Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 80 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fendarni Werdiyanti
"ABSTRAK
Dari hasil analisis yang dilakukan, diketahui bahwa Bengkel Nusantara Motor masih dipersepsikan serupa dengan empat bengkel pesaing terdekatnya di Kelurahan Cijantung. Kondisi tersebut memungkinkan konsumen memiliki kecenderungan untuk lebih memilih bengkel lain dalam melakukan perawatan dan perbaikan motornya dibandingkan langsung memilih Bengkel Nusantara Motor. Sesuai dengan pernyataan para ahli bahwa konsumen akan lebih tertarik pada perusahaan yang memiliki perceived value yang lebih tinggi, oleh karena itu Bengkel Nusantara Motor diharapkan mampu menegaskan perceived value konsumen melalui komunikasi pemasaran agar dipersepsikan berbeda dengan keempat bengkel pesaing terdekatnya. Komunikasi pemasaran tersebut dilakukan dengan menegaskan value ahli yang didapatkan dari hasil analisis positioning Bengkel Nusantara Motor dan pesaingnya. Terkait jasa perawatan dan perbaikan motor serta value ahli yang intangible, MBT Marketing Based Tangibilization merupakan aktivitas pemasaran yang dapat dilakukan guna meningkatkan kesan tangibility dari jasa yang ditawarkan Bengkel Nusantara Motor. Melalui beberapa tahapan analisis, terdapat 11 aktivitas MBT yang dapat dilaksanakan di Bengkel Nusantara Motor dan telah dirumuskan dalam Launch Plan Program Tangibilisasi. Dengan demikian, untuk membantu Bengkel Nusantara Motor dalam merumuskan aktivitas komunikasi pemasaran guna menarik lebih banyak new customers, dapat disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran dengan metode MBT yang menegaskan value ahli, dapat diterapkan di UKM Bengkel Nusantara Motor.

ABSTRACT
From the results of the analysis conducted, known that Bengkel Nusantara Motor is still perceived similar to the four nearest competitors at Kelurahan Cijantung. This condition allow customers to have a tendency to prefer other workshops in performing maintenance and repair of their motorcycle than directly select Bengkel Nusantara Motor. In accordance with the statement od experts that consumer will be more interested in a brand that has a higher perceived value, therefore Bengkel Nusantara Motor is expected to affirm the perceived value of consumers through marketing communications to be perceived differently from the closest competitors. Marketing communication is done by affirming the value of experts that was obtained from the positioning analysis of Bengkel Nusantara Motor and its competitors. As the motorcycle maintenance and repair service is intangible as well as the expert value, MBT Marketing Based Tangibilization is a marketing activity that can be done to improve the tangibility impression of services offered by Bengkel Nusantara Motor. Through several stages of analysis, there are 11 MBT activities that can be implemented at Bengkel Nusantara Motor and has been formulated in Launch Plan Program Tangibilisasi. Thus, to assist Bengkel Nusantara Motor in formulating marketing communication activities to attract new customers, it can be concluded that marketing communication through MBT that affirm the value of experts, can be applied in SME Bengkel Nusantara Motor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tatiana Kanisha Diamira
"Berkembangnya financial technology di Indonesia telah melahirkan alternatif pendanaan baru bagi UMKM, yaitu melalui peer to peer lending P2P lending . P2P lending mempermudah UMKM untuk dipertemukan dengan pemberi pinjaman. Bagi pemberi pinjaman, keberadaan P2P lending disebut juga sebagai alternatif investasi baru.
