Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9998 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Archipelago Press, 1998
959.803 IND (2);959.803 IND (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Darmiasti
"Permasalahan penelitian ini adalah, pertama bagaimana perkembangan penulisan buku pelajaran sejarah dari tahun 1964-1984 dalam kaitannya dengan kurikulum ?, kedua bagaimana pendekatan yang digunakan dalam penulisan buku-buku teks pelajaran sejarah dari tahun 1964 sampai dengan tahun 1984 dilihat dari aspek pendekatan historiografi '? ketiga bagaimana historiografi dalam mata pelajaran Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB)?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, secara metodologis penulis menempatkan perkembangan penulisan buku teks pelajaran sejarah di SMA serbagai bagian dari perkembangan penulisan sejarah di Indonesia dan perkembangan kebijakan pemerintah mengenai kurikulum pendidikan nasional khususnya mata pelajaran sejarah. Buku teks pelajaran sejarah di SMU selain harus memenuhi kriteria penulisan sejarah yang bersifat ilmu, harus pula mengikuti kriteria yang bersifat politik, ditetapkan oleh pemerintah dalam bentuk kebijakan kurikulum, karena buku teks merupakan alat pendidikan. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis secara historiografis terhadap isi buku pelajaran sejarah SMU yang dipakai pada Kurikulum Tahun 1964, 1968, 1975, 1984 dan APB. Kerangka analisis yang digunakan dengan menempatkan isi buku-buku tersebut pada historiografi Indonesia yang Neerlandosentris, Indonesiasentris, Ideologis. Buku-buku pelajaran sejarah pada dasarnya merupakan buku sumber yang digunakan di sekolah untuk kepentingan pendidikan. Secara teoretis buku teks pelajaran merupakan pelaksanaan dari kurikulum yang berlaku. Kurikulum ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan kurikulum biasanva merupakan tujuan pendidikan yang diinginkan oleh pemerintah. Dalam konteks historiografi tujuan kurikulum dapat merupakan jiwa zaman yang mewarnai penulisan sejarah.
Berdasarkan hasil analisis tersebut penulis temukan yaitu buku-buku yang terbit tahun 1950-an dan dipakai dalam Kurikulum 1964. unsur Neerlandosentris-nya masih nampak, walaupun menggunakan judul ""Sejarah Indonesia"". Hal ini disebabkan oleh buku-buku tersebut masih menggunakan rujukan terhadap buku sejarah yang ditulis oleh orang-orang Belanda. Buku yang terbit tahun 1960-an yang digunakan dalam pelaksanaan Kurikulum Tahun 1968, penulisan yang Indonesiasentris sudah mulai ada. Menempatkan bangsa Indonesia sebagai aktor utama sejarah, bangsa Indonesia sudah ada sejak zaman Hindu-Budha. Konsepsi Indonesia secara geopolitik sudah ada pada zaman Sriwijaya dan Majapahit. ideologis sudah nampak dalam buku yang diterbitkan oleh Pemerintah, atau dikenal dalam buku paket. Buku ini dipakai dalam pelaksanaan Kurikulum Tahun 1975, 1984 dan PSPB. penulisan yang bersifat ideologis, sangat dominan dalam buku PSPB. Pendekatan ini melihat sejarah sehagai suatu lambang untuk masa kini. Ada standarisasi nilai atau kebenaran yang bersifat subjektif dalam menilai peristiwa sejarah, seperti penggunaan standar ""Nilai-Nilai 45"". Contoh pada zaman Demokrasi Liberal dianggap sehagai pelanggaran terhadap nilai-nilai 45."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
T38822
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadeak, Wilson
Ende: Nusa Indah, 1984
899.209 NAD s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1991
907.2 IND h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Djambatan, 1954
499.221 KON (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Pusat Penelitian Arkeologi Nasional
050 BPAN 14 (1980)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Rajawali, 2010
306.855 98 KEL
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ani Bambang Yudhoyono
Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2010
746.6 ANI b (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
[Place of publication not identified]: Ford foundation , 2003
R 922 CEL
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Sapardi Djoko Damono, 1940-2020
"ABSTRAK
Pencapaian seorang penyair tentu ditandai oleh perkembangan yang ada dalam sajak-sajak yang ditulisnya selama periode yang cukup panjang. Demikian juga Taufiq Ismail, salah seorang penyair Indonesia yang telah menulis tanpa putus putus sajaknya disiarkan dalam bcrbagai majalah sastra dan kebudayaan yang bcrni!ai dan kemudian diterbitkan dalam bebcrapa buku kumpulan sajak. Jadi, kematangan puitik yang ditunjukkan puisi Taufiq pada tahun 1970-an tidak datang begitu saja. melainkan melalui kegiatan yang terus menerus dilakukannya sejak ia mcnulis puisi 1ahun 1950-an. Perkcmbangan sajak-sajak yang ditulis olch scorang penyair dapat ditinjai dari scgi sti!istik dan tematik. Berdasarkan uraian di atas, timbul masalah ciri dari Pcrkembangan kcpcnyairannya.
Tujuan penclitian ini adaiah untuk mengungkapkan ciri-ciri stiiistik dan tcmatik puisi Taufiq Ismail pada awal pcrkembangan kcpenyairannya. Puisi yang ditu!is daiam masa awal pcrkembangan Tauf!q Ismail disorot berdasarkan pcncapaian puncoknya pada tahun 1970 an dcngan konteks pcrkembangan puisi lndoncsia yang lebih luas yakni yang terjadi pada Periode 1950-an dan 1960-an awal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain menulis puisi tanpa putus scjak 40 tahun yang lalu. Taufiq Ismail juga dengan cerrnat mengadakan eksperirncn bahasa, suatu syarat mutlak bagi karya sastra yang bernilai. Di dalam eksperimennya, ia sama sckali tidak mengharamkan tema apa pun. Ia menulis sajak-sajak sepi tetapi juga menulis pernyataan politik dalam bentuk puisi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>