Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 42 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Konchalovskaya, Natal`ya Petrovna
"Buku yang berjudul Dar bestsennyj ini ditulis oleh Natal'ya Petrovna Konchalovskaya ; editor, I. I. Krotova; teknik editor, T. V. Pertseva; korektor, N. M. Kozhemyakina, dan K. I. Petrovskaya. Buku ini berisikan beberapa cerita pendek yang ditujukan untuk anak-anak."
Moskwa: Detskaya literatura, 1964
RUS 891.703 KON d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Alifah Indalika Mulyadi Razak
"[ABSTRAK
Perilaku prososial merupakan modal penting untuk berhasil beradaptasi dalam kehidupan sosial (Berns, 2010). Keikutsertaan dalam kegiatan taman kanak-kanak memperluas mikrosistem anak dan menuntut pengembangan perilaku sosial sesuai dengan situasi sosial yang berbeda dan lebih luas. Upaya sistematik perlu dilakukan di tingkat prasekolah untuk memastikan bahwa perilaku prososial berkembang sesuai dengan harapan. Upaya menumbuhkembangkan tingkah laku prososial pernah dilakukan dengan menerapkan berbagai metode, antara lain, bermain peran, bermain konstruktif, pembacaan cerita dan metode bercerita shared reading. Metode shared reading dengan komponen membacakan cerita (C), berdiskusi (D) mengenai isi cerita serta mempraktekkan langsung informasi yang terdapat dalam isi cerita (K) akan diterapkan dalam Program Cerita Prososial Aktif rancangan peneliti. Efektivitas program cerita prososial aktif yang secara konseptual merupakan implementasi dari metode shared reading, akan diuji melalui penelitian eksperimental yang berdesain before-and-after . Partisipan berjumlah 20 murid taman kanak-kanak berusia antara 4-5 tahun. Penelitian dilakukan terhadap 1 kelompok eksperimen (CDK) yang diintervensi dengan metode shared reading dan 3 kelompok kontrol berturut-turut: kelompok CD, C dan CG. Kelompok CD diintervensi dengan cerita dan diskusi, kelompok C dibacakan cerita oleh peneliti dan CG dibacakan cerita oleh guru murid-murid tersebut. Dilakukan intervensi selama 15 sesi. Perilaku prososial diukur melalui observasi terhadap 15 item senarai tingkah laku prososial. Program Cerita Prososial Aktif yang menggunakan metode shared reading ternyata efektif meningkatkan tingkah laku prososial anak prasekolah secara signifikan (Z=-2.032) setelah dilakukan 5 sesi intervensi dan tingkahlaku prososial secara konsisten terus meningkat frekuensinya sampai penelitian berakhir. Metode bercerita tanpa diskusi dan kegiatan efektivitasnya paling rendah.

ABSTRACT
Adaptation to social interactions in a larger social environment is determined by individual?s prosocial behavior (Berns, 2010). With their expanding microsystem prosocial behavior of preschool children need to be develop accordingly, to establish and enhance the repertoire learned in their home environment. Various methods had been implemented in the enterprises of developing prosocial behavior of preschool children i.e.. role play, constructive play, story reading and shared reading. Cerita Prososial Aktif (CPA) that implements shared reading method presumably more effectively increases prosocial behavior considering that the prosocial story reading (C) is complemented with discussion (D) and relevant activities (K) for the children to apply prosocial behavior. With the before and after experimental design, this study aims at comparing the effectiveness of shared reading (CDK) method against active story telling (CD) and story telling without discussion(C). Prosocial behavior was measured by observation using prosocial behavior checklist consisits of 15 items. After 5 sessions the experimental gourp (CDK) showed significantly higher increase of prosocial behavior, while the other 3 control groups: treated with story and discussion (CD), C (story telling by investigator) and story telling by teacher (CG) showed no significant increases. After 15 sessions CDK group showed highest increase compared to CD, C or CG groups. Significant increase of prosocial behavior was achieved after 15 sessions of listening to prosocial story without discussiion and relevant activities, with the lowest size compared to CDK and CD groups.;Adaptation to social interactions in a larger social environment is determined by individual?s prosocial behavior (Berns, 2010). With their expanding microsystem prosocial behavior of preschool children need to be develop accordingly, to establish and enhance the repertoire learned in their home environment. Various methods had been implemented in the enterprises of developing prosocial behavior of preschool children i.e.. role play, constructive play, story reading and shared reading. Cerita Prososial Aktif (CPA) that implements shared reading method presumably more effectively increases prosocial behavior considering that the prosocial story reading (C) is complemented with discussion (D) and relevant activities (K) for the children to apply prosocial behavior. With the before and after experimental design, this study aims at comparing the effectiveness of shared reading (CDK) method against