Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3582 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gustian Djuanda
"ABSTRAK
Penelitian ini mempunyai tujuan memperoleh hasil pengujian pengaruh Pakto 1988 terhadap pola penanaman dana masyarakat pada Bank Umum di Indonesia dan juga melihat pengaruh Pakto 1988 terhadap Portfolio Optimal penanaman dana tersebut pada Bank Umum di Indonesia.
Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori statistik dan teori portfolio. Teori statistik digunakan untuk menelaah pengaruh Pakto 1988 terhadap Pola Penanaman Dana Dana Masyarakat Pada Bank Umum di Indonesia sedangkan teori portfolio digunakan untuk menelaah pengaruh Pakto 1988 terhadap Portfolio Optimal Penanaman Dana Masyarakat Pada Bank Umum di Indonesia.
Penelitian-penelitian yang dilakukan terhadap pengaruh Pakto 1988 tidak lengkap dan berdimensi waktu yang relatif pendek, sehingga tidak memberikan kesimpulan yang komprehensif. Selain itu penelitian terhadap Portfolio Optimal hanya dilakukan pada securities atas saham dan obligasi, sedangkan penelitian terhadap securities lainnya sedikit sekali dilakukan.
Penelitian ini dilakukan pada seluruh Bank Umum yang ada di Indonesia dengan mengklasifikannya pada empat kelompok yaitu kelompok Bank Pemerintah, kelompok Bank Swasta Nasional, kelompok Bank Pembangunan Daerah dan kelompok Bank Asing dan Campuran. Data yang digunakan adalah data sekunder dari Lapora Bulanan dan Mingguan Bank Indonesia sejak Januari 1983 sampai Desember 1993 berupa data pola penanaman dana masyarakat berupa giro, tabungan dan deposito serta tingkat bunga deposito. Tehnik analisa data yang digunakan adalah uji beda dua rata-rata dan Paket Komputer Analysis Portfolio dari Haugen.
Hasil yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah Pakto 1988 mempengaruhi Polo. Penanaman Dana Masyarakat dan Portfolio Optimalnya Pada Bank Umum di Indonesia. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji beda dua rata-rata yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan antara pola penanaman dana masyarakat yang berbentuk giro, tabungan maupun deposito dengan adanya Pakto 1988. Selain itu Portfolio Optimal dari penanaman dana deposito masyarakat pada Bank []mum juga ikut berubah dengan adanya Pakto 1988. Bila kita bandingkan hasil portfolio optimal dengan realitanya, maka dapat dinyatakan masyarakat tidak memperhatikan portfolio optimal dalam menanam dananya.
Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi berbagai pihak seperti Pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia dalam pengambilan kebijaksanaan lanjutan ataupun kebijaksanaan mengeliminasi dampak negatif dari Pakto 1988 dan pihak perbankan dapat menggunakannya dalam pembuatan atau penciptaan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat dan tentu saja harus menguntungkan pihak perbankan.
Hal yang patut disayangkan pada penelitian ini adalah tidak dapat mengungkap portfolio optimal dari giro dan tabungan., karena tidak terdapatnya data tersebut pada Bank Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini belum secara sempurna melakukan penelaahan terhadap portfolio optimal penanaman dana masyarakat, sehingga membuka peluang bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian dengan bahasan yang lebih sempurna dan komprehensif guns memberikan kontribusi yang iebih besar pada masyarakat dalam mencapai kesejahteraan yang adil dan makmur.
"
1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soemarno SR
"ABSTRAK
A tax reform was made by the Government of Indonesia in 1984. However, inefficiency seem to be still prevalent in the Indonesian tax system. Comparison with other countries during the period 1991 to 1994, for example, indicates that the Indonesia tax ratio is in a lower position. This thesis is intended to study the effect of the 1984 tax reform on the efficiency of the Indonesian tax system.
The level of taxation model calculates the tax ratio needed when the rate of economic growth has been determined. This model basically uses the Harrod models on economic growth as a starting point and modifies it by including tax variables. Tax capacity model correlates selected macro economic variables to the tax variables to obtain the optimum capacity of collecting tax. The tax elasticity model correlates tax elasticity with other selected economic variables. The important thing in this model is the effort to separate the growth of the tax into automatic and discretionary one. Optimization model has basically the same features with the tax capacity model, i.e., to find out the optimum tax function using certain selected variables. In the optimization model, however, objectives and constraints which are not considered in the tax capacity model are included.
The general equilibrium model includes the tax variables into the economic general equilibrium model. The econometric model developed in this thesis is basically a tax capacity type of model.
The efficiency of tax system in this study is developed using the concept of optimum "input-process-output" relationship. Output is the optimum tax collection. Input will be represented by selected economic variables. Taxes are assessed on economic activities. These activities will be reported in the macroeconomic information system where those selected economic variables are part of them. In addition to input-output relationship, the growth of taxes may also be affected by a discretionary variables (process factor). The discretionary variables, include, among others, tax policy, tax administration, tax personnel and environment. In this econometric tax modeling, the discretionary variables will be represented by a dummy variables representing tax reform.
The approach used in this study will be, first, to develop a simultaneous econometric model. The improvement on the Indonesia tax system will be tested using the model above through its dummy variable. The selected economic variables will be classified into group of activities which consist of: (1) aggregate demand; (2) balance of payment; (3) monetary; (4) government budget and; (5) aggregate supply. Variables Y (Gross domestic product), C (Consumption), I (Investment), X (Export), M (Import) and GR (Government Revenue) are selected from the aggregate demand. The balance of the payment group will be represented by X (Export) and M (Import). The monetary and government budget are represented by M2 (supply of money which indicates the economy's liquidity) and the government revenue. The aggregate supply will be represented by Y (Gross Domestic Product), number of employment (N) and Investment (I).
Description of symbols in the equations could be found in the main chapters of this thesis.