Penelitian ini membahas mengenai pengaturan P2P lending berdasarkan hukum di Indonesia dan tanggung jawab hukum para pihak yang terlibat dalam pendanaan pinjaman pada P2P lending. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis-normatif, dengan tipologi penelitian yang menitikberatkan pada sifat eksplanatoris.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaturan P2P lending di Indonesia berpedoman pada POJK dan KUHPER. Pada praktiknya, pelaksanaan dari aturan-aturan tersebut dilakukan penyesuaian. Kemudian, oleh karena di POJK tidak diatur secara rinci mengenai hak dan kewajiban yang harus diatur pada perjanjian, tanggung jawab hukum yang diemban oleh para pihak juga berbeda-beda di tiap penyelenggara. Akan tetapi, pada praktiknya, pemberi pinjaman tidak mengetahui tanggung jawab hukumnya terhadap penerima pinjaman.

The development of financial technology in Indonesia has created a new alternative funding resource for small and medium enterprises SME , which called peer to peer lending P2P lending. P2P lending has made it easier for SME to get connected with the potential lender or funder. On the lender rsquo s side, the presence of P2P lending also called as the new alternative investment method.
This thesis discusses about the P2P lending regulation based on Indonesian law and the legal responsibilities of the parties involved in the credit funding through P2P lending host. The research method used in this study is juridical normative, with the typology focuses on the explanatory nature.
The result of this study shows that P2P lending in Indonesia regulated by Financial Services Authority of Indonesia Rules and Civil Code of Indonesia. In practice, there are several adjustments in the implementation of those rules. Furthermore, because of the unspecified regulation, each party holds different legal responsibilities when involved in credit funding through different P2P lending host. Yet, in practice, the lenders usually remain unknown of their legal responsibilities towards the borrower whom they lend their money to.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2017
S69327
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novita Permatasari
"UKM berperan penting dalam ekonomi Indonesia. UKM menciptakan lapangan pekerjaan, produk, dan jasa yang berkontribusi dalam berbagai industri di Indonesia. Tesis ini membahas mengenai perhitungan proyeksi penjualan produk baru PT Duta Karya Mandiri yang bergerak di industri manufaktur. Proyeksi perhitungan produk baru ini dilakukan untuk mengetahui uji kelayakan produk baru dan proyeksi penjualan produk baru yang akan dirilis oleh UKM. Dengan mengetahui uji kelayakan dan proyeksi perhitungan penjualan ini, PT Duta Karya Mandiri dapat mengetahui apakah proyek dapat diterima dan keuntungan yang dihasilkan untuk menambah pemasukan PT Duta Karya Mandiri.

SME has an important role in the economic sector in Indonesia. SME creates job opportunities, products, and services which contributes in many industry in Indonesia. This paper discuss about the capital budgeting and business forecast of the sales of new product by PT Duta Karya Mandiri which is from the manufacturing industry. The calculation of this new product is done to know the feasability of the new product and the sales forecast of the new product that will be released by the SME. By knowing the feasability test and the sales forecast, PT Duta Karya Mandiri can learn whether the project is accepted and the profit earned to add income for PT Duta Karya Mandiri itself.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T49926
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Suprayogi
"ABSTRAK
Tesis ini akan membahas mengenai business coaching yang penulis lakukan dengan CV. Azka Syahrani yang merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM yang memproduksi busana muslim dengan 2 merek yaitu Azkasyah dan Al-Azqila. Pada tesis ini penulis akan berfokus pada merek utama dari CV. Azka Syahrani yaitu Azkasyah yang memproduksi busana muslim sarimbit untuk keluarga. Tujuan dari tesis ini adalah memperbaiki dan mengembangkan promosi online dan memperbaiki skema agen/reseller. Data yang didapat dari hasil business coaching diolah dengan menggunakan analisis marketing mix, analisis SWOT, analisis TOWS, analisis porter five forces dan analisis gap. Hasil yang diperoleh dari business coaching ini adalah promosi online yang berkembang dengan adanya perbaikan dari sisi website, media sosial Facebook dan Instagram dan skema agen/reseller dari Azkasyah.

