Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media massa dan Internet dipergunakan sebagai sarana
penyebarluasan informasi dan promosi oleh pengelola industri kecil dan menengah di kota Bandung. Penelitian ini
menggunakan pendekatan dan metode penelitian kuantitatif, yaitu survei dengan teknik analisis deskriptif. Data
yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, studi pustaka dan pencarian data di Internet. Sampel
diperoleh dengan teknik proporsional random sampling dimana diperoleh ukuran sampel 96. Hasil penelitian
memperlihatkan bahwa hanya sebagian kecil pengelola industri kecil dan menengah menggunakan media massa
dan Internet. Intensitas penggunaan media massa dan Internet sangat tergantung pada media yang digunakan. Media
yang paling sering digunakan oleh pengelola industri kecil dan menengah adalah email. Informasi yang paling
dominan disampaikan di media massa dan Internet adalah informasi mengenai produk. Tidak ada cara khusus
yang dilakukan oleh pengelola industri kecil dan menengah untuk menentukan media mana yang digunakan untuk
menyebarkan informasi dan promosi, mereka lebih banyak bergantung pada promosi dari mulut ke mulut dari
konsumen yang pernah menggunakan produknya. Berkaitan dengan biaya, Internet menjadi media alternatif untuk
sarana promosi karena biayanya relatif murah dibandingkan dengan media lainnya. Kesimpulannya, pemahaman
pengelola usaha kecil dan menengah terhadap fungsi media massa dan Internet untuk menyebarkan informasi dan
promosi masih kurang, padahal banyak media, terutama Internet, tidak memerlukan biaya besar dalam penggunaannya."
384 JKKOM 2:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Sigit Cahyono
"Wisata kuliner merupakan hal yang menjanjikan saat ini sehingga pemerintah mendorong peningkatan produksi makanan olahan melalui pengembangan teknologi produksi makanan olahan. Kota Bandung terkenal dengan sebagai salah satu pusat kuliner di Indonesia. Pentingnya teknologi tepat guna tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi makanan olahan. Program penerapan teknologi tepat guna diharapkan menghasilkan paket teknologi produksi makanan olahan tepat guna yang bisa dimanfaatkan oleh mitra UKM untuk meningkatkan kapastitas produksi dan pendapatan. Metode yang dilakukan adalah pengembangan teknologi produksi makanan olahan tepat guna mulai dari mengindentifikasi kebutuhan rill mitra terkait operasional produksinya, merancang dan membuat mesin, melakukan pengujian terhadap mesin yang dibuat, melakukan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UKM usaha produksi makanan olahan. Hasil kegiatan ini yaitu dapat membantu mengatasi permasalahan produksi yang dihadapi UKM, meningkatkan jumlah produksi dan bekerja secara efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UKM pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya."
Yogyakarta : Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, 2020
600 JPM 3:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ummi Azizah Rachmawati
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2003
T40222
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutagaol, David Sutrisno Halomoan
"ABSTRAK
Koperasi Trashion Indonesia adalah UKM yang berlokasi di jakarta selatan yang bergerak di bidang daur ulang sampah khususnya sampah plastik rumah tangga. Sampah didaur ulang dan diproduksi menjadi barang-barang fashion yang dapat digunakan sehari-hari seperti tas, payung, dan lain sebagainya. Segmen pasar yang dilayani oleh Trashion sebagian besar adalah orang asing yang berada di Jakarta. Target pasar ini cukup sulit dijangkau karena pemasaran yang dilakukan oleh trashion hanya dengan melalui bazaar yang tidak setiap hari diadakan. Pada UKM ini juga tidak dilakukan pembuatan laporan keuangan sehingga keadaan finansial sulit dianalisis. Pada Tesis ini, akan dibahas strategi pemanfaatan teknologi informasi untuk mengembangkan bisnis Trashion. Strategi pemasaran yang dianjurkan adalah dengan membuat website resmi, penerapan search engine optimization (SEO), dan menggunakan media sosial untuk menjangkau target pasar dan sebagai sarana promosi dan edukasi pasar. Perbaikan lain yang dilaksanakan adalah pembuatan laporan keuangan dan pembukuan menggunakan perangkat lunak akuntansi. Secara keseluruhan, Proses penerapan perbaikan penggunaan website, SEO, dan media sosial telah mencapai 70% dari total proses perbaikan sedangkan penggunaan perangkat lunak akuntansi telah mencapai 37,5% dari total proses perbaikan.

