Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 793 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Universitas Indonesia, 1999
S26300
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1992
S25330
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadeak, Destiny Conny
Abstrak :
ABSTRAK
Cerita pendek atau cerpen adalah salah satu bentuk komunikasi, yang meskipun hanya merupakan cerita rekaan, boleh dikatakan merupakan cerminan terhadap apa sedang terjadi di dalam masyarakat. Dengan kata namun yang lain, isi cerpen juga merupakan cerminan dari kenyataan yang ada dalam masyarakat. Penelitian ini ingin melihat bagaimana tokoh digambarkan dalam cerpen majalah Femina, dan persoalan apa saja yang sering mereka hadapi. wanita Penelitian ini memakai metode analisis isi, dan mengambil sampel cerpen cerpen yang pernah dimuat dalam majalah Femina dari tahun dengan tahun 1993 sebanyak 120 1988 sampai cerpen. Pengambilan dilakukan dengan teknik acak (random) sederhana. sampel Dari hasil penelitian ditemukan bahwa gambaran Femina mendapat tempat yang wanita dalam cerpen cukup baik. Arti nya para tokoh wanita mempunyai kehidupan yang baik, Pendidikan mereka rata-rata. tinggi, bahkan ada yang sampai mencapai gelar master. Pekerjaan yang mereka lakukan pun beragam, mulai dari yang kedudukan yang tinggi, seperti direktur sampai kepada pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga. Kebanyakan para tokoh wanita berusia dewasa, dan rata-rata menikah serta mempunyai kehidupan rumah tangga yang bahagia dengan status sosial ekonomi menengah. Persoalan yang dihadapi para tokoh wanita bermacam macam, dan umumnya yang paling sering mereka hadapi adalah masalah hubungan suami istri (bagi wanita yang menikah) dan masalah pekerjaan versus keluarga (anak). Sedangkan bagi wanita lajang, mereka banyak terlibat dengan persoalan pilihan antara karier dan cinta. Semua persoalan yang dihadapi para tokoh wanita baik yang sudah menikah ataupun yang lajang bisa diatasi oleh mereka. Khususnya persoalan yang menyangkut pekerjaan, dapat mereka atasi tanpa bantuan orang lain, namun bila menyangkut masalah pribadi, maka mereka membutuhkan orang lain. Meskipun cerpen hanya cerita rekaan, namun pesan yang disampaikan dapat menjadi pengalaman kepada pembaca khususnya wanita, sehingga apabila mereka mengalami peristiwa kejadian yang sama seperti dalam cerpen, mereka akan bisa mengatasinya. Jadi dengan kata lain, membaca cerpen sama artinya dengan belajar memahami kehidupan melalui pengalaman orang lain.
1994
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nita Saftina
Abstrak :
Salah satu jenis media yang banyak beredar di Indonesia adalah majalah wanita. Ciri khas majalah wanita, baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya adaiah adanya .rubrik masa , rubrik mode, dan ruang konsultasi kelurga. Khusus di Indonesia, ada satu jenis rubrik yang selalu ada pada hampir semua majalah wanita, yaitu rubrik "kisah sejati". S·alab satu majalah wanita yang menyediakan tempat bagi rubrik tersebut adalah majalah "Sarinah", yang menam&kan rubrik kisah sejatinya dengan ''Oh Tuhan " . ! Rubrik tersebut banyak mengandung materi penderitaan, skandal seks rumah-tangga, hubungan seks sebelum ni kah, pr i laku-pr i laku seks yang menyimp ang, pengan iayaan an tar anggota kelu arga , se rta p erbuat n-perbuatan yang men yimpang d a ri no r ma-norma mas y arakat . Henurut pendekat an "Uses and Gratifica tions", e fek dar i sua-t u ntedi a massa e r a t kaitann_ya deng an motif seseo17'ang. Dengan demi ki an, efek m-e_d ia massa d apat diperkirakan dari motivasi en g gu naan pada k halayaknya . Pokok p ermasalahan s kripsi in i adalah ~pa mo tivasi pembac"a r brik "O h Tu han" , se h ingg-a mere ka t e11dorong membaca rubrik terse but . Yang ingin ditel Lti pada peneli tian in i adal ah, mot ivasi dan pol penggunaan rubri k "Oh Tuhan" pembacanya, di ka"tkan d e ngan us ia , pendidikan, dan status per kawinan. Hetode yang d:ipakai ada}ah metode survai. Hasil penelitian antara lain menunjukkan Pad a wanita yang berusia 17-24 tahun, ternyata terdapat motif Surveillance, motif Knowleds{e, motif Diversi, dan motif Exciting .
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S4056
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ketut Shanty
Abstrak :
Produk yang di tujukan untuk wanita begitu banyak ragamnya. Dari sekian banyak produk tersebut, produk pembalut wanita yang ada di pasaran pun b e gitu· banyak, bai k dari merek yang ada maupun jumlahnya. Masing.,...masing ·menawarkan kelebihan produk, dan menawarkan s uatu perne cahan· masa ah yang dialami dalam kehidupan wanita. Car e free adalah salah satunya. Produk ini mempos isikan produknya sebagai pembalut . wanita yang bukan untuk m a s~ haid, tetapi di pergunakan setiap hari guna mengatasi kelembaban sebe l um dan sesudah masa haid wanita. Untuk membangun pengetahu n mengenai produk pembalut irii memang tidak mudah , kare na masyarakat umumnya hanya mengenal pembalut-pembalut wanita yang dipergunakan untuk masa haid saja. Salah satu strategi promosi yang mereka pilih adalah iklan. Media yang dipilih hanya majalah wanita, seperti Femina, Kartini, dan Sarinah. Setelah lima tahun, pihak Johnson. & Johnson mulai memperluas segmen pasarnya ke remaja,.melalui majalah Gadis. Untuk melihat sampai seberapa j~uh pengetahuan remaja putri, maka dilihat dari proses persepsi dimana akan dilihat juga · apakah unsur...;.unsur iklan Carefree mampu menarik perhatian mereka. Penulis mengambil 100 responden remaja putri SMP dan SMA, yang pernah li at iklan Carefree d i wilayah Pondok Indah dengan pengambilan. sampel secara acak sederhana. Tehnik pengumpul an ~at a menggunakan wawancara berstr uktur , wawancara dengan pihak Johnson & Johnson, serta studi kepustakaan . Penelitian · ini menghasilkan jawaban , bahwa ilustrasi (gambar utama) merupak:an unsur yang paling menarik , yang p~rt am a kali d ilihat, dan juga unsur y ang pa1ing mudah diingat . Sebagiban besar r esponc;ten kurang mengetahlii mengenai headline iklannya, mayoriias responden cukup mengetahui ilustrasi ikl an , dan umumny l ebih mampu menyebutkan gambar utama saja dar i 4 ilustrasi ¥ang ada. Responden yang pernah membaca naskah iiklan · rnaupun yang t iaak pernah cukup mengetahuinya. Baik responden yang pernah membaca naskahnya maupun yang tidak pernah membaca ternyata kurang tahu penggunaan sebenarnya dari pembalut tersebut digunakan Carefree, mereka beranggapan untuk masa-masa haid. Mengenai slogan yang digunakan, mayoritas responden tidak pernah membacanya, sehingga pengetahuan mereka mengenai unsur iklan ini adalah rendah.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S4047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1980
S5558
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S6804
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
S6828
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S6808
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S7139
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>