Ditemukan 252 dokumen yang sesuai dengan query
Wina Wijayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer-to-customer electronic word of mouth melalui TikTok terhadap purchase intention skincare product pada generasi Z di Indonesia. Media sosial merupakan media penyebaran electronic word of mouth. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menginvestigasi faktor apa yang memengaruhi eWOM usefulness dan credibility dan mengapa konsumen mengadopsi eWOM sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dengan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa aperceived persuasiveness, perceived informativeness, source expertise, dan source trustworthiness memiliki efek positif terhadap eWOM usefulness dan credibility dan pada akhirnya mempengaruhi purchase intention melalui mediasi.
This study aims to analyze the influence of customer-to-customer electronic word of mouth via TikTok on the purchase intention of generation Z’s skincare products in Indonesia. Social media is a medium to spread electronic word of mouth. This research wants to investigate factors that affect eWOM’s usefulness and credibility and why consumers adopt eWOM before they make a purchase. The quantitative research was conducted using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). According to the results, perceived persuasiveness, perceived informativeness, source expertise, and source trustworthiness have positive effects on eWOM's usefulness and credibility, then, through mediation, affect the purchase intention."
Depok:
2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Camelia Hasena
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh electronic word of mouth di TikTok terhadap purchase intention produk skincare Somethinc melalui brand image. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan menggunakan metode survey. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pengguna TikTok, mengetahui dan belum pernah membeli produk skincare Somethinc. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 22 dan uji sobel menggunakan kalkulator online. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa keempat hipotesis penelitian ini diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara e-WOM di TikTok terhadap purchase intention produk skincare Somethinc, pengaruh antara e-WOM di TikTok terhadap brand image Somethinc, pengaruh antara brand image Somethinc terhadap purchase intention produk skincare Somethinc, dan pengaruh antara Electronic word of mouth di TikTok terhadap purchase intention produk skincare Somethinc melalui brand image.
This study aims to determine how the influence of electronic word of mouth on TikTok on purchase intention of Somethinc skincare products through brand image. This study uses a quantitative approach with data collected using a survey method. The research instrument used a questionnaire distributed via google form. The number of samples in this study were 100 respondents who were TikTok users, knew about and had never bought Somethinc skincare products. The analysis technique used in this research is simple linear regression using SPSS version 22 and sobel test using an online calculator. The results of this study indicate that the four hypotheses of this study are accepted. It was concluded that there was an influence between e-WOM on TikTok on purchase intention of Somethinc skincare products, the influence between e-WOM on TikTok on Somethinc's brand image, the influence between Somethinc brand image on purchase intention of Somethinc skincare product, and influence between Electronic word of mouth on TikTok. towards purchase intention of Somethinc skincare products through brand image."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fina Anggun Puspita
"Seabank merupakan salah satu digital bank yang merupakan perusahaan raksasa teknologi asal Singapura yaitu Sea Group, berhasil melakukan masuk ke dalam pasar perbankan di Indonesia. Semakin meningkatnya pertumbuhan Bank Digital di Indonesia akan mengancam loyalitas nasabah Seabank sendiri karena maraknya permasalahan customer switching dan multiple account dibidang perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Customer Experience, Customer Satisfaction, dan Word of Mouth terhadap Customer Loyalty dengan Consumer Demographics sebagai Variabel Moderasi pada Nasabah Seabank di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form kepada 100 nasabah Seabank di DKI Jakarta dengan usia minimal 18 tahun dan telah melakukan transaksi melalui aplikasi Seabank minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi liniear dengan uji t dan f serta moderated regression analysis melalui software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer experience, customer satisfaction, dan word of mouth secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap customer loyalty pada nasabah Seabank di DKI Jakarta. Akan tetapi, variabel moderasi yaitu consumer demographics yang terdiri dari jenis kelamin, usia, dan pendapatan, tidak memiliki memiliki pengaruh sehingga tidak memoderasi pengaruh antara variabel customer experience, customer satisfaction, dan word of mouth terhadap customer loyalty. Sedangkan pendidikan memoderasi pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty.
