Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 60 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sherina Milenia
"Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas kendaraan listrik yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 2019 s.t.d.d Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2021. Dalam peraturan ini diatur mengenai insentif PPnBM atas kendaraan listrik untuk tipe hybrid, PHEV, FCEV, dan BEV. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan PPnBM atas kendaraan listrik di Indonesia sesuai dengan prinsip kebijakan insentif kendaraan listrik yang efektif dan strategi penerapan kebijakan insentif PPnBM atas kendaraan listrik dengan membandingkan penerapan kebijakan cukai atas kendaraan listrik di Thailand. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma post positivism dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan PPnBM atas kendaraan listrik di Indonesia memenuhi prinsip jenis dan waktu pemberian insentif, kesederhanaan insentif, daya tahan insentif, tetapi tidak memenuh ketersediaan insentif yang menjadi salah satu tantangan penerapan kebijakan insentif PPnBM atas kendaraan listrik. Selanjutnya, strategi penerapan yang telah disiapkan oleh pemerintah adalah 1) mengkaji ulang persyaratan TKDN agar kendaraan listrik dapat mendapatkan tarif insentif PPnBM, 2) meningkatkan jumlah infrastruktur pengisian publik, 3) menyelaraskan kebijakan antara kendaraan konvensional dan kendaraan listrik, dan 4) sosialisasi mengenai kendaraan listrik dan kebijakan insentif atas kendaraan listrik.

The Government of Indonesia issued an incentive policy of Sales Tax on Luxury Goods on electric vehicles which is regulated in Government Regulation No. 73 of 2019 as amended by Government Regulation No. 74 of 2021. This regulation regulates PPnBM incentives for electric vehicles for hybrid, PHEV, FCEV, and BEV types. This study aims to analyze the luxury tax policy on electric vehicles in Indonesia in accordance with the principles of an effective electric vehicle incentive policy and the strategy for implementing the luxury tax incentive policy on electric vehicles by comparing the implementation of the excise policy on electric vehicles in Thailand. The research was conducted using a quantitative approach with a post-positivism paradigm and a descriptive type of research. The results of this study indicate that the luxury tax policy on electric vehicles in Indonesia meets the principles of type and timing of incentives, simplicity of incentives, durability of incentives, but does not meet the availability of incentives which are one of the challenges of implementing luxury tax incentive policies on electric vehicles. Furthermore, the implementation strategies that can be carried out by the government are 1) reviewing the local content requirements so that electric vehicles can get luxury tax incentive rates, 2) increasing the number of public charging infrastructures, 3) aligning policies between conventional vehicles and electric vehicles, and 4) socializing about electric vehicle and incentive policies for electric vehicles."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gamal Sena Shidiqi
"Rapor ini dibuat untuk menunjukan hasil studi dari proyek pengurangan bahan diesel yang dimulai oleh BHP Mitshubishi Alliance (BMA). Tujuan dari proyek ini untuk menyelidiki apakah Battery Electric Vehicle (BEV) secara finansial bisa digunakan di area pertambangan Broadmeadow. Hasil dari studi ini akan menunjukan apa proyek beneficial untuk BMA. Terlebih lagi, jika armada di Broadmeadow akan sepenuhnya menggunakan BEV, sistem ventilasi di dalam pertambangan harus di pertimbangkan. Selain itu, riset untuk aplikasi dari BEV di dalam pertambangan dan analisisa metodologi untuk proyek juga dipertimbangkan. Hasil riset awal menunjukan bahwa BEV akan memiliki jangka waktu penggunaan lebih lama dibanding menggunakan kendaraan diesel. Untuk membantu dalam investigasi, dua jenis analisis digunakan, Cost-Benefit Analysis (CBA) dan Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT). Analasis SWOT mengindikasikan bahwa kendaraan diesel memiliki kelebihan fleksibiltas dalam operasionalnya dan downtime yang lebih cepat dibanding BEV. Tetapi, kendaraan diesel menghasilkan DPM yang berbaya jika dihirup dalam kuota tertentu. Sedangkan, BEV memiliki kelebihan harga operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan kendaraaan diesel. Dari analisisa CBA, diketahui bahwa expektasi total biaya operasional selama 13 tahun kedepan BEV lebih rendah 23% dibandingkan kendaraan diesel. Walaupun di dalam perhitungan data ada beberapa masalah seperti pembuatan asumsi untuk model data Life-cycle cost. Riset lanjutan dibutuhkan dikedepannya untuk proyek ini agar model data lebih akurat.

