Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Farhan Eviansyah
"Gastritis merupakan suatu masalah kesehatan yang banyak terjadi di Indonesia dengan data prevalensi yang tinggi berdasarkan data dari WHO dan juga Departemen Kesehatan RI yaitu sebesar 274.396 kasus. Melihat dari tingginya prevalensi kejadian gastritis perlu adanya suatu upaya intervensi kesehatan untuk mencegah, mengobati, dan edukasi kepada masyarakat. Salah satu bentuk intervensi kesehatan yang dapat dilakukan yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pelayanan informasi sebagai langkah preventif. Pemberian informasi kepada masyarakat dapat dilakukan oleh apoteker melalui puskesmas atau pusat kesehatan masyarakat yang menyelenggarakan upaya kesehatan kepada masyarakat dan perseorangan sebagai peran penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan pencarian informasi terkait penyakit gastritis dan terapinya melalui literatur yang terpercaya, kemudian melakukan konsultasi dengan apoteker penanggung jawab untuk menentukan konten yang perlu dimuat di dalam leaflet yang akan dibentuk, dan kemudian dilakukan pembuatan leaflet yang berisi informasi yang telah disetujui untuk dimuat di dalamnya dengan menggunakan perangkat lunak yang digunakan. Leaflet yang terbentuk memiliki 6 bagian yang berisi informasi yang berbeda. Bagian A berisi merupakan bagian judul leaflet, bagian B merupakan bagian yang menjelaskan terkait definisi dan gejala dari penyakit gastritis. Bagian C berisikan informasi terkait hal yang menyebabkan penyakit gastritis seperti infeksi bakteri, efek samping dari penggunaan obat antinyeri, dan karena kebiasaan konsumsi alkohol. Bagian D dan E berisikan informasi terkait terapi farmakologis atau terapi dengan menggunakan obat untuk mengatasi penaykit gastritis, dan bagian terakhir yaitu bagian F yang memuat informasi terkait terapi non farmakologi yang dapat dilakukan oleh pasien untuk mencegah atau mengatasi gejala gastritis.

Gastritis is a health problem that occurs a lot in Indonesia with high prevalence data based on data from WHO and also the Indonesian Ministry of Health, namely 274,396 cases. Seeing the high prevalence of gastritis, it is necessary to have a health intervention effort to prevent, treat, and educate the public. One form of health intervention is to provide education to the public through information services as a preventive step. Providing information to the community can be carried out by pharmacists through Puskesmas which organizes health efforts for the community and individuals as an important role in improving public health. The method used for this task is to search for information related to gastritis and its treatment through literature, then consult with the pharmacist to determine the content that needs to be included in the leaflet, and then create leaflets containing approved information to be included using the software. The leaflet that is formed has 6 sections that contain different information. Part A contains the title of the leaflet, and part B explains the definition and symptoms of gastritis. Part C contains information related to things that cause gastritis such as bacterial infections, side effects from using painkillers or NSAIDs, and due to alcohol consumption habits. Sections D and E contain information related to pharmacological therapy or therapy using drugs to treat gastritis, and the last section F contains information regarding non-pharmacological therapies that patients can take to prevent or treat symptoms of gastritis."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Mardy Fitria
"https://lib.ui.ac.id/unggah/node/151106#:~:text=Pelayanan%20informasi%20obat%20(PIO,ketersediaan%20waktu%20dari%20pasien.

Drug information services and counseling are important aspects of clinical pharmacy services to increase public knowledge about how to use drugs properly. Drug information services is an activity carried out by pharmacists in providing information about drugs that are impartial, evaluated critically and with the best evidence in all aspects of drug use to other health professionals, patients or the public. Counseling is an interactive process between pharmacists and patients/families to increase knowledge, understanding, awareness, and compliance so that a change in behavior occurs in drug usage and resolves problems faced by patients. The implementation of drug counseling and information services at the Roxy Pharmacy has not yet been implemented for all patients who meet the counseling criteria. This is caused by various factors such as the limited time that the patient can spare, the patient's willingness to be counseled, and the patient who uses a delivery service to redeem his prescription. Roxy Biak Pharmacy provides a telephone number that patients can use to contact the pharmacist on duty. However, from the archives of drug information services reports and drug-related counseling at the Roxy Biak Pharmacy, it is known that all of them are still carried out face-to-face. Therefore, drug information services and counseling are still often hampered by the patient's time availability."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, Dheasy Eugenia B.
"Apoteker merupakan tenaga kesehatan profesional yang berhubungan langsung dengan masyarakat sebagai sumber informasi obat. Bagi profesi apoteker, salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang diterima adalah apotek yang merupakan sarana pelayanan tempat dilakukan praktik kefarmasian.
Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan, dan pendistribusian atau penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat dan bahan obat.
Salah satu cara meningkatkan mutu kehidupan pasien yang dapat dilakukan oleh apoteker adalah dengan memberikan Konseling, Informasi, dan Edukasi serta Swamedikasi dan Pelayanan Informasi Obat dalam pelayanan kefarmasian di apotek.