In addition to the econometric model, a non statistical analysis will also be made to support the statistical evaluation. The analysis comprises of qualitative, quantitative and correlative analysis. The qualitative analysis compares the substance of the new law against the old one. It is concluded, based on this analysis, that tax paid by the taxpayers may not decrease, although less tariff was introduced under the new law. This statement applies both for income as well as value added taxes. This conclusion has the implication that the increase in the government tax revenues will be dependent upon tax administration and law enforcement. Besides, the taxpayers' awareness and compliance will also play a role in the growth of tax revenue.
The quantitative analysis focuses on the growth and structural changes of tax revenue. There are two variables evaluated i.e., the tax revenue itself and the number of taxpayers. The average annual growth rate of tax revenue per taxpayer is 5.7% for income tax and 57.5% for value added tax. 61% of the growth rate of income tax is primarily due to the increase in the member of taxpayers while the remaining 39% is due to increase in the volume of activities. The value added tax has the reverse situation. The growth rate of value added tax is primarily due to increase in volume of activities (91 %) and the remainder is caused by the increase of taxpayers. Based on this analysis certain preliminary findings could be drawn: (1) value added tax collection is more efficient than the income tax or; (2) the effective tax rate of value added tax is higher than the income tax.
The growth analysis indicates that the value added tax grew faster than income tax. The annual growth rate of income tax were 30% and 23.5% respectively for 10 years before and after tax reform. On the other hand, the percentages for value added tax were 24% ten years before tax reform and 37.5% ten years after that. The consequences of the different growth rate above were the changes in the structure of tax revenue.
Direct taxes as a proportion to total tax revenue decreased from 41% during the period of 10 years before tax reform to 40% ten years after that. The proportion of income tax also decreased from 37.5% to 36.5% during the same period. Value added tax, on the other hand, has a different situation. The proportion of value added tax to total tax revenue has been increasing from 19% during 10 years before tax reform to 35.5% ten years after that. Meanwhile, the proportion of indirect taxes to total revenue increased from 59% to 60% during the same period.
The correlative analysis was done by relating tax revenue with selected economic variables i.e., Gross Domestic Product (Y), Export (X), Import (M), and supply of money (MD). Three types of taxes were evaluated i.e., income tax, value added tax and total tax revenue. Two method of analysis were used i.e., ratio analysis and point of elasticity. The conclusions reached based on the above analysis are:
a. The increment of value added tax revenue due to tax reform was higher than the increment of income tax.
b. Tax reform causes tax structure more regressive.
c. Tax reform seems to increase the efficiency of the Indonesia tax system.
The above conclusion is supported by data such as the fact that ratio of income tax to gross domestic product has increased from 2.54% ten years before tax reform into 3.31% ten years later. The percentages for value added tax were 1.32% before tax reform and 3.23% ten years later. The point elasticity of income tax t0 gross domestic product has increased from 1.12 to 1.42 during the same period. The related numbers for value added tax are 0.08 and 2.35, respectively.
The statistical test performed, using time series data of 1973174 to 1993194, concluded that the model is not fit to be used for estimation. Revision to the model, using logarithmic form, come up with the new one as follows:
(1) In Typph = 5,75 - 1,25 In Y-0,11 In I.2 + 0,54 In X + 0,40 In MD
(0,00) (0,00) (0,01) (0,00) (0,00) Calculated F: 0,00 Adj. R-Squared: 0,79
(2) In TYPPN = 0,36 In 1.2 + 0,38 In X - 0,82 In M + 0,14 In MD - 0,25 TR
(0,00) (0,00) (0,00) (0,01) (0,07) Calculated F: 0,00 Adj. R-Squared: 0,87
(3) In TYOT = 4,56 - 0,80 In Y + 0,55 In X (0.00) (0,00) (0,00) Calculated F: 0,00 Adj. R-Squared: 0,76
(4) In C 0,90 In Y (0,00) Calculated F: NIA Adj. R-Squared: 0,96
(5) In I = -3,33 + 1,18 In Y (0,00) (0,00) Calculated F: 0,00 Adj. R-Squared: 0,99
(6) In X = 0,80 In MIGAS (0,00) Calculated F: N/A Adj. R-Squared: 0,87
(7) In M = 0,88 In Y (0,00) Calculated F: NIA Adj. R-Squared: 0,96
(8) In MD = -9,21 - 0,45 In r + 2,07 In Y (0,00) (0,01) (0,00) Calculated F: 0,00
Adj. R. Squared: 0,95
(9) In GR = 2,42 + 0,93 In FA (0,00) (0,00) Calculated F: 0,00 Adj. R-Squared: 0,99
(10) In Y = 0,17 In N + 0,82 In I (0,00) (0,00) Calculated F: 0,00 Adj. R-Squared: 0,99
It should be noted that with such revision, the type of the model has been changed from tax capacity to tax elasticity model. Significant results were obtained for all equation in the model during the statistical test using Seemingly Unrelated Regression (SUR). Interpretation of the coefficients of the tax equations in the revised model concludes that:
a. Income tax has a negative elasticity relationship with gross domestic product (Y) and Investment two years lag (L2). Elasticities between income tax and export (X) and supply of money (MD) are positiive.
b. Value added tax has a negative relationship with import (I) and tax reform (TR). Positive elasticity was obtained between value added tax and two years lag investment (L2), export (X) and supply of money (MD).
c. Other taxes has a negative elasticity relationship with gross domestic product (Y) and a positive relationship with export (X).
The implication of the above results can be summarized below:
a. Tax reform has an effect on the collection of income tax. The growth of this tax was basically due to automatic growth instead of discretionary one. Meanwhile, although tax reform has an effect on the collection of value added tax, the effect was negative, meaning that tax reform did not improve the efficiency of the tax system.
b. The growth of income tax did not have a relationship with the growth of gross domestic product and two years lag of investment. This is an abnormal situation which could be interpreted that the efficiency of the income tax collection can still be improved. The positive relationship between the growth of income tax and export and supply of money is deemed to be appropriate.
c. Value added tax grew negatively if it is related to the growth of import. Additionally, this model indicates that the growth of value added tax does not have any relationship with the growth of gross domestic product. These two phenomena seem to be abnormal. It could be an indication that the efficiency of the value added tax collection can still be improved. The positive relation between values added tax and export, two years lag investment and supply of money is deemed to be appropriate.
d. Other tax has a negative relation with the growth of gross domestic product. Efficiency improvement is still probable with this kind of tax. Positive relationship with export is deemed to be appropriate.
