Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1030 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pudjihartati, Author
Abstrak :
Perpustakaan sekolah di Indonesia belum dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai penunjang proses pembelajaran. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi, penelitian ini bertujuan menggambarkan profil kualitas perpustakaan madrasah meliputi penyediaan ruangan, SDM, koleksi, lyanan dan anggaran, apakah sesuai dengan 'parameter dalam standar pendidikan nasional (2005) dan undang-undang perpustakaan (2007). Penelitian deskriptif dilakukan pada madrasah, ibtidaiyah, dan aliyah di jakarta berjumlah 61. penelitian dilaksanakan pada bulan maret-mei 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh madrasah telah menempatkan perpustakaan pada ruang khusus, walau 10% diantaranya menyatu dengan ruang lain. luas ruangan yang ideal hanya terdapat pada 8% perpustakaan. Sumber daya berlatar belakang S1 perpustakaan, baru terdapat di MAN 7%, MTsN 9% dan tidak satu pun di MIN. hampir semua perpustakaan dipimpin oleh S1 non perpustakaan, yaitu guru dibantu 1-2 orang tenaga teknis lulusan SLTA. DAri tenaga yang telah diberikan pelatihan teknis perpustakaan, hanya 15% yang menerapkan sesuai standar. Perpustakaan yang memiliki jumlah koleksi standar hanya 10% dengan rasio antara koleksi nonfiksi dan fiksi (60:40). pemanfaatan teknologi informasi masih terbatas pada kegiatan pengolahan bahan pustaka (29%) menggunakan software senayan dan Emphaty. seluruh layanan pemustaka masih dilakukan secara manual. Jasa sirkulasi buku dilakukan pada seluruh madrasah, namun layanan internet, story telling, dan bimbingan minat baca baru dilakukan pada 16% madrasah. hanya 8% madrasah yang menjamin anggaran minimal 5% dari total anggran operasional mereka. Penelitian enyimpulkan secara umum kualitas perpustakaan belum memenuhi standar. Namun demikian terdapat 5 MAN yang berpotensi segera dapat ditigkatkan kualitasnya sesuai standar nasional.
Pengurus Pusat Ikatan IPI, 2015
020 JIPIN 2:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yus Rusmiyati
Abstrak :
Topik skripsi ini mengenal pemanfaatan buku Islam oleh mahasiswa di Perpustakaan Masjid Kampus UI (Perpustakaan Iqra') dan Perpustakaan Masjid Kampus ITB (Perpustakaan Salman). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku Islam dalam subiek apa yang paling disukai oleh mahasiswa, unsur-unsur apa yang diperhatikan oleh mahasiswa dalam memillh buku Islam, penerbit buku Islam mania yang paling disukai oleh mereka dan alasan mereka menyukai penerbit tersebut. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah koleksi buku Islam di kedua perpustakaan yang diteliti telah dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mengisi waktu luangnya, serta mengetahui apakah kedua per_pustakaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa tehadap buku Islam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa, baik di Perpustakaan Iqra' maupun di Perpustakaan Salman paling menyukai buku Islam dalam subjek Karya-karya Umum tentang Islam. Pada umumnya mahasiswa di Perpustakaan Iqra' menyukai buku Islam terbitan Gema Insani Press dengan alasan penulisnya berbobot, isinya berbobot, topiknya aktual, sampulnya/covernya bagus, terbitannya lengkap dan bahasanya mudah dipahami. Sedangkan di Perpustakaan Salman, pada umumnya buku Islam yang disukai adalah buku Islam terbitan Mizan, dengan alasan penulisnya berbobot, pembahasannya mendalam, topiknya aktual, sampul/covernya bagus dan terbitannya lengkap. Selain itu, jika mereka ingin memiliki buku sendiri, buku tersebut mudah didapat dan harganya murah. Dalam memilih buku Islam, mahasiswa pada umumnya lebih memperhatikan unsur subiek daripada unsur lainnya. Pada umumnya mahasiswa telah memanfaatkan perpustakaan masjid kampus untuk mendapatkan buku Islam. Namun sayangnya kedua belum dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan mereka.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15650
