Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 95 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Akhmad Mumtaz Firdaus
Abstrak :
Dampak wabah COVID yang mempengaruhi sektor pendidikan membuat pelajar dan juga tenaga pendidik diharuskan untuk melakukan pembelajaran secara daring. Penerapan pembelajaran melalui daring ini memberikan dampak terhadap pelajar khususnya pada mahasiswa. Dengan diterapkannya New Normal, dibutuhkan teknologi yang dapat melakukan pemantauan dengan skala yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat presensi mahasiswa berbasis face recognition dengan menambahkan fitur pembacaan suhu tubuh sebagai langkah pengawasan pada lingkungan kampus. Penelitian ini dilakukan pada area kampus FMIPA UI. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat perangkat lunak adalah python versi 3.6. Pada proses face recognition, digunakan metode Histogram of Oriented Gradients (HOG) sebagai pendeteksi lokasi wajah dan modul Openface untuk pengambilan fitur pada wajah. Untuk tahap pencocokan wajah, digunakan Euclidean Distance untuk mencari nilai kecocokan pada tiap citra database. Dari hasil pengujian terhadap 30 mahasiswa didapatkan akurasi sebesar 93.3%. Pada pengujian jarak terhadap pendeteksian wajah, didapatkan bahwa sistem dapat mendeteksi wajah hingga jarak 120 cm pada kondisi penerangan ruangan yang normal. Pada pengujian pembacaan suhu dengan menggunakan Thermal Camera AMG8833, didapatkan bahwa nilai akurasi menurun seiring bertambahnya jarak pembacaan. Jarak optimal untuk pembacaan suhu adalah sejauh 30 cm. ......The impact of the COVID outbreak that has affected the education sector has forced students and educators to study online. The application of online learning has an impact on students, especially college students. With the implementation of the New Normal, technology is needed to perform health monitoring on a large scale. This study aims to create a face recognition-based student presence device by adding a body temperature reading feature. This research was conducted in the FMIPA UI campus area. The programming language used to create the software is python version 3.6. In the face recognition process, the Histogram of Oriented Gradients (HOG) method is used to detect the location of the face and the Openface module is used to capture features of the face. For the face matching stage, Euclidean Distance is used to find the match value for each database image. From the results of testing on 30 students, obtained an accuracy of 93.3%. While testing the distance capability in face detection, it was found that the system can detect faces up to a distance of 120 cm in normal room lighting conditions. While testing the Thermal Camera AMG8833, it was found that the accuracy value decreased as the distance increased. The optimal distance for temperature readings is 30 cm.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathan Muhammad
Abstrak :
Pengenalan wajah adalah permasalahan fundamental di computer vision. Salah satu solusi permasalahan ini adalah pembelajaran metrik, yang dapat dilakukan dengan metode deterministik atau metode probabilistik. Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan keunggulan model deterministik Proxy Anchor dengan model probabilistik Probabilistic Face Embeddings menjadi suatu model usulan ProxyPE. Selain itu, kami juga mengusulkan kerangka alur prapemrosesan citra wajah untuk citra masukan melalui restorasi wajah dengan GFP-GAN. Dataset citra wajah yang digunakan pada penelitian ini adalah dataset Labelled Faces in the Wild. Pengujian pada model ProxyPE menunjukkan hasil evaluasi yang lebih unggul dengan MAP@R sebesar 8.28, dibandingkan dengan model Probabilistic Face Embeddings dengan MAP@R sebesar 4.58, namun belum sebaik model Proxy Anchor dengan dengan MAP@R sebesar 18.75. Selanjutnya, peningkatan kualitas citra melalui restorasi wajah dengan GFP-GAN secara umum meningkatkan kinerja model usulan. Pengenalan wajah pada ProxyPE yang didahului prapemrosesan citra wajah tersebut menunjukkan peningkatan kinerja dengan MAP@R sebesar 8.74. Secara umum, model usulan ProxyPE dapat mengenali wajah dengan lebih baik daripada Probabilistic Face Embeddings dengan dan tanpa GFP-GAN. ......Face