Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Bhratara Karya Aksara, 1980
629.2 TEK
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Taylor, Mike
Marlborough: Crowood Press, 1995
629.222 2 TAY f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Parkir merupakan salah satu unsur penting dalam sistem transportasi. Mengingat pada fungsinya, maka lahan parkir mutlak diperlukan terutama di daerah-daerah perkotaan yang terdapat banyak pusat-pusat perniagaan (central business district). Parkir merupakan fasilitas untuk menyimpan sementara kendaraan, selama si-pemilik sedang melakukan aktifitas lainnya. Dibuatnya lokasi parkir bertujuan untuk memudahkan bagi pemilik kendaraan dalam melakukan perjalanan. Skripsi ini bertujuan untuk membuat model mengenai sistem perparkiran dengan metode simulasi dinamika sistem (System Dynamic). Skripsi ini lebih mengkhususkan untuk mencari pengaruh balik (feedback) dan probabilitas / peluang penggunaan ruang parkir, yaitu tarif parkir. Untuk mempermudah pelaksanaan simulasi secara dinamis digunakan programasi komputer (software) POWERSIM?. Konsep model ini adalah pengaturan tarif parkir berdasarkan peluang parkir yang ada, sehingga diperoleh tarif yang berubah-ubah sepanjang waktu. Dengan pengaturan tarif parkir dapat memberikan dampak bagi tingkat kedatangan kendaraan ke tempat parkir. Yaitu semakin mahal tarif parkir maka tingkat kedatangan semakin kecil, sebaliknya semakin murah tarif parkir maka tingkat kedatangan semakin besar. Besarnya nilai batasan maksimum dan minimum tarif parkir disini hanyalah merupakan asumsi untuk mempermudah proses simulasi. Selain itu pengaturan tarif juga memberikan dampak bagi rata-rata durasi parkir kendaraan. Semakin mahal tarif maka rata-rata durasi semakin kecil; dan sebaliknya semakin murah tarif maka rata-rata durasi parkir semakin besar / lama. Dalam pelaksanaan simulasi model dilakukan empat skenario, dimana masing-masing skenario berbeda sesuai dengan kondisinya masing-masing. Dari hasil simulasi dengan pengaturan tarif dihasilkan peluang parkir yang selalu berubah menurut waktu. Model skenario IV dianggap paling baik. karena memiliki harga peluang parkir rata-rata yang relatif lebih baik dibandingkan skenario lainnya. Artinya peluang kendaraan mendapatkan ruang parkir kosong lebih besar pada skenario IV. Data-data yang digunakan pada simulasi ini adalah merupakan asumsi- asumsi yang sekiranya masih logis untuk digunakan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S35002
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saptura Widjayanto
"Dalam tugas akhir ini dirancang suatu model otomatisasi parkir bawah tanah dengan menggunakan smart relay dengan tujuan untuk optimasi manajemen parkir agar sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman serta mobilitas manusia yang sangat cepat dan padat. Pada perancangan dibuat mini model yang menggambarkan kondisi sebenarnya. Mini model ini dapat dikontrol secara manual melalui panel indikator yang ada di pos keamanan. dimana petugas keamanan dapat memantau kondisi yang terjadi ditempat parkir dan dengan segera dapat mengambil tindakan ketika terjadi gangguan baik di pintu masuk maupun di pintu keluar. Sistem ini juga merupakan sistem monitoring online yang terintegrasi. yaitu dapat dikontrol oleh petugas lain yang ada disuatu ruang kontrol dengan menggunakan komputer. Hal ini dibuat dengan tujuan supaya ketika terjadi sesuatu yang darurat dan petugas keamanan tidak bisa mengambil tindakan maka petugas yang ada di ruang kontrol ini dapat mengendalikaan situasi yang ada."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40204
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S48011
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
J.D. Hadisoemarto
Surabaya: Usaha Nasional, 1980
629.2 HAD p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fadillah
"Skripsi ini membahas tentang Administrasi dari Pendapatan Retribusi Parkir di Kota Bogor dengan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif positivis. Penelitian ini memaparkan tentang mekanisme pelaksanaan dari pemungutan retribusi parkir di Kota Bogor yang dikelola oleh Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pengelolaan retribusi parkir tersebut akan dijelaskan mulai dari tahap pemungutan, penetapan hingga pembayaran. Lebih lanjut lagi, penelitian ini juga memaparkan tentang hambatan-hambatan apa saja yang ditemui selama proses pemungutan retribusi parkir tersebut.

This thesis discusses about Revenue Administration of Parking charges in Bogor using descriptive methods and quantitative positivist approach. This study describes about the implementation mechanism of the parking charges in the city of Bogor managed by the Office of Traffic and Transportation (Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan). Management of parking charges will be explained starting from the stage collection, fixing the charges stage and payment stage. Furthermore, this study also describes about any obstacles encountered during the process of collecting the parking fees."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S46720
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdian Irbany
"Usaha mini market yang juga beroperasi sebagai restoran sudah menjadi trend di kalangan masyarakat untuk beberapa tahun belakangan ini. Aktivitas ekonomi dari mini market telah mempengaruhi karakteristik transportasi kota, termasuk dalam hal penggunaan parkir. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji karaktersitik dan kebutuhan ruang parkir pada mini market yang dilengkapi dengan restoran di kota Jakarta saat ini. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pengambilan lokasi mini market yang dilengkapi dengan restoran pada wilayah daerah bisnis sebanyak 7 tempat. Data yang diperlukan meliputi data parkir yang diperoleh dari proses perekaman selama 12 jam dan dan survei invetarisasi fasilitas parkir.
Hasil kajian menunjukkan bahwa karakteristik parkir mobil memiliki rata-rata durasi parkir 0,3655 ± 0,1732 jam/kendaraan (short duration) dan memiliki nilai parking turnover yang cukup tinggi yaitu 0,7513 ± 0,4822 kendaraan/SRP/jam dan karakteristik parkir motor memiliki rata-rata durasi parkir 0,7513 ± 0,4822 jam/kendaraan (medium duration) dan memiliki nilai parking turnover yang cukup rendah sebesar 0,3696 ± 0,0843 kendaraan/SRP/jam. Dari hasil pengamatan yang dilakukan dan berdasarkan hasil perhitungan rata-rata indeks parkir, 100% atau 7 dari 7 mini market telah dapat memenuhi kebutuhan parkir mobil dan motor mini marketnya.

Mini market which also operated as a restaurant has become a trend for the past few years. Economic activity from mini market has affected the transportation characteristics of the city, including the use of parking facilities. The purpose of this study is to study the characteristics and needs of parking space at mini market with restaurant in city of Jakarta. This research is limited to 7 (seven) mini markets with restaurant which located on business area. Data required includes parking data which is obtained from the 12 hours recording and parking facilities surveys.
The results show that parking characteristics of car have an average parking duration 0,3655 ± 0,1732 hours/vehicle (short duration) and a quite high of parking turnover, i.e. 0,7513 ± 0,4822 vehicle/UPS/hour, while parking characteristics of motorcycle have an average parking duration 0,7513 ± 0,4822 hours/vehicle and a fairly low of parking turnover ,i.e. 0,3696 ± 0,0843 vehicle/UPS/hour. Furthermore, this study shows that the average index parking is 100%, where it can be concluded that all the mini markets have been able to meet the needs of car and motorcycle parking spaces.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52971
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andardi Achadiputra
"Skripsi ini membahas mengenai pengelolaan retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum yang merupakan penelitian positivis dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori administrasi Pendapatan Daerah oleh M. Ikhsan dan Roy V. Salomo dan Nick Devas. Indikator dalam penelitian ini adalah Identifikasi, Penilaian, Penagihan/Pemungutan, Pembukuan, dan Penegakkan Hukum. Identifikasi subjek dan objek retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan umum dilakukan dengan terjun lapangan. Penetapan Retribusi berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012.
Observasi dilakukan ke lokasi parkir di Samsat Serpong dan Rumah Makan H. Mamat untuk mengetahui bagaimana pelaksanan pemungutan retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum. Pembukuan dilakukan oleh Bendahara Penerimaan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan. Penegakan Hukum dilakukan oleh Petugas Lapangan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika bersama dengan satuan Polisi Pamong Praja.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu masih Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum belum dikelola dengan baik karena masih ditemukan beberapa permasalahan. Setelah penelitian ini dilakukan, menghasilkan rekomendasi agar lebih giat dalam mensosialisasikan produk hukum tentang perparkiran, lebih tegas dalam menindak pelanggaran, dan membuat marka parkir di lokasi parkir on street.

This thesis discusses about Organizer of On Street Parkir Charges. This Study is a positivist research by using descriptive research type. The Theory used is Theory of Local Revenue Administration by M. Ikhsan and Roy V. Salomo and a theory by Nick Devas. Indicator in this research is Identification, Assesment, Collection, Accountancy, and Maintenance of Law. Identification of On Street Parking Charges subject and object througt field research. The assesment of charges is based on Local Regulation Number 6, 2012.
Observations carried out to parking site at Samsat Serpong and H. Mamat Restaurant to know how the collection of on street parking charges. Accoutancy by Revenue Chamberlain. Maintenance of Law by Departement of Communication and Information’s field officer and Police of Pamong Praja. In term of organizer On Street Parking Charges founded few problems. The Problem is found from inteman of Departemen of Communication and Information and the external about the people’s paragidm that on street parking spot is belongs to public.
Result of this research is found a violation in organizer of On Street Parking. After research is completed, resulting in a recommendation to Departemen of Communication and Information is more often in term of socialiszation the Law about parking, more distinct in take action against violation, and draw the on street parking line.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S46042
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firmansyah Hersutantyo
"Skripsi ini berisi analisis tentang upaya optimalisasi penerimaan retribusi parkir on street yang ada di Kota Tangerang Selatan. Seiring dengan adanya parkir on street tersebut maka menimbulkan dampak berupa kemacetan di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan retribusi parkir on street dalam rangka optimalisasi penerimaan retribusi parkir on street serta upaya dalam mengendalikan parkir on street di Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya optimalisasi penerimaan retribusi parkir dapat dilakukan dengan dengan cara ekstensifikasi dan intensifikasi. Tetapi dalam upaya pengendalian ini tidak terlepas dari adanya kendala yang dihadapi. Dari kendala yang ditemukan merupakan suatu masalah yang harus ditemukan solusinya agar dalam rangka pengendalian parkir on street dapat mengurangi kemacetan lalu lintas yang ditimbulkan karena penggunaan badan jalan untuk parkir on street serta mendukung terciptanya penerimaan retribusi parkir on street yang optimal.

This thesis contains an analysis of revenue optimization efforts on street parking charges in the city of South Tangerang. Along with the on-street parking is the impact in the form of congestion in South Tangerang City. This study used a qualitative approach. The purpose of this study is to analyze the policy on street parking charges in order to optimize revenue on-street parking fees as well as efforts to control onstreet parking in South Tangerang City. Data collection techniques used were indepth interviews and literature study.
These results indicate that efforts to optimize revenue parking fees can be done by way of expansion and intensification. But in an effort to control is not independent of the constraints faced. Of problems were found is a problem that must be solved in order to in order to control on-street parking can reduce traffic congestion caused due to the use of the road to park on the street as well as supporting the creation of on-street parking levy receipts optimal.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>