Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fajar Wijanarko
"Close information system becomes a barrier for people to access information about the Keraton Yogyakarta. In this open and digital era, the Tepas Tandha Yekti (a division in the system of the Keraton administration) led by GKR Hayu has made the cultural information about the Keraton open. This paper is a report about how the Keraton of Yogyakarta has brought its cultural information via an open information system through digital media Facebook. This report also presents online responses on the presence of the Faeebook account of the Keraton Yogyakarta in 2016."
Yogyakarta: BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA D.I. YOGYAKARTA, 2017
400 JANTRA 12:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Takdir
"penggunaan sosial media saat ini sangat masif di berbagai kalangan. facebook merupakan salah satu sosial media yang memiliki jumlah dan frekuensi penggunaan yang besar serta memuat banyak data, khususnya data yang berupa relasi antarentitas, yakni kecenderungan topik yang digemari, mahasiswa STIS aktif berdasarkan akun Facebook yang dimiliki. akun Facebook tersebut diperoleh dari grup-grup angkatan. preferensi diperoleh dengan melakukan crawling terhadap halaman (page) yang di-like serta group yang diikuti oleh mahasiswa. hasil dari penelitian ini adalah gambaran karakteristik prefensi mahasiswa berupa statistik mengenai jenis-jenis topik yang diminati oleh mahasiswa STIS serta visualisasi terbentuknya cluster/komunitas mahasiswa untuk topik tertentu. pendekatan yang digunakan pada penelitian ini untuk mengekstraksi dan menganalisis data pada sosial media diharapkan dapat menjadi referensi bagi berbagai bidang penelitian yang memanfaatkan data social media."
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, {s.a.}
315 JASKS 7:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Sahana Aqesya
"Memelihara reptil sudah menjadi hobi bagi komunitas pecinta reptil. Reptil yang dipelihara diperoleh dari proses jual-beli. Salah satu wadah untuk proses ini terjadi di Facebook, platform yang melarang adanya aktivitas tersebut. Oleh karena itu, aktivitas jual-beli dilakukan secara rahasia dan memunculkan adanya argot, yakni variasi bahasa yang digunakan pada profesi-profesi tertentu dan bersifat rahasia. Penelitian ini membahas bentuk dan fungsi kemunculan argot pada grup FJB (forum jual-beli) Reptil. Data diperoleh dengan mengamati aktivitas grup dan mencatat secara objektif setiap unggahan sebanyak 100 pada setiap grup. Metode penelitian dilakukan dengan cara kualitatif. Hasilnya, terdapat lima jenis bentuk argot yang muncul, yaitu 1) kata; 2) frasa; 3) abreviasi; 4) kode jenis kelamin; dan 5) kode nominal harga. Fungsi kemunculan argot adalah 1) untuk merahasiakan adanya penawaran jual-beli reptil; 2) untuk menjaga eksistensi grup agar tidak dihapus oleh pihak Facebook; dan 3) untuk menjaga pelaku jual-beli dari jeratan hukum karena menjual hewan yang dilindungi.

Having reptiles as a pet is a common hobby for people in reptile lovers community. They get the reptiles by selling dan purchasing them. One of the place to sell and purchase reptiles are found in Facebook, a platform that banned those activity. Therefore, sell and purchase activities are held secretly and elicits argot, language variation that’s confidential and only appears in some profession. This research describes form and function of argot on reptile’s community group on Facebook which doing sell and purchase activity. Data is obtained by observing group’s activity and collect objectively 100 data in every posts that contains argot in two chosen groups. The research method is qualitative. As the result, there are five form of argot that appears; 1) word, 2) phrase, 3) abbreviation, 4) code of reptile’s sex, and 5) code of nominal price. There are three function of argot for this group; 1) to conceal the sell-purchase activity, 2) to keep the Facebook group existed and 3) to keep the group’s members safe because of selling protected animals.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Fitri Nugraheni
"Hubungan antara self-disclosure di Facebook dengan kepribadian narcissistic sudah pernah diteliti, namun belum ada penelitian mengenai hubungan antara self-disclosure berdasarkan topik dengan kepribadian narcissistic. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat hubungan antara self-disclosure dalam topik beliefs, relationships, personal matters, interests, dan intimate feelings dengan kecenderungan kepribadian narcissistic. Penelitian dilakukan terhadap 126 partisipan berusia 18-22 tahun yang menggunakan Facebook. Alat ukur yang digunakan adalah Self-Disclosure Scale (SDS) dan Narcissistic Personality Inventory 16 item (NPI-16). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara tiap topik self-disclosure dengan kepribadian narcissistic.

The relationship between self-disclosure on Facebook with narcissistic personality has already empirically supported. However, there’s no research about the relationship between topic-based self-disclosure with narcissistic personality yet. This present research purpose was to find whether each self-disclosure topic (beliefs, relationships, personal matters, interests, and intimate feelings) correlated with narcissistic personality. Participants were 126 late adolescents ages 18-22 using Facebook. The instruments used were Self-disclosure Scale (SDS) and Narcissistic Personality Inventory 16 items (NPI-16). Result showed that there was relationship between each self-disclosure topic with narcissistic personality.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57832
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Febrianne Windiastrisa
"ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Extraversion, Neuroticism dan Openness to Experience fans fanspage PT.ADM terhadap liking dan commmenting dengan mediasi broadcsting dan communicating yang menghasilkan liking dan communicating. Desain penelitian yang digunakan adalah regensi berganda one failed.pengumpulan data dilakukan dengan metode survey melalui google form berdasarkan non probality sampling sugmental .Responden penelitian berjumlah 157 orang responden para pengikut facebook fanspage PT.ADM yang tinggal di wilayah indonesia.meodel penelitian dengan hipotesis 10 sepuluh . Hipotesis ini di olah menggunakan Spps 21. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Extraversion berpengaruh postif terhadap Broadcasting dan berelasi positif terhadap Liking dan Commenting.. Kata Kunci : Social Media, Facebook, Facebook fanspage, Automotif, Liking, Commenting, Broadcasting, Communicating, Extraversion, Neurotiscism, Openess to Experience.

ABSTRACT
This internship report examines the effect of Extraversion, Neuroticism and Opennes to Experience of fans to liking and commenting behaviour on facebook fanspage PT. ADM with mediation Broadcasting and Communicating. Reasearc design using Multiple Regression one tailed. Gathering fans information using survey methode using Googgle Form based on non probability sampling sugmental . 157 fans Facebook fanspage PT. ADM living in Indonesia use to be research. In these research, there is 10 ten hipotesis. These Hipotesis process by SPSS 21. The research result states that Extraversion has positif effect to Broadcasting has postive relationship with Liking and Commenting. Key Word Social Media, Facebook, Facebook fanspage, Automotive, Liking, Commenting, Broadcasting, Communicating, Extraversion, Neurotiscism, Openess to Experience "
2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Deasy Ariyani
"Per Maret 2013, Indonesia menduduki peringkat kedua negara pengguna Facebook terbanyak di Asia. Di balik euforia penggunaan Facebook di Indonesia, terungkap fenomena bahwa sejumlah remaja perempuan hilang setelah berkenalan dengan seseorang di Facebook. Penelitian ini membahas proses pertemanan remaja perempuan di Facebook dengan orang yang kemudian diketahui sebagai pelaku tindak kejahatan terhadap dirinya.

Dengan berdasar pada Teori Tahap Perkembangan Hubungan dari Knapp & Vangelisti dan menggunakan rancangan penelitian kualitatif, penelitian ini menggambarkan tahap-tahap hubungan antarpribadi yang dijalin oleh korban bersama pelaku kejahatan yang dikenalnya melalui Facebook. Dari empat kasus yang diteliti, hubungan korban dan pelaku secara umum menyerupai pola gerakan non-linier, berkembang dari Inisiasi, Mencoba-coba, Intensifikasi, kemudian melompati tahap-tahap Penggabungan, Pengikatan, Pembedaan, Pembatasan, dan Stagnasi, langsung menuju tahap-tahap Penghindaran dan Penghentian.