Pharmacists are health professionals who are in direct contact with the community as a source of drug information. For the pharmacist, one of the health service facilities accepted is a pharmacy which is a means of service where
pharmaceutical practice is carried out.
The activities carried out are carrying out quality control of pharmaceutical
preparations, securing, procuring, storing, and distributing or distributing drugs, drug management, drug services on prescription, drug information services, as well as drug and drug development.
One way to improve the quality of patient life that can be done by pharmacists is to provide Counseling, Information, and Education as well as Self- medicating and Drug Information Services in pharmaceutical services in pharmacies.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Febry Hadiqotul Aini
"Dalam pelayanan kefarmasian di rumah sakit, apoteker melakukan pemberian informasi obat (PIO) dengan menyediakan informasi serta rekomendasi terkait suatu obat  baik kepada dokter, apoteker lain, perawat, profesi kesehatan lainnya maupun pasien. Adapun, di depo rawat inap Rumah Sakit Universitas Indonesia, pemberian informasi obat, terutama yang memerlukan rekonstitusi belum berjalan  maksimal dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, perlu adanya suatu sistem yang dapat meningkatkan efisiensi pemberian informasi obat. Pada tugas khusus Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di Rumah Sakit Universitas Indonesia, disusun daftar obat injeksi H-N yang memuat informasi indikasi, cara pemberian, cara rekonstitusi dan stabilitas dari masing-masing obat. Hal tersebut diharapkan  dapat memudahkan dalam pencarian data sehingga dapat meningkatkan efektifitas baik dalam penelusuran informasi obat maupun pemberian informasi obat.

As part of pharmaceutical care in hospitals, pharmacists provide Drug Information Services (DIS) by offering information and recommendations related to a medication to doctors, other pharmacists, nurses, other healthcare professionals, patients, and others. However, at Rumah Sakit Universitas Indonesia, the delivery of drug information, especially for medications that require reconstitution, has not been fully optimized due to time and manpower constraints. Therefore, there is a need for a system aimed at improving the efficiency of drug information provision. As part of Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) at Rumah Sakit Universitas Indonesia, a list of injection drugs H-N was compiled, which includes information such as indications, administration methods, reconstitution procedures, and stability. With these actions implemented, it is anticipated that accessing data will be simplified, thereby enhancing the efficiency of both retrieving and providing drug information.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Desmita
"Perpustakaan BPTP-Sumbar memberikan layanan informasi Iptek Pertanian terutama kepada peneliti di lingkungan BPTP-Sumbar. Untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan perpustakaan, maka penelitian yang bersifat studi kasus ini dilakukan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Penelitian ini membahas empat variabel utama yakni: karakteristik peneliti; persepsi peneliti terhadap koleksi, fasilitas ftsik, SDM, dan teknologi informasi, kebutuhan infonnasi; dan pemanfaatan koleksi perpustakaan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang terlebih dahulu diujicobakan kepada 10 responden di luar sampel. Disamping itu digunakan juga wawancara sebagai alat pengumpulan data tambahan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode senses sehingga seluruh peneliti BPTP-Sumbar yang mempunyai jabatan fungsional yaitu sebanyak 59 (lima puluh Sembilan) dijadikan sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) Meskipun responden berumur umumnya memiliki masa kerja lebih besar dari 21 tahun atau Ajun Peneliti, namun jumlah tulisan ilmiah rata-rata sebanyak 29 judul. Rata-rata peneliti BPTPSumbar hanya mampu menulis 2 judul/tahun.
2) Persepsi peneliti terhadap kemutakhiran, kesesuaian, keragaman, jumlah dan kualitas koleksi perpustakaan BPTP-Sumbar adalah cukup baik. Persepsi peneliti terhadap fasilitas fisik cukup memadai. Jumlah dan pendidikan petugas perpustakaan menurut penilaian peneliti kurang memadai, namun layanan yang diberikan oleh petugas perpustakaan cukup baik, dan informasi yang diberikan cukup tepat. Tetapi persepsi peneliti terhadap teknologi informasi kurang baik.
3) Para peneliti pada umumya membutuhkan informasi yang diperlukan untuk penyusunan RPTP, membuat laporan penelitian, dan membuat karya tulis ilmiah.
4) Koleksi perpustakaan B PTP-S u mb ar yang lebih banyak digunakan oleh penelitilresponden adalah koleksi jurnal dan buku.
5) Ada hubungan antara karakteristik peneliti yang terdiri jabatan fungsional dan jumlah tulisan ilmiah dengan persepsi peneliti terhadap teknologi informasi.
6) Ada hubungan antara karakteristik peneliti yang terdiri dari pendidikan formal, pengalaman kerja, jabatan fungsional dan jumlah tulisan ilmiah dengan kebutuhan informasi.
7) Ada hubungan antara karakteristik peneliti aumlah tulisan ilmiah dengan pemanfaatan koleksi tercetak dan pendidikan formal dengan pemanfaatan koleksi elektronik.
8) Tidak ada hubungan antara persepsi peneliti dengan kebutuhan informasi dan pemanfaatan koleksi perpustakaaan BPTP-Sumbar.
9) Ada hubungan yang sangat nyata antara kebutuhan informasi peneliti dengan pemanfaatan koleksi elektronis perpustakaan BPTP-Sumbar.
10) Ada hubungan antara kebutuhan informasi dengan pemanfaatan perpustakaan.