ABSTRACT
This thesis discusses about business coaching conducted by writer and CV. Azka Syahrani, SMEs that produce muslim fashion, there is 2 brands that they have, Azkasyah and Al Azqila. In this tesis, writer will be focus on Azkasyah brand who produce a sarimbit muslim clothing for family. The aim of this thesis is to improve and develop the online promotion and to improve scheme of the agent reseller that Azkasyah already have. The data from business coaching is processsed using marketing mix analysis, SWOT analysis, TOWS analysis and gap analysis. The results obtained from business coaching are the the developed of online promotion from their website, social media Facebook and Instagram and the agent reseller scheme of Azkasyah."
2018
T50522
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Iqbal
"Pengembangan produk baru (new product development, NPD) merupakan hal yang penting bagi sebuah perusahaan. NPD dilakukan oleh perusahaan besar (large enterprise) maupun perusahaan mikro, kecil, dan menengah (UMKM, SME). Namun masih terdapat tantangan dalam tingkat keberhasilan NPD. Penelitian terdahulu mengidentifikasi bahwa proses NPD berperan penting dalam keberhasilan NPD. Proses NPD yang dikelola dengan baik merupakan satu faktor kunci keberhasilan NPD. Situasi yang berbeda antar organisasi menyebabkan proses NPD perlu dirancang untuk dapat secara spesifik memenuhi kebutuhan organisasi tersebut. Penelitian ini dibuat untuk memodelkan perancangan proses NPD yang ditujukan untuk technology-based SME. Fokus pada technology-based SME adalah karena kontribusi SME yang signifikan terhadap pendapatan dan penyerapan tenaga kerja, serta adanya sumberdaya yang kurang memadai yang menjadi tantangan bagi organisasi technology-based.
Penelitian ini memasukkan tiga aspek penting perancangan proses NPD ke dalam suatu model, dengan memperhatikan hal yang diperlukan dalam perancangan proses NPD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah literatur, wawancara, serta studi kasus. Setelah menganalisis fenomena dan menentukan tujuan penelitian, dilakukan pembangunan model berdasarkan studi literatur. Hasil dari studi literatur adalah bahwa terdapat tiga aspek yang diperlukan dalam merancang proses NPD, yaitu metode perancangan proses NPD, fokus proses, dan representasi proses. Fokus proses adalah perancangan proses NPD berbasis hybrid agile – stage-gate. Selanjutnya dilakukan verifikasi dengan wawancara. Untuk mendapatkan validasi empiris, maka dilakukan studi kasus. Model diimplementasikan pada sebelas project NPD dengan produk yang beragam. Perancangan proses NPD mengikuti prosedur yang dibuat berdasar model yang dikembangkan. Proses NPD rancangan kemudian dievaluasi dengan melakukan perbandingan dengan proses NPD yang saat ini dilakukan pada project tersebut.
Hasil dari implementasi model adalah rekomendasi proses NPD pada technology-based SME. Proses NPD ini dibuat dengan mempertimbangkan risiko, menganalisis aktivitas, menentukan karakteristik iterasi dan tinjauan, menganalisis aspek implementasi hybrid agile – stage-gate, kemudian direpresentasikan sebagai sebuah proses NPD. Risiko utama yang bervariasi pada setiap project, beberapa project menghadapi risiko market, beberapa menghadapi risiko operasional dan teknis, schedule dan supplier. Karakter utama proses yang berhasil dirancang diantaranya adalah penekanan pada aspek supply, pada design yang berbiaya produksi rendah, pada analisis stakeholder, pada feedback pengguna, dan pada analisis industrial design.
Secara keseluruhan, studi ini menghasilkan sebuah model perancangan proses NPD yang dapat membantu organisasi merancang proses NPD yang relevan dengan situasi yang dihadapinya. Model ini perlu dipandang bukan hanya sebagai cara untuk memperoleh dokumen ‘prosedur’ proses NPD; namun sebagai sebuah sarana memperoleh rancangan proses NPD untuk mendukung keberhasilan pengembangan produk.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Veranita Br
"Tesis ini membahas tentang pelaksanaan business coaching yang dilakukan penulis dengan Smart Kid, UKM yang memproduksi mainan edukasi yang terbuat dari kayu. Tujuan utama dari tesis ini adalah pengembangan model bisnis lama menjadi model bisnis baru dengan fokus utama menyelesaikan permasalahan utama dari kegiatan bisnis UKM.