This report has been made to show study results of Diesel Particulate Matter (DPM) Reduction Project initiated by BHP Mitsubishi Alliance (BMA). The aim of the project is to investigate the viability of battery electric vehicle (BEV) in Broadmeadow Mine. BMA requires a fleet replacement study for Broadmeadow mines to determine if the project will be beneficial or not. Furthermore, a cost saving study needs to be done for the ventilation system if a complete battery electric fleet is in use instead of diesel machines.

Additional research regarding the application of Battery Electric Vehicle (BEV) in underground mining areas was done. Additional analysis on methodology of the project was planned. Preliminary investigation shows that in underground mining areas, BEV will have greater life cycle expectancy when compared to diesel vehicles. Two analyses were done for the study, Cost-Benefit Analysis (CBA) and Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) analysis were done to help with the study.

SWOT analysis shows that diesel vehicles have an advantage in operational flexibility and lower downtime, at the cost of creating more DPM particles in the area. Electric vehicles have the advantage of lower operational cost and maintenance. Moreover, Electric battery does not produce DPM particles. Having less DPM particles in the workers area may increase the satisfaction and well-being of the workers.

From the results gathered using Cost-Beneficial Analysis (CBA) it was shown that Electric vehicles have lower operational cost for the expected 13 years life span of Broadmeadow Mines. Although there were some calculation issues that stems from the assumptions made for the LCC model inputs, which reduces the accuracy of the model. Further studies are required, and missing data needs to be collected to improve the accuracy of the model. "

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah Humayro
"Penelitian ini menganalisis implementasi kebijakan kendaraan listrik yang dirumuskan oleh Pemerintah Jepang yang cenderung inkonsisten terhadap pengaruh lingkungan hidup global. Analisis dalam penelitian ini menggunakan kerangka teori Developmental State dari Chalmers Johnson, Robert Wade, Peter Evans, dan Adrian Leftwich. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini yaitu, mengapa Jepang tidak fokus untuk memproduksi kendaraan listrik secara global sementara Pemerintah Jepang memiliki kebijakan terkait produksi kendaran listrik? Penelitian ini menggunaan metode kualitatif-deduktif dengan menunjukkan bahwa dalam membangun suatu negara diperlukan relasi yang kuat antara pemerintah negara dengan sektor bisnis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yakni meliputi informasi resmi pemerintahan, artikel jurnal, situs internet serta publikasi resmi dari Pemerintah Jepang yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Pemerintah Jepang dalam menjalin relasi dengan sektor industri otomotif Jepang dalam implementasi ekosistem kendaraan listrik cenderung sinergis dalam perumusan kebijakan. Namun, Pemerintah Jepang perlu meningkatkan serta memperhatikan beberapa aspek seperti kemampuan mengorganisir masyarakat Jepang yang saat ini belum sepenuhnya mendukung ekosistem kendaraan listrik, penanganan masalah lingkungan dan sosial, serta langkah yang diambil dalam menghadapi daya saing internasional.

This research analyzes the implementation of electric vehicle policies formulated by the Japanese government which tend to be inconsistent with global environmental influences. The analysis in this research uses the theoretical framework of Developmental State from Chalmers Johnson, Robert Wade, Peter Evans, and Adrian Leftwich. The research question in this study is, why does Japan not focus on producing electric vehicles globally while the Japanese government has policies related to the production of electric vehicles? This research utilizes a qualitative-deductive method by showing that in developing a country, a strong relationship between the government and the business sector is needed. The data used in this research are primary data and secondary data, which include official government information, journal articles, internet sites and official publications from the Japanese government related to the research topic. The results show that the Japanese government's ability to establish relations with the Japanese automotive industry sector in the implementation of the electric vehicle ecosystem tends to be synergistic in policy formulation. However, the Japanese government needs to improve and pay attention to several aspects such as the ability to organize Japanese society which currently does not fully support the electric vehicle ecosystem, handling environmental and social issues, and steps taken in the face of global competitiveness.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhil Aditya Falah
"Perkembangan dan penemuan motor bakar adalah salah satu pencapaian terbesar teknologi modern, terlebih lagi perkembangan dan penemuan mobil. Namun, sejumlah besar mobil yang digunakan di seluruh dunia memiliki masalah dan terus menyebabkan dampak serius bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Polusi udara, pemanasan global, dan menipisnya sumber daya minyak bumi sekarang menjadi masalah yang sangat memprihatinkan. Atas permasalahan tersebut upaya yang dilakukan Universitas Indonesia adalah mengembangkan kendaraan konversi listrik. Mobil listrik adalah mobil yang digerakan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya.
Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini meliputi pengukuran temperature, daya dan juga analisis karakter pada baterai lead acid. Pengujian kapasitas baterai dilakukan selama 600 dan mendapat penurunan tegangan sebesar 3,84volt dari 12,34 volt. Kemampuan thermal pada baterai lead acid kurang baik jika dipakai dengan beban yang berat, karena suhu akan meningkat bisa mencapai diatas 40ºC melebihi suhu rekomendasi yang berkisar antara 20ºC - 25ºC yang dimana kondisi ini dapat mengurangi masa pakai baterai dan juga kapasitasnya. Kenaikan suhu dapat mempengaruhi performa baterai pada kendaraan konversi MEV 02, dikarenakan kemampuan kapasitas menampung energi dan umur baterai dapat berkurang.

The development and invention of the combustion engine is one of the greatest achievements of modern technology, even more the development and invention of the car. However, a large number of cars used throughout the world have problems and continue to cause serious impacts on the environment and human life. Air pollution, global warming, and depletion of oil resources are consider to be a very serious problems. For these problems, University of Indonesia are developing electric conversion vehicles. Electric car is driven by an electric motor, using electrical energy stored in batteries or other energy storage.
The methodology used in this study includes measurement of temperature, power and also character analysis of lead acid batteries. Battery capacity testing was tested for 600 minutes and got a voltage drop of 3.84 volts from 12.34 volts. The thermal ability of lead acid batteries is not recommended if it used with heavy loads, because the temperature will rise above 40ºC exceeding the recommended temperature which ranges from 20ºC - 25ºC which can reduce the battery life and capacity. Temperature increase can affect battery performance, the ability to accommodate energy capacity, and battery life.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayesha Parvati Dewi
"ABSTRAK
Berdasarkan faktor-faktor konsumsi energi dan emisi dari sektor transportasi, Indonesia memulai Program Mobil Listrik Nasional (Molina) pada tahun 2012. Mobil listrik terdiri atas beberapa komponen utama, salah satunya baterai. Baterai jenis lithium dipilih untuk digunakan pada mobil listrik karena sifatnya yang ringan, memiliki kapasitas penyimpanan dan konduktivitas listrik yang baik, tidak memiliki memory effect, dan memiliki siklus hidup yang relatif panjang. Kemenristek menginisiasi Konsorsium Nasional Baterai Lithium yang memiliki paket riset dari hulu ke hilir untuk mengembangkan baterai lithium untuk mobil listrik secara lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesiapan teknologi baterai lithium mobil listrik di Indonesia dengan menggunakan Technology Readiness Levels (TRL) yang dikembangkan oleh NASA dan mendapatkan langkah-langkah beserta prioritas pelaksanaan untuk meningkatkan tingkat kesiapan teknologi menggunakan Importance-Performance Analysis oleh Martilla dan James (1977). Hasilnya menunjukkan bahwa capaian TRL untuk baterai lithium di Indonesia adalah TRL 5 dan beberapa action items telah dirumuskan dan ditentukan prioritas pelaksanaannya melalui focus group discussion dengan pakar dari akademisi, pemerintahan, dan industri.