recognition is a fundamental problem in computer vision. One solution to this problem is metric learning, that can be done with deterministic methods or probabilistic methods. This research aims to combine the advantages of the deterministic Proxy Anchor model and the Probabilistic Face Embeddings model, into the proposed ProxyPE model. In addition, we also propose an image preprocessing framework for input images by restoring faces using GFP-GAN. The dataset of face images used in this research is the Labelled Faces in the Wild dataset. Evaluation on the ProxyPE model shows better results with MAP@R of 8.28, compared to the Probabilistic Face Embeddings model’s MAP@R of 4.58, but not as good as the Proxy Anchor model’s MAP@R of 18.75. Furthermore, improving image quality through face restoration with GFP-GAN generally improves our model’s performance. Face recognition on ProxyPE preceded by preprocessing face images results in a performance improvement with MAP@R of 8.74. Overall, the proposed ProxyPE model achieves better performance than Probabilistic Face Embeddings with and without GFP-GAN.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anugrah Ramadhani
Abstrak :
Penelitian tugas akhir ini meliputi tiga hal utama, yaitu pengembangan perangkat lunak sistem pintu otomatis yang dapat berjalan secara real time, penerapan algoritma pengenalan wajah Fuzzy Neuro Learning Vector Quantization berbasiskan dimensi pada perangkat lunak, dan pengujian atau eksperimen dari algoritma Fuzzy Neuro Learning Vector Quantization berbasiskan dimensi dengan menggunakan data wajah yang tidak ideal. Hasil yang diharapkan adalah perangkat lunak dari sistem yang dapat berjalan secara real time, dan gambaran perilaku dari algoritma Fuzzy Neuro Learning Vector Quantization berbasiskan dimensi dalam menangani data tidak ideal. The purpose of this final project research included three main things, the development of auto door-lock system software that can run in real time, the application of the Fuzzy Neuro Learning Vector Quantization dimension based algorithm, and the experiment of Fuzzy Neuro Learning Vector Quantization dimension based algorithm using non ideal data. The results of this research are, the real time auto door-lock system software, and the behavior of Fuzzy Neuro Learning Vector Quantization dimension based algorithm in dealing with non ideal data.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rangkuti, Farania Gama Ardhina
Abstrak :
Tugas akhir ini menguji dan menganalisa perbandingan antara metode Sparse Representation baik melalui algoritma Lasso dan algoritma Primal-Dual untuk minimisasi L1, dengan metode Eigenface dalam sistem pengenalan wajah berbasis komputer. Komponen yang diperbandingkan adalah tingkat akurasi yang dicapai dan tingkat kecepatan yang digunakan kedua metode. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode Sparse Representation melalui algoritma Lasso memiliki tingkat akurasi yang paling baik dan stabil, serta memiliki tingkat efisiensi terbaik dalam waktu komputasinya.
This study tests and analyses two methods of face recognition, namely Sparse Representation via both Lasso algorithm and Primal-Dual algorithm for L1 minimisation, and Eigenface, in terms of their level of accuracy and level of resource efficiency. Test results conclude that Sparse Representation method is more stable and has a better level of accuracy and resource efficiency.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Vera Mukty
Abstrak :
Tugas Akhir ini membahas pengembangan sistem pengenalan wajah yang menggunakan metode Voting. Pada sistem ini digunakan metode Eigenface untuk melakukan ekstraksi ciri wajah, dan metode Jarak Euclidean untuk mengukur tingkat kemiripan antar citra wajah. Berdasarkan hasil pengamatan dari penggunaan metode Eigenface dan Jarak Euclidean tersebut, belum tentu citra wajah yang memiliki Jarak Euclidean terkecil adalah milik subyek yang sama dengan citra wajah input. Pada tugas akhir ini dikembangkan metode Voting untuk mengolah n-top citra wajah hasil. Melalui metode Voting, setiap citra wajah pada n-top citra wajah hasil akan memberikan kontribusi nilai pada subyek, dan subyek yang memiliki nilai terbesar akan keluar sebagai hasil.