ABSTRACT
Koperasi Trashion Indonesia is a small business located at South Jakarta which core business is recycling household plastic waste. This SME recycled household trash into daily fashion product such as handbags, umbrellas, etc. Trashion?s Target segment are mostly foreigners who currently in Jakarta. Trashion have difficulties in reaching the segment because trashion only sell their product in event such as bazaar which is not occurred everyday. This SME also do not have financial report so it is difficult to analyze their financial performance. This paper will discuss strategies to use information technology to develop Trashion?s business. The proposed strategy are creating an official website, implementing Search Engine Optimization (SEO), and using social media as a mean of promotion and market education. Other improvements that will be applied are to create a financial report and transaction recording using accounting software. Overall progress of utilization of website, SEO, and Social media has reach 70% while utilization of accounting software overall progress is 37.5%
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shabryna Riskia
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan hasil analisa dari proses business coaching UMKM bidang kreatif kepada Kriya & Me. Melalui proses interview serta observasi, dihasilkan prioritas permasalahan dalam perbaikan proses bisnis UMKM yaitu permasalahan brand awareness yang minim serta penetrasi produk yang belum maksimal. Penambahan channel distribusi, meningkatkan brand awareness melalui kegiatan public relation & periklanan, memperluas market dengan menyasar wisatawan, serta penambahan variasi produk merupakan usulan model usaha yang diberikan serta disetujui oleh UMKM. Hasil dari penilitian ini adalah pemilihan channel distribusi, pengaplikasian visual merchandising sebagai sarana pengkomunikasian brand image serta menarik awareness masyarakat akan produk, dan juga pemberian strategi pricing. promosi dilakukan oleh pemilik Kriya & Me untuk meningatkan awareness masyarakat yang diharapkan dapat menarik konsumen untuk membeli produk dan meningkatkan omset perusahaan.

ABSTRACT
This thesis is the analysis result of business coaching process in Kriya & ME as a SME in craft industry. The result of interviews and observations is priority issues that need an improvement in the business processes of SMEs caused by lack of brand awareness and product penetration in the market. The addition of distribution channel, increasing brand awareness through public relations and advertising activities, expanding market segment, and creating new product variety are proposed as a new business model canvas through discussion with SMEs owner. The results of this research are the selection of distribution channels, application of visual merchandising as a tool for communicating brand image and attracting public awareness of the product, and the provision of pricing strategies. Promotion process executed by Kriya & Me hopefully will create awareness that leads market to purchase the products and increase in company's profit.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angeline Melinda Primasari
"Tesis ini merupakan hasil analisis dari kegiatan business coaching melalui proses observasi dan wawancara terhadap pemilik UKM ABC yang bergerak di bidang usaha bengkel. Berdasarkan pemetaan terhadap kondisi UKM terdapat beberapa gap antara kondisi aktual yang terjadi dengan kondisi ideal yang diharapkan, salah satunya mengenai indikator kinerja karyawan yang belum terukur secara kuantitatif. Perlunya penilaian kinerja karyawan berbasis Key Performance Indicator KPI individu merupakan usulan yang diajukan kepada Bengkel ABC.