ABSTRACT
Based on the energy consumption and emissions from the transportation section, Indonesia started the National Electric Vehicle Program (Molina) on 2012. The electric vehicle (EV) is made up of a few main components, one of them being the battery. Lithium batteries are the main choice for the EV storage system because of it is lightweight, has a high storage capacity and electrical conductivity, doesn’t have memory effect, and has a relatively long life cycle. Indonesia’s Ministry of Research and Technology (Kemenristek) initiated the National Lithium Battery Consortium that focuses on both upstream and downstream research to develop EV lithium batteries locally. This research aims to assess the technology readiness of EV lithium batteries in Indonesia using the Technology Readiness Levels (TRL) method developed by NASA and to identify action items to improve technology readiness using the Importance-Performance Analysis by Martilla and James (1977). Results showed that EV lithium battery in Indonesia achieved TRL 5 and action items were derived through a focus group discussion with experts from academicians, the government, and industry.
"
2015
S59625
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Arif Maulana
"Head unit pada kendaraan merupakan perangkat yang digunakan untuk memutar media seperti musik dan radio yang bahkan dapat digunakan sebagai alat navigasi dengan kemampuan menampilkan peta ketika berkendara. Pada penulisan ini, dilakukan penelitian bagaimana sebuah head unit kendaraan khususnya kendaraan listrik dapat digunakan tidak hanya untuk memutar media saja, tetapi juga sebagai alat human-machine interface (HMI) yang dapat menampilkan parameter-parameter kendaraan seperti kecepatan, RPM motor, dan suhu. Pada kendaraan listrik, parameter lain yang dapat ditampilkan adalah tegangan dan arus dari bagian kendaraan listrik seperti power distribution unit (PDU), battery management system (BMS), inverter, dan sebagainya. Head unit yang digunakan pada penelitian ini menggunakan sistem yang sudah ada banyak di pasar, yaitu berbasiskan sistem operasi Android sehingga dari segi fungsi utamanya sebagai head unit, ia bisa langsung mengutilisasikan kemampuan yang ditawarkan oleh sebuah perangkat Android. Dalam perancangan sistemnya, sebuah aplikasi Android dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) yang dirancang secara fungsional dikembangkan dan di-install pada head unit. Head unit ini kemudian akan terhubung melalui koneksi serial USB dengan sebuah microcontroller yang bertindak sebagai salah satu node yang mewakilkan head unit tersebut pada jaringan CAN bus kendaraan. Dengan begitu, head unit dapat membangun komunikasi dengan perangkat-perangkat kendaraan.

The head unit in a vehicle is a device used to play media such as music and radio that can even serve as a navigation tool with the ability to display maps when driving. In this paper, research is conducted on how a vehicle head unit, especially on electric vehicles, can be used not exclusively to play media, but also as a human-machine interface (HMI) tool that can display vehicle parameters such as speed, motor RPM, and temperature. In electric vehicles, other parameters that can be shown are voltage and current from electric vehicle parts such as the power distribution unit (PDU), battery management system (BMS), and inverter, among others. The head unit used in this research uses a system that already exists in many markets, namely the Android operating system so that in terms of its primary function, the head unit can directly utilize the capabilities offered by an Android device. In the system design, an Android application with a functionally designed graphical user interface (GUI) was developed and installed on the head unit. The head unit will then connect via a USB serial connection with a microcontroller that acts as one of the nodes representing the head unit on the vehicle CAN bus network. Thus, the head unit can establish communication with the vehicle parts."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paulus Hari Wijayanto
"Sektor transportasi selama ini dikenal sebagai penyumbang emisi gas rumah kaca dan pencemaran udara yang menimbulkan masalah lingkungan dan kesehatan. Indonesia sebagai oil net importer juga direpotkan oleh fluktuasi harga minyak yang dipengaruhi oleh situasi geopolitik di seluruh dunia. Indonesia termasuk dalam sepuluh besar negara penyumbang gas rumah kaca ke atmosfer dan transportasi sendiri menyumbang 14,17% dari total (Crippa, et al., 2021). Sebagai kota tersibuk di Indonesia, terdapat 3,5 juta unit mobil di provinsi DKI Jakarta (Kepolisian Negara Republik Indonesia, 2022). Namun, mobil dari daerah penyangga keluar masuk Jakarta setiap pagi dan sore mengikuti jam kerja. Cara mengurangi gas rumah kaca lewat elektrifikasi di sektor transportasi menjadi penting. Mobil listrik berbasis baterai adalah salah satu jawaban untuk mengurangi gas rumah kaca tersebut, namun penetrasi di pasar tidak begitu menggembirakan. Untuk mencari peluang mendongkrak penetrasi mobil listrik berbasis baterai, kita perlu mengetahui peringkat prioritas faktor-faktor dalam niat beli masyarakat Indonesia. Penelitian ini didasarkan pada Theory of Planned Behavior dimana niat beli dibentuk oleh attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control. Didapatkan faktor-faktor yang menjadi indikator reflektif dari ketiga variabel tersebut, dimana masing-masing faktor mempunyai tingkat kekuatan reflektif yang didapat dari pengolahan kuesioner menggunakan Confirmatory Factor Analysis.

