Ditemukan 202 dokumen yang sesuai dengan query
Heddy Florihotda
"Menjaga loyalitas customer menjadi hal yang penting untuk diperhatikan sebuah perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) agar dapat bersaing di pasaran. Salah satu hal yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan meningkatkan Order Fill Rate (OFR) kepada customer. Analisis terhadap faktorfaktor yang memengaruhi OFR serta hubungannya satu sama lain dibutuhkan agar perusahaan dapat menentukan strategi yang paling tepat untuk meningkatkan OFR.
Penelitian ini mengambil studi kasus pada sebuah perusahaan FMCG yang telah berkecimpung di industri consumer goods skala global selama lebih dari 170 tahun. Analisis mengenai faktor-faktor yang memengaruhi OFR serta hubungannya satu sama lain dan pemilihan strategi yang tepat untuk meningkatkan OFR dilakukan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP).
Hasil penelitian menunjukan bahwa forecast merupakan faktor yang paling penting serta memengaruhi faktor lainnya dalam upaya meningkatkan OFR. Penelitian ini juga menunujukan bahwa strategi peningkatan OFR yang paling tepat adalah strategi The Concept of Pooling dan strategi ABC Classification.
Maintaining customer loyalty becomes an important thing for a Fast Moving Consumer Goods (FMCG) company in order to compete in the market. One of the things that can be done by a FMCG company is improve their Order Fill Rate (OFR). Analysis of the factors affecting the OFR and its relationship to one another is needed so the company can determine the most appropriate strategy to improve their OFR. This research took a place in a company that has been in the consumer goods industry on a global scale for more than 170 years. Analysis on the factors that influenced the OFR and its relationship to each other and also the selection of an appropriate strategy to improve OFR is performed using Analytic Network Process (ANP). Research results show that forecast is the most important factor and also the most influencing factor to other factors in an attempt to improve OFR. This research also shows that the most appropriate strategies to improve OFR are The Concept of Pooling strategy and ABC Classification strategy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62052
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Darisa Syahrini
"Penelitian ini membahas mengenai rancangan layanan asuransi perpanjangan yang sesuai dengan kebutuhan customer. Langkah yang dilakukan dengan cara mendapatkan faktor-faktor kebutuhan customer menggunakan service quality.
Tujuan dari penelitian ini berupaya untuk memberikan rekomendasi rancangan layanan yang sesuai dengan kebutuhan customer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah TRIZ dengan tools service quality dan service blueprint untuk melihat kondisi saat ini dan kondisi improvement. Output dari penelitian ini adalah rekomendasi rancangan pelayanan improved dipetakan dengan service blueprint.
This research is about the design of the renewal services of insurance in accordance with the customer needs. Steps taken in this research is by using service quality in order to get the needs of the customer.The purpose of this study seeks to provide a service design recommendation that match the customer needs. The methods used in this research are TRIZ with service quality and service blueprint in seeking the current and improved condition. The output of this research is the improved service design recomendation mapped in service blueprint."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S62225
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hatara Trirama
"Kualitas kesehatan batita di Indonesia masih memiliki masalah, tercermin dari jumlah angka kematian batita yang tergolong masih cukup tinggi dibanding negara-negara lain di ASEAN. Berdasarkan rekomendasi UNICEF, dikatakan bahwa "Membuat sistem informasi yang kuat sebagai salah satu komponen penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan". Untuk mendapatkan sistem informasi yang kuat dan dapat dipercaya oleh pengguna, maka dibuatlah mobile app yang dapat menjadi sumber informasi kesehatan bayi serta penghubung orangtua dengan dokter spesialis anak.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis persona, card sorting, conjoint analysis, dan system usability scale.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah mobile app yang dapat menjadi sumber informasi kesehatan bayi serta penghubung orangtua dengan dokter spesialis anak.
The quality issue of infant health in Indonesia are not done yet, it is reflected in the number of infant deaths are still quite high compared to other countries in ASEAN. Based on the recommendation of UNICEF, said that "Creating a powerful information systems is an important component in improving the quality of health services". To build a strong information system which can be trusted by the user is to make a mobile app which can be a source of health information and connecting parents with the pediatrician.The method used in this research is the analysis of persona, card sorting, conjoint analysis, and system usability scale.Results from this study is a mobile app that can be a source of infant health information and connecting parents with the pediatrician."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62021
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tesar Dayansyah
"Berdasarkan laporan WHO jumlah Dokter di Indonesia belum memadai dan mengakibatkan pelayanan kesehatan belum maksimal. Pelayanan kesehatan yang belum maksimal terlihat pada tidak cukupnya waktu penyampaian informasi oleh Dokter Spesialis Anak saat orang tua pasien berkonsultasi. Oleh karena itu diperlukan beberapa strategi untuk mempermudah aktivitas kerja Dokter Spesialis Anak dan meningkatkan pelayanan kesehatan Salah satu strateginya adalah membuat sistem informasi yang kuat seperti mobile app.
Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi masalah serta fitur dan subfitur yang didapatkan melalui kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil kuesioner tersebut dilakukan analisis persona dengan melihat perilaku dan fitur yang dibutuhkan oleh Dokter Spesialis Anak pada mobile app. Untuk memastikan kebutuhan fitur tersebut dilakukan wawancara menggunakan teknik open ended question yang kemudian hasil wawancara tersebut digunakan sebagai referensi dalam pembuatan information architecture dan application flow diagram. Pada proses mendesain mobile app digunakan metode gabungan yaitu perbandingan dengan beberapa mobile app dan studi literatur. Pada tahap selanjutnya digunakan metode conjoint analysis untuk mencari desain halaman utama mobile app yang paling sesuai dengan preferensi Dokter Spesialis Anak. Tahap terakhir melakukan usability testing dengan menggunakan teknik Retrospective Think Aloud Hasil penelitian ini mendapatkan mobile app beta prototype.
Based on the WHO report, the number of Doctors in Indonesia have been inadequate and leads to unoptimum healthcare services. This condition shown in insufficient time delivery of information by the pediatrician when the patient's parents consulted. Therefore, it takes some strategy to facilitate pediatrician?s work activities and improve health services. One of the strategies is creating a powerful information system such as a mobile app.This research begins by identifying problems as well as the features and subfeatures, obtained through questionnaires and interviews. Based on the questionnaire results, each persona will be identified by looking at the behavior and features needed by the pediatrician on the mobile app. Open-ended question was conducted to ensure the needs of the features and the results were used as the reference in generating the information architecture and application flow diagrams. Next step, conjoint analysis method is used to find the mobile app's main page design that suits for Pediatrician. Last step by doing usability testing using Retrospective Think Aloud method. The output of this research is a mobile app that capable of improving health care services and help pediatrician to ease their works."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62025
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jagad
"Industri pariwisata Indonesia kian meningkat. Peningkatan tren industri ini turut diikuti oleh peningkatan salah satu sektor pendorong industri pariwisata yaitu MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition). Akan tetapi, bagaimanapun juga hal ini mengimplikasikan adanya peningkatan persaingan usaha kedepan baik di tingkat internasional maupun nasional. Selain itu, permasalahan lain yang ditemukan pada industri ini adalah kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas dan kurangnya data dan informasi yang dibutuhkan. Hal tersebut juga dialami pada studi kasus di PT. Megah Alengga, sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang MICE. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem manajemen pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan mampu menyimpan dan mengelola data dan informasi yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Sehingga, sistem ini dapat digunakan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.
Indonesia is seeing growth of Travel and Tourism Industry in recent years. This trend also followed by MICE (Meeting, Incenticve, Conference and Exhhibition) industry as one of its sector. However, this increment trend also has a tremendous impact on business competitiveness within its industry either in its relation with International or domestic player. On the other hand, problems that has found within this industry is placed in the lack of human resource quality and the lack of data and information needed. This problems are also found from a case study in PT. Megah Alengga, as one of the MICE player. Thus, the purpose of this research is to design a knowledge management system to enhance human resource quality and managing data and information needed in a working environment, wich, i..."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62040
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Widuri Widya Hastanti
"
Digitalisasi merupakan salah satu isu prioritas Pemerintah Indonesia. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mulai diterapkan dalam mentransformasi pelayanan publik ke dalam bentuk digital. Direktorat Jenderal Imigrasi memperkenalkan aplikasi M-Paspor yang memungkinkan masyarakat untuk membuat pengajuan paspor secara daring sehingga lebih efektif dan efisien. Dalam penerapannya, M-Paspor masih menghadapi masalah tampilan dan kegunaan. Untuk mengatasinya, perancangan ulang desain antarmuka diusulkan untuk solusi yang akan memenuhi kebutuhan pengguna. Pendekatan design thinking digunakan karena metode ini berorientasi dan menggunakan sudut pandang dari pengguna. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara mendalam dan didefinisikan dengan tools POV HMW, serta di visualikasikan dalam tools storyboard dan di direalisasikan melalui prototyping dan divalidasi menggunakan sekelompok metrik penilaian usability testing.
Digitalization is one of the priority issues of the Government of Indonesia. The Electronic Based Government System (SPBE) has begun to be implemented in transforming public services into digital form. The Directorate General of Immigration introduced the M-Paspor application which allows the public to apply for passports online so that it is more effective and efficient. In its application, M-Paspor still faces display and usability problems. To overcome this, a redesign of the interface design is proposed for a solution that will meet the needs of the users. The design thinking approach is used because this method is oriented and uses the point of view of the user. Data was collected by means of questionnaires and in-depth interviews and defined by HMW POV tools, and visualized in storyboard tools and realized through prototyping and validated using a group of usability testing assessment metrics.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Evariyani Rizki
"Kegiatan secara repetitif yang dilakukan oleh pengemudi bus serta berada dalam posisi duduk yang berkepanjangan di kabin pengemudi bus yang tidak sesuai dengan antropometri pengemudi merupakan faktor yang menyebabkan pengemudi bus mengalami gangguan musculoskeletal disorder. Penelitian ini membahas tentang perancangan desain kabin pengemudi bus PHL (Patas Hyno Long) AK3HR yang ergonomis dalam lingkungan virtual dengan menggunakan software Jack 6.1. Hasil penelitian ini berupa desain kabin pengemudi bus yang ergonomis berdasarkan nilai (Posture Evaluation Index) PEI dan hasil analisis comfort assessment. Sehingga didapat desain kabin pengemudi yang dapat mengurangi resiko timbulnya gangguan musculoskeletal disorder pada pengemudi.