Seabank is a digital bank from Singapura which has succeeded in entering the banking market in Indonesia. The increasing growth of Digital Banks in Indonesia will threaten the loyalty of Seabank's own customers due to the increasing problems of customer switching and multiple accounts in the banking sector. The purpose of this research is to analyze the influence of Customer Experience, Customer Satisfaction, and Word of Mouth on Customer Loyalty with Consumer Demographics as a Moderating Variable on Seabank Customers in DKI Jakarta. This research was conducted by distributing questionnaires using Google Form to 100 Seabank customers in DKI Jakarta who were at least 18 years old and had made transactions via the Seabank application at least twice in the last 6 months. This research uses descriptive analysis, linear regression analysis with t and f tests and moderated regression analysis using SPSS software. The results of this research show that customer experience, customer satisfaction, and word of mouth partially have a significant influence on customer loyalty of Seabank customers in DKI Jakarta. However, the moderating variable, namely consumer demographics which consists of gender, age and income, has no influence so it does not moderate the influence of the customer experience, customer satisfaction and word of mouth variables on customer loyalty. Meanwhile, education moderates the influence of customer satisfaction on customer loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sitanggang, Martin Tumpal Jehoshaphat
"Dalam konteks esport, diperlukan keterlibatan pemain videogame esport mulai dari keterlibatan kognitif, keterlibatan afektif, dan keterlibatan perilaku dibutuhkan untuk mendorong consumption behaviour pada para pemain videogame esport itu sendiri; community engagement, coproduction, new player recruitment, dan word of mouth. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah cross-sectional dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menganalisis 219 responden dengan rentang usia 17-25 tahun yang telah bermain videogame esport lebih dari satu tahun dan bermain videogame esport selama lebih dari 4 jam selama satu minggu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei online dan data yang didapat diolah dengan teknik Partial Least Squares – Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil dari olahan data menunjukkan bahwa Affective Engagement dan Behavioral Engagement memiliki pengaruh positif terhadap seluruh dimensi consumption behaviour. Namun, cognitive engagement hanya memiliki pengaruh positif terhadap word of mouth.
In the context of esports, the engagement of esports videogame players, starting from cognitive engagement, affective engagement, and behavioral engagement is needed to encourage consumption behavior in esports videogame players themselves; community engagement, coproduction, new player recruitment, and word of mouth. The research design used in this study was cross-sectional with purposive sampling method. This study analyzed 219 respondents with an age range of 17-25 years who had played esports videogames for more than one year and played esports videogames for more than 4 hours for one week. The data collection method used is an online survey and the data obtained is processed using the Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) technique. The results of the processed data show that Affective Engagement and Behavioral Engagement have a positive influence on all dimensions of consumption behavior. However, cognitive engagement only has a positive effect on word of mouth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Safira Syahdani Guci Fahmy
"Adanya perkembangan internet yang cepat menggeserkan paradigma e-commerce menjadi social commerce (s-commerce). Salah satu platform s-commerce yang sedang marak di Indonesia adalah TikTok. Media sosial ini menawarkan penggunanya untuk melihat informasi yang tersebar pada for you page, berkomunikasi dengan satu sama lain, hingga memperbolehkan penggunanya untuk secara bebas membagikan pendapat dan informasi hingga bertransaksi terkait produk atau jasa (eWOM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari eWOM kepada niat pembelian konsumen sehingga dapat menjadi masukan untuk s-commerce dalam mengembangkan strategi yang lebih baik untuk mendorong keterlibatan eWOM di antara pengguna s-commerce. Penelitian ini didasarkan pada teori dari Elaboration Likelihood Model (ELM), Theory of Reasoned Action (TRA), dan Social Support Theory (SST) yang diolah menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan menggunakan data kuesioner dari 228 responden. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa information credibility, social support, innovativeness, website quality, dan attitude towards eWOM adalah faktor penentu eWOM Engagement di s-commerce TikTok yang kemudian Attitude towards eWOM serta eWOM Engagement mempengaruhi purchase intention pada s-commerce TikTok.