Transportation sector has been known as a contributor to the greenhouse gasses emissions and air pollution which caused environment and health problems.Indonesia is in the top tenth of countries who contribute greenhouse gasses to the atmosphere and transportation itself accounts for 14.17% from the total (Crippa, et al., 2021). As the busiest city in Indonesia, there are 3.5 million units in Jakarta province only (Kepolisian Negara Republik Indonesia, 2022). However, cars from urban areas in and out of Jakarta every morning and afternoon following working hours. The way to reduce greenhouse gasses such as electrification in the transportation sector has become important. Battery electric vehicles are one of the answers to reduce greenhouse gasses, but penetration in the market is not so encouraging. To seek the opportunities to boost penetration of battery electric vehicles, we need to know the priority ranking of factors in the purchase intention of Indonesian people. This research is based on the Theory of Planned Behavior where purchase intention is formed by attitude, subjective norms, and perceived behavioral control. The factors that are reflective indicators of the three variables are obtained, where each factor has a level of reflective strength obtained from processing the questionnaire using Confirmatory Factor Analysis."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhif Rizki Priambodo
"Penggunaan emisi CO2 di atmosfer sudah sangat tinggi dan akan berdampak besar kepada lingkungan dan makhluk hidup di dunia. Dalam usahanya, penggunaan kendaraan yang mengeluarkan gas emisi berupa CO2 dapat dikurangi atau mengubah konsumsi energi penggerak dari bahan bakar menjadi elektrik. Pada Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 55 tahun 2019 berisikan himbauan agar banyaknya produksi dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Pada Kendaraan bermotor listrik juga diperhatikan sisi safety atau keselamatannya yang berpengaruh pada Longevity kendaraan tersebut. dalam tugas akhir ini akan dibahas sisi safety yaitu stabilitas kendaraan. Salah satu factor stabilitas dapat dipengaruhi oleh letak Center of Gravity kendaraan. Dalam penelitian tugas akhir ini, penulis akan membahas pengaruh dari stabilitas kendaraan ketika pusat gravitasi dan total massa dari kendaraan tersebut berubah Ketika melakukan putaran dengan mengasumsikan track berkendara datar dan gesekan yang diabaikan adalah drag. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah dengan perhitungan manual dengan rumus fisika dan simulasi menggunakan aplikasi Matlab. Untuk nilai Center of Gravity, semakin tinggi kendaraan dan bertambahnya penampang maka akan lebih tinggi juga nilai Center of Gravity nya. Dari hasil Center of Gravity akan didapatkan nilai Skid pada kendaraan Ketika berputar. Letak Center of Gravity juga dipengaruhi dari penempatan massa dan perubahannya, maka Ketika kendaraan tersebut melakukan manuver, titik Center of Gravitynya juga berubah.
Data yang didapatkan dari simulasi berbentuk grafik kecepatan vs radius skid dan roll. Data tersebut akan diuji secara eksperimen. Pengujian dilakukan di perpustakaan lama Universitas Indonesia yang akan menghasilkan nilai konsumsi listrik sebagai hasil akhirnya. Data hasil konsumsi dan grafik radius belok dapat diterapkan pada kendaraan konvensional maupun Kalabia EV, dari data tersebut dapat disimpulkan tingkat keamanan berbelok beserta konsumsi listrik yang digunakan

