Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1916 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Clark, Ruth Colvin
"Thanks to a growing body of research evidence, we've learned a great deal in the last 20 years about which methods really work when training people. Yet many trainers still use time-honored methods and assume they work -- despite recent evidence to the contrary.
Whether you're a classroom instructor, training manager, or designer of e-learning, your training will be more effective when you base your methods on evidence. With this book as your guide, you can thoroughly incorporate evidence and learning psychology into your program design, development, and delivery decisions. You'll save your organization time and money wasted on training fads that don't work, and invest resources more productively in proven training methods."
Alexandria, Virginia: American Society for Training & Development, 2010
e20441061
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Irwan Susanto Gani
"Dalam menyongsong era teknologi seperti saat ini, seseorang perlu untuk belajar setiap saat, kapan pun juga. Para profesional memerlukan pengetahuan baru dan keahlian seiring dengan langkah cepat perubahan dalam dunia kita. Hal ini dimungkinkan dengan adanya kolaborasi antara teknologi dan koneksi ke World Wide Web. Perkembangan ini semakin cepat dengan berkembangnya kemampuan untuk menghasilkan dan mendistribusikan Digital Content, untuk mengajar dan memberikan fasilitas pengajaran dan diskusi secara On-line, dan untuk bekelja dalam kelompok yang tersebar. Semua faktor tersebut dapat menciptakan suatu kondisi pengaJaran yang kokoh dan pendidikan yang dihadirkan secara On-line.
Thesis ini akan membahas penerapan collaborative learning dalam proses pengajaran. Pembahasan akan dimulai dari komponen-komponen pendukung kolaborasi, serta perangkat lunak pendukungnya. Model yang ditawarkan akan diarahkan kepada solusi yang dapat memberikan pengajaran yang mendukung kolaborasi secara menyeluruh. Di Indonesia sendiri model ini masih harus mempertimbangkan faktor infrastruktur jaringan yang ada.

In technology era like this time being, people need to learn in anytime and anywhere. Professionals need new knowledge and skill along with technology change in our world. It could be happened with colaboration between technology and World Wide Web connection. This pace becomes faster since there is capability to deliver and distribute Digital Content, to teach and deliver pedadogical facility, and have an on-line discusion, and to work in team. All of those factor above could create a condition for a strong and good quality of online learning.
This Thesis will discuss about collaborative learning in learning proses. First, it will discuss about collaboration component and the software. The model that being proposed will give a solution for an integrated collaboration. In Indonesia, it still have to consider the network infrastucture.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2001
T40414
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Myers, Judith Gillespie
"Are you disappointed to find out that your learners can't retain what you taught? Don't let your many hours of preparation time, and well presented materials go down the drain. Here are five simple steps to help you capture your learner's attention and keep it, organize and group formation for maximum retention, use mnemonic devices to enhance learner memory, use rehearsals to improve retention, and enhance transfer of learning."
Alexandria, VA: [American Society for Training & Development Press;, ], 2005
e20435719
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hairil Anwar
"BPK RI terus meningkatkan perannya melalui audit kinerja yang di dalam proses pengembangannya terjadi pembelajaran organisasional, individual dan interaksi dengan auditee. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan dinamika sistem kuantitatif dengan menggunakan konsep Learning Linkage (Kim, 1993). Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi oleh individu pada pembelajaran individual selain terhadap respon lingkungan (Kim, 1993), juga dilakukan terhadap tindakan individu dan organisasi. Peningkatan pembelajaran individual merupakan pengungkit dalam sistem penyelarasan pembelajaran untuk pengembangan audit kinerja, diperlukan pengelolaan terhadap hambatan pembelajaran utamanya hambatan pada tindakan organisasi dan tindakan individu. Untuk menguatkan dampak pelatihan audit kinerja dalam pembelajaran individual melalui pendidikan dan pelatihan, perlu melibatkan bimbingan berupa coaching dan mentoring serta penerapan dalam praktik audit kinerja. Dalam sistem penyelarasan pembelajaran, penggunaan respon lingkungan untuk pengembangan rencana audit merupakan koreksi berdasarkan sistem penyelarasan pembelajaran.