Pengembangan model bisnis yang dilakukan adalah efisiensi proses produksi, manajemen sumber daya manusia, mengatasi permasalahan pada lingkungan kerja dan meningkatkan brand awareness pada masyarakat. Pengembangan ini bertujuan guna mengurangi tingkat keterlambatan produksi sehingga UKM dapat meningkatkan pangsa pasar.
Hasil yang diperoleh dari tesis ini adalah model bisnis yang baru, efisiensi proses produksi sebesar 48%, standard operating procedure (SOP), sistem administrasi yang saling terintegrasi, perubahan sistem kompensasi, tindakan pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja (K3), perubahan nama dan logo UKM, pembuatan website dan media sosial.

This thesis discusses about business coaching process conducted by writer and Smart Kid, SMEs that produce educational toys made of wood. The main objective of this thesis is the development of old business model into a new business model, with main focus to solve the major problem from SME business activities.
The business model development consists of production processes efficiency, human resource management, working environment and increase brand awareness. The purpose of the development is to reduce the production delay time, to enable SMEs to increase their market share.
The results of this thesis are new business model, production process efficiency about 48%, standard operating procedure, integrated administration system, changes of compensation system, health and safety preventive action, changes of brand name and logo, website and social media.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melyza
"UMKM merupakan pilar terpenting perekonomian Indonesia. Berdasarkan data, jumlah UMKM pada tahun 2018 mencapai 64,2 juta, dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun. UMKM didominasi oleh pelaku usaha mikro yang mencapai 98,68% dengan tenaga kerja sekitar 89%. Jumlah usaha mikro pada tahun 2019 mencapai 64,6 juta. Sebanyak 798,9 ribu unit merupakan usaha kecil, dan 65 ribu unit merupakan usaha menengah. Usaha kecil termasuk yang paling terpukul oleh krisis COVID-19. Pandemi COVID-19 berdampak besar terhadap kelangsungan usaha usaha mikro dan kecil. Penelitian ini menganalisis dampak keuangan, sosial, dan modal manusia terhadap kelangsungan usaha mikro dan kecil (UMK) di DKI Jakarta selama COVID-19 dengan mengkaji akses keuangan, kepercayaan pada jaringan, modal sosial internal, modal sosial eksternal, dan modal manusia sebagai indikator. Kuesioner terstruktur online digunakan untuk mengumpulkan data dari 150 pemilik usaha mikro dan kecil (UMK) di DKI Jakarta, dan data dianalisis melalui analisis korelasi dan regresi menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akses keuangan, kepercayaan pada jaringan, modal sosial internal, dan modal sosial eksternal mempengaruhi kelangsungan hidup UMK, sedangkan modal manusia tidak mempengaruhi kelangsungan hidup UMK. Kajian ini dinilai bermanfaat bagi usaha mikro dan kecil di DKI Jakarta untuk mengembangkan usahanya dengan menitikberatkan pada faktor-faktor utama yang mempengaruhi kelangsungan hidup UMK.