active story telling (CD) and story telling without discussion(C). Prosocial behavior was measured by observation using prosocial behavior checklist consisits of 15 items. After 5 sessions the experimental gourp (CDK) showed significantly higher increase of prosocial behavior, while the other 3 control groups: treated with story and discussion (CD), C (story telling by investigator) and story telling by teacher (CG) showed no significant increases. After 15 sessions CDK group showed highest increase compared to CD, C or CG groups. Significant increase of prosocial behavior was achieved after 15 sessions of listening to prosocial story without discussiion and relevant activities, with the lowest size compared to CDK and CD groups.;Adaptation to social interactions in a larger social environment is determined by individual?s prosocial behavior (Berns, 2010). With their expanding microsystem prosocial behavior of preschool children need to be develop accordingly, to establish and enhance the repertoire learned in their home environment. Various methods had been implemented in the enterprises of developing prosocial behavior of preschool children i.e.. role play, constructive play, story reading and shared reading. Cerita Prososial Aktif (CPA) that implements shared reading method presumably more effectively increases prosocial behavior considering that the prosocial story reading (C) is complemented with discussion (D) and relevant activities (K) for the children to apply prosocial behavior. With the before and after experimental design, this study aims at comparing the effectiveness of shared reading (CDK) method against active story telling (CD) and story telling without discussion(C). Prosocial behavior was measured by observation using prosocial behavior checklist consisits of 15 items. After 5 sessions the experimental gourp (CDK) showed significantly higher increase of prosocial behavior, while the other 3 control groups: treated with story and discussion (CD), C (story telling by investigator) and story telling by teacher (CG) showed no significant increases. After 15 sessions CDK group showed highest increase compared to CD, C or CG groups. Significant increase of prosocial behavior was achieved after 15 sessions of listening to prosocial story without discussiion and relevant activities, with the lowest size compared to CDK and CD groups., Adaptation to social interactions in a larger social environment is determined by individual’s prosocial behavior (Berns, 2010). With their expanding microsystem prosocial behavior of preschool children need to be develop accordingly, to establish and enhance the repertoire learned in their home environment. Various methods had been implemented in the enterprises of developing prosocial behavior of preschool children i.e.. role play, constructive play, story reading and shared reading. Cerita Prososial Aktif (CPA) that implements shared reading method presumably more effectively increases prosocial behavior considering that the prosocial story reading (C) is complemented with discussion (D) and relevant activities (K) for the children to apply prosocial behavior. With the before and after experimental design, this study aims at comparing the effectiveness of shared reading (CDK) method against active story telling (CD) and story telling without discussion(C). Prosocial behavior was measured by observation using prosocial behavior checklist consisits of 15 items. After 5 sessions the experimental gourp (CDK) showed significantly higher increase of prosocial behavior, while the other 3 control groups: treated with story and discussion (CD), C (story telling by investigator) and story telling by teacher (CG) showed no significant increases. After 15 sessions CDK group showed highest increase compared to CD, C or CG groups. Significant increase of prosocial behavior was achieved after 15 sessions of listening to prosocial story without discussiion and relevant activities, with the lowest size compared to CDK and CD groups.]"
2015
T43054
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghina Salsabila
"ABSTRAK
Dalam artikel ini dibahas reader-response pembaca dewasa atas buku cerita anak Strijd overzee karya Joke de Jonge 2009 dari ranah sastra Hindia-Belanda. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis cerita dan unsur-unsur intrinsik cerita dalam buku tersebut. Selanjutnya ditelisik reader-response pembaca dewasa, yang merupakan reaksi timbal balik terhadap buku tersebut. Hindia-Belanda digambarkan sebagai negeri yang eksotis, bagian dari koloni Belanda, juga dihuni oleh orang-orang yang tidak dapat dipercayai. Gambaran ini identik dengan lsquo;pemahaman rsquo; pembaca dewasa yang memiliki lebih banyak pengetahuan tentang Hindia-Belanda. Respon dan ketertarikan pembaca dewasa ini ditemukan dalam beberapa situs forum berbahasa Belanda yang bertemakan nostalgia atas sejarah dan budaya Indis. Buku ini diterima dengan baik oleh pembaca dewasa alih-alih pembaca anak.Kata kunci: cerita anak, sastra Hindia-Belanda, reader-response.

