Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 982 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aris Wahyudi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor latar belakang pendidikan peserta, sebagai bagian dari karakteristik peserta, kemampuan instruktur, proses interaksi belajar mengajar dan ketersediaan fasilitas pelatihan dengan tingkat keberhasilan dalam mengikuti uji keterampilan bagi calon TKI bidang penatalaksana rumah tangga. Di samping itu, juga untuk mengetahui seberapa jauh efektivitas pelatihannya, ditinjau dari tingkat reaksi peserta dan tingkat hasil belajar. Hal ini didasari kenyataan adanya disparitas masukan dan proses penyelenggaraan pelatihan antar BLK-LN.
Unit analisis penelitian ini adalah individu peserta uji keterampilan, dengan sampel sejumlah 80 orang yang terpilih dari penarikan secara berkelompok sederhana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kombinasi dari teknik angket, observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Sedangkan untuk melakukan analisis data digunakan teknik korelasi dan regresi baik sederhana, parsial maupun berganda.
Secara umum hasil penelitian menjelaskan bahwa berdasarkan analisis korelasi dan regresi sederhana, keempat faktor yang dipilih dalam penelitian ini, memiliki derajat keeratan hubungan yang signifikan dengan nilai skor uji keterampilan. Sedangkan berdasarkan atas analisis korelasi parsial dan analisis regresi berganda, temyata proses interaksi belajar mengajar, tidak menunjukkan adanya pengaruh dan kontribusi yang signifikan dengan nilai skor uji keterampilan, sedangkan ketiga lainnya signifikan menentukan nilai skor uji keterampilan sebesar 78,1 %. Dari analisis efektivitas pelatihan dapat dijelaskan bahwa tingkat reaksi dan tanggapan peserta terhadap isi dan proses pelatihan di BLK-LN Aji Ayah Bunda Sejati sebesar 92,1 % dari kriteria yang ditentukan, atau berada pada posisi mendekati sangat baik. Sedangkan tingkat belajar, dijelaskan bahwa pelatihan telah secara efektif meningkatkan pengetahuan dan kemampuan belajar sebesar 41,8 %.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan akan menjadi acuan dalam melakukan perbaikan kinerja BLK-LN, yaitu penyempurnaan .fasilitas pelatihan yang ada di BLK-LN dan rekrutmen calon peserta yang memenuhi standar minimal oleh perusahaan pengerah jasa TKI."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T9864
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darma Setiawan
"Penilaian tingkat kesesuaian program pelatihan merupakan salah satu cara untuk mengukur efektivitas program pelatihan. Pendapat peserta terhadap program pelatihan yang diikuti mereka dapat dijadikan ukuran untuk menentukan efektivitas program pelatihan. Faktor-faktor program pelatihan yang dinilai adalah: kurikulum, persyaratan peserta, materi instruksional, peralatan, bahan, persyaratan instruktur, metode pelatihan, dan evaluasi peserta pelatihan.
Penilaian dilakukan juga terhadap persepsi peserta tentang manfaat pelatihan bagi pelaksanaan tugas/pekerjaan dan prestise mereka. Instrumen penelitian yang dipakai adalah kuestioner. Data yang diperoleh ditabulasikan dan dideskripsikan berdasarkan analisis univariat, dan analisis korelasi digunakan untuk mengukur intensitas hubungan antara variabel kurikulum, persyaratan peserta, materi instruksional, serta peralatan dan bahan pelatihan sebagai kelompok variabel independen dengan manfaat pelatihan sebagai variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta pelatihan yang mengatakan setuju dengan manfaat pelatihan cenderung masih ragu terhadap materi instruksional dan sistem evaluasi pelatihan di BLIP CEVEST. Hasil analisis korelasi juga menunjukkan bahwa diantara hubungan variabel manfaat pelatihan dengan variabel lain, ternyata variabel kesesuaian kurikulum mempunyai hubungan yang paling kuat dengan manfaat pelatihan.
Impiikasi dari hasil studi ini adalah bahwa upaya untuk meningkatkan utilitas peserta terhadap program pelatihan dapat dilakukan melalui penyusunan kurikulum pelatihan yang mencerminkan kebutuhan peserta. Tentu saga kurikulum bukan merupakan variabel yang secara independen dapat menjelaskan variabilitas persepsi peserta terhadap manfaat pelatihan. Ketersediaan sarana dan prasarana pelatihan di BLIP CEVEST tetap merupakan salah satu prasyarat, disamping kemampuan peserta yang didasarkan atas seleksi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Goad, Tom W.
"A primary, concise guide to the basics of training for managers, supervisors, team leaders, or anyone who needs to learn to train. The focus is on the critical elements of training, so that readers can learn the basics in just a few hours. Real-world examples make the lessons clear."