MSMEs are the most important pillars of the Indonesian economy. Based on data, the number of MSMEs in 2018 reached 64.2 million, with a contribution to GDP of 61.07% or Rp. 8,573.89 trillion. MSMEs are dominated by micro business actors who reach 98.68% with a workforce of around 89%. The number of micro-enterprises in 2019 reached 64.6 million. A total of 798.9 thousand units are small businesses, and 65 thousand units are medium enterprises. Small businesses are among the hardest hit by the COVID-19 crisis. The COVID-19 pandemic has had a major impact on the viability of micro and small businesses. This study analyzes the impact of financial, social, and human capital on the sustainability of micro and small enterprises (UMK) in DKI Jakarta during COVID-19 by examining financial access, trust in networks, internal social capital, external social capital, and human capital as predictors. An online structured questionnaire was used to collect data from 150 micro and small business owners (UMK) in DKI Jakarta, and the data were analyzed through correlation and regression analysis using IBM SPSS 26 software. The results showed that access to finance, trust in networks, internal social capital , and external social capital affects the survival of MSEs, while human capital does not affect the survival of MSEs. This study is considered useful for micro and small businesses in DKI Jakarta to develop their businesses by focusing on the main factors that affect the survival of MSEs"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tenuta, Paolo
"This book introduces readers to the main types of corporate sustainability practices. The first section examines both the ratings provided by international agencies and the various ESG (Environmental, Social and Government) indexes existing at 2021. In turn, the second part empirically investigates the relationship between the level of corporate sustainability and corporate financial performance among the large companies listed on the Milan Exchange FTSE-MIB 40 index for 2015-2019.
The book offers a comprehensive overview of current sustainability concepts and practices and illustrates how various companies are seeking to integrate them in their competitive strategy. Further, it fills a gap in the extant literature by analysing the origins, historical evolution and structure of the main rating agencies and ESG indexes. In addition, the empirical analysis of corporate sustainability’s impact on companies’ financial performance reveals the importance of collegial leadership – a commonly found feature of Italian family businesses that has not been considered in previous studies – as a moderating factor for reconciling sustainability initiatives and performance at family-run firms."
Switzerland: Springer Cham, 2022
e20550527
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Shi Yunzi
"Seiring dengan perkembangan globalisasi ekonomi yang berkelanjutan, jumlah UKM/Start-up meningkat dengan munculnya industri-industri baru di Timur. Sebagai perusahaan yang berkembang pesat, UKM/Start-up menghadapi salah satu kesulitan terbesar dalam pembiayaan. Utang Ventura, produk pembiayaan baru yang menggabungkan Ekuitas dan Hutang, memberikan arah baru bagi UKM/Startup untuk meningkatkan daya saing di pasar. Bagi bank, risk tolerance adalah rendah dikarenakan dana yang dihimpun berasal dari publik. Apakah utang yang berisiko dianggap layak oleh bank telah menjadi topik yang patut dipelajari. Dengan asumsi Utang Ventura bank dianggap layak, apakah dampak Utang Ventura bank terhadap UKM/Start-up? Untuk mengetahui lebih jauh tentang apakah Utang Ventura layak untuk Bank dan Utang Ventura dan bagaimana pengaruhnya terhadap UKM/Startup, riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif, tinjauan literatur dan teori, serta wawancara personal terkait UKM/Start-up, analisis rinci Kelayakan Utang Bank Ventura, sejalan dengan analisis karakteristik atas Utang Ventura bank SME/Start-up terhadap kinerja SME/Startup. Sementara itu, berdasarkan analisis kondisi nasional Indonesia, riset ini mengedepankan kelayakan dan solusi utang usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Utang Ventura bank adalah layak dan Utang Ventura berdampak positif bagi UKM/Start-up. Sementara itu, perkembangan Utang Ventura bank membutuhkan dukungan lebih dari pemerintah untuk kondisi nasional Indonesia.