As of March 2013, Indonesia ranked second of the most Facebook users in Asia. Behind the euphoria of Facebook in Indonesia, a phenomenon was revealed that a number of girls missing after initiating friendships on Facebook. This study discusses the process of adolescent female friendship on Facebook with people who later became known as the perpetrators of the crime upon them.

Using Knapp & Vangelisti?s Stages of Development and Deterioration and with qualitative research design, this study describes the stages of interpersonal relationships built by the victim and the-latter-known offender of crime through their acquaintainceship in Facebook. From four cases studied, victims? and offenders? relationships resemble the patterns of a non-linear motion. The stages are Initiating, Experimenting, Intensifying, skips the stages of Integrating, Bonding, Differentiating, Circumscribing, and Stagnation, straight to Avoiding and Terminating stages.

"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42428
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mikhail Mega Morales
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai pengaruh dari Digital Marketing, dalam hal ini yaitu Facebook Marketing terhadap Brand Equity dan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Menggunakan metode kuantitatif dan alat pengumpulan data berupa kuisioner. Populasinya adalah para follower akun fanpage Facebook "We Love Honda Indonesia". Dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling didapatkan hasil Facebook Marketing berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian, namun apabila dibantu dengan Brand Equity akan membantu mendongkrak Keputusan Pembelian dibandingkan hanya mengandalkan Facebook Marketing saja.

ABSTRACT
This thesis discusses the influence of Digital Marketing, in this case is Facebook Marketing on Brand Equity and its effect on Purchasing Decisions. Using quantitative methods and data collection tools is questionnaires. The population in this thesis are the followers of Facebook's "We Love Honda Indonesia" fanpage account. By using the Structural Equation Modeling analysis method, the results of Facebook Marketing have a positive effect on Purchasing Decisions, but if assisted with Brand Equity, it will help boost Purchasing Decisions compared to relying on Facebook Marketing only."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T52608
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Afrianty Sudirman
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan mengetahui korelasi karakteristik pesan dan respon publik pada Halaman Facebook Kementerian Negara dengan memberikan fokus pada analisis level pesan agar dapat memahami bagaimana pemerintah sehari-hari berkomunikasi dengan publik di media sosial dalam usahanya membangun dan mengelola hubungan dengan publik sebagai salah satu pemangku kepentingannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi serta konsep komunikasi pemerintah, media sosial, dan komunikasi dialogis. Dalam penelitian ini, pesan yang berupa post Facebook dianalisis melalui karakteristik pesan, yang meliputi tipe post, tipe media, waktu post, dan panjang post. Sementara itu, respon publik merujuk pada online engagement yang dianalisis melalui jumlah like reaction, jumlah share, dan jumlah comment. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa mayoritas pesan yang disampaikan pada Halaman Facebook Kementerian Negara adalah pesan ldquo;informational rdquo; yang berisi tentang informasi satu arah dan menggunakan foto/gambar, pada hari kerja, serta di luar jam sibuk 09.01-12.00 dan 15.01-18.00 . Sehubungan dengan respon publik terhadap pesan yang disampaikan, mayoritas respon publik adalah dalam bentuk memberikan like reaction. Penelitian ini juga menemukan bahwa publik tidak begitu merespon dengan baik pesan yang bersifat informational, namun merespon tipe post ldquo;promotional rdquo;, yang mengandung ajakan untuk ldquo;melakukan sesuatu rdquo;, lebih baik dibandingkan tipe post lain. Lebih lanjut, uji koefisien kontingensi untuk melihat hubungan karakteristik pesan dan respon publik menunjukkan bahwa hanya vividness media yang mempunyai hubungan yang signifikan dengan jumlah like reaction dan jumlah share.