This study comes up with certain recommendations as follows:
1. The efficiency of income and value added tax collection can still be improved. Improvement should be made on tax administration, law enforcement and certainty and clarity on rules and regulation.
2. The policy on final withholding on income tax should be implemented prudently. This policy may cause the tax system more regressive. The tax object selected should be focused on those related to individual taxpayers rather than corporate taxpayers. Additionally, the final tax withholding should be assessed on the lower income group representing the mass taxpayers.
3. Tax model should be used in the projection of tax revenue. By doing this, more justification could be provided when determining. the target for tax revenue. Additionally, this model could be used as a tool for analyzing the effects of any policies issued by the Government relating to the variables (sectors) included in the model. Preferably the tax model should be combined with the general equilibrium model of the Indonesian macro economy.
4. Tax reform has been proven as being able to increase tax revenue. It is recommended that similar reforms could be made on other taxes and non tax revenue. Attention should be made on non tax revenue, because there is a great potential to develop revenue from this sector. Pricing of the Government services should be reconsidered. At present the pricing of such services does not consider the cost of providing it mainly because it is assumed that the cost would be recovered through taxes. In the context of globalization, however, reconsideration of government services pricing is a must. By doing this, the efficiency of the whole economy may be increased. It should be noted, however, that a cross subsidy concept should also be considered in the pricing process.
5. This study also indicates that the structure of tax revenue is becoming more and more regressive. Attention should be made on income tax. Tax collection efficiency should be improved. The tax payers awareness and compliance program should be focused on this tax. The extensification program should always be continued. Meanwhile, tax rules and regulation should always be kept updated. Law enforcement should be focused on middle class individual (corporate) tax payers.
6. This study also conclude that the tax reform does not have a significant impact to the efficiency of income tax collection system. The learning period needed to reach optimum condition need to be extended. It is therefore recommended that fundamental changes should be avoided. Efforts should continually be made on the improvement of the present system, both internally and externally. The internal improvement includes updating of rules and regulations, computerization of data system and procedures and staff development. External improvement includes, extensification program, law enforcement and integration with other supporting systems such as legal and accounting.
We hope that this study will benefit the readers and stimulate other more comprehensive studies to be made."
1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margaretha Harsono
"ABSTRAK
Dalam keadaan perekonomian yang makin membaik, secara teoritis makin banyak orang yang meningkat pendapatannya sehingga memiliki dana berlebih yang diharapkan disimpan dalam bentuk investasi. Bentuk investasi dapat berupa investasi langsung maupun investasi tak langsung yaitu dengan membeli saham . Masyarakat biasanya menyimpan kelebihan dananya dalam bentuk emas, tanah, tabungan atau deposito bahkan yang semarak akhir-akhir ini adalah membeli apartemen sebagai simpanan.
Kegiatan perdagangan saham sebenarnya telah diperkenalkan sejakjaman penjajahan Belanda dan sempat terhenti pada akhir Perang Dunia II. Sejak dihidupkannya kembali pasar modal di Indonesia pada tahun 1952 dan mengalami puncak perkembangannya di sekitar tahun 1990, hanya sedikit investor lokal yang terlibat dalam kegiatan bursa. Mungkin hal tersebut merupakan dampak dari kejadian historis di mana pada awalnya pasar modal hanya dibuka untuk kaum penjajah sendiri atau investor asing, juga ketika perusahaan beramai-ramai "go-public" ditahun 1988 kebanyakan saham ditawarkan kepada investor asing. Dengan demikian, aktifnya investor asing di pasar modal Indonesia bukan merupakan sesuatu yang baru.
Kebanyakan masyarakat masih ragu , apakah investasi dalam pasar modal dapat menguntungkan. Tentunya ada peluang yang menguntungkan; jika tidak maka investor asing juga tidak akan memasuki bursa efek Indonesia. Meskipun bagi investor asing kepemilikan saham telah dibatasi maksimum 49% dari total saham yang didaftarkan namun transaksi yang dilakukan oleh mereka masih jauh lebih banyak dari pada yang dilakukan oleh investor lokal. Kurangnya pengalaman investor lokal menyebabkan mereka hanya ikut-ikutan tindakan investor asing.
Menyongsong era globalisasi di mana batas antar negara seolah-olah tidak ada maka ketergantungan akan pihak asing kurang sehat bagi perkembangan bursa modal kita sendiri. Investor lokal harus mulai bangkit dan memahami pasar modal sebelum terlambat , antara lain bisa dengan mempelajari pola-pola pembelian yang dilakukan oleh investor asing. Dalam tesis ini telah dibuktikan dengan mengambil sampel saham bank bahwa saham-saham pilihan investor asing mempunyai potensi menguntungkan yang tinggi. Potensi tersebut mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dengan saham yang kurang diminatinya. Selanjutnya dari ciri-ciri risiko atau ukuran beta saham tidak terdapat perbedaan yang signifikan, artinya investor asing tidak memilih saham yang agresif ataupun defensif tetapi dalam menentukan pilihannya mereka lebih memperhatikan faktor risiko spesifik.
Mengingat keterbatasan variabel yang digunakan dalam penelitian ini maka untuk lebih memperdalam pengetahuan dalam pemilihan saham-saham unggul atau mempunyai potensi unggul di kemudian hari perlu penjabaran lebih rinci mengenai. unsur-unsur risiko spesifik mana yang lebih dominan atau mana yang harus lebih diperhatikan.
