Deskripsi Lengkap :: Kembali

UI - Tesis (Membership) :: Kembali

UI - Tesis (Membership)

Strategi media televisi dalam membentuk nasionalisme bangsa : studi kasus tayangan pertandingan sepakbola timnas Indonesia pada kejuaraan Piala AFF 2010 yang disiarkan langsung oleh RCTI

Nomor Panggil T-pdf
Pengarang
Pengarang lain/Kontributor
Subjek
Penerbitan [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Program Studi
Kata Kunci :  
 Info Lainnya
Pengarang
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik xv, 128 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Catatan Bibliografi page 121-128
Naskah Ringkas
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  •   File Digital: 1
  • Ulasan
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-20-087486537 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20503980
ABSTRAK

Sikap nasionahsme dapat tumbuh karena berbagai faktor yang
mempengaruhi, antara lam ideologi pohtik, budaya modem, persatuan dan
kesatuan, cmta tanah air, kehidupan sosial (social life), globahsasi gaya hidup
(life style), dan lain-lain Salah satu cara untuk membentuk nasionalisme adalah
dengan memanfaatkan media televisi untuk menayangkan pertandmgan sepakbola
antar negara yang didalamnya terdapat unsur nasionalisme, heroisme, patriotisme,
mental, fanatisme, bahkan sifat sportifitas pemam dan penonton Penelitian
bertujuan untuk mengetahui strategi RCTI dalam menank dukungan terhadap
Indonesia pada Piala AFF 2010 dalam rangka membentuk nasionalisme.


Metode penelitian yang digunakan adalah kuahtatif dengan studi kasus
tayangan pertandingan sepakbola Timnas Indonesia pada kejuaraan Piala AFF
2010 yang disiarkan langsung di RCTI Adapun data penelitian diambil melalui
wawancara dengan 13 mforman yang terkait dengan penelitian Selain
menggunakan data primer juga digunakan data sekunder yang terdin buku-buku
laporan, penelitian yang relevan, serta benta-berita terkait studi penelitian.


Berdasarkan analisa penelitian strategi RCTI dalam tayangan kejuaraan
Piala AFF 2010 dengan cam menciptakan social life baru di masyarakat dengan
tim sepakbola nasional sebagai iconnya, serta menayangkan simbol-simbol negara
antara lain lagu, lambang dan bendera kebangsaan Apa yang dilakukan RCTI
tersebut sejalan dengan teon Banal Nasionahsm menurut Michael Bilhg, dan
berhasil menarik dukungan masyarakat terhadap Indonesia. Penelitian an juga
memperkuat teon nasionalisme Emes Geilner bahwa nasionalisme terdