Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1055 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rozana Ahlamia, auhtor
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan di SMA Islam Al-Azhar 4. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan SMA Al-Azhar yang meliputi 5 dimensi SERVQUAL dan mengidentifikasi kendala apa saja yang ditemui dalam pelaksanaan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 5 dimensi yang diukur hasilnya memiliki kecenderungan puas. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa banyak kritik yang diberikan oleh siswa terhadap perpustakaan demi menghasilkan perpustakaan yang lebih baik.
This study discusses the students satisfaction with the services of the library at Al-Azhar 4 Islamic Senior High School. The purpose of this study was to determine the level of student satisfaction with the services of Al-Azhar Senior High School library that includes five dimensions of SERVQUAL and identify any obstacles encountered in the implementation of the library. This study uses a quantitative approach with survey method. Data was collected by distributing questionnaires. The results showed that of the 5 dimensions measured result has a tendency to settle. This study also shows that many critics are given by students to the library in order to produce a better library.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61262
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gusti Nita Amalia
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi bagaimana peran pustakawan dalam Pengembangan koleksi di Perpustakaan Fasilkom UI, serta mengidentifikasi kendala dalam dalam pelaksanannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah Pustakawan Perpustakaan Fasilkom UI. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pustakawan selain melakukan kegiatan pengembangan koleksi sesuai dengan prosedur, mereka juga proaktif dalam pelaksanaan kegiatan dan menunjukan ciri pustakawan yakni mendidik, memimpin, mengevaluasi dan mengorganisasi. Kendala yang dihadapi pustakawan diantaranya lamanya pengiriman bahan perpustakaan beserta human error. ......This study aims to determine and identify the role of librarians in the procurement of University of Indonesia’s Faculty of Computer Science Library, as well as to identify the obstacles in its implementation. This study used a qualitative approach with case study method. Informants in this study are the librarians of The University of Indonesia’s Faculty of Computer Science Library. The results of this study indicate that the librarians, in addition to conducting procurement activities in accordance with established procedures, they are also became proactive in the implementation of the collection procurement activities and shows the librarian characteristics such as educating, leading, evaluating, and coordinating functions. The problems that are faced by the librarians are the duration of delivery of library materials and human error.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65477
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irwin Pratama Putra
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai apakah layanan referensi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi. Representasi ini dilihat berdasarkan persepsi pengguna terhadap layanan tersebut dan juga dilihat dari strategi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan referensi mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan referensi Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi karena Perpustakaan Universitas Indonesia berhasil membuat layanan referensi mereka menjadi lebih aktif dengan menghadirkan berbagai inovasi di dalamnya untuk lebih mendekatkan diri dengan pengguna. Selain itu pendapat pengguna terkait layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia juga semakin menguatkan tujuan dari penelitian ini.
This study discusses about whether the reference services in the University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library. This representation views based on user perception of reference services and the strategies undertaken by the University of Indonesia Library in improving the quality of their reference services. This study is a qualitative research with case study method. These results indicate that the reference services of University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library because the University of Indonesia Library makes their reference services to become more active by presenting a variety of innovations to get closer to the user. Additionally, related user opinions about reference services in University of Indonesia Library also reinforce the goal of this research.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Ayu Rahmawati
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang pengadaan koleksi bahan pustaka di Perpustakaan Umum Kota Depok. Pengadaan koleksi dilakukan secara rutin setiap tahun, namun jumlah koleksi yang tersedia masih kurang dari standar karena kebijakan pengadaan koleksi dipegang oleh pemerintah kota. Pengadaan koleksi tidak dapat dilepaskan dari pandangan pustakawan terhadap pengadaan koleksi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus melalui wawancara dan obeservasi terahadap enam informan. Hasil dari Penelitian ini kebijakan perlu dibuat secara tertulis untuk pengadaan koleksi di Perpustakaan Umum Kota Depok. Pengadaan dilakukan melalui metode pembelian dan hibah, proses pengadaan melalui pembelian dimulai dari alokasi anggaran, seleksi bahan pustaka, proses pembelian, dan pemeriksaan koleksi. Dalam pengadaan melalui hibah, prosesnya dimulai dari penyerahan koleksi hibah, seleksi, dan pengolahan koleksi. Pustakawan di Perpustakaan Umum Kota Depok memiliki pandangan bahwa