Selain perlindungan investor melalui Undang-Undang Pasar Modal; penguasaan pengetahuan tentang bidang yang akan dimasuki, dapat meyakinkan investor lokal bahwa investasi dalam bursa efek mempunyai prospek baik mengingat pasar modal Indonesia termasuk dalam "emerging market" yang sangat diminati oleh investor asing. Jika investor lokal tidak dapat memanfaatkan peluang yang baik ini maka investor asing akan lebih menikmati keuntungan yang seharusnya dapat dinikmati investor lokal. "
1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Rosaline Nindita Radyati
"ABSTRAK
Pada saat ini perekonomian dunia mengarah kepada perekonomian global sehingga muncul global financial market. Dengan demikian transaksi antar pelaku ekonomi negara-negara dengan mata uang, tingkat inflasi dan kebijakan moneter yang berbeda-beda perlu mengadakan penyesuaian-penyesuaian tertentu agar terjadi kondisi yang saling menguntungkan (win and win condition).
Perusahaan multinasional dalam melakukan perdagangannya selalu menggunakan mata uang asing. Perusahaan tersebut juga memiliki aktiva, kewajiban, pendapatan dan biaya yang nilainya sangat sensitif terhadap perubahan nilai tukar, tingkat bunga dan harga barang dan jasa. Dengan demikian jika nilai tukar berubah ke arah yang berlawanan dengan yang diharapkan, maka perusahaan dapat mengalami kerugian, jadi perusahaan menanggung resiko atas perubahan nilai tukar (currency exposure).
Banyak perusahaan-perusahaan mengatasi currency exposure dengan cara hedging. Tindakan hedging tujuannya adalah melindungi perusahaan dari penurunan nilai aktiva maupun pasiva dari kerugian akibat perubahan nilai tukar dengan cara memindahkan resiko dari satu individu atau perusahaan kepada individu atau perusahaan lain. Salah satu tindakan hedging yang paling umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan multinasional adalah dengan cara transaksi swap, khususnya currency swaps. Transaksi swap merupakan tindakan pembelian dan penjualan valuta asing pada waktu yang bersamaan, tetapi tanggal penyerahan yang berbeda. Sedangkan currency swap adalah persetujuan antara perusahaan dengan swap dealer atau bank untuk menukar dua jenis mata uang pada periode tertentu.
Transaksi swap sangat penting dalam interbank market dan transaksi ini makin berkembang dari tahun ke tahun. Menurut survey Bank of International Settlements, Switzerland, pada tahun 1992 transaksi swap mewakili 39% dari seluruh transaksi antar bank. Dalam melakukan transaksi swap, "harga' yang perlu diperhatikan adalah swap rate, yang merupakan selisih antara forward rate dan spot rate (forward rate - spot rate). Swap rate dapat berubah-ubah jika tingkat bunga berubah. Jika tingkat bunga suatu negara berubah menjadi lebih tinggi atau lebih rendah relatif terhadap tingkat bunga negara lain, maka swap rate juga dapat berubah. Karena dengan adanya perubahan tingkat bunga, maka selisih antara forward dan spot rate juga dapat berubah.
Pada kondisi keseimbangan pasar menurut teori Interest Rate Parity, perbedaan tingkat bunga pada dua negara besarnya sama dengan persentase perbedaan antara forward dan spot rate, yang disebut dengan forward premium/discount. Jika forward rate lebih tinggi nilainya dari spot rate, maka mata uang dalam kondisi forward premium, sedangkan jika lebih rendah disebut forward discount.
Jika tidak terjadi keseimbangan pasar, maka dapat dilakukan covered interest arbitrage, yakni tindakan para pelaku pasar valuta asing untuk mengambil keuntungan dari perbedaan antara interest differential dengan forward premium/discount. Contoh tindakan covered interest arbitrage jika terjadi kondisi perbedaan tingkat bunga antara dua negara lebih tinggi dari forward discount, adalah : para trader dapat meminjam uang pada negara dengan tingkat bunga lebih rendah dan menginvestasikannya pada negara dengan tingkat bunga lebih tinggi, kemudian mengkompensasi di pasar valuta asing melalui transaksi forward. Maka pendapatan yang diperoleh dari selisih tingkat bunga akan lebih besar dari discount mata uang tersebut.
"
1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes
"Pokok masalah penelitian ini ialah kinerja keuangan perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan pengaruh penggunaan hutang ketika terjadi fluktuasi tingkat bunga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan kinerja keuangan, pengaruh penggunaan hutang terhadap kemampulabaan perusahaan, dan hubungan peringkat antara harga saham per laba (PER) dengan tingkat kesehatan perusahaan publik di BEJ selama periode 1989-1993.
Data diperoleh dari laporan keuangan terutama neraca dan laporan laba-rugi dari perusahaan-perusahaan publik di BEJ, selain perusahaan-perusahaan asuransi, bank, dan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam jasa keuangan lainnya.
Variabel penelitian adalah Z Skor sebagai ukuran kesehatan perusahaan; Current Ratio yang menunjukkan tingkat likuiditas perusahaan; ROE dan ROI yang mengukur kemampulabaan perusahaan; Leverage Ratio yang memperlihatkan besarnya hutang perusahaan; dan PER yang umumnya digunakan pemodal sebagai patokan penilaian saham di BEJ.
Statistik deskriptif, analisis varians, analisis regresi, dan analisis peringkat Spearman digunakan dalam penelitian ini. Statistik deskriptif dan analisis varians memperlihatkan perkembangan kinerja keuangan perusahaan. Pengaruh penggunaan hutang dapat dilihat dari model regresi hasil penelitian. Hasil analisis korelasi peringkat Spearman menunjukkan pada umumnya tidak ada korelasi antara PER dan Z Skor.
Dengan asumsi-asumsi tertentu yang digunakan dalam penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan perusahaan publik belum mengalami peningkatan walaupun telah terjadi perubahan struktur modal selama periode 1989-1993."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Guntur Irianto
"Beberapa peneliti di beberapa negara yang meliputi Amerika, Eropa, Australia dan Asia telah menggunakan Model Lintner untuk mengestimasi Target Dividend Payout Ratio (TDPR) dan Speed of Adjustment (SOA). Sehubungan dengan hal di atas, penulis mencoba menerapkan Model Lininer di Indonesia untuk mengestimasi TDPR dan SOA dalam kurun waktu penelitian tahun 1986 sampai dengan 1993. Dari data yang diperoleh penulis mencoba mengelompokan kedalam 1) Periode, 2) Tingkat DER, 3) Tingkat Resiko dan 4) Jenis Industri.