The rapid growth of the internet has shifted the e-commerce paradigm to social commerce (s-commerce). One of the most popular s-commerce platforms in Indonesia is TikTok. This social media offers its users to view the information spread on the for you page, communicate with each other, to allow users to freely share opinions and information to transact related to products or services (eWOM). This study aimed to examine the impact of information circulating on TikTok in the form of eWOM on consumer purchase intentions. This study is based on the theory of the Elaboration Likelihood Model (ELM), Theory of Reasoned Action (TRA), and Social Support Theory (SST) which were processed using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using questionnaire data from 228 respondents. The results of this study prove that information credibility, social support, innovativeness, website quality, and attitude towards eWOM are the determinants of eWOM involvement in TikTok s-commerce then Attitude towards eWOM and eWOM Engagement affect consumer purchase intentions in TikTok s-commerce."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alif Fadilla Airlangga
"Perkembangan teknologi digital di dunia pariwisata menghadirkan cara baru dalam memasarkan dan mencari informasi mengenai suatu tempat wisata. Hadirnya electronic word of mouth (e-WoM), dapat digunakan pengunjung untuk memberikan ulasan melalui pendapat mereka ketika berkunjung ketempat wisata yang bersifat negatif maupun positif dan dinilai sebagai salah satu metode promosi yang efektif yang tidak membutuhkan biaya yang besar. Pulau Belitung sebagai salah satu destinasi wisata yang sempat viral karena menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi mampu memperkenalkan keindahan alamnya dan menjadi salah satu destinasi yang terkenal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth dari wisata yang ada di Pulau Belitung terhadap Visit Intention calon wisatawan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling melalui survey secara online. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara e-WoM dengan minat berkunjung pada wisata Pulau Belitung namun tingkat pengaruhnya tidak terlalu besar.
The development of digital technology in tourism industry presents a new way of marketing and finding information about a tourist place. The existence of electronic word of mouth (e-WoM), can be used by visitors to provide reviews through their opinions when visiting tourist attractions that are negative or positive and is considered as one of the effective promotional methods that does not require large costs. Belitung Island as one of the tourist destinations that had gone viral for being a shooting location for the film Laskar Pelangi was able to introduce its natural beauty and become one of the famous destinations. This study aims to analyze the effect of electronic word of mouth from tourism on Belitung Island on the Visit Intention of potential tourists. This study uses quantitative research with purposive sampling technique through online surveys. Data processing is done by using a simple regression analysis method. The results of this study indicate that there is a significant influence between e-WoM and interest in visiting Belitung Island tourism but the level of influence is not too large."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Maharani Rachel Genezareth
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai aspek dari lingkungan fisik dan layanan museum yang dikenal sebagai "museum servicescape", yang mempengaruhi promosi dari mulut ke mulut pada pengunjung mengenai pengalaman kunjungan mereka di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Museum Servicescape dalam penelitian ini mencakup enam dimensi yang mencakup ambient conditions (kondisi sekitar), staff behaviour (perilaku staff), facilities and convenience (fasilitas dan kenyamanan), art gallery quality (kualitas galeri seni), exhibition space aesthetics (estetika ruang pameran), dan signs and signage (rambu dan papan nama). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode purposive sampling untuk mengumpulkan data dari total 151 partisipan. Data didapatkan dari penyebaran kuesioner melalui Google Form yang dibagikan dalam bentuk barcode secara luring di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS, dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik analisis regresi linier. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa museum servicescape secara positif mempengaruhi word of mouth pengunjung mengenai kunjungan mereka ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Hasil penelitian yang ditemukan dapat membantu pengelola museum untuk merancang dan mengelola lingkunan fisik serta layanan museum dengan hati-hati untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengunjung.
This study aims to analyze the various aspects of the physical environment and museum services known as the "museum servicescape", which influence word of mouth in visitors regarding their visit experience at Sonobudoyo Museum Yogyakarta. Museum Servicescape in this study includes six dimensions which include ambient conditions, staff behavior, facilities and convenience, art gallery quality, exhibition space aesthetics, and signs and signage. This study used a quantitative approach and used purposive sampling method to collect data from a total of 151 participants. Data was obtained from distributing questionnaires through Google Forms which were distributed in the form of barcodes offline at Sonobudoyo Museum Yogyakarta. The collected data were analyzed using SPSS software, using descriptive statistical analysis and linear regression analysis techniques. The findings of this study indicate that museum servicescape positively influences visitors' word of mouth regarding their visit to Sonobudoyo Museum Yogyakarta. The research results found here can help museum managers to carefully design and manage the physical environment and museum services to increase visitor satisfaction and loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Camelia Hasena
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh electronic word of mouth di TikTok terhadap purchase intention produk skincare Somethinc melalui brand image. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan menggunakan metode survey. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pengguna TikTok, mengetahui dan belum pernah membeli produk skincare Somethinc. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 22 dan uji sobel menggunakan kalkulator online. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa keempat hipotesis penelitian ini diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara e-WOM di TikTok terhadap purchase intention produk skincare Somethinc, pengaruh antara e- WOM di TikTok terhadap brand image Somethinc, pengaruh antara brand image Somethinc terhadap purchase intention produk skincare Somethinc, dan pengaruh antara Electronic word of mouth di TikTok terhadap purchase intention produk skincare Somethinc melalui brand image.