pengadaan koleksi yang dilakukan belum sesuai kebutuhan pemustaka. Kesimpulan Perpustakaan Umum Kota Depok mengandalkan pengalaman yang dimiliki pustakawan yang telah melakukan pengadaan koleksi bertahun-tahun. Pandangan pustakawan menjadi penghubung antara pengadaan kolesi perpustakaan yang ideal sebagaimana teori dengan tindakan yang seharusnya dilakukan. ......This research discusses about the acquisition of library materials in Depok Public Library. Depok Publik Library do the acquisition every year routinely, but the number of collections available in Depok Public Library is still less than the standard because the acquisition policy is held by the goverment. The acquisition in library can not be separated from the librarian 39 s view on the acquisition it self. This research used qualitative approach and case study methods through interviews and observation of six informants. The results of this research is policy needs to be made for the acquisition of library materials in the Depok Public Library. the acquisition in Depok Public Library is carried out through purchase and grant methods, acquisition processes through purchases starting from budget allocation, library materials selection, purchase process, and collection inspection. In acquisition through grants, the process starts from the submission of grant collections, selection and processing of collections. Librarians at the Depok Public Library have the view that the acquisition of library materials collections is not yet according to the needs of the user. In conclusion The Depok Public Library relies on the experience of librarians who have procured years of the acquisitions. The librarian 39 s view is the link between the ideal acquisition of library materials as well as the theory that should be implemented.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzano Rahmatul Mukhlisin
Abstrak :
Perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang terdapat di perguruan tinggi yang berguna untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi. Perpustakaan memiliki beberapa layanan yang diberikan kepada pengguna seperti koleksi, layanan referensi, internet, dan lain sebagainya. Layanan yang terdapat di Perpustakaan perguruan tinggi harus menunjang kebutuhan pengguna yakni civitas akademika perguruan tinggi. Pelayanan yang maksimal dari perpustakaan pengguna yang hadir akan merasa puas, dan pengguna perpustakaan akan hadir dan bertambah jumlahnya. Selain layanan koleksi dan referensi terdapat beberapa indikator yang menentukan tingkat kepuasan pengguna terhadap perpustakaan, seperti sarana dan prasarana serta pustakawan. Sarana dan prasarana yang baik akan dapat menambah tingkat kepuasan pengguna terhadap perpustakaan. Namun faktor yang paling penting untuk membangun tingkat kepuasan pengguna berasal dari pustakawan. Pustakawan perlu menciptakan hubungan yang baik dengan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan Perpustakaan FKIP UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah survei, dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 70 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik slovin dan menggunakan skala likert. Penelitian ini mengusulkan agar Perpustakaan FKIP UHAMKA untuk terus meningkatkan kepuasan penggunanya dengan menambah koleksi, sarana dan prasarana, serta pustakawan untuk tetap ramah kepada pengguna.
The college library which located in universities is a vital actor in Nourishing the internalization of the Tri Dharma of higher education. The library has several services provided to users such as collection services, reference services, internet. Services included in college libraries must support the needs of users, namely the college academics. With maximum service from the library, users presence will be satisfied, and library users attendance will increase in number. In addition to collection and reference services, there are indicators which determine the level of user satisfaction with the library itself. Indicator such as facilities and infrastructure as well as librarians. Good facilities and infrastructure will lead to improvement of user satisfaction. Moreover, the most important factor to build user satisfaction comes from the librarians. Librarians need to maintain healty relationships with the users. This thesis aims to determine the level of user satisfaction with library services of FKIP UHAMKA. The research method used is a quantitative. The type of research used is a survey, and the technique of collecting data uses a questionnaire distributed to 70 respondents. Sampling uses slovin techniques and uses a Likert scale. This thesis suggests that FKIP UHAMKA improving their collections, facilities and infrastructure, and librarians performance to increase user satisfaction.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Usherwood, Bob
London: Library Association, 1981
021.7 USH v
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Coote, Helen
London: Aslib , 1997
026 COO h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
London: Springer, 2008
025.002 85 DIG
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cooper, Michael D.
New York : Wiley, 1996
025.002 85 COO d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
"In the current economic climate, most librarians recognize the critical importance of marketing as a means of self-preservation, largely accepting that the future of libraries requires marketing in order to increase library use and public perceptions of worth. This anthology offers practical insight on marketing techniques specifically designed for libraries"--Provided by publisher.
Jefferson, North Carolina : McFarland & Company, 2012
021.7 MAR (1);021.7 MAR (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library