Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Jumlah alat bantu belajar siswa terus meningkat seiring dengan peningkatan harganya yang selangit. Oleh karena itu, kita perlu melirik suatu sarana pengembangan media belajar yang mudah dan terjangkau. salah satu alternatif sarana pengembangan tersebut adalah internet yang tampaknya sudah menjadi ternd pada saat ini, bahkan mengarah kepada suatu keharusan. Namun, mahalnya biaya pengembangan media belajar berbasis internet, dan juga ketidak-tersediaan fasilitas yang memadai menyebabkan kecenderungan akan mahalnya biaya akses internet. Hal ini berakibat pada makin beratnya penerapan media belajar berbasis internat dalam dunia pendidikan. Tulisan ini berusaha memberikan sebuah solusi bagaimana kita memanfaatkan fasilitas gratis yang banyak disediakan oleh dunia internet, yaitu hosting gratis, domain name gratis, buku tamu gratis, email gratis, mailing list gratis, fasilitas messenger atau chatting gratis, weblog gratis, album foto gratis, tag-board gratis, dan sebagainya untuk dimanfaatkan dalam pengembangan media belajar elektronik yang murah dan efektif. Keberadaan situs belajar bersama di dalam blogger di Indonesia dapat dijadikan contoh kasus pengembangan media pembelajaran berbasis elektronik yang cukup efektif dalam mendukung proses belajar siswa atau mahasiswa, baik di kelas maupun di luar kelas."
MAPEINF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Clara Endah Astuti
"Abstrak
Perbedaan pola penggunaan internet berhubungan erat dengan distribusi kekuasaan yang tidak setara dalam keluarga: antara suami dan istri, antara anak perempuan dan laki-laki. Teknologi internet yang mengalami domestifikasi ini berintegrasi dengan pembagian peran gender dalam keluarga dan merembes dalam praktik sosialisasi mengenai perilaku yang berkaitan dengan penggunaan komputer dan internet. Pola penggunaan komputer yang berbeda antara ayah dan ibu, melemahkan ketertarikan dan minat anak perempuan terhadap komputer dan internet (technophobia). Akan tetapi, dalam kajian Blogger Indonesia dengan menggunakan IES, dalam tulisan ini, menunjukkan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki sikap yang sama terhadap internet apabila perempuan diberi akses dan waktu yang sama seperti laki-laki"
Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan, 2013
305 JP 18:3(2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Vidiah Vebrinasari
"ABSTRAK
Kebiasaan konsumen dalam mencari informasi produk secara online sebelum berbelanja dan membagi informasi setelah menggunakan produk, telah menempatkan e-word of mouth e-WOM sebagai fokus strategi pemasaran produk. Salah satu produk yang mengandalkan e-WOM dalam memasarkan produknya adalah Purbasari Lipstick ColorMatte, yang menggunakan review beauty blogger sebagai media pemasaran. Tujuan dari jurnal ini adalah mencari tahu peran review beauty blogger terhadap brand awareness dan brand image dengan menganalisis respons calon konsumen dan konsumen di kolom komentar beberapa blogg beauty blogger. Berdasarkan hasil analisis, review beauty blogger tidak hanya mempengaruhi brand awareness dan brand image, tetapi juga menempatkan beauty blogger sebagai public relations yang menciptakan dan menjaga image produk Purbasari Lipstick Color Matte. Dengan adanya e-WOM, Purbasari secara tidak langsung telah mendapatkan konten pemasaran secara gratis dari beauty blogger, yang tentunya memiliki peranan besar pada popularitas produk Purbasari Lipstick ColorMatte saat ini.

ABSTRACT
Consumer behaviour in seeking online information about product before purchasing and sharing information after using the product, has put e word of mouth e WOM as the focus of product marketing strategy. One product that use e WOM on its marketing is Purbasari ColorMatteLipstick, which use beauty blogger 39 s review as a marketing channel. The purpose of this paper is to find out the role of beauty blogger 39 s review on brand awareness and brand image by analyzing responses from prospective customers and consumers at comment section in several beauty blogger 39 s blog. Based on the analysis, beauty blogger 39 s review not just affect brand awareness and brand image, but also put a beauty blogger in a position as public relations that create and maintain the image of Purbasari ColorMatteLipstick product. With e WOM Purbasari indirectly obtain marketing content for free from beauty bloggers, who certainly has a major role in the popularity of the Purbasari ColorMatteLipstick product now days."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
Perbedaan pola penggunaan internet berhubungan erat dengan distribusi kekuasaan yang tidak setara dalam keluarga : antara suami dan istri, antara anak perempuan dan laki-laki. Teknologi Internet yag mengalami domestifikasi ini berintegrasi dengan pembagian peran gender dalam keluarga dan merembes dalam praktik sosialisasi mengenai perilaku yang berkaitan dengan penggunaan komputer dan internet. Pola penggunaan komputer dan internet yang berbeda antara ayah dan ibu, melemahkan keterkaitan dan minat anak perempuan terhadap komputer dan internet (technopobia), akan tetapi, dalam kajian terhadap blogger indonesia dengan menggunakan IES, dalam tulisan ini, menunjukan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki sikap yang sama terhadap internet apabila perempuan diberi akses dan waktu yang sama seperti laki-laki."
Jakarta: Yayasan Jurnal perempuan, 2013
602 JP 18:3 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Mutia Muwardati
"Persaingan platform UGC di Indonesia membuat perusahaan mempertahankan bisnis mereka dengan meningkatkan dan mempertahankan loyalitas blogger. Loyalitas merek yang kuat diyakini mampu membuat konsumen membeli kembali dan menolak beralih ke merek lain. Loyalitas blogger seharusnya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan keunikan merek.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki secara empiris faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas merek blogger dengan memeriksa persepsi dan loyalitas blogger terhadap platform blog Kompasiana.com.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian menggunakan survei kuesioner online menargetkan 200 blogger yang menulis di Kompasiana.com dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, korelasi dan regresi berganda yang akan mengenali korelasi antara faktor-faktornya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, dan keunikan merek memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas merek, sementara itu, asosiasi merek tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas merek kepada Kompasiana.com.
Hasilnya juga dapat direkomendasikan kepada perusahaan untuk merumuskan strategi untuk meningkatkan ekuitas merek mereka agar dapat bersaing untuk keberlanjutan bisnis, terutama pasar blogger di Indonesia.