The use of CO2 emissions in the atmosphere is very high and thus will have a major impact on the environment and living things revolves around it. In the proccess, the use of vehicles that emit gas emissions in the form of CO2 can be reduced or converting the consumption of driving energy from fuel to electricity. The Presidential Regulation of the Republic of Indonesia number 55 of 2019 contains an appeal for the production and use of electric vehicles in Indonesia. In electric motor vehicles, the safety side is also considered, which affects the longevity of the vehicle. in this final project, the safety side will be discussed, namely the stability of the vehicle. One of the stability factors can be influenced by the location of the vehicle's Center of Gravity. In this final project, the author will discuss the effect of vehicle stability when the center of gravity and the total mass of the vehicle changes when making a turn by assuming a flat driving track and the friction that is neglected is drag. In this study the method used is manual calculations with physics formulas and simulations using Matlab. For the Center of Gravity value, the higher the vehicle height and the increase in cross section, the higher the Center of Gravity value will be. From the results of the Center of Gravity, the Skid value will be obtained on the vehicle when it turns. The location of the Center of Gravity is also influenced by the placement of mass and its changes, so when the vehicle is maneuvering, the point of its Center of Gravity also changes.
The data obtained from the simulation is in the form of a speed graph vs skid and roll radius. The data will be tested experimentally. The test is carried out in the old library of the University of Indonesia which will produce the value of electricity consumption as the final result. Consumption data and turning radius graphs can be applied to both conventional and Kalabia EV vehicles, from these data it can be concluded that the level of turning safety along with the electricity consumption used
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This volume covers the various sensors related to automotive and aerospace sectors, discussing their properties as well as how they are realized, calibrated and deployed. Written by experts in the field, it provides a ready reference to product developers, researchers and students working on sensor design and fabrication, and provides perspective on both current and future research."
Singapore: Springer Nature, 2019
e20509816
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanna Gracia Christie
"Munculnya layanan jasa transportasi daring elektrik sebagai wujud kontribusi aplikator menanggapi gerakan transformasi yang diinisiasikan pemerintah menuju penggunaan kendaraan listrik (EV) secara massif dan merata pada tahun 2030 sangat mengambil perhatian masyarakat di Indonesia. Namun, model bisnis baru ini masih harus ditinjau guna mendapatkan awareness lebih sehingga semakin banyak pengguna layanan ini. Penelitian terkait persepsi pengguna terhadap teknologi tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan layanan jasa transportasi daring elektrik. Analisis faktor yang berhubungan dengan proses adopsi pengguna terhadap layanan jasa transportasi daring elektrik akan dilakukan menggunakan model terintegrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Pengolahan dan analisis data akan dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan Usefulness memberi pengaruh signifikan terhadap Intention to Use sehingga aplikator diharapkan mampu menerapkan strategi dalam meningkatkan persepsi pengguna terhadap nilai kebermanfaatan dalam meningkatkan intensi penggunaan layanan ini.

The emergence of electric ride-hailing services as a form of contribution from applicators in response to the government's transformation movement towards massive and equitable use of electric vehicles (EVs) by 2030 has captured the attention of the public in Indonesia. However, this new business model still needs to be reviewed to gain more awareness so that more users can use the service. Research on user perceptions of the technology is needed to develop electric ride-hailing services. Analysis of factors related to the user adoption process of electric online transportation services will be carried out using an integrated model of the Technology Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB). Data processing and analysis will be carried out using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results showed that usefulness has a significant effect on Attitude Towards Use and Attitude Towards Use has a significant effect on Intention to Use so that applicators are expected to be able to implement strategies in increasing user perceptions of the value of usefulness in increasing the intention to use this service."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 >>