This thesis is the result of analysis of business coaching activities through observation and interviews with SMEs ABC owners which engaged in the car service workshop business. Based on the mapping of the condition of SMEs there is some gap between the actual conditions that occur with ideal conditions expected, one of that is the indicators of the performance of employees who have not quantifiable. The need for performance appraisal based on Individual Key Performance Indicator KPI was a proposal submitted to Workshop ABC."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Valentinus Ricky Sjofyan
"ABSTRAK
Usaha Kecil-Mengengah UKM sejatinya secara konsisten berkontribusi banyak terhadap perekonomian sebuah negara. UKM menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan angka produktivitas, ekspor, inovasi dan kewirausahaan. Salah satu strategi yang menjadi pilihan kebanyakan UKM adalah strategi diferensiasi, yang dicirikan dengan produk yang unik yang sulit untuk ditiru oleh pesaing, sehingga pelanggan tidak memiliki banyak pilihan, yang mengakibatkan pelanggan tidak terlalu sensitif terhadap perbedaan harga. Dalam penelitian ini dikumpulkan 131 responden yang terdiri pemilik dan pengelola UKM untuk menganalisa strategi diferensiasi yang dikembangkan di Indonesia dan dikombinasikan dengan karakter pemilik-pengelola bisnis agar mampu menghasilkan performa perusahaan yang lebih tinggi, dan pada akhirnya menghasilkan keunggulan bersaing.

ABSTRACT
Small Medium Enterprises SMEs plays a significant role in a nation economy. They contribute by creating more employment jobs, higher production volumes, increasing export and introducing innovation and entrepreneurship skills. One of the strategies that most SMEs tend to pursue is differentiation strategy, which characterized by a unique product that is hard to imitate by competitor, resulting customer to have a less comparable alternatives and therefore they are less price sensitive. We distribute questionnaires to 131 respondents that consists of owner manager of SMEs to analyze the differentiation strategy that is implemented in Indonesia, combined with the owner manager characteristics that would result in a higher firm rsquo s performance which eventually would lead to a competitive advantage. "
2018
T49087
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aswan Satrio Baiquny
"Tren perekonomian saat ini di seluruh dunia adalah perekonomian industri yang berbasis pada aset berwujud berubah menjadi perekonomian non-wujud yang berbasis pada modal intelektual. Pemahaman tentang pengaruh modal intelektual terhadap kinerja perusahaan telah mendapat perhatian besar dalam beberapa tahun terakhir. Dalam pandangan ini, dampak berbagai komponen modal intelektual, termasuk modal manusia, struktural, dan relasional, terhadap kinerja Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode SEM-PLS dengan penyebaran non-random sampling. Dalam penelitian ini lebih memfokuskan peran dari modal intelektual, keunggulan kompetitif, kemampuan inovasi pada usaha kecil menengah khususnya di Jabodetabek. Dengan total sampling 110 responden, yang terdiri dari para pemilik, level manajerial dan karyawan yang telah lama bekerja pada usaha kecil menengah tersebut. Dalam penelitian ini juga membahas terkait peran mediasi yaitu variable keunggulan kompetitif dan kemampuan inovasi antara modal intelektual dan kinerja usaha kecil menengah. Tujuan penelitian ini agar kedepannya para pelaku usaha kecil menengah dapat menggunakan sumber daya dengan cara mengolah dan mengeksplorasi lebih cermat dengan tujuan keberlanjutan usaha nya di tengah lingkungan bisnis yang dinamis ini.

The current economic trend throughout the world is that an industrial economy based on tangible assets is changing to an intangible economy based on intellectual capital. Understanding the influence of intellectual capital on company performance has received great attention in recent years. In this view, the impact of various components of intellectual capital, including human, structural and relational capital, on the performance of Small and Medium Enterprises in Indonesia. The research method used in this research is quantitative using the SEM-PLS method with non-random sampling distribution. This research focuses more on the role of intellectual capital, competitive advantage, innovation capabilities in small and medium enterprises, especially in Jabodetabek. With a total sampling of 110 respondents, consisting of owners, managerial level and employees who have worked for a long time in these small and medium businesses. This research also discusses the role of mediation, namely the variables of competitive advantage and innovation ability between intellectual capital and the performance of small and medium enterprises. The aim of this research is that in the future small and medium businesses can use resources by processing and exploring them more carefully with the goal of business sustainability in the midst of this dynamic business environment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Faisal
"Penelitian ini membahas mengenai kinerja produksi pada usaha kecil dan menengah UKM di sektor peternakan ayam petelur Renaa Farm. Analisis dan evaluasi kinerja dilakukan dengan menggunakan model Supply Chain Operations Reference SCOR yang dikembangkan oleh Supply Chain Council SCC. Atribut kinerja yang digunakan adalah reliability dengan penilaian jumlah produk berhasil dijual dan cost yang menilai harga pokok penjualan per kilogram produk. Fokus penelitian ini adalah proses produksi hasil analisis mengindikasikan bahwa kinerja produksi di Renaa Farm masih kurang baik. Hal tersebut diakibatkan oleh banyaknya produk rusak saat produksi sehingga diperlukan perbaikan dan peningkatan pada beberapa aktivitas yang menjadi sumber permasalahan seperti kurangnya pengawasan proses produksi peralatan yang kurang baik serta motivasi karyawan yang rendah.