The Factors wich have Correlation with Use of Library by Researchers: a case study of West Sumatra Assessment Institute for Agricultural Technology The library of BPTP- Sumbar provides Agricultural technology information services mainly for researchers within BPTP-Sumbar in order to support their research and to improve their writing skills. This research was aimed to find out the advantages of using library collections and some factors connected to the use of BPTP's library collection.
The type of this research was a quantitative research using survey as an approach. It discussed about four main variables namely: characteristic of researcher; perception of researcher about the collections; facilities, HRD and library information technology; the information need; and the use of library collections. Using questionnaire that had been pretested to 10 respondents out of the samples collected data. Interview was also conducted as a tool of collecting the additional data. The samples of this research used census method, the whole population of BPTP's researchers (59 researchers) were respondents.
The result of this research: were the average of respondents age was 48 years and most of them have working period more than 21 years, so that their functional position level were ajun researchers. It means that the researchers had only written the paper 2 titles/year at average. The perception of researchers concerning the variety, quantity, quality and latest library collections of BPTP -Sumbar was relatively adequate. The physical facilities were good enough but the number and the educational background of the librarians still needed an improvement. The service and information given by the librarians to the researchers were relatively satisfying. The researchers noticed that information technology was not really adequate. Generally the researchers needed the information to work on RPTP, to write report of research and to compose scientific papers. The Library collections of BPTP-Sumbar that mainly used by researcher/respondent were journals and books. There was a correlation between the researcher characteristics such as formal education, working experience, functional position as well as the number of scientific papers they wrote and the information needs. There was also a correlation between the number of scientific paper and the use of library printed collections and correlation between formal education and the use of electric library collection. There is no correlation between the researcher's perception and information needs and the use of library collections of BPTP-Sumbar. Anyway, there is a correlation between the researcher information needs and the use of electronic library collections of BPTP-Sumbar.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11250
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jerrard, Jane
"In difficult economic times, people turn to their local library for help seeking new work. "Crisis in Employment" offers the tools you need to support this growing group of patrons. Based on interviews with librarians across the country, as well as research from "ALA's Office for Research and Statistics", this "ALA Editions Special Report" offers advice and methods for providing appropriate training and education to job seekers with: tips for maximizing your library's physical resources; key reference resources useful to job seekers; and, advice on building partnerships with key community organizations. "Crisis in Employment" will help you meet the needs of patrons seeking new work, making career changes, or starting their own businesses in a comprehensive way that suits your local community's conditions."
Chicago: American Management Association, 2009
e20437550
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Josy Kurnia Wulandari
"ABSTRAK
Apotek merupakan tempat dilaksanakannya praktek kefarmasian oleh Apoteker. Apoteker dituntut untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku agar dapat melaksanakan interaksi langsung dengan pasien sehingga terwujudnya pelayanan kefarmasian yang optimal untuk masyarakat. Apoteker juga harus mampu berkomunikasi dengan tenaga kesehatan lainnya dalam menetapkan terapi untuk mendukung penggunaan obat yang rasional guna meningkatkan kualitas hidup pasien, maka Fakultas Farmasi Universitas Indonesia bekerja sama dengan Apotek Kimia Farma menyelenggarakan Praktek Kerja Profesi Apoteker PKPA untuk dapat memahami, mengerti dan dapat mengaplikasikan tugas dan tanggung jawab apa saja yang dilakukan oleh Apoteker di apotek. Laporan praktek kerja ini membahas penerapan prundang-undangan dan etika yang berlaku di apotek, tugas dan fungsi apoteker serta permasalahan yang dihadapi apoteki dan cara penyelesaiannya. Laporan ini secara khusus membahas kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama PKPA seperti Pelayanan Informasi Obat, Telefarma, Home Pharmacy Care, Pelayanan Swamedikasi, Uji petik dan stock opname.