The competition of the UGC platform in Indonesia makes companies maintain their business by increasing and retaining blogger loyalists. Strong brand loyalty is believed to be able to make consumers repurchase and resist switching to another brand. The bloggers` loyalty is supposed to be effected by many factors, such as brand awareness, perceived quality, and brand associations.
The purpose of this paper is to empirically investigate the factors affecting the blogger`s brand loyalty by examining bloggers perceptions and loyalty toward blog platform Kompasiana.com.
This paper proposes a research method using an online questionnaire survey targeting 200 bloggers who write in Kompasiana.com and analyzed using descriptive, correlation and multiple regression analysis that will recognize the correlation between its factors.
The results of this study show that brand awareness, perceived quality, and brand uniqueness has a significant positive effect on brand loyalty, meanwhile, brand associations doesn`t have a significant positive effect on brand loyalty to Kompasiana.com.
The results can also be recommended to companies to formulate strategies to increase their brand equity in order to compete for business sustainability, especially the blogger market in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T53210
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Nugroho
"Studi ini untuk melihat bagaimana proses terbentuk dan berkembangnya masyarakat blogger. Selain itu, studi ini juga bermaksud menelaah struktur, mekanisme, dan dinamika yang terjadi pada masyarakat blogger, termasuk di dalamnya perilaku individual dan komunitas blogger. Ide-ide teoretik Niklas Luhmann tentang sistem sosial menjadi perangkat analisis untuk melihat rumusan masalah yang ingin dijawab. Sistem mengacu pada pembedaan apa yang disebut sistem dan bukan sistem (lingkungan), dengan melihat batas-batas yang dibuat secara mandiri.
Masyarakat blogger dipandang sebagai sistem komunikatif. Struktur sosial yang dikembangkan oleh sistem sosial masyarakat blogger untuk menyelesaikan problem kontingensi ganda dalam komunikasi, menunjukkan beberapa pola. Masyarakat blogger juga dipandang sebagai sistem autopoietic, yang bekerja secara simultan dan otonom dengan sistem psikis individu blogger yang sama sama sistem autopoietic. Hasil kerja tersebut memungkinkan terjadinya akumulasi makna-makna yang terbentuk. Pada suatu titik tertentu, akumulasi makna-makna ini akan membuahkan trust pada sistem komunikatif sekaligus dengan confidence yang juga muncul pada sistem psikis.
Sistem sosial melakukan differensiasi dengan kemunculan subsistem-subsistem baru yang membuat pembeda dengan apa yang bukan subsistemnya. Dalam kaitan dengan norma dan komunitas yang terbentuk, komunitas dipandang sebagai sistem organisasi. Sistem organisasi mereduksi kompleksitas lingkungan dengan mengorganisasikan para blogger. Masyarakat blogger melakukan segmentary differentiation, stratification differentiation, dan functional differentiation pada sistemnya untuk mempercepat evolusi sistem sosial.
Fenomena pada masyarakat blogger mencirikan fenomena kelas menengah pada masyarakat nyata, dan sistem komunikatif masyarakat blogger tidak dapat dilepaskan dari sistem-sistem yang bekerja di dunia nyata. Dengan mencoba memprediksi masa depan, dengan lebih mementingkan pada hakikat content, blog akan terus menjadi tren yang makin biasa dalam masyarakat nyata. Secara umum, proses terbentuk dan berkembangnya masyarakat blogger berikut struktur, mekanisme dan dinamikanya, merupakan sebuah bangunan sistem mandiri yang sedang dan terus berevolusi, serta memiliki ragam potensi yang bermanfaat bagi kehidupan sosial.

This study focuses for viewing the process of formed and developed of blogger community. Besides that, this study also views about the structure, mechanism, and dynamics that happen in blogger community, including individual and group behavior of blogger. Niklas Luhmann?s conception about social systems is used as analytical tool for answering the problem of this study. A System refers to differences of what it is called system and not-system (environment), by observing the boundaries that are made itself.
Blogger community is viewed as communicative system. Social structure which developed by blogger community`s social system for solving double contingency problem in communication, shows many patterns. Blogger community is also viewed as autopoietic system, which simultaneous and autonomously works with psychic system of blogger`s individual. They are both autopoietic systems. The work result of these systems make a possibility for meaning accumulation that is formed. At one certain point, these meaning accumulation will make trust in communicative system and emerging confidence in psychic system.
Social system differentiates itself by emerging new subsystems which make a difference among its non-subsystems. In the relation between norms and formed community, the community is viewed as organizational system. It reduces environment?s complexity by organizing bloggers. Blogger community did something that is called a segmentary differentiation, stratification differentiation, and functional differentiation at its system for accelerating social system?s evolution.
Blogger community`s phenomenon characterized middle class phenomenon in real society, and communicative system that worked at blogger community cannot be cut from worked systems in real society. By trying to predict the future, by focusing on content, blog will be continuously a trend that familiar in the real society. Generally, the process of formed and developed of blogger community including structure, mechanism, and dynamics, they are an autonomous system building that have been doing and always evolves. They also have variety of capacity which can useful for social life."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T25106
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 >>