* Hasil penelitian di Indonesia dibandingkan dengan hasil penelitian beberapa peneliti di luar negeri menunjukkan :
- Rata-rata SOA di Indonesia lebih besar dari rata-rata SOA hasil penelitian beberapa peneliti di luar negeri kecuali hasil penelitian Shelvin di Australia.
- Rata-rata TDPR di Indonesia lebih besar dari rata-rata TDPR hasil penelitian beberapa peneliti di luar negeri kecuali penelitian Roy dan Cheung di Amerika dan Ryan di Inggris.
* Hasil penelitian pada kurun waktu 1986 s/d 1989 dibandingkan kurun waktu 1990 s/d 1993 menunjukkan :
- Rata-rata SOA kurun waktu 1986 s/d 1999 lebih besar dari rata-rata SOA kurun waktu 1990 s/d 1993.
- Rata-rata TDPR kurun waktu 1986 s/d 1989 lebih besar dari rata-rata TDPR kurun waktu 1990 s/d 1993. Berdasarkan pengamatan penulis hasil tersebut disebabkan faktor dari dalam perusahaan :
Rata-rata DER kurun waktu 1986 s/d 1989 lebih rendah dari kurun waktu 1990 s/d 1993. Rata-rata ROE kurun waktu 1986 s/d 1989 lebih tinggi dari kurun waktu 1990 s/d 1993.
Faktor dari luar perusahaan :
- Pada kurun waktu 1986 s/d 1989 investor masih dividend oriented dan pendapatan bebas resiko relatif tinggi.
- Pada kurun waktu 1990 s/d 1993 investor telah capital gain oriented.
Hasil ini sekaligus MENERIMA HIPOTESA yang menyatakan bahwa TDPR perusahaan secara umum pada kurun waktu 1990 s/d 1993 lebih kecil dari TDPR kurun waktu 1986 s/d 1989.
* Hasil penelitian Kelompok DER Rendah dibandingkan Kelompok DER Tinggi menunjukkan :
Rata-rata SOA Kelompok DER Rendah lebih rendah dari rata-rata SOA Kelompok DER Tinggi.
Rata-rata TDPR Kelompok DER Rendah lebih tinggi dari rata-rata TDPR Kelompok DER Tinggi. Berdasarkan pengamatan penulis hasil ini disebabkan :
- Kelompok DER Rendah mempunyai kernampuan lebih tinggi dibandingkan Kelompok DER Tinggi dalam menjamin hutangnya dari laba yang diperoleh. Kemarnpuan menaamin hutang dari laba yang diperoleh dicerminkan oleh besarnya Ratio ROE Terhadap DER.
Hasil ini sekaligus MENERIMA HIPOTESA yang menyatakan bahwa TDPR Kelompok DER-Rendah lebih tinggi dari TDPR Kelompok DER Tinggi.
Hasil penelitian Kelompok Resiko Rendah dibandingkan Kelompok Resiko Tinggi.
Rata-rata SOA Kelompok DER Rendah lebih rendah dari Kelompok DER Tinggi.
Rata-rata TDPR Kelompok DER Rendah lebih rendah dari Kelompok DER Tinggi. Hasil ini bertentangan dengan pernyataan beberapa penulis yang menyatakan perusahaan yang mempunyai resiko (standard deviasi ROE) tinggi cenderung membagikan dividen yang rendah.
Dari pengamatan penulis hasil tersebut disebabkan pertimbangan tingkat DER dan tingkat ROE dalam menetapkan kebijaksanaan dividen di Indonesia lebih dominan dari pada pertimbangan tingkat resiko.
Hasil ini sekaligus MENOLAK HIPOTESA yang menyatakan bahwa TDPR Kelompok Resiko Rendah lebih besar dari TDPR Kelompok Resiko Tinggi.
Perbandingan hasil penelitian antar Kelompok Industri.
- Rata-rata BOA tertinggi adalah Kelompok Industri Lain-lain, disusul Kelompok Industri Manufaktur dan terendah adalah Kelompok Industri Keuangan.
- Rata-rata TDPR tertinggi adalah Kelompok Manufaktur, disusul Kelompok Industri Lain-lain dan terkecil adalah Kelompok Industri Keuangan.
Hasil ini disebabkan Kelompok Industri Manufaktur mempunyai Ratio ROE Terhadap DER terbesar disusul Kelompok Industri Lain-lain dan terkecil Kelompok Industri Keuangan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Elizabeth Tiur
"Pada Pembangunan jangka panjang Tahap yang ke II ini, telah disepakati bersama untuk memasukkan modal manusia sebagai variabel utama dalam memacu pembanguan. Unsur pendidikan menjadi unsur yang sangat penting bagi peningkatan sumber daya manusia untuk dapat memacu pembangunan seperti yang diungkapkan dalam paragraf diatas. Bila dilihat peranan Pendidikan didalam Pertumbuhan Ekonomi maka peranan tersebut dapat dikelompokkan kedalam 2 hal yaitu : (1 ) berperan dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dan yang ke (2) yaitu berperan dalam proses adopsi dan pengembangan teknologi. Peran yang pertama, menyiratkan bahwa dengan bertambahnya tingkat pendidikan tenaga kerja, maka kualitas tenaga kerja tersebut akan meningkat sehingga output yang dihasilkannyapun dapat meningkat baik dari segi kualitas serta kuantitasnya. Dengan hasil yang dicapai yang lebih tinggi tersebut maka produktivitas tenaga kerja pun menjadi semakin tinggi.