ABSTRACT
The purpose of this research is to describe adult rsquo s reader response to Strijd overzee by Joke de Jonge 2009 from the field of Dutch East Indies literature. This research is using descriptive qualitative method to analyse the intrinsic elements. Then, adult rsquo s reader response is further examined to see how adults react to the content of the book. Dutch East Indies is represented as an exotic country, part of Dutch colony, and occupied by untrusted people. Those representations are identic with the lsquo comprehension rsquo of adult readers who has more knowledge about Dutch East Indies. Those responses and interests are found in a few f orum sites concerning the history and culture of Indo. This book is more welcomed by adult readers than child readers.Keywords children rsquo s story, Dutch East Indies Literature, reader response. "
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Nurul Zahra
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan wujud penanda referensial yang terdapat pada wacana tulis yang dibuat oleh anak usia 9 mdash;11 tahun dalam buku kumpulan cerita pendek Ramuan Rahasia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima sampel data yang bertema misteri. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam buku cerita karya anak Ramuan Rahasia terdapat pemakaian referensi endoforis anaforis dan kataforis, baik berupa referensi persona, referensi demonstrativa, dan referensi perbandingan. Melalui penelitian ini, tergambar penggunaan penanda referensial pada lima karya anak usia 9 mdash;11 tahun.

ABSTRACT
This research is aimed to describe type and form of referential signs that can be found in the discourse which written by 9 ndash 11 years old in short stories collection book, called Ramuan Rahasia. The source of data in this research are 5 samples of data which themed mystery. The result concludes that in short stories collection book called Ramuan Rahasia, the use of anaphoric and cataphoric reference of endophore whether in a form of persona reference, demonstrative reference, and comparative reference are being used. From this research, it is visualized the referential sign are being used on 5 opuses of 9 ndash 11 years old kids."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf;
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mirta Nuril Maghfiroh
"ABSTRAK
Kata Emosi Positif dalam Buku Cerita Anak Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash;5oleh, Mirta Nuril MaghfirohProgram studi Sastra Indonesia, 1406613290Makalah yang berjudul ldquo;Kata Emosi Positif dalam Buku Cerita Anak Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash;5 rdquo; mendeskripsikan kemunculan kosakata emosi asyik, gembira, senang, tenang, lega, dan puas yang masuk ke dalam medan makna senang dan kata emosi suka yang masuk ke dalam medan makna suka. Kata emosi positif yang masuk ke dalam medan makna senang dan suka merupakan kata emosi yang paling sederhana dan paling banyak frekuensi kemunculannya dalam buku cerita anak Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash;5.Penelitian pada makalah ini termasuk dalam penelitian bidang Semantik yang bertujuan untuk menjelaskan kolokasi makna kata emosi asyik, gembira, senang, tenang, lega, puas, dan suka. Data yang dihimpun merupakan kosakata emosi dari buku cerita anak Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash;5 yang dijadikan sebuah korpus dengan menggunakan software antconc. Kemudian, data tersebut dianalisis untuk menemukan kolokasi semantik kata emosi asyik, gembira, senang, tenang, lega, puas, dan suka.Kata kunci: cerita anak; kata emosi; kolokasi semantik; korpus.