Supreme Audit Board of Republic of Indonesia continues to enhance its role through the Performance Audit. In the process of Performance Audit development, organizational learning, individual learning and interaction with the auditee are occured. Research using qualitative and quantitative system dynamics approaches. Conception used is Learning Linkage (Kim, 1993). The results showed that learning begins from the individual observations are not just limited to the observation of environment response but also to the actions of individual and organization. Increased individual learning is leverage in learning allignment system for performance audit development. Learning barriers management is required especially barriers in organizational action. To enhance the outcome of training, training should involve mentoring, coaching and field audit practice. Considering environmental response for audit plan is a system correction based on learning alingment system."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
D2177
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Suyitno
"Teaching Indonesian for Foreign Learners or Indonesian as a Foreign Language (IFL) is different from teaching Indonesian as a first language. The differences are due to the characteristics of the learners. IFL learners generally are adults who have language and cultural background and learning style different from those Indonesian learners have. These differences demand IFL teachers and instructors to prepare teaching-learning materials and the activities of the teaching-learning process in the classroom that are relevant to the learners? needs. Understanding the entry level behavior of the learners, the teaching materials, the teaching-learning approach, and the evalution process is of crucial importance in order to fulfill their needs. Learning needs analysis of IFL learners is also a prerequisite to developing adequate teaching-learning materials of IFL."
University of Indonesia, Faculty of Humanities, 2007
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Safitri Jaya
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola kefektifan dari sebuah proses pembelajaran yang dilakuakan secara konvensional dan e-learning. Pola kefektifan dari proses pembelajaran dikaji melalui pendekatan terhadap faktor pemicu dan faktor interaksi pengguna. Pendekatan terhadap faktor pemicu dari proses pembelajaran baik yang berlangsung secara konvensional maupun e-learning diantaranya adalah motivasi, budaya belajar dan pengaruh lingkungan. Sedangkan pendekatan terhadap faktor interaksi pengguna dari proses pembelajaran konvensional maupun e-learning diantaranya adalah kemudahan akses dan komunikasi, yaitu jalinan interaksi antara pendidik dengan peserta didik, antara sesama peserta didik dan antara pendidik maupun peserta didik dengan sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah populasi sebanyak 400 orangb dan sampel sebanyak 196 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif melalui metode Structural Equation Modelling (SEM) dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pemicu dan faktor interaksi pengguna berpengaruh positif terhadap pola kefektifan dari proses pembelajaran konvensional maupun e-learning."
Universitas Pembangunan Jaya, 2016
384 JPPKI 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ruseno Arjanggi
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektifitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang diberikan melaluimetode
eksperimen untuk meningkatkan belajar berdasar regulasi diri pada mahasiswa serta prestasi belajar siswa. Skala
Belajar Berdasar Regulasi Diri dikembangkan oleh Pintrich et al. (1991) yang mengungkap profil pembelajar aktif.
Penelitian ini sangat penting untuk dikembangkan mengingat perubahan pola pembelajaran di pendidikan tinggi dari
pembelajarn berpusat pada Dosen ke pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student active learning). Subjek
penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama program diploma Fakultas Ilmu Keperawatan di Semarang yang terbagi
dalam dua kelompok yaitu kelompok Kontrol sejumlah 33 mahasiswa dan kelompok perlakuan sejumlah 34 mahasiswa.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap belajar berdasar
regulasi diri, namun pengaruh padaregulasi strategi belajar tidak ditemukan.
The main purpose of this study was to examine effectiveness of cooperative learning type jigsaw to enhance self
regulated learning. Experiment design is used by implementing jigsaw classroom for improving self regulated learning.
Data were collected by self regulated learning scale adapted from MSLQ (developed by Pintrich et al., 1991) to know
the student’s profile of active learning. As known, the changes of paradigm in instruction from teacher or lecture center
to student active learning have many problems. One of the causes of this condition is most of lecture still use traditional
models of instruction that led lecture more active than students. Sixtyseven student from diploma degree in nurse
faculty of Sultan Agung Islamic University involved in this study. Then, subject divided equally into two groups, 33
student for control group and 34 student for experiment group. The result showed that cooperative learning type jigsaw
has significantly effect to self regulated learning. Jigsaw learning can improve student motivation significantly,
however, the effect on the regulation of learning strategies was not found."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ririn Widiyasari
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalh meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran aktif menggunakan teknik Mind Map e-learning melalui Edmodo pada mata kuliah Matematika Diskrit. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan pada tahhun akademik 2014/2015 dengan responden 35 mahasiswa Program Studi pendidikan Matematika Universtias Muhammadiyah Jakarta semester 6 kelas A. Aktivitas mahasiswa dilihat dari memperhatikan yang disampaikan dosen, bertanya dan menjawab pertanyaan, mempresentasikan hasil Mind Map, dan membuat kesimpulan/rangkuman. Dari pelaksanaan kegiatan siklus sebanyak dua kali, terlihat adanya peningkatan aktivitas memperhatikan penjelasan dari dosen, keberanian mahasiswa dalam mengemukakan pertanyaan, kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan, keberanian mahasiswa dalam mempresentasikan hasil mind map, dan membuat kesimpulan/rangkuman materi pembelajaran. Selain itu, terdapat juga peningkatan hasil belajar mahasiswa. Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa sebelum tindakan adalah 65. Pada siklus I, nilai ini meningkat menjadi 74. Nilai tersebut merupakan gabungan dari nilai Mind Map, post test, dan tes akhir atau ujian akhir semester. Nilai ini juga terlihat meningkat pada siklus II, yaitu menjadi 86. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tenik Mind Map berbantuan e-learning Edmodo dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa."
Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2017
371 TEKNODIK 21:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Soliyah Wulandari
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh motivasi belajar, perilaku belajar, dan model pembelajaran konstruktivisme terhadap prestasi belajar. Perilaku belajar terdiri dari kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku teks, kunjungan ke perpustakaan, dan kebiasaan mengikuti ujian. Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini dihasilkan melalui teknik pengambilan sampel bertujuan dari mahasiwa-mahasiwa jurusan akuntansi, manajemen, dan ilmu ekonomi studi pembangunan kelas reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sampel akhir dari penelitian ini adalah 202 mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini memberikan dukungan secara empiris bahwa perilaku belajar dalam hal kebiasaaan mengikuti pelajaran dan kunjungan ke perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Namun, hasil penelitian ini tidak memberikan dukungan secara empiris bahwa motivasi belajar, perilaku belajar dalam hal kebiasaan membaca buku teks dan kebiasaan mengikuti ujian, serta model pembelajaran konstruktivisme berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa."
Jakarta: FEB UIN Syarif Hidayatullah, 2014
650 ESENSI 4:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Arfanto Chalawathal Iman
"Dalam perkembangan teknologi saat ini, kemampuan mesin untuk dapat belajar memiliki peranan yang sangat penting. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan buatan terhadap mesin sehingga mesin dapat melakukan pembelajaran. Salah satu macam pembelajaran mesin (machine learning) adalah dengan Brain Emotional Learning (BEL). BEL merupakan metode pembelajaran mesin yang terinspirasi dari fungsi kerja sistem limbik mamalia yang memiliki kemampuan untuk menyimpan memori, membuat keputusan dan memberi respon emosi. Dalam penerapannya, BEL telah terbukti dapat menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran, seperti dalam masalah klasisfikasi, masalah prediksi, dan pengendalian. Pada skripsi ini, akan dilakukan perancangan dengan BEL untuk dapat mengkategorikan data melalui metode pembelajaran supervised learning dan diuji dengan data iris.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa BEL dapat digunakan untuk klasifikasi beberapa macam kelas, terdapat hubungan yang tidak linear dari faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran terhadap hasil, konstanta β dan konstanta γ memberikan hasil akurasi rendah ketika keduanya bernilai besar, dan hasil akurasi terbaik sebesar 93,33% untuk jenis data iris. Selain itu, perbandingan dengan paper rujukan menunjukkan bahwa hasil rancangan memberikan hasil yang lebih baik daripada algoritma GDBP MLP pada epoch rendah meskipun hasil rancangan belum sebaik rujukan.

In todays technological development, the ability of machines to be able to learn has a very important role. Various efforts have been made to develop artificial intelligence on the machine so that the machine can do learning. One type of machine learning is with Brain Emotional Learning (BEL). BEL is a machine learning method inspired by the work function of the limbic system of mammals that has the ability to store memory, make decisions and give emotional responses. In its application, BEL has been proven to be able to solve various learning problems, such as problems in classification, prediction problems, and control. In this thesis, BEL will be designed to be able to categorize data through supervised learning methods and tested with iris data.
The test results show that BEL can be used to classify several types of classes, there is a non-linear relationship of the factors that influence the learning process to results, constants and constants give low accuracy results when both are of great value, and the best accuracy results are 93, 33% for iris data types. In addition, the comparison with the reference paper shows that the design results have better results than the MLP GDBP algorithm at the lower epoch even though the design results have not been as good as the references."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8 9 10 11   >>