This study aims to determine how the influence of electronic word of mouth on TikTok on purchase intention of Somethinc skincare products through brand image. This study uses a quantitative approach with data collected using a survey method. The research instrument used a questionnaire distributed via google form. The number of samples in this study were 100 respondents who were TikTok users, knew about and had never bought Somethinc skincare products. The analysis technique used in this research is simple linear regression using SPSS version 22 and sobel test using an online calculator. The results of this study indicate that the four hypotheses of this study are accepted. It was concluded that there was an influence between e-WOM on TikTok on purchase intention of Somethinc skincare products, the influence between e-WOM on TikTok on Somethinc's brand image, the influence between Somethinc brand image on purchase intention of Somethinc skincare product, and influence between Electronic word of mouth on TikTok. towards purchase intention of Somethinc skincare products through brand image."
Depok: Fakultas Illmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Richwan Muhamad Ericska
"Bersamaan dengan pertumbuhan internet, Electronic Word-of-Mouth (eWOM), telah menjadi suatu fenomena yang menarik dalam proses pemasaran. Objektif daripada penelitian ini adalah untuk meneliti Faktor yang mempengaruhi eWOM, dan bagaimana eWOM mempengaruhi Purchase Intention & Brand Image terhadap suatu produk. Pendekatan penelitian pada penelitian tentang eWOM, Brand Image, dan Purchase Intention, ini adalah penelitian kuantitatif. Sample penelitian ini adalah 212 responden yang pernah terekspos oleh informasi akan smartphone merek Oppo melalui eWOM pada grup sosial media Facebook. Data sampel dikoleksi dengan Convenience Sampling & Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan kemudian dianalisa menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil daripada riset ini menunjukkan ada 2 faktor yang mempengaruhi eWOM, serta eWOM mempengaruhi Purchase Intention & Brand Image.
With the growth of internet, Electronic Word-of-Mouth (eWOM), has become an interesting phenomenon in the marketing process. The objective of this research is to understand the factors affecting eWOM, and how eWOM affects Puchase Intention & Brand Image of a product. This research uses a quantitative approach. The sample for this research is 212 respondents who are exposed to information regarding Oppo smartphone through eWOM, in Facebook groups. Sample data is collected through Convenience Sampling & Purposive Sampling. This research uses questionaire as its instruments, which are then analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results of this research show 2 factors affecting eWOM as well as eWOM have effects on Purchase Intention & Brand Image."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mega Devi Alkhafidh
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel online convenience yang memberi pengaruh pada persepsi online convenience secara keseluruhan serta memprediksi hubungan online convenience terhadap satisfaction, behavioral intention, dan electronic word-of-mouth (e-WOM). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penduduk Indonesia pada rentang usia 19 – 39 tahun yang mendominasi pembelanjaan online. Metode purposive sampling digunakan dalam penelitian ini sebanyak 404 responden dan dianalisis menggunakan pemodelan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa possession convenience adalah variabel yang paling mempengaruhi persepsi online convenience. Selain itu, kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan dapat meningkatkan kecenderungan behavioral intention yaitu melakukan pembelian kembali dimasa yang akan datang. Pelanggan online yang puas juga mendorong niat konsumen untuk berpartisipasi dalam aktivitas electronic word-of-mouth (e-WOM).
This study aims to explore which variabel of online convenience perception predicts satisfaction, behavioral intention, and electronic word-of-mouth (e-WOM). The sample used in this study is the population of Indonesia in the age range 19 - 39 years who dominates online shopping activities. Using purposive sampling method, a data of 404 respondents is analyzed with Partial Least Sqyares - Structural Equation Modelling (PLS-SEM). The result shows that possesion convenience is the most prominent factor of online convenience perception. Moreover, satisfaction significantly enhances behavioral intention of future repurchase. A satisfied online consumer also encouraged to participate in electronic word-of-mouth (e-WOM)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library