument. The respondents of this study are Printbox users in the campus environment of the University of Indonesia. The collected data is then analyzed using PLS-SEM to identify the relationships between variables in TAM (technology features, trust level, and attractiveness level) and user acceptance of Printbox. The research findings indicate that robust operational features, such as 24/7 availability and uninterrupted system performance, significantly contribute to user acceptance of Printbox. The existing technological features, trust level in machine operation, and user-friendliness have a positive influence on user acceptance of this machine. The findings of this research can serve as a guide for Printbox developers and service providers to enhance user acceptance and expand the implementation of this technology. In a broader context, this study also contributes to understanding user acceptance of vending machine technology and its implications for other technological innovations. Further research can develop this model by expanding the scope of TAM variables and testing its implementation in different environments to obtain a more comprehensive understanding of user acceptance of vending machine technology."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Iman Santoso
"Sejak pandemi melanda, kita perlu menyesuaikan cara-cara khusus untuk mencegah penyebaran COVID-19, terutama karena pemberlakuan Social Distancing. Di Indonesia, cara kami membeli sesuatu telah berubah secara signifikan, yang mengarah pada pertumbuhan penggunaan E-Wallet di sektor online dan offline. Fenomena ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dan tujuan mewujudkan Cashless Society dan mewujudkan inklusi keuangan bagi UMKM di Indonesia. Untuk mencapai itu, adopsi teknologi harus diterima oleh Shopper dan Merchant, terutama di sektor yang lebih luas seperti retail dan F&B. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan variabel signifikan yang mempengaruhi adopsi Dompet Digital oleh pedagang di sektor offline dengan mengembangkan model konseptual berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM) dan berfokus pada hasil Intention to Use dari teknologi tersebut. Survei terhadap 149 responden yang memiliki bisnis brick and mortar di sektor F&B dikumpulkan dan dianalisis menggunakan PLSSEM. Dari 13 hipotesis yang telah dikembangkan, tujuh diterima, dan enam ditolak. Ada juga 12 rekomendasi strategi yang 6 diantaranya dapat menjadi rekomendasi yang patut dipertimbangkan untuk diimplementasikan.

Since the pandemic hits, we need to adjust specific ways to prevent the spread of COVID- 19, primarily due to the enforcement of Social Distancing. In Indonesia, how we purchase things has changed significantly, leading to the growth of E-Wallet usage in the online and offline sectors. This phenomenon aligns with the government policy and the objective of pursuing a Cashless Society and bringing financial inclusion for MSMEs in Indonesia. To achieve that, the adoption of the technology must be accepted by the Shopper and the Merchant, especially in the more extensive sector such as retail and F&B. This study aims to find the significant variable that influences the adoption of Digital Wallets by merchants in the offline sector by developing a conceptual model based on the Technology Acceptance Model (TAM) and focusing on the outcome of Intention to Use of the technology. A survey of 149 respondents who own a brick & mortar businesses in the F&B sector is collected and analyzed using the PLS-SEM. Out of 13 hypotheses that have been developed, seven were accepted, and six were rejected. There were also 12 strategy recommendation which 6 of them was considered as the recommendation that could be implemented based on TOPSIS Method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>