Ditemukan 30 dokumen yang sesuai dengan query
Manurung, Timbul
"
ABSTRAKTesis ini membahas hubungan kemampuan dan motivasi dengan kinerja pengawas sekolah. Latar belakang masalah mengungkapkan bahwa salah satu determinan yang penting penurunan kualitas sekolah adalah berhubungan dengan melemahnya perangkat pengawasan mutu, termasuk di dalamnya supervisi profesional dan layanan pendukungnya. Penelitian terdahulu juga mengemukakan supervisi yang dilakukan oleh pengawas sekolah masih kategori rendah. Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menganalisis hubungan kemampuan dan motivasi terhadap kinerja pegawas sekolah. Teori dasar yang digunakan adalah yang dikemukakan oleh Davis (1964), bahwa kinerja merupakan interaksi dari kemampuan dan motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan data kuantitatif. Hasil yang didapat secara statistik adalah adanya korelasi yang kuat dan signifikan antara Kompetensi dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Kinerja Pengawas Sekolah (Ryx1,x2= 0,751 dan Sig. F Change = 0.000). Kontribusi secara simultan variabel Kemampuan dan Motivasi terhadap Kinerja Pengawas Sekolah adalah 56,4% sedang sisanya 43,6% ditentukan oleh variabel lain. Korelasi yang kuat dan signifikan antara kemampuan dan motivasi dengan kinerja pengawas sekolah berarti kemampuan dan motivasi adalah faktor yang berhubungan erat dengan kinerja pengawas sekolah. Kontribusi kemampuan dan motivasi terhadap kinerja pengawas sekolah yang tinggi dalam penelitian ini berarti kemampuan dan motivasi merupakan faktor dominan yang menentukan terwujudnya tingkat kinerja yang optimal. Dengan demikian, pengangkatan pengawas sekolah harus mempertimbangkan kemampuan dan motivasi yang mereka miliki.
ABSTRACTThis thesis explores the correlation between the ability and motivation of school supervisor to their performance. The background of the study have shown that one important determinant of the deterioration of the quality of school precisely relates to the weakening of quality monitoring devices, including the professional supervision and support services. Previous research further indicated that supervision by a school supervisor is categorized as lacking. This research aims to evaluate and to analyze the correlation between competence and motivation to how the school supervisor perform. We referred to a theory by Davis (1964) that stated performance is an interaction between ability and motivation. The nature of this study is explanatory by utilizing quantitative data. The results showed that there is statistically strong and significant correlation between competence and motivation to school supervisor performance (Ryx1,x2= 0,751 and Sig. F Change = 0.000). The simultaneous contribution of ability and motivation variables to the school supervisor performance was 56,4%. The other 43,6% was contributed by other variables. A strong and significant correlation between competence and motivation with school supervisor performance means ability and motivation is a factor that is closely linked to the performance of the school supervisor. A high contribution of ability and motivation on the performance of the school supervisor in this study means that the competence and motivation is the dominant factor that determining the optimum performance level. Thus, recruitment of the school supervisors must be considering their ability and motivation."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35425
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Siti Salma Saada
"Salah satu permasalahan yang terjadi pada pengawas Dinas Diknas Kota Kendari adalah belum optimalnya supervisi akademik pengawas sekolah dalam perspektif peningkatan profesionalisme guru SMK di Kota Kendari. Dengan menggunakan pendekatan SSM, untuk mengetahui situasi dunia nyata dan memperbaikinya. Maka hasil penelitian memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kota Kendari agar melaksanakan perekrutan pengawas melalui seleksi, adanyan Diklat Pengawas secara berkesinambungan, dan adanya pemberian beasiswa kepada pengawas agar lebih termotivasi dalam meningkatkan kinerjanya sehingga supervisi akademik pengaws SMK Kota Kendari menjadi optimal.