Peran yang kedua, menggambarkan bahwa perubahan teknologi baik melalui alih teknologi maupun penciptaan teknologi baru merupakan faktor penggerak utama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sedangkan pengembangan teknologi.hampir semuanya berlangsung rnelalui pendidikan formal. Oleh karena itu pengembangan teknologi hanya dimungkinkan dengan investasi dalam modal fisik dan dalam modal manusia. Penambahan modal fisik saja tanpa didukung dengan manusia yang berkualitas ( = terdidik ) tidak akan efektif.
Dengan alasan uraian diatas maka penelitian ini memilih topik bahasan mengenai Peranan Pendidikan didalam Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia dengan menggunakan pendekatan model TRANSLOG(Periode 1969 - 1993). Dari model penelitian yang digunakan tersebut dengan mengaplikasikan data Indonesia periode 1969 - 1993 atas variabel pendapatan Nasional, Kapital, Labor, Pendidikan Tenaga Kerja dan Teknologi diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:
1. Hasil print out model (1) sebelum restriksi Parameter variabel pendidikan dihasilkan sebesar 86,098 dengan t-statistik sebesar 0,94760; hal ini berarti setiap variabel pendidikan naik 1% akan menaikkan output sebesar 86,098% namun secara statistik hal ini tidak berarti.
2. Durbin Watson yang dihasilkan pada model (1) diatas sebesar 2,51. Sehingga jika ditest menggunakan tabel DW maka angka tersebut berada didaerah `Inconclusive' artinya tidak dapat disimpulkan adanya autokorelasi (=adanya hubungan antara error yang satu dengan error lainnya).
3. Hasil print out model (6) setelah restriksi. Parameter yang dihasilkan oleh variabel pendidikan sebesar 0,029 dengan t-statistik sebesar 0,1709 ; hal ini dapat digambarkan bahwa jika variabel pendidikan naik sebesar 1% maka output nasional akan naik sebesar 0,029 dan secara statistikpun berarti (= signifikan ).
Jika hasil print out ini dimasukan kembali kedalam model yang telah direstriksi (hanya menggunakan model 6 di halaman 59) diperoleh hash sbb:
In Y = 8,01 + 2,06 (Ink) - 1,14 (1nL) - 0,57 (D) (Ink) - 0,55 (Ink) (InH) (0,0000) (0,0007) (0,0020) (0,0068) + 0,074 (D) (InL) (LnH) + 0,03 (lnH)2 (Ink) (0,0049) (0,1709)
4. Elastisitas output terhadap variabel input Hasil yang diperoleh atas perhitungan Elastisitas output terhadap masing masing input variabel adalah sebagai berikut :
- Elastisitas terhadap Kapital (Rata-rata) = 0,94
- Elastisitas terhadap Labor (Rata-rata) = 0,05
- Elastisitas terhadap Pendidikan (Rata-rata) = 0,24
5. Hasil perhitungan elastisitas output terhadap input variabel Kapital, Labor dan Pendidikan masih berada dalam skala `decreasing return to scale" artinya setiap ada kenaikan input akan menghasilkan output dengan kenaikan yang tidak sebesar kenaikan inputnya.
6. Kondisi Optimum dapat dihitung dengan membuat grafik antara variabel output (=GDP) dihubungkan dengan variabel pendidikan, dimana gambarnya dapat dilihat pada lampiran 32.
Dengan menggunakan hasil Regresi yang diperoleh dari model yang ke (6), diperoleh fungsi sebagai berikut:
d ln Y = -0,56 (lnk) + 0,73 (D) (lnL) + 0,03 (lnH) (lnk) = 0 d ln Hc
maka diperoleh hasil kondisi optimum pada saat:
Pendidikan mencapai angka sebesar : angka indeks 22,6
Jika dilihat dalam data pendidikan periode 1969 - 1993, maka kondisi tersebut belum dicapai.
7. Acuan lainnya yang dapat digunakan menjadi bahan pemikiran berikutnya adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kependudukan U.G.M. - Jogjakarta yang disajikan didalam Harian Kompas tanggal 24.05.1995 menggambarkan Proyeksi Kebutuhan Tenaga Kerja Tahun 2000 adalah sebagai berikut :
Kebutuhan Tenaga Kerja pada tahun 2000
Pendidikan Menengah 33.000.000 Orang
Pendidikan Tinggi 6.000.000 Orang
Data tersebut belum dikontrol oleh variabel lainnya misalnya Harga.
Dari Data Pendidikan Tinggi yang bekerja sampai tahun 1993 baru mencapai jumlah 7.889.359 orang ( Bab. 3 Halaman 43). Maka total seluruh Perguruan Tinggi (baik Negeri maupun Swasta) diseluruh Indonesia berjumlah 1.171 buah (menurut Statistik Indonesia 1994, halaman 126), dan jika setiap tahun Perguruan Tinggi tersebut menghasilkan lulusan kurang lebih 1.000 orang lulusan, maka total lulusan Perguruan Tinggi sampai tahun 2000 nanti berjumlah 8.197.000 orang).
Target 6.000.000 orang lulusan Perguruan Tinggi pada tahun 2000 akan terlampaui, tetapi walaupun kebutuhan tenaga kerja akan lulusan Perguruan Tinggi telah tercapai hendaknya tetap dibuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat yang berminat menyelesaikan sekolah tingginya sebab dengan semakin banyaknya masyarakat yang dapat menyelesaikan pendidikannya sampai tingkat Perguruan Tinggi, maka tujuannya bukan saja memenuhi kebutuhan kerja tetapi untuk menciptakan lapangan kerja sendiri serta mengingat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari pendidikan, dan sesuai hasil perhitungan dalam kondisi optimum yang belum tercapai."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Hanny N.
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengujian empirik tentang pengaruh tingkat birokrasi organisasi terhadap kepuasan kerja. Disamping juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan faktor-faktor formalisasi, kompleksitas, sentralisasi dengan pelbagai tingkatan birokrasi, dan bagaimana hubungan antara variabel formalisasi, kompleksitas, sentralisasi dengan kepuasan kerja.