With the continuous development of economic globalization,the number of SME/Statsup has increased with the rise of emerging industries in the East. As a fast-developing enterprise, SME/Startup has been facing one of the biggest difficulties in financing. Venture Debt, a new financing product combining Equity and Debt, provides a new direction for SME/Startup to increase competitiveness in the market. For the banks, the risk tolerance is low because the funds come from the public. Whether risky debt is feasible for banks has become a topic worth studying. Assuming Bank Venture Debt is feasibility , what impact will Bank Venture Debt have on SME/Startup? In order to know more about Venture Debt has feasibility for whether Banks and Bank Venture Debt affect SME/Startup, this paper will through qualitative research method, literature review and theory, as well as to the SME/Startup related personnel interview, detailed analysis of Bank Venture feasibility of Debt, and according to the analysis of the characteristics of the SME/Startup Bank Venture Debt for SME/Startup performance impact. At the same time, based on the analysis of Indonesia's national conditions, this paper puts forward the feasibility and solutions of venture debt. The results show that Bank Venture Debt is feasible and Bank Venture Debt will have a positive impact on SME/Startup. At the same time, the development of Bank Venture Debt needs more support from the government for Indonesia's national conditions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vivian Lee
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi dan penghematan biaya pada proses produksi sehingga dapat memberikan nilai tambah dan mengurangi opportunity lost bagi UKM W&L Home Industry, Tangerang yang bergerak di industri tekstil dan pakaian jadi. Data penelitian yang digunakan adalah data laporan historis penjualan dari Januari 2016 hingga Desember 2019, dan secara spesifik melakukan analisis pada periode tahun 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan wawancara secara daring, observasi lokasi, serta dari berbagai jurnal, buku penunjang, dan internet untuk melengkapi proses penelitian yang di teliti. Metode penelitian ini memanfaatkan teknik peramalan permintaan kuantitatif deret waktu yaitu moving average, weighted moving average, exponential smoothing, holt’s model, dan winter’s model, serta metode EOQ dalam melakukan analisis peramalan permintaan untuk mendukung pengendalian bahan baku utama produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode exponential smoothing α = 0.3 merupakan metode terbaik dan tepat dengan kondisi UKM W&L karena memiliki nilai kesalahan (error) terkecil yaitu MAD senilai 4120 dan MSE sebesar 23.139.777. Dalam pengendalian bahan baku utama produksi dengan metode EOQ menghasilkan besarnya jumlah pesanan optimum (Q*) adalah 1.364 kg/order, frekuensi pemesanan dilakukan sebanyak 17 kali dalam satu tahun dengan interval pemesanan 21 hari dan dalam penerapannya dapat mengkombinasikan periode pemesanan satu bulan sekali di bulan Januari – Juli dan dua minggu sekali pada bulan Agustus - Desember, serta terdapat penghematan biaya sebesar 22% per tahun atau senilai dengan Rp 297.122.880/tahun. Selain itu, penelitian ini memberikan prediksi prakiraan permintaan pakaian jadi di tahun 2023 – 2025 bagi UKM W&L dengan memanfaatkan teknik exponential smoothing α = 0.3 dan metode EOQ yang menunjukkan terdapat penghematan biaya sebesar 21% per tahun untuk periode tahun 2023 dan 2024 serta sebesar 23% per tahun pada tahun 2025.

This study aims to determine the efficiency level and cost savings in the production process to add value and reduce the opportunity lost of W&L Home Industry, Tangerang which operates in the textile and apparel industry. This study uses the sales report of W&L Home Industry between 2016 and 2019, particularly analyzing the sales data of the year 2019. Data of this study are obtained through various resources such as online interviews, location observation, journals, supporting books, and the internet. As for the research method, this study used the time series quantitative demand forecasting techniques, namely the moving average, weighted moving average, exponential smoothing, holt’s model, winter’s model, and the EOQ method in conducting the analysis of demand forecast to control the main raw materials. The results show that the exponential smoothing method with α = 0.3 is the best and most appropriate method for UKM W&L since it has the minimum error value, MAD of 4120 and MSE of 23.139.777. In the raw material for production control using the EOQ method, the optimum order quantity (Q*) is 1,364 kg/order, the frequency of orders is 17 times a year (interval 21 days) with an order period once a month in January - July and once every two weeks in August - December, and there is a cost savings of 22% per year or equivalent to IDR 297.122.880/year. In addition, this study provides a prediction of the demand for W&L SMEs in 2023-2025 using the exponential smoothing technique α = 0.3 and the EOQ method. It shows that a cost savings of 21% per year for the periods 2023 and 2024 also 23% per year by 2025."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8   >>