A problems occuring on the supervisory education board of Kendari municipatily is the supervision of the school supervisor which is still not optimum to improve the profesionalism of SMK teacher in Kendari municipality. Research study through SSM approach has recommended the local goverment to improvsor through the selection prosess, providing training for supervisors, and providing a scholarship for the situation by recruiting supervisors."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35275
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Poheng Gew
"Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat profesionalisme pengawas SMP berdasarkan persepsi para kepala SMP di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Persepsi kepala SMP tersebut didasarkan pada penguasaan enam kompetensi pengawas yaitu kompetensi-kompetensi kepribadian, sosial, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan serta penelitian dan pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum profesionalisme pengawas SMP di Kabupaten Sanggau berada pada kategori baik. Namun secara individu masih ada satu orang pengawas SMP yang termasuk dalam kategori kurang. Dilihat dari jenis kompetensi yang harus dikuasai oleh pengawas SMP, dari enam kompetensi tersebut terdapat satu kompetensi yang kurang dikuasai, yaitu kompetensi penelitian dan pengembangan.
The purpose of this study is to analyze the level of professionalism of the Junior High School Superintendents? based on the perception of the Principals in the District of West Kalimantan. Perception of the principals are based on the sixth competency mastery of the superintendents, those are personality, social, managerial supervision, academic supervision, education evaluation, and research and development. The method used in this research is descriptive quantitative. The results show that overall the Superintendents?professionalism in the district are good. But there remains one Junior High School Superintendent is included in the category of less. Judging from the types of competencies that must be mastered by Junior High School Superintendents, the competency that is less mastered namely research and development competencies."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35475
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Barid Fauziah
"Kualitas pendidikan salah satunya ditentukan oleh guru. kompetensi profesional guru di kabupaten Karanganyar belum optimal ditunjukkan dengan hasil uji kompetensi guru dibawah standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru tentang supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru SD dikabupaten Karanganyar. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Dimana data diperoleh dengan study dokumen dan kuisener. Populasi adalah guru SD dikabupaten karanganyar yang diambil sampel sebanyak 196 guru di 5 UPT. Kemudian data diolah dengan menggunakan analisa korelasi.
Hasil analisa menunjukkan bahwa persepsi guru tentang supervisi akademik berhubungan dengan kompetensi profesional guru ditunjukkan t hitung > t tabel, dengan koefisien korelasi sebesar 0,371. Begitu juga tiap dimensi variabel supervisi akademik berhubungan signifikan dengan dimensi variabel kompetensi profesional guru. Kesimpulan bahwa supervisi akademik kepala sekolah berhubungan secara signifikan dengan kompetensi profesional guru. untuk itu saran yang diajukan Kepada a) Dikpora setempat, untuk membuat kebijakan yang lebih tegas dalam menekankan kegiatan supervisi akademik kepala sekolah terhadap guru, b) kepala sekolah untuk mengintensifkan pelaksanaan supervisi akademik, c) guru untuk tidak ragu berbagi dengan rekan sejawat maupun kepala sekolah bila menghadapi permasalaham pembelajaran.
The quality of education one of which is determined by the teacher. The professional competence of teachers in the district of Karanganyar has not been optimal. It is shown from the results of under standarize teacher competency test. The purpose of this research was to know the correlation between teachers' perceptions of academic supervision with professional competence of elementary teachers in the District of Karanganyar. This research is a survey study with quantitative approach. The data obtained by the study of documents and questionnaires. Population is the elementary teachers in district of Karanganyar, the sample is taken on 196 teachers in 5 UPT. Then the data were processed using correlation analysis. The result of analysis shows that teachers' perceptions about academic supervision correlated with the professional competence of teachers is shown t count > t table, with a correlation coefficient of 0.371. Furthermore, each of variable dimensions of academic supervision significantly relates with dimensional variables of teacher professional competency. The conclusion is that the principal academic supervision has a significant corelation to teachers' professional competence. The suggestions put forward to a) Dikpora, to make a more assertive policy in emphasizing activities academic supervision principal to the teachers, b) the principal, to intensify the implementation of academic supervision, c) teachers, to not hesitate to share with colleagues and principals when they faced learning problems."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35027
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Kalsum Puha
"Tesis ini menganalisi kepengawasan mutu pendidikan pada bidang akademik oleh pengawas sekolah pada pada SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 di Kota Ternate, hal ini sangat penting dan strategis karena penulis banyak analisisanalisis tentang mutu pendidikan tetapi khusus mengenai kepengawasan mutu pendidikan di Provinsi Maluku Utara masih langka. Disamping itu untuk melihat sejauh mana peran kepengawasan terhadap mutu pendidikan khususnya pengawasan akademik yang telah dicapai dan faktor-faktor yang masih menjadi penghambat dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada bidang akademik tersebut. Teori yang digunakan adalah teori kepengawasan dari Fremont E. Kant dan James E. Rozenzweig, Hadibroto dan Tani Handoko dan teori hakikat kepengawasan dari Ofsted . Tesis ini menggunakan pendektan kualitatif diskriptif dengan metode pengumpulan data secara wawancara mendalam, observasi, serta kajian dokumen.