Landasan teori penelitian ini adalah teori organisasi dengan pendekatan makro dan mikro. Fokus pendekatan teori organisasi makro pada birokrasi organisasi yang diwakili dengan dimensi struktural organisasi dalam formalisasi, kompleksitas, dan sentralisasi. Sedangkan fokus pendekatan teori organisasi mikro pada kepuasan kerja.
Berdasarkan teori yang ada, organisasi dikatakan tinggi tingkat birokrasinya jika memiliki formalisasi, tinggi, kompleksitas tinggi, dan sentralisasi tinggi. Disamping juga bahwa organisasi dengan tingkat birokrasi tinggi akan mengakibatkan kinerja organisasi rendah. Kinerja organisasi dalam penelitian ini difokuskan pada kepuasan kerja.
Beberapa penelitian terdahulu mengkaji hubungan antara dimensi struktural organisasi terhadap kepuasan kerja. Namun penelitian-penelitian tersebut tidak secara khusus melihat hubungan birokrasi organisasi terhadap kepuasan kerja, kecuali secara parsial yaitu hubungan dimensi formalisasi, desentralisasi, kompleksitas terhadap kepuasan kerja.
Metodologi penelitian ini termasuk ex post facto, yaitu mengkaji hubungan antara variabel birokrasi organisasi yang diwakili dengan formalisasi, kompleksitas, dan sentralisasi, dengan variabel kepuasan kerja. Instrumen penelitian adalah kuesioner dengan model skala "Likert", yang bertujuan untuk memperoleh data primer. Disamping itu uji kuesioner telah dilakukan di suatu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Jumlah observasi penelitian adalah 131 responden. Teknik analisa data dengan menggunakan metode uji beda dua rata-rata, analisa korelasi, dan analisa regresi.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kepuasan kerja relatif tinggi pada organisasi dengan tingkat birokrasi rendah. Tingkat birokrasi yang diwakili oleh formalisasi, kompleksitas, dan sentralisasi ternyata lebih didominir oleh sentralisasi. Uji beda dua rata-rata membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hanya pada sentralisasi, selanjutnya analisa regresi membuktikan bahwa hubungan positip antara formalisasi dan kompleksitas dengan kepuasan kerja. Di pihak lain hubungan negatip antara sentralisasi dengan kepuasan kerja. Jika ketiga variabel digunakan secara bersama-sama maka kepuasan kerja yang dapat dijelaskan oleh variabel tersebut hanyalah sebesar 18,87%. Namun pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja diperoleh dan formalisasi dan sentralisasi dengan variabel lainnya sebagai variabel kontrol.
Temuan penelitian dapat menjadi masukan bagi organisasi secara umum, dengan kesimpulan bahwa tinggi/rendahnya formalisasi dan kompleksitas tergantung kepada karakteristik anggota organisasi. Disamping itu untuk memberi arti kontribusi 18,87% terhadap kepuasan kerja, pemahaman terhadap karakteristik organisasi diperlukan sebagai dasar untuk penetapan formalisasi, kompleksitas, dan sentralisasi.
Untuk lebih memperkuat hasil penelitian ini disarankan agar dikembangkan penelitian lanjutan antara lain studi yang mengkaji faktor lain yang mempengaruhi kepuasan kerja, studi hubungan antara gaya kepemimnpinan dan budaya organisasi terhadap birokrasi, dan studi komparasi birokrasi pada jenis organisasi yang berbeda.
"
1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Mangasi
"PENDAHULUAN
Aktivitas pemerintah secara langsung maupun tak langsung mempengaruhi secara positip peningkatan total output (PDB) negara melalui interaksinya dengan sektor swasta. Pemerintah menyediakan barang publik seperti jalan, pelabuhan, hukum dan lembaga sosial yang meningkatkan hubungan pertukaran dan produktivitas sosial dengan menjamin hak kepemilikan (Enforcement of Property Rights) (Muller, 1979). Selain itu pemerintah memiliki wewenang memindahkan atau mengatur eksternalities negatip. Pemerintah dapat menyediakan infrastruktur ekonomi guna memperlancar pertumbuhan ekonomi dan memperbaiki alokasi sumberdaya ekonomi (faktor produksi). Pembayaran transfer dapat membantu mengatur keseimbangan sosial dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja.
Perlindungan dari eksploitasi luar negeri dan pertahanan militernya juga meningkatkan keamanan modal yang akan dan telah ditanam. Pengeluaran pemerintah pada bidang kesehatan dan pendidikan akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas pekerja. Subsidi yang diberikan memperbaiki neraca pembayaran - bagi komoditi ekspor - dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.
Disisi lain pengaruh negatip pengaturan pemerintah dalam perekonomian antara lain melalui peningkatan penerimaan pemerintah (Government Revenue Raising) dan mekanisme transfer untuk peningkatan penerimaan pemerintah dapat mengakibatkan mis-alokasi sumber-sumber daya atau dis-insentip. Di samping itu adalah ketidakefisienan (inefisiensi) dalam penyediaan barang publik (Downs, 1959; Tullock, 1959; Oslon dalam Lin. S.A.Y,1994). Stigler (1971) mengatakan bahwa pengaturan ekonomi (Economic Regulation) ternyata dibuat untuk memperbaiki posisi masyarakat ,mapan (regulated), bukan untuk masyarakat umum. Selain itu pengeluaran untuk pertahanan dan keamanan memboroskan sumberdaya ekonomi, sementara pengeluaran pemerintah untuk hukum dan ketertiban umum mungkin pula disertai dengan penindasan. Dampak negatip ini mengurangi bahkan menghapus dampak positip pengaruh pemerintah pada pertumbuhan ekonomi. Pengeluaran untuk memperkecil perbedaan (gap) keahlian pekerja dapat menjadi tidak efektip dan salah arah. Peningkatan pada peningkatan kesejahteraan mengakibatkan dis-insentip dan ketergantungan para penerimanya, sedangkan untuk kesehatan dan infrastruktur meningkatkan biaya individu (private cost) melalui persaingan dengan sektor swasta dalam hal pembiayaannya.