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Dhiani
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh tingkat kepuasan pemakai terhadap pelayanan Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat, yang mencakup penggunaan katalog, pelayanan referens dan penelusuran buku di rak. Lebih lanjut kemudian adalah mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dan memberikan saran/gagasan yang berhubungan dengan peningkatan kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 90 orang, dengan perincian untuk penggunaan katalog 30 orang, pelayanan referens 30 orang dan penelusuran buku di rak 3 orang. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 13-31 Desember 1991. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan perpustakaan. Untuk penggunaan katalog dengan pengaran dan/atau judul buku yang diketahui tingkat kepuasan pemakai mencapai 71,4% dan untuk subjek yang diketahui tingkat kepuasan pemakai adalah 73,7%. Untuk penelusuran buku di rak kepuasan pemakai ada pada tingkat 93.3%, dan untuk pelayanan referens tingkat kepuasan pemakai adalah 86,7%. Selain hal tersebut diatas, penelitian ini juga mengungkap kan bahwa banyak dari koleksi perpustakaan sudah tidak layak untuk dijadikan modal yang bisa menunjang jasa pelayanan perpustakaan. Baik dari informasinya yang tidak aktual lagi, maupun dari segi fisik buku-buku.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haris Fuadi
Abstrak :
Pengkatalogan merupakan salah satu aspek utama dalam kegiatan rutin perpustakaan, karena katalog merupakan sarana yang bisa dimanfaatkan pemakai untuk mengetahui koleksi yang dimiliki oleh suatu perpustakaan. Sayangnya, katalog kartu memiliki beberapa kekurangan, sehingga perpustakaan berpikir untuk mencarikan suatu sarana temu batik alternatif yang selain dapat rnenghasilkan katalog tercetak jugs dapat digunakan untuk menelusur. Sarana yang dapat digunakan untuk melakukan kedua fungsi tersebut ada]ah dengan pemanfaatan komputer atau melakukan otomasi. Menurut Swihart (1973), otomasi perpustakaan mengacu kepada suatu pemrosesan tugas-tugas rutin tertentu di dalam perpustakaan, dengan bantuan komputer maupun peralatan mekanis atau semi-otomatis lain. Tujuan otomasi diantaranya adalah untuk memperoleh pengawasan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi, serta memperoleh produktifitas yang lebih tinggi. Dengan kelebihan yang dimiliki komputer maka proses pengkatalogan bisa dilaksanakan lebih cepat, yang berarti tujuan otomasi bisa tercapai. Untuk melaksanakan pengkatalogan bahan pustaka dengan menggunakan komputer ada beberapa tahap yang harus ditempuh. Tahap-tahap tersebut adalah tahap-tahap yang biasa dilakukan oleh perpustakaan yang melaksanakan otomasi perpustakaan. Seperti dikatakan oleh Rowley (1990:vii), suatu keputusan untuk menerapkan sistem komputer sebaiknya dilakukan setelah mempertimbangkan secara menyeluruh semua tujuan skema yang akan dijalankan dan semua metode untuk mecapainya. Tahapan yang harus ditempuh dalam melaksanakan otomasi perpustakaan adalah,definisi tujuan, studi kelayakan, fase definisi, fase disain, fase implementasi, dan fase evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Perpustakaan CSIS yang memanfaatkan komputer untuk pengkatalogan ulang bahan pustaka koleksinya, mengikuti prosedur yang seharusnya ditempuh dalam melaksanakan otomasi (pemanfaatan komputer). Juga, untuk mengetahui secara garis besar apakah ada pengaruh terhadap pelaksanaan kegiatan apabila suatu prosedur diikuti maupun tidak.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15127
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khairul Kamal
Abstrak :