The focus of this study is the development of face recognition system using Voting method. This system use Eigenface method to exctract face feature, and Euclidean Distance method to meassure the similarity level between face images. According to the result of the implementation of Eigenface method and Euclidean Distance method, face image with the smallest Euclidean Distance to face image input is not always represent the same subject. In this study Voting method is developed to process n-top face image result. In Voting method, every face image on n-top face image result will give added value for subject, and the subject with the biggest value will becoming the result.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mumtazus Sundus
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara fungsi dari sebuah wacana, dalam hal ini laporan pertandingan kekalahan Chelsea untuk anak-anak dengan penggunaan strategi face-threatening acts (FTAs) di dalam penulisannya. Pada dasarnya, wacana merupakan bentuk hasil tulisan dengan mengusung tujuan tertentu di dalam penyampaiannya. Wacana akan disusun sedemikian rupa agar sesuai dengan siapa yang menjadi pembacanya. Hal ini juga akan merunut bagaimana cara berita tersebut disampaikan kepada para pembacanya lewat permainan kata-kata. Di dalam tujuannya, wacana juga acap kali memiliki kekuatan untuk memengaruhi para pembacanya, tidak terkecuali bagi para pembaca anak-anak. Tidak tertutup kemungkinan bahwa wacana yang disampaikan akan memberikan dampak tertentu bagi anak-anak tersebut. Dengan menilik kepada teori tentang strategi face-threatening acts (FTAs) dalam kajian pragmatik, dan teori "ramalan" dari Halliday, penelitian ini akan berusaha untuk menemukan berbagai pengaruh dari penggunaan strategi face-threatening acts (FTAs) dalam kaitannya dengan anak-anak sebagai addressee di dalam laporan pertandingan kekalahan tersebut. ......The objective of this study is to examine the relation betwixt the function of discourse, in this case is Chelsea's match report defeat for children with the use of face-threatening acts (FTAs) strategy within the text. Basically, discourse is a kind of writing which carries certain aims. Discourse will be intentionally arranged to suit over whom the readers are. Also, this condition will lead to how discourse is bought to the readers through a play on words. Specifically speaking about the discourse purpose, it somehow has power to influence the readers; no exception for children. The discourse delivered may affect children in several points. Through the face-threatening acts (FTAs) strategy theory in pragmatics and predictability theory conducted by Halliday, this study will discover several impacts as the use of face-threatening acts (FTAs) strategy in the context of children as the addressee in that match report defeat.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1953
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Budiyatno
Abstrak :
Sejak kehadiran jejaring sosial belakangan ini setiap orang dapat dengan mudah memperoleh informasi siapapun. Bahkan persaingan industri IT semakin marak dengan dikembangkannya aplikasi dan layanan yang terhubung dengan jejaring sosial. Oleh karena itu, muncul sebuah ide untuk mengembangkan sistem pengenalan wajah sebagai identitas penghubung jejaring sosial. Selain menggunakan wajah sebagai identitas utama dalam perancangan sistem, wajah juga digunakan sebagai marker untuk menampilkan informasi hasil pengenalan wajah berbasis Augmented Reality. Sistem utuh ini terdiri dari pengenalan wajah pada perangkat mobile Android, pengenalan wajah pada layanan komputasi awan dan tambahan informasi hasil pengenalan wajah berupa Augmented Reality. Modul pengenalan wajah ditanamkan pada layanan Cloud Computing Google App Engine berbasis Python dengan memanfaatkan Face.com API sebagai pengolahan citra wajah. Hasil informasi dari layanan tersebut dikembalikan dalam format JSON. Response JSON itu dimanfaatkan sebagai tambahan informasi yang akan ditampilkan dengan konsep Augmented Reality. Kehadiran Augmented Reality pada sistem ini bertujuan untuk memberikan interaksi yang ramah dengan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian, Augmented Reality bekerja dengan cepat ketika menjadikan wajah sebagai marker untuk menampilkan informasi hasil pengenalan wajah, dengan respon rata-rata sebesar 1025.42 ms untuk mendapat informasi lengkap dan 697.7 ms untuk mendapat sedikit informasi dari orang yang dikenal. ......Recently, since the presence of social networking, anyone can easily receive information of anyone, anytime and anywhere. The competition for IT industry increased with the development of connected applications and services with social networking. Therefore, we proposed a face recognition system as a connector to social networking application. In addition to using face as a primary identity in the system design, face is also used as a marker to display information of the result of the face recognition-based on Augmented Reality. This complete system consists of face recognition on Android mobile devices. Face recognition on cloud computing services and additional information on the results of face recognition in the form of Augmented Reality. Face recognition module is embedded in the Cloud Computing using Google App Engine services based on Python, and also using Face.com API for facial image processing. The results of the service information is returned in JSON format. Given JSON response used as additional information to be displayed with the concept of Augmented Reality. The presence of Augmented Reality in this system aims to provide a friendly interaction with the user. Based on the results of test, Augmented Reality works quickly when used faces as a marker, with the average response time of 1025.42 ms to get complete information and 697.7 ms to get a little information from people who are known.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42173
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Noor Hafidz
Abstrak :