Repetitive activity, prolonged sitting, and anthropometric mismatch were perceived to be most related to musculoskeletal disorder in bus drivers. This study discusses about design of ergonomic bus driver?s cab PHL (Patas Hyno Long) AK3HR in the virtual environment by using software Jack 6.1. The result of this study is design ergonomic driver?s cab based on Posture Evaluation Index score and comfort assessment analysis. By ergonomic bus driver?s cab, the risk of musculoskeletal disorder among bus driver will decreased."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S68
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Radita Tanaya Vidya Hapsari
"Postur kerja yang ergonomis akan mempengaruhi keselamatan, kesehatan dan produktivitas pekerja. Karakteristik pekerjaan membatik tulis berkaitan dengan postur kerja duduk selama lebih dari tujuh jam. Kondisi ini mengakibatkan pekerja berada pada postur kerja yang tidak alamiah dan bersifat statis sehingga beresiko menimbulkan gangguan muskuloskeletal. Penelitian ini mencoba mempelajari rangkaian kerja dan aspek ergonomi yang mempengaruhi postur kerja dalam membatik menggunakan metode simulasi pada virtual environrnment. Penyesuaian dilakukan dengan mendesain kursi dan gawangan yang ergonomis. Penilaian postur kerja dilakukan dengan mengevaluasi Posture Evaluation Index (PEI) yang terdiri dari penilaian LBA, OWAS dan RULA dari pada task analysis toolkit software Jack 6.1.
Ergonomic working posture influence safety, health and productivity for workers. The characteristics of handmade batik work related to sitting posture for more than seven hours. This condition impact the awkward and static posture for workers which cause musculoskeletal disorders. This research tries to study the ergonomic aspect of work sequence which impact the working posture in batik work by using simulation method in virtual environment. The adjusment is created by designing ergonomic chair and gawangan. The evaluation of work posture is conducted by using Posture Evaluation Index (PEI) which integrates the score of LBA, RULA and OWAS by task analysis toolkit function from software Jack 6.1."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1160
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Putri Ratnawisesa
"Saat seorang murid melalui proses belajar, terdapat berbagai faktor ergonomi lingkungan yang dapat mempengaruhi proses tersebut seperti akustik dan pencahayaan dari ruang yang digunakan sebagai prasarana belajar. Di lingkungan universitas, ruang auditorium dapat digunakan sebagai ruang perkuliahan untuk mata kuliah yang memiliki peserta berjumlah banyak. Penelitian ini fokus untuk mengetahui keadaan akustik dan pencahayaan ruang auditorium sebagai ruang perkuliahan di Universitas Indonesia. Hasil dari penelitian yang berbasis pada dua ruang auditorium di Universitas Indonesia ini menunjukkan kedua ruang auditorium ini belum dapat memenuhi kriteria akustik dan pencahayaan yang ada untuk mendukung kegiatan belajar.
When a student goes through the learning process, there are several environmental ergonomic factors that can affect the process such as acoustic and lighting condition of the room that is used. At universities, auditoriums can be used as lecture rooms for lectures that have a large amount of participants. This research is focused on discovering the acoustic and lighting condition of auditoriums used as lecture halls at University of Indonesia. The result of this research that based on two auditoriums in University of Indonesia shows that these two auditoriums have not met the acoustic and lighting criteria set for supporting learning process."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42002
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Darussalam
"Bauran pemasaran salah satu elemennya adalah promosi yang salah satu penerapannya ialah penjualan personal melalui sales promotion girl (SPG). Perlu kiranya analisis preferensi konsumen terhadap keberadaan SPG agar dapat menjadi strategi pemasaran yang tepat dan metode yang dapat digunakan ialah analisis konjoin.
Hasil penelitian, 39% konsumen memiliki persepsi bahwa SPG merupakan layanan promosi yang mengganggu dan preferensi konsumen yaitu SPG yang memiliki pembawaan yang ramah dan tidak persuasif maupun agresif, penampilan dengan mengenakan kostum yang selaras dengan tema produk, pengetahuan yang memahami produk secara detail dan mampu menjawab pertanyaan dari konsumen, dan brand produk yang ditawarkan merupakan modifikasi/variasi produk lama dari perusahaan yang sudah ada di pasaran.
Marketing mix has one of element is promotion which one of implementation is personal selling through sales promotion girl (SPG). Need to analyze consumer preference against the existence of SPG so that its utilization can be a proper marketing strategy and method can be used is conjoint analysis.Results of research, 39% of consumers have perception that SPG is a promotional service that inconvenience and consumer preferences are SPG who has friendly nature and are not persuasive and aggressive, appearance of wearing costumes in tune with theme of product, has knowledge to understand product in detail and capable to answer questions from consumers, and brand product being offered is modification/variations of old product from companies that are already in market."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43766
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library