Untuk dapat melaksanakan tugasnya mendukung program pendidikan dan pengajaran, perpustakaan perguruan tinggi harus menyediakan koleksi, Ketersediaan koleksi yang mencakup kesesuaiannya dan jumlah eksemplar tiap judul akan ikut menentukan baik-tidaknya dukungan perpus_takaan terhadap program pendidikan dan pengajaran. Hal ini penting karena ketersediaan koleksi dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakainya. Keterse_diaan ini dipengaruhi oleh program pengadaan terutama dalam proses seleksi. Hasil seleksi ini dipengaruhi oleh besar-kecilnya partisipasi dan dukungan staf pengajar yang tahu akan buku-buku yang digunakan dalam setiap kuliahnya. Hengingat pentingnya koleksi buku bagi prog_ram pendidikan dan pengajaran, maka perpustakaan perguruan tinggi perlu mengetahui dengan evaluasi ketersediaan koleksi bukunya. Skripsi ini merupakan hasil evaluasi terhadap ketersediaan koleksi buku Perpustakaan FSUI dalam menun-jang program pendidikan dan pengajaran jurusan Jawa, Ar_keologi, Sejarah, dan Jerman program S-1 sesuai kuriku_lum yang berlaku. Evaluasi ini dilakukan berdasarkan silabus dan buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi. Hasil pemerikasaan dengan metode membandingkan (Checking-List) antara judul-judul buku yang ada dalan silabus dengan koleksi buku Perpustakaan FSUI berdasar_kan kesesuaian dan jumlah eksemplar yang harus dipenuhi menunjukan bahwa koleksi buku Perpustakaan FSUI tidak baik untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pengajaran jurusan Jawa, Arkeologi, Sejarah, dan Jerman prog_ram S-1. Hal ini juga terjadi karena kurangnpa dukungan staf pengajar dalan proses pengadaan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15486
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wardhani Kusumawati
Abstrak :
Penelitian mengenai peran perpustakaan telah dilakukan di Perpustakaan Pusat Bank Indonesia, pada bulan November 1994 dan Desember 1994. Tuiuannya ialah untuk memperoleh gambaran seberapa besar peran Perpustakaan Pusat Bank Indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi staf/karyawan. Urusan Ekonomi dan Statistik dan Urusan Sumber Daya Manusia Bank Indonesia, macam jasa yang diberikan, dan sumber-sumber informasi yang dimiliki oleh Perpustakaan Pusat Bank Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Cara penyusunan kuesioner dan pemilihan sampel dijelaskan. Data populasi penelitian diperoleh dari Kepala Seksi Perpustakaan Bank Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa 84,15% menyatakan Perpustakaan Pusat Bank Indonesia dengan jasa-Jasa yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan informasi mereka, 95,12% responden menyatakan bahwa Perpustakaan Pusat Bank Indonesia dapat menunjang tugas/pekerjaan mereka sehari-hari. Jasa peminjaman adalah jasa yang paling sering dimanfaatkan oleh 73% responden. Sumber-sumber informasi yang biasa digunakan adalah buku dan majalah berita. Perpustakaan Pusat Bank Indonesia sudah cukup bermanfaat dan cukup berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi staf/karyawan, tetapi untuk meningkatkan pemanfaatan dan peranannya diperlukan usaha-usaha sebagai berikut : (1) Komputerisasi sarana pelayanan dan sistem temu kembali secara terpasang. (2) Peningkatan kualitas staf perpustakaan, terutama dengan penambahan tenaga pustakawan profesional. (3) Penyiangan koleksi secara teratur, untuk koleksi yang sudah usang dan tidak relevan. (4) Perluasan ruang perpustakaan. (5) Pembuatan katalog induk, untuk mengetahui semua koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Bank Indonesia baik perpustakaan pusat maupun. (6) Perpustakaan mini di kantor cabang dan perpustakaan kantor perwakilan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15876
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Rasiono