"
1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Hasnawati
"ABSTRAK
Pasar modal memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Salah satu peran pasar modal adalah sebagai lembaga yang dapat melakukan pemupukan modal dan mobilisasi dana secara produktif. Sehubungan dengan itu pemerintah melakukan berbagai upaya mulai dari penyempurnaan peraturan pasar modal sampai pada peningkatan profesional dikalangan lembaga-lembaga terkait. Usaha mengaktifkan pasar modal Indonesia dilakukan dengan berbagai deregulasi. Pada akhirnya untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan pasar modal, maka pada tahun 1992 BEJ resmi dikelola oleh swasta.
Pasar modal akan berfungsi seperti yang diharapkan apabila pasar modal itu efisien. Dengan pasar modal efisien akan dapat lebih mendukung perkembangan ekonomi karena adanya alokasi dana dari sektor yang kurang produktif ke sektor yang lebih produktif. Dengan demikian tujuan nasional dapat tercapai. Begitu juga dengan pelaku pasar modal akan lebih mudah melakukan kebijakan dan pengambilan keputusan dengan tepat.
Tujuan pokok penelitian ini adalah pengujian efisiensi pasar modal dalam bentuk setengah kuat, setelah bursa efek jakarta dikelola oleh swasta. Dan pengujian tentang relevansi laporan keuangan tahunan emiten. Pasar modal dikatakan efisien dalam bentuk setengah kuat apabila harga-harga surat berharga yang berlaku benar-benar telah mencerminkan seluruh informasi yang tersebar luas, sehingga tidak satupun investor dapat memperoleh abnormal return dengan menggunakan informasi yang ada tersebut. Dan apabila pasar modal bersifat efisien dalam bentuk setengah kuat, dengan tersebar luasnya informasi baru, nilai surat berharga seharusnya bereaksi cepat dengan menyesuaikan ke tingkat harga yang baru. Untuk menguji efisiensi pasar modal bentuk setengah kuat, dipergunakan model pertaruhan wajar/fair game model (Weston & Copelland, 1986).
Pengujian relevansi laporan keuangan tahunan emiten, dimaksudkan untuk mengetahui apakah harga-harga surat berharga bereaksi pada saat informasi tersebut disebarluaskan. Apabila ada penyesuaian harga-harga berarti berita tersebut berisi informasi relevan. Pengujian relevansi laporan keuangan tahunan emiten, dipergunakan metode statistik dengan menggunakan uji proporsi.
Data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini diambil dari Bursa Efek Jakarta, Bapepam, harian surat kabar, majalah dan lembaga-lembaga lain yang terkait. Data tersebut meliputi Indeks Harga Saham Individu, Indeks Harga Saham Gabungan, dividen saham selama perusahaan tercatat di bursa, laporan keuangan tahunan emiten, harga saham, tanggal emiten menerbitkan laporan keuangan dan lain sebagainya. Kriteria pertama yang dipertimbangkan dalam penentuan sampel adalah saham-saham yang listing sebelum tahun 1991.
Tahapan penelitian yang dilakukan untuk menguji efisiensi pasar modal dengan menggunakan fair game model melalui duo tahap. Tahap pertama menghitung tingkat hasil pengembalian saham (Rj), dan tahap kedua adalah menghitung tingkat hasil pengembalian yang diharapkan (RR) dengan menggunakan market model. Sebelum masuk tahap kedua regresi yang digunakan untuk menghitung tingkat hasil yang diharapkan diuji dengan menggunakan metode statistik. Melalui uji ini terpilih 95 saham yang significant secara statistik. 95 saham yang terpilih dikelompokan lagi menjadi dua kelompok yaitu portofolio saham-saham berita buruk dan portofolio saham- saham berita baik, masing-masing sebanyak 56 dan 39. Pengujian efisiensi pasar modal dilakukan melalui penghitungan Abnormal Performance Index (API). Dengan nilai API sebesar 5,670 dapat disimpulkan, pasar modal indonesia belum memenuhi syarat efisiensi bentuk setengah kuat. Abnormal return yang positif dalam suatu pasar modal diakibatkan oleh adanya insiders trading yang masih mendominasi perdagangan saham (Seyhun, 1984). Selain faktor tersebut tidak efisiennya pasar modal kita juga disebabkan oleh adanya distribusi informasi yang tidak merata.
Pengujian relevansi laporan keuangan tahunan dilakukan dengan menggunakan data 95 saham dalam pengujian efisiensi pasar modal, yang telah dikelompokan menjadi dua kelompok portofolio. Melalui uji proporsi diperoleh kesimpulan bahwa laporan laba tahunan emiten tidak berisi informasi relavan. Sehingga pada saat laporan keuangan tersebut diumumkan tidak mempengaruhi harga-harga saham. Temuan ini dapat lebih menegaskan kesimpulan pertama, Selanjutnya dengan pengujian yang sama ditemukan bahwa, saham-saham baik dalam kelompok portofolio berita baik maupun buruk ternyata memberikan abnormal return yang tidak berbeda nyata (positif). Berdasarkan pengujian ini dapat disimpulkan bahwa pasar modal indonesia secara keseluruhan masih mampu memberikan return yang lebih baik dari pada alternatif investasi lain.
Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukan bahwa pasar modal di Indonesia masih belum memenuhi syarat efisiensi bentuk setengah kuat. Tidak efisiennya pasar modal Indonesia diakibatkan oleh adanya insiders trading yang masih mendominasi perdagangan saham. Keadaan ini didukung oleh strategi konglomerasi yang dilakukan emiten. Kode etik pelaku pasar modal masih sering dilanggar, sehingga informasi emiten yang dipublikasikan tidak diperhatikan para investor. Dipihak lain kemampuan analis saham dan investor belum mampu mencerna informasi yang tersebar luas."
1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   2 3 4 5 6 7 8 9 10 11   >>