ABSTRACT
This thesis aims to analyse the correlation of post characteristics and public response on the Ministries of Indonesia rsquo s Facebook Pages by focusing on the message level analysis to understand how the government communicates with public on a daily basis on social media in their efforts to build and maintain relationships with public as one of their stakeholders. This research uses quantitative content analysis as its method as well as concepts of government communications, social media, and dialogic communications. In this study, posts are referred to Facebook posts that are analysed based on their characteristics that include post type, media type, posting time, and posting length. Meanwhile, public response is referred to online engagement that are analysed based on number of likes reactions, number of shares, and number of comments. Findings show that majority of posts on Ministries of Indonesia rsquo s Facebook Pages is informational which contains one way information and are published using photos pictures, on weekdays, and outside of peak hours 09.01 12.00 and 15.01 18.00 . Regarding public response towards the posts published, majority of public response is in giving likes reactions. Results also show that public does not respond well to informational type of post, but responds on promotional type of post whose purpose is to get followers to lsquo lsquo do something rsquo rsquo better than other types of posts. Furthermore, the contingency coefficient test to see the relationship of post characteristics and public response indicates that only vividness of media has significant relationship with number of likes reactions and number of shares. "
2018
T50122
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Cahyani
"ABSTRAK
Penggunaan media sosial semakin marak akhir-akhir ini karena tidak hanya digunakan oleh pribadi tetapi juga organisasi dengan tujuan lebih dari sekedar komunikasi. Tesis ini membahas bagaimana Perpustakaan Nasional RI mengelola dan menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari wawancara yang menggunakan teknik snowball sampling, observasi dan analisis dokumen. Wawancara terhadap admin akun media sosial Perpustakaan Nasional RI dan analisis dokumen peraturan untuk mengidentifikasi pengelolaan media sosial di Perpustakaan Nasional RI. Sedangkan, data yang diperoleh dari observasi terhadap posting Perpustakaan Nasional RI pada akun media sosialnya digunakan untuk menganalisis penggunaan media sosial sebagai sarana promosi oleh Perpustakaan Nasional RI. Hasil penelitian menunjukkan Perpustakaan Nasional RI menyadari pentingnya promosi melalui media sosial tetapi cenderung fokus pada target posting dalam hal perencanaan, ditemukan beberapa kendala dalam pengelolaan media sosial dan masih kurangnya evaluasi terhadap kegiatan tersebut. Perpustakaan Nasional RI menggunakan Facebook, Twitter dan YouTube untuk mempromosikan koleksi, layanan dan kegiatannya. Selain itu, media sosial dapat juga berfungsi sebagai customer service, dimana audience dapat menyampaikan pertanyaan dan keluhan untuk ditanggapi oleh Perpustakaan Nasional RI. Dengan demikian, pernyataan audience melalui media sosial dan respon audience terhadap posting Perpustakaan Nasional RI dapat dijadikan landasan untuk perbaikan dalam hal layanan dan pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka. Oleh karena itu, Perpustakaan Nasional RI perlu menerbitkan pedoman tertulis, mengikutsertakan admin dalam pelatihan pengelolaan media sosial, menambah sumber daya manusia dan fasilitas penunjang agar penggunaan media sosial lebih optimal.

ABSTRACT
Social media use is ubiquitous recently because they are not only used by individuals but also organizations for the purpose of more than a mere communication. This thesis discusses how National Library of Indonesia manages and uses social media as promotion tool. This descriptive research uses qualitative approach and case study method. Data are obtained from interviews using snowball sampling, observation and document analysis. Interviews with administrators of National Library of Indonesia's social media and regulatory document analysis are intended to identify social media management at National Library of Indonesia. Meanwhile, data obtained from observation on National Library of Indonesia's postings on its social media accounts are used to analyze social media use as promotion tool by National Library of Indonesia. The results of this research show that National Library of Indonesia is aware of the importance of promotion via social media but tends to focus on posting target in terms of planning, there are some obstacles in managing social media and there is lack of evaluation on the activity. National Library of Indonesia uses Facebook, Twitter and YouTube to promote its collections, services and events. In addition, social media can serve as customer service, in which library users can ask questions and express complaints to be responded by National Library of Indonesia. Thus, audiences rsquo expression via social media and audiences responses towards National Library of Indonesia's postings can be considered as basis for improvement in services and in fulfilling library users rsquo information needs. Therefore, National Library of Indonesia should issue written guidelines, attend training on social media management and add more administrators as well as supporting facilities in order to use social media in a more optimal manner."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T50291
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>