ABSTRACT
A pharmacy is where pharmacists practice pharmaceutical practices. Pharmacists are required to increase knowledge, skills and behavior in order to carry out direct interaction with patients so that the realization of optimal pharmaceutical services for the community. Pharmacists should also be able to communicate with other health workers in establishing therapy to support rational use of drugs to improve the quality of life of patients, the Faculty of Pharmacy Universitas Indonesia in cooperation with Kimia Farma held Pharmacist Profession Practice PKPA to understand and can Applying the duties and responsibilities of any pharmacist at the pharmacy. This report discusses the applicability of applicable laws and ethics in pharmacies, duties and functions of pharmacists as well as problems faced by pharmacists and their solutions. This report specifically discusses the activities undertaken during PKPA such as drug information services, telefarma, home pharmacy care, swamedication services, test of quotation and stock opname."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zhafira Chairunnisa
"Pelayanan farmasi klinik merupakan pelayanan langsung yang diberikan oleh apoteker kepada pasien dalam rangka meningkatkan outcome terapi dan meminimalisir risiko terjadinya efek samping obat. Salah satu pelayanan farmasi klinik ialah pelayanan informasi obat (PIO). Pelayanan informasi obat merupakan kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh apoteker untuk memberikan informasi secara akurat, jelas, dan terkini kepada dokter, apoteker, perawat, profesi kesehatan lainnya dan pasien. Tujuan dilaksanakannya PKPA ini adalah mengetahui peran apoteker dalam melakukan pelayanan informasi obat dan menyediakan informasi mengenai Cara Penggunaan Obat Tetes Mata, Salep Mata, dan Tetes Telinga yang Tepat secara pro aktif melalui pemberian leaflet dan penyuluhan kepada kepada pasien dan/atau keluarga pasien di Ruang Tunggu Apotek Puskesmas Kecamatan Palmerah. Peran apoteker di Puskesmas Kecamatan Palmerah dalam pelayanan informasi obat menyediakan informasi yang akurat, jelas, dan terkini kepada pasien, tenaga kesehatan, dan masyarakat guna mencapai penggunaan obat yang rasional sudah berjalan dengan baik. Penyampaian informasi telah rutin dilakukan melalui pemberian leaflet dan penyuluhan kepada pasien dan/atau keluarga pasien di Ruang Tunggu Apotek Puskesmas Kecamatan Palmerah dengan topik Cara Penggunaan Obat Tetes Mata, Salep Mata, dan Tetes Telinga yang Tepat.

Clinical pharmacy services are direct services provided by pharmacists to patients in order to improve therapeutic outcomes and minimize the risk of drug side effects. One of the clinical pharmacy services is the drug information service (DIS). Drug information services are service activities carried out by pharmacists to provide accurate, clear and up-to-date information to doctors, pharmacists, nurses, other health professionals and patients. The purpose of implementing this report is to find out the role of pharmacists in providing drug information services and providing information on how to use eye drops, eye ointments and ear drops in a pro-active manner through providing leaflets and counseling to patients and/or their families in the waiting room of the Palmerah District Health Center Pharmacy. The role of pharmacists at the Palmerah District Health Center in drug information services is to provide accurate, clear, and up-to-date information to patients, health workers and the community in order to achieve rational drug use. Dissemination of information has been routinely carried out through the provision of leaflets and counseling to patients and/or patient families in the Waiting Room of the Palmerah District Health Center Pharmacy with the topic How to Use Eye Drops, Eye Ointments and Ear Drops Properly."
Depok: 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dwinta Tiaranti
"Biblioterapi adalah kegiatan membaca atau menggunakan sebuah literatur yang dijadikan terapi. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan penerapan biblioterapi yang dilakukan oleh mahasiswa agar mencapai tujuan penggunaan biblioterapi, yaitu yaitu dapat menyelesaikan masalah selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan survei. Survei dilakukan kepada Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia dari angkatan 2019 hingga 2021. Dengan jumlah responden sebanyak 193 mahasiswa, sesuai dengan keseluruhan jumlah Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 67% responden telah mencapai tujuan dari penggunaan biblioterapi dengan berhasil mendapatkan sejumlah informasi yang akan dikembangkan sebagai pengetahuan. Pada tahapan proses penggunaan biblioterapi, 48.2% setuju bahwa mereka memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi dirinya dengan isi dalam cerita. Pada tahapan katarsis, 49.7% responden setuju bahwa responden dapat merasakan emosi yang sama dalam isi cerita. Selanjutnya dalam melewati proses tahapan penggunaan biblioterapi, 58,5% responden setuju bahwa mereka mendapatkan tambahan pengetahuan yang berguna pada masa pandemi covid-19. Namun, responden perlu meningkatkan kemampuannya dalam menganalisis bahan bacaan agar kedepannya terbiasa dalam memberikan pelayanan informasi. Dengan kata lain Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia perlu memperbanyak bahan bacaan untuk dibaca agar terbiasa dengan berbagi subjek buku yang nantinya akan dikelolah.