Latar Belakang.: COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus SARS CoV 2. Jumlah penderita sampai saat ini 1,7 juta orang di seluruh dunia, dan semakin bertambah setiap harinya. Sebanyak 2,3% dari pasien COVID-19 memerlukan intubasi. Intubasi pada pasien COVID-19 memiliki risiko pajanan terhadap jalan napas pasien yang memiliki viral load yang tinggi. Anestesiologis yang melakukan prosedur intubasi harus memakai alat pelindung diri (APD) yang sesuai untuk mengurangi risiko penularan. Intubasi trakeal pada pasien tersangka COVID-19 dapat dianggap intubasi dengan penyulit karena pemakaian APD lengkap berpotensi menimbulkan hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemakaian APD lengkap dengan kesulitan intubasi pada pasien tersangka COVID-19. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik retrospektif menggunakan metode survei berbasis googleform. Sampel penelitian adalah peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis – 1 Anestesiologi dan Terapi Intensif tahap magang dan mandiri. Survei dilakukan pada minggu pertama bulan Mei 2020. Hasil survei disajikan dalam bentuk tabel, dan analisa hubungan kemaknaan antar variabel dilakukan dengan uji Chi square serta uji Fisher. Hasil. Sebanyak 65 responden berpartisipasi. Kesulitan intubasi dialami oleh 28 (43,1%) responden. 24 responden melaporkan kesulitan bergerak saat memakai APD seluruh tubuh, namun hanya 15 (23,1%) responden mengalami kesulitan intubasi (p = 0,016). 48 (73,8%) responden melaporkan kesulitan visualisasi saat memakai APD wajah, namun hanya 24 (36,9%) responden yang mengalami kesulitan intubasi (p = 0,058). 27 (41,5%) responden menyatakan face shield merupakan APD wajah dengan visualisasi terbaik, dan 47 (72,43%) responden menganggap kombinasi goggle dan face shield memberikan visualisasi terburuk. Penggunaan kacamata, satu jenis atau kombinasi APD wajah, penggunaan aerosol box atau plastic cover, dan durasi pemakaian APD tidak berhubungan dengan kesulitan intubasi. Faktor lain yang berhubungan dengan kesulitan intubasi adalah bila intubasi dilakukan pada keadaan emergensi. Sebagian besar responden setuju bahwa pemakaian APD saat melakukan intubasi akan membuat kesulitan melihat, kesulitan bergerak dan menimbulkan rasa panas yang menghambat pekerjaan. Simpulan. Terdapat hubungan antara penggunaan APD dengan kesulitan intubasi pada pasien tersangka COVID-19. ......Background. COVID-19 is a disease caused by the SARS CoV 2 virus. The number of patients to date is 1.7 million people worldwide and counting. As many as 2.3% of COVID-19 patients require intubation. Intubation in COVID-19 patients has a risk of exposure to the patient’s airway that has high viral load. Anesthesiologists who carry out intubation procedures must use appropriate personal protective equipment (PPE) to reduce the risk of transmission. Tracheal intubation in confirmed or suspected COVID-19 patients can be considered as difficult intubation. This is because the use of PPE can hindrance the intubation procedure itself. This study aims to determine the relationship between the use of PPE with difficulty in intubating suspected COVID-19 patients. Method. This research is a retrospective analytic descriptive study using the Googleform-based survey method. Respondents were senior and middle Anesthesiology and Intensive Therapy resident. The survey was conducted in the first week of May 2020. The results of the survey are presented in tabular form, and the analysis of the significance of the relationships between variables was carried out using the Chi square test and Fisher's exact test. Result. A total of 65 respondents participated. Difficult intubation was experienced by 28 (43.1%) respondents. 24 respondents reported difficulty moving while wearing full body PPE and among those 15 (23.1%) respondents had difficulty intubating (p = 0.016). 48 (73.8%) respondents reported difficulty visualizing when using facial PPE, but only 24 (36.9%) respondents had difficulty intubating (p = 0.058). 27 (41.5%) respondents stated that face shield was the best facial PPE, and 47 (72.43%) respondents considered the combination of goggle and face shield to provide the worst visualization PPE. The use of glasses, one type or combination of facial PPE, the use of aerosol boxes or plastic covers, and the duration of wearing PPE are not related to intubation difficulties. Another factor related to intubation difficulties is when intubation is performed in an emergency situation. Most respondents agreed that the use of PPE during intubation would make it difficult to see, to move and cause a heat sensation that impedes work. Conclusion. There is a relationship between the use of PPE and the difficulty of intubating suspected COVID-19 patients
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2020
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This book addresses biometrics from a biomedical engineering point of view. Divided into five sections, it discusses topics including the influence of pathologies on various biometric modalities (e.g. face, iris, fingerprint), medical and security biometrics, behavioural biometrics, instrumentation, wearable technologies and imaging. The final chapters also present a number of case studies.
Singapore: Springer Nature, 2019
e20507051
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Tosti, Antonella
Abstrak :
The demand for cosmetic procedures is increasing worldwide. This book presents all the potential side-effects and complications of the most frequently used procedures in aesthetic dermatology and provides sound practical advice on their management. It will be helpful not only to beginners but also to experienced dermatologists who want to start performing new procedures. The text is fully illustrated and very simple to consult. For each procedure, the book discusses both common and uncommon side-effects and complications, provides tips on how to avoid them, and explains clearly how they are best treated.
Berlin : Springer, 2012
e20426107
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>