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang layanan perpustakaan bagi pemustaka berkebutuhan khusus pada Perpustakaan Nasional RI yang tentunya berhubungan dengan koleksi dan fasilitas perpustakaan. Latar belakang penelitian ini adalah butir pasal lima ayat tiga Undang-Undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menjelaskan bahwa masyarakat yang memiliki cacat dan/atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perencanaan dan pewujudan inovasi dalam pembentukan ketersediaan aksesibilitas dan fasilitas dalam bentuk layanan yang diberikan oleh perpustakaan bagi seluruh pemustakanya baik yang pernah dilakukan, sedang dilakukan, atau akan dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, analisis dokumen,dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan beberapa kendala penting yang dihadapi oleh Perpustakaan Nasional dalam menyediakan fasilitas dan memberikan layanan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, antara lain: kebijakan, anggaran, perencanaan gedung, sumber daya manusia, pertimbangan pengembangan, dan pemustaka berkebutuhan khusus itu sendiri. Sedangkan upaya yang akan dilakukan sebagai inovasi yaitu: Perpustakaan Nasional akan membangun gedung layanan baru sebesar 24 lantai, melakukan sentralisasi perpustakaan dengan menggabungkan sistem layanan terbuka dan tertutup, menyediakan lantai khusus dengan segala koleksi yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, menyediakan lantai khusus dengan segala fasilitas yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, meningkatkan mutu pelayanan khususnya bagi pemustaka berkebutuhan khusus, dan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi pustakawan maupun petugas yang ada berkenaan dengan pemustaka berkebutuhan khusus. ......This thesis discusses about library services for special needs at the National Library of Indonesia which is certainly related to the collection and library facilities. The background of this research is the point section five, verse three of Undang-Undang 43 of 2007 about the library which explains that people who have disabilities and/or physical, emotional, mental, intellectual, and/or social are entitled to library services which costumized to the abilities and limitations. The purpose of this study is to understand the planning and realization of innovation in the establishment of the availability and accessibility of facilities in the form of services provided by the library for everyone. The type of research used in this study is a qualitative research with case study strategy. Data collected through interviews, observation, document analysis,and triangulation of data. These results indicate that found some important obstacles faced by the National Library in providing the facilities and providing the services to the library user with special needs, such as: policy, budgets,building planning, human resources, development considerations, and library user with special needs itself. The efforts or services innovations of National Library are: the National Library will build a new 24 floors buiding, the National Library will conduct a centralization of library services by combining open access and closed access systems, the National Library will provide a special floor for people with special needs, the National Library will provide an education and training for librarians and existing officers, etc.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Rangga
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai representasi perpustakaan umum dan fungsi perpustakaan umum yang terdapat dalam novel Libri di Luca. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian semiotik serta analisis sintagmatik dan paradigmatik Roland Barthes yang dikembangkan dari teori Ferdinand de Saussure. Analisis sintagmatik digunakan untuk meneliti hubungan yang hadir secara bersamaan, sedangkan analisis paradigmatik digunakan untuk meneliti hubungan yang hadir dan tidak hadir dalam teks melainkan dalam pikiran pembaca teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Libri di Luca menggambarkan fungsi perpustakaan umum sebagai fungsi rekreasi, informasi, dan fungsi perpustakaan umum yang digunakan sebagai tempat pertemuan.