Hasil analisis diperoleh diperoleh bahwa pengawasan standar isi dilakukan sekali setahun bahkan kadang tidak dilakukan. Pengawasan standar proses dilakukan dengan tujuan guru dapat profesional melakukan pembelajaran yang berkualitas. Pengawasan dilakukan dengan baik dan ditemukan pada sekolah unggulan pun masih terdapat banyak guru yang tidak melakukan pembelajaran yang sesuai dengan standar proses. Pengawasan standar kompetensi kelulusan tidak dilakukan oleh pengawas akademik sehingga kelulusan siswa masih didominasi oleh aspek kecerdasan dibandingkan aspek kepribadian dan akhlak mulia. Pengawasan standar penilaian dilakukan pada upaya mencapai nilai ketuntasan minimal belum menegaskan pada penilaian yang sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian. Pengawasan yang dilakukan oleh pengawas akademik di SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 Ternate belum secara optimal menerapkan prinsip-prinsip pengawasan akademik.
Rekomendasi dari penelitian ini adalah dalam melaksanakan kepengawasan mutu, perlu perhatian serius untuk peningkatan kompetensi pengawas disamping sosialisasi kepada kepala sekolah, agar terbangun kesamaan persepsi serta adanya pola komunikasi yang baik antara Pengawas dan Dinas Pendidikan.
This research analyzes Supervisory of academic education quality at Public Senior High School number 1 and public vocational school number 1 Supervisor in Ternate. It is very important and strategic because the writer analyzes education quality, but it focuses specially about Supervisory of education quality in Maluku Utara Province which is still unknown. Besides, this research investigates how far Supervisory role towards education quality especially academic Supervisory that has been achieved and investigate obstacle factors in enhancing education quality in academic part. The theories applied in this research are Supervisory theory by Fremont E. Kant and James E. Rozenzweig, Hadibroto and Tani Handoko and supervission fundamental by Ofsted. This research applied descriptive qualitative approach by applying data collecting method through indepth interview, observation,document study. Analysis result indicates that content standard Supervisory is conducted once a year and even it is non conducted. Process standard Supervisory is carried out to make teachers become professional to do qualified learning. Supervisory has been conducted well and it is found that in qualified school there are still teachers do not conduct learning which goes with process standard. Supervisor does not conduct graduate standard Supervisory, therefore students? achievement is dominated by cognitive aspect rather than personality and attitude aspect. Assessment standard Supervisory is conducted to achieve minimal mastery learning. However, It does not go with the assessment which is suitable with assessment principles. In carrying out academic Supervisory at Public Senior High School number 1 and public vocational school number 1 in Ternate, supervisor does not implement the principles of academic Supervisory optimally. This research recommend that in carrying out quality Supervisory, it needs a serious concern to enhance supervisor competency and do socialization to principals to build the same perception and good communication pattern between supervisor and education."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35850
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ade Afrilia Ardinda
"Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan sekolah filial yang ada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivis dan metode kualitatif untuk menjelaskan mengenai analisis implementasi kebijakan sekolah filial yang ada di LPKA Palembang dengan melihat aspek konten dan konteks sebagai suatu kebijakan. Untuk menganalisis kebijakan sekolah filial, maka peneliti menggunakan teori implementasi kebijakan dari Merilee S Grindle serta Mazmanian dan Sabatier untuk mendukung proses analisis implementasi yang mempengaruhi penyelenggaraan pembinaan anak didik pemasyarakatan yang berbasis pendidikan di LPKA Palembang. Hasil penelitian menunjukkan kendala-kendala penyelenggaraan sekolah filial yang belum efektif. Dari aspek konten kebijakan diketahui bahwa permasalahan anggaran merupakan permasalahan utama dalam implementasi kebijakan sekolah filial