New York: American Management Association, 1997
e20440753
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Hijriyati Cucuani
"Setiap perusahaan memiliki tujuan. Samna bagian di perusahaan, memiliki peranan dalam mencapai tujuan tersebut. Setiap bagian berusaha untuk memberikan output yang menjadi tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin karena output dari setiap bagian akan menjadi input bagi bagian lainnya. Apabila suatu bagian tidak mampu menghasilkan output sesuai dengan yang diharapkan, maka bagian Iainnya juga akan terkena dampaknya. Sehingga, apabila terjadi masalah di suatu bagian pada perusahaan, hendaknya segera diselesaikan dengan cepat dan tepat agar tidak sampai merugikan perusahaan.
Masalah di dalam Divisi Administrasi Keuangan PT. X mengakibatkan Divisi tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan Divisi lain dalam mencapai tujuan perusahaan. Masalah yang terjadi pada Divisi ini antara lain; cara kerja karyawan yang kurang teliti dan tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak memiliki pengetahuan yang dibutuhkan pada pekerjaannya dan kurang dapat bekerja sama dengan baik. Sebagian besar karyawan Divisi tersebut memang merupakan lulusan SMU yang belum memiliki pengalaman bekerja. Sehingga pengetahuan, keterampilan dan kemampuannya menyelesaikan togas dengan baik masih kurang. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan adalah dengan memberikan pelatihan.
Pelaksanaan pelatihan membutuhkan uang, biaya dan tenaga. Agar tidak sia-sia, sebelum memberikan pelatihan pada karyawan, hendaknya dilakukan analisis kebutuhan pelatihan. Dengan demikian, akan akan diketahui apakah pelatihan memang dibutuhkan. Jika benar, maka dapat diketahui pelatihan apa yang dibutuhkan dan siapa yang membutuhkan pelatihan tersebut. Analisis kebutuhan pelatihan terdiri dari tiga tahapan, yaitu analisis organisasi, analisis tugas dan analisis personalia. Dengan dilakukannya analisis kebutuhan pelatihan, pelatihan yang diberikan akan lebih terarah dan berguna."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T17420
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mikula, Jim
"Sales Training focuses on three key skills that all sales professionals must havethinking, communicating, and networking. Use this book to deliver fast-paced, productive sessions and build skills that translate into results."
Alexandria, VA: American Society for Training and Development Press;, 2004
e20438796
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"How do you know that your HR or training department has accomplished its objectives? A training scorecard enables you to evaluate your programs subjectively and standardize the tracking process. Implementing Training Scorecards features eight powerful case studies that illustrate how to use and implement training scorecards."
Alexandria, VA: [American Society for Training and Development Press;, ], 2003
e20438745
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Johnson, Jennie
"A strong ethics training program is no longer a nice to have feature for organizations. Strong ethical standards have become a business survival imperative. This issue provides a model for understanding ethics along with practical ways to raise ethics awareness in your organization. It provides baseline information and tools to make ethics development part of professional development plans for all areas of practice in your organization. A case study is provided to encourage discussion and a seven-step job aid to help you filter discussions and make the right ethical choices."
Alexandria, VA: [American Society for Training and Development Press;, ], 2004
e20438722
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Oberstein, Sophie
"Getting butts in seats is not a measure of success nor is it a guarantee that your messages will be heard. Beyond Free Coffee & Donuts will help you get the word out. Understand what motivates customers (both external and internal), develop a successful marketing campaign, and learn the essentials for garnering attention and promoting retention."
Alexandria, VA: [American Society for Training and Development Press;, ], 2003
e20438663
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Williamson, Bobette Hayes
"Assess, design, deliver, and evaluate training that is right for every employee. As the global marketplace expands, the need for a flexible, well-trained workforce grows with it. Training employees to master business-critical skills has become a baseline requirement for managerial success. This book provides the tools and techniques to assess, design, deliver and evaluate training that is right for every employee. Based on a four-part training process, this book provides cases, exercises, worksheets and planning forms that make the learning immediate and dynamic and allow you to assemble the elements of your own training programs as you progress through the course. You will learn how to: ? Link training to short-term job requirements and the strategic needs of the business ? Collaborate effectively with training professionals before, during, and after training ? Determine the training needs of your employees ? Describe training objectives and measures ? Design a training program and create and use lesson plans for dynamic instruction ? Apply proven principles of adult learning throughout the training process ? Present both on-the-job and classroom training ? Support the transfer of learning from the training session back to the job ? Evaluate the effectiveness of training. This is an ebook version of the AMA Self-Study course. If you want to take the course for credit you need to either purchase a hard copy of the course through amaselfstudy."
New York: [American Management Association;, ], 2007
e20437020
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Sugar, Steve
"Eleven classroom-tested games that can be mixed, matched, and modified for any training objective.
Facilitate and evaluate your learning game play with the right combination of paper exercises, card games, board games, and unconventional activities that require a variety of unique props. Training Games provides a convenient game-use matrix to help you select the best games for your objectives."
Alexandria, Virginia: American Society for Training & Development, 2006
e20441282
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   3 4 5 6 7 8 9 10 11 12   >>