ABSTRACT
This thesis discusses the representation of a public library and it?s function found in the novel Libri di Luca. This research uses qualitative approach with semiotic research method and Roland Barthes syntagmatic and paradigmatic analysis which are developed from Ferdinand de Saussure?s Theory. The syntagmatic analysis is used to analyse the relation that was concurrently present, whereas the paradigmatic analysis is used to analyse the relation that is not present in the text but in the mind of the readers. The result of this research indicates that the novel Libri di Luca describes the public library?s function as a recreation, information, and as a meeting place.;;
2015
S65364
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Iksan Fauzi
Abstrak :
Penelitian ini berfokus kepada representasi perpustakaan dalam serial animasi Avatar: The Last AirBender. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode semiotik yang dikemukakan oleh Roland Barthes yaitu hubungan analisis sintagmatik dan paradigmatik yang bertujuan untuk mendeskripsikan representasi perpustakaan dalam serial animasi Avatar: The Last AirBender dengan memahami gambaran komponen perpustakaan dan pemanfaatan informasi yang ditampilkan dalam serial animasi tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perpustakaan yang ditampilkan dalam serial animasi Avatar: The Last AirBender adalah sebuah pusat informasi yang tidak mudah untuk dikunjungi oleh pengguna. Perpustakaan tersebut memiliki planetarium memiliki pengaruh kepada isi cerita dalam serial animasi tersebut. ...... This study focus on representation of libraries in the serial animation Avatar: The Last Airbender. This study applying qualitative research method with semiotic method stated by Rolad Barthes namely analysis relationship of syntagmatic and paradigmatic which intend to describe representation of libraries in the serial animation Avatar: The Last AirBender by understanding the library component and information usage which shown in the serial animation. The conclution of this study that the library which shown in the serial animation was an information center that was hard to be visited by the user. The library have a planetarium that have a major influence in the entire story.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S65755
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reino Auzan Rifqi
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang bagaimana UIANA bekerja sebagai repositori institusional dengan melihat tata cara penyusunan karya ilmiah, cara mengunggah dan mengelolanya di perpustakaan UI. UIANA adalah kumpulan karya ilmiah yang dihasilkan oleh civitas akademika UI sebagai kekayaan UI. Kepengurusan UIANA diawali dengan terbitnya SK Rektor tahun 2008 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Tugas Akhir Universitas Indonesia dan diperbaharui dengan Keputusan Rektor Nomor 2143 Tahun 2017 tentang Pedoman Teknis Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Indonesia yang wajib digunakan oleh seluruh mahasiswa UI, baik mahasiswa S1 maupun S2 pedoman penulisan tugas. UIANA sebagai arsip Universitas Indonesia dapat digunakan sebagai bukti akuntabilitas UI sebagai lembaga penghasil pengetahuan dan dapat menunjukkan perkembangan ilmu pengetahuan di Universitas Indonesia. UIANA itu yang telah dirintis sejak tahun 2004, dikelola secara digital dengan menggunakan aplikasi LONTAR, aplikasi yang sama untuk mengolah bahan pustaka lainnya di Perpustakaan UI, sehingga dapat dikatakan bahwa Perpustakaan UI memiliki mengintegrasikan manajemen koleksi dalam satu sistem aplikasi terintegrasi (sistem perpustakaan terpadu). Skripsi ini membahas tentang manajemen UIANA sejak proses unggah mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa sampai dengan pemberian akses ke pengguna dan masalah yang muncul dalam proses manajemen. Dari proses kebijakan pengembangan koleksi hingga pemberian akses, Manajemen Koleksi UIANA dapat dikatakan sebagai Perpustakaan Digital UI. UIANA sebagai Repositori Universitas Indonesia baru bisa menjaring Tugas Akhir mahasiswa namun belum mampu menangkap karya penelitian yang dihasilkan dosen serta, personel fungsional lainnya di lingkungan UI. ......This thesis discusses how UIANA works as an institutional repository by looking at the procedures for compiling scientific papers, how to upload and manage them in the UI library. UIANA is a collection of scientific works produced by the UI academic community as a wealth of UI. The management of UIANA begins with the issuance of the Rector's Decree 2008 regarding Technical Guidelines for Compiling University of Indonesia Final Projects and updated with Rector's Decree Number 2143 of 2017 concerning Technical Guidelines for Writing Student Final Projects at the University of Indonesia which must be used by all UI students, both undergraduate and postgraduate students, guidelines for writing assignments. UIANA as an archive of the University of Indonesia can be used as evidence of UI's accountability as a knowledge-producing institution and can show the development of science at the University of Indonesia. UIANA which has been initiated since 2004, is managed digitally using the LONTAR application, the same application for processing other library materials in the UI Library, so it can be said that the UI Library has integrated collection management in one integrated application system (integrated library system). This thesis discusses UIANA management since the independent upload process carried out by students to providing access to users and problems that arise in the management process. From the collection development policy process to granting access, UIANA Collection Management can be said to be the UI Digital Library. UIANA as the Repository of the University of Indonesia has only been able to capture student Final Projects but has not been able to capture research work produced by lecturers and other functional personnel within the UI.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library