This research discusses the performance of production of a small and medium enterprise SME in the poultry sector Renaa Farm. Analysis of performance evaluation is conducted by using Supply Chain Operations Reference SCOR which is developed by the Supply Chain Council SCC. The performance attributes used are reliability number of units sold and cost selling price kg. The research focuses on production process and the analysis results conclude that the production performance at Renaa Farm still can be improved due to the number of faulty eggs produced. The root causes are the lack of supervision during production process inadequete equipment and employee lack of motivation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61634
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Belinda Kristy Wulandari
"Perbankan nasional berfungsi sebagai sarana pemberdayaan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi nasional, terutama UKM dan koperasi. Salah satu faktor yang membuat sistem perbankan nasional keropos adalah akibat perilaku para pengelola dan pemilik bank yang mengabaikan prinsip kehati-hatian. Commonwealth Bank dikenal sebagai PTBC merupakan anak perusahaan Commonwealth Bank of Australia dengan fokus usahanya menumbuhkan bisnis UKM. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) pengaturan prinsip kehati-hatian dalam UU Perbankan dan (2) penerapan prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit untuk UKM oleh PTBC yang dituangkan dalam perjanjian kredit. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersifat yuridis normatif. Obyek penelitian adalah prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit PTBC. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian adalah: UU Perbankan mengatur mengenai prinsip kehati-hatian dalam Pasal 2, 8, 10, 11, 29 ayat (2), (3), dan (4). Lebih lanjut, prinsip kehati-hatian tersebar dalam berbagai peraturan. PTBC melaksanakan kegiatan usahanya berdasarkan ketentuan perundang-undangan serta memiliki pedoman tersendiri dalam melaksanakan usahanya. Pelaksanaan prinsip kehati-hatian yang diaplikasikan dalam perjanjian kredit oleh PTBC mencakup: kewajiban penyusunan dan pelaksanaan perkreditan, batas maksimum pemberian kredit, penilaian kualitas aktiva, sistem informasi debitur, penerapan prinsip mengenal nasabah.

National bank functions to empower people and all of the national economy, especially small and medium enterprises (SMEs) and cooperatives. One factor that makes the national banking system loss is due to the behavior of bank managers and owners who ignore the prudential principle. Commonwealth Bank known as PTBC is a subsidiary of Commonwealth Bank of Australia focus on growing SME business. This study aims to find out (1) regulation of the prudential principle in the Banking Act and (2) application of the principle of prudential banking in SMEs lending by PTBC set forth in the credit agreement. This research is a normative juridical literature. Object of research is the principle of prudence in lending PTBC. Data collected with the documentation and interviews.
The result is: the Banking Act regulating the prudential principle in Article 2, 8, 10, 11, 29 paragraph (2), (3), and (4). Furthermore, the principle of prudential are regulated in various laws. PTBC will conduct its operations under the provisions of the legislation and has its own guidelines in conducting its business. Implementation of the precautionary principle is applied in the credit agreement by PTBC include: the preparation and implementation of credit obligations, legal lending limit, the assessment of asset quality, debtor information system, the application of the principle of Know Your Customer.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2012
S1196
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>