di LPKA Palembang. Selain itupun, masa hukuman peserta didik yang berbeda-beda dan relatif singkat juga mempengaruhi implementasi kebijakan sekolah filial. Kebijakan ini akan lebih terasa manfaatnya bila dilaksankan di luar LPKA Palembang. Bila diluar LPKA anak didik pemasyarakatan bisa berinteraksi dengan pihak lain dan konsepsi dari pemasyarakatannya sendiri akan semakin terasa. Dari aspek konteks kebijakan diketahui bahwa belum adanya kepedulian dari pimpinan atas. Sehingga menyebabkan belum adanya mekanisme penegakan aturan yang jelas dalam kebijakan sekolah filial untuk lingkup nasional serta ditambah belum adanya suatu sistem yang dapat mendorong pelaksanaan kebijakan sekolah filial yang lebih efektif.
This study aims to investigate policy implementation of filial school at Palembang Child Correctional Institution (LPKA Palembang). It uses post-postivist approach and qualitative method to explain the policy implementation of filial school at Palembang Child Correctional Institution. It analyzes the content and context aspects of the policy. Policy implementation theories by Merilee S. Grindle and by Mazmanian and Sabatier are used to support analysis process of implementation that influence the enforcement of education-based coaching for correctional students at LPKA Palembang. The results indicated contraints to organizing filial school that have not been effective. From the content aspect of policy, it is known that budget problem is the main problem in filial school policy implementation at LPKA Palembang. Students sentece periods which are vary and relatively short also affect the implementation of filial school policy. The policy will be more beneficial if implemented outside LPKA Palembang. Outside correctional institution, correctional students can interact with other parties and the concept of correctional itself will be more felt. Context aspect of policy discovered that there is no concern yet from the top leadership. It causes there has been no clear enforcement mechanism in filial school policy for the national scope, and also the absence of a system that can encourage the more effective implementation of filial school policy."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
T53047
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Goldhammer, Robert
New York: Holt, Rinehart and Winston, 1980
371.2013 GOL c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Zainal Arifin
Bandung: Ramaja Karya, 1988
371.1 ZAI e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Sergiovanni, Thomas J.
New York: McGraw-Hill, 1993
371.2 SER s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Suwaebah
"Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Indramayu (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional / RSBI) dan SMK Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu (Sekolah Reguler). Penelitian ini merupakan penelitian Supervisi akademik dengan model observasi, yaitu dengan menemukan kuantitas dan kualitas antara standar yang ditetapkan dengan pelaksanaan supervisi akademik di SMK Negeri 1 Indramayu dan SMK Negeri 1 Sindang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara mendalam terhadap Pengawas Pendidikan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Produktif dan Guru Adaptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kuantitas dan pembelajaran tentang supervisi akademik yang dilakukan di SMK Negeri 1 Indramayu dan SMK Negeri 1 Sindang di Kabupaten Indramayu.
This research is implemented in SMK Negeri I indramayu (international school stubs / RSBI) and SMK Negeri 1 Sindang Indramayu District (Regular School). This research is Supervision of akademik with the observation model, by finding quantity and quality of the standards set and the implementation.of the Academic Supervision in SMK Negeri I Indramayu and SMK Negeri I Sindang. This research used a qualitative deskriptive method, by using interview to superintendent ofEducation, principal, vice pricipal, productive teachers and Adaptive teachers. The result showed there were differences in quantity and learning about Academic Supervision that implemented in SMK Negeri I Indramayu and SMK Negeri I Sindang in the districk Indramayu."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T29763
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library