Bibliotherapy is an activity of reading or using literature as therapy. The purpose of this study is to describe the application of bibliotherapy carried out by students in order to achieve the goal of using bibliotherapy, being able to solve problems during the Covid-19 pandemic. This research is quantitative research with data collection techniques by survey. The survey was conducted on Library Science students at the University of Indonesia from class 2019 to 2021. With a total of 193 students, this corresponds due the total number of Library Science students. The results of this study indicate that as many as 67% of respondents have achieved the goal of using bibliotherapy by successfully obtaining some information that will be developed as knowledge. At the stage of the process of using bibliotherapy, 48.2% agreed that they have the ability to identify themselves with the contents of the story. At the catharsis stage, 49.7% of respondents agreed that respondents could feel the same emotions in the contents of the story. Furthermore, in going through the stages of using bibliotherapy, 58.5% of respondents agreed that they gained additional useful knowledge during the Covid-19 pandemic. However, respondents need to improve their ability to analyze reading material so that in the future they are accustomed to providing information services. In other words, Library Science students at the University of Indonesia need to read more reading material so they are used to sharing the subject of books that will be managed later."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Wijayanti
"Kejadiaan obat yang merugikan, kesalahan pengobatan dan reaksi obat yang merugikan dalam proses pelayanan kefarmasian dapat terjadi karena beban kerja, komunikasi yang kurang baik, sistem distribusi dan peran tenaga farmasi yang belum maksimal. Berkaitan dengan hal ini, tenaga farmasi termasuk apoteker memiliki kewajiban untuk melaksanakan pelayanan informasi terkait penggunaan obat secara tepat, aman, dan rasional. Tugas khusus ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan informasi obat (PIO) di Instalasi Farmasi Puseksmas Kecamatan Ciracas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap proses PIO yang dilakukan oleh tenaga farmasi, wawancara dengan apoteker, dan dokumen terkait pelayanan informasi obat. Aspek-aspek yang dievaluasi meliputi kegiatan pelayanan informasi obat secara aktif dan pasif di Puskesmas Kecamatan Ciracas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan informasi obat di Instalasi Farmasi Puskesmas Kecamatan Ciracas sudah dilakukan melalui PIO aktif dan pasif. Kesimpulan dari tugas khusus ini adalah pelayanan informasi obat (PIO) di Instalasi Farmasi Puskesmas Kecamatan Ciracas sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan Permenkes No.74 Tahun 2016.

Adverse drug events, medication errors and adverse drug reactions in the pharmaceutical service process can occur due to workload, poor communication, distribution system and the role of pharmacists who have not been maximized. In this regard, pharmacists including pharmacists have an obligation to carry out information services related to drug use in an appropriate, safe and rational manner. This special assignment aims to evaluate drug information services (PIO) at the Ciracas District Health Center Pharmacy Installation. The research method used is observational research. Data was collected through direct observation of the PIO process carried out by pharmacists, interviews with pharmacists, and documents related to drug information services. The aspects that were evaluated included active and passive drug information service activities at the Ciracas District Health Center. The results showed that drug information services at the Ciracas District Health Center Pharmacy Installation had been carried out through active and passive PIOs. The conclusion of this special task is that the drug information service (PIO) at the Ciracas District Health Center Pharmacy Installation has been carried out properly in accordance with Permenkes No.74 of 2016."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 >>