ABSTRACT

Positive Emotions in Children 39 s Story Book Bermain Bersama Tini Series 1 mdash 5by, Mirta Nuril MaghfirohProgram studi Sastra Indonesia, 1406613290This paper entitled Positive Emotions in Children 39 s Story Book Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash 5 describes the emergence of asyik, gembira, senang, tenang, lega, and puas as positive emotional words that goes into the field of meaning of senang and followed by suka that goes into the field of meaning of suka. This group of positive emotion words that conclude into the field of meaning of senang and suka are most frequently used in children 39 s story books Bermain Bersama Tini Series 1 mdash 5.This research is included as semantic field in linguistics studies specifically to explain the collocation of the meaning of emotion words asyik, gembira, senang, tenang, lega, puas, and suka. The data collected from children 39 s story book Bermain Bersama Tini Series 1 mdash 5 which is made into a corpus using antconc software. After that, the corpus were analyzed to find the semantic collocation of emotion words asyik, gembira, senang, tenang, lega, puas, and suka.Keywords children rsquo s literature corpus emotion words semantics collocation."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Risti Luluk Nur Afidah
"Permasalahan lingkungan pada saat ini semakin meningkat. Hal ini terjadi karena kurangnya kepedulian manusia terhadap lingkungan. Sudah seharusnya kepedulian manusia untuk menjaga lingkungan ditanamkan sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai peduli lingkungan dalam cerita anak Petualangan Ifan di Taman Nasional Way Kambas karya Ichvan Sofyan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekokritik sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumen. Analisis data dilakukan secara interaktif, yaitu meliputi proses: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam cerita anak tersebut terdapat nilai peduli lingkungan yang terdiri dari: a) peduli binatang, b) peduli hutan, dan c) peduli kebersihan lingkungan."
Serang: Kantor Bahasa Banten, 2023
400 BEBASAN 10:2 (2023)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan penelitian tentang bagaimanakah model cerita berbasis analisis fungsi tokoh cerita anak-anak adalah untuk mendapatkan prototipa model bercerita dengan berbasis analisis fungsi tokoh cerita anak-anak yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak usia operasional konkret melalui pendekatan penelitian dan pengembangan....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Asihanti Setiorini
"Penelitian mengenai struktur kalimat dalam buku cerita anak Indonesia ini bertujuan untuk menggambarkan struktur kalimat yang muncul dalam buku cerita Anak Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga melihat kesesuaian antara struktur kalimat yang muncul dalam data dengan pengajaran struktur kalimat dalam kurikulum. Metode penlitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah memilih sumber data, menyempitkan sumber data sehingga diperoleh data, melakukan analisis, dan menarik simpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur kalimat yang muncul pada data adalah kalimat tunggal, kalimat bersusun, kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, kalimat kombinasi, kalimat kasus, kalimat lengkap, kalimat teks lengkap, kalimat verbal, kalimat interogatival, kalimat nominal, dan kalimat ajektival. Berdasarkan analisis, terlihat adanya ketidaksesuaian antara struktur kalimat dalam data dengan pengajaran struktur kalimat dalam kurikulum. Ketidaksesuain tersebut muncul dalam struktur kalimat sederhana, kalimat yang makin kompleks, kalimat majemuk setara, dan kalimat tanya"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S12939
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septriana Pratiwi
"Analisis terhadap tiga buah cerita anak karya Miyazawa Kenji dengan menggunakan teori tokoh dan penokohan yang dikemukakan oleh Panuti Sudjiman dan Atar Semi, serta konsep fungsi sastra oleh Horace. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan karakter-karakter tokoh binatang dalam cerita Tse Nezumi, Kai no Hi, dan Horaguma Gakko o Sotsugyoshita Sannin karya Miyazawa Kenji.
Dari tiga cerita yang dianalisis, terdapat lima tokoh utama yaitu tikus, kelinci, laba-laba, lintah, dan cerpelai. Empat di antaranya berkarakter jahat, dan satu berkarakter baik. Tikus, laba-laba, lintah, dan cerpelai adalah tokoh-tokoh berkarakter jahat. Sedangkan kelinci adalah satu-satunya tokoh berkarakter baik.
Melalui tokoh-tokoh binatang dalam karya-karyanya itu, Miyazawa Kenji berharap agar para pembaca, khususnya anak-anak, dapat meniru sikap-sikap yang ditampilkan oleh tokoh-tokoh berkarakter baik, dan menjauhi sikap-sikap pada tokoh-tokoh berkarakter jahat.
Karya-karya Miyazawa Kenji sarat dengan ajaran-ajaran moral yang sangat baik untuk dipelajari oleh pembacanya. Miyazawa Kenji berharap agar para pembacanya dapat memetik pesan-pesan moral dan ajaran Budha yang terdapat dalam karya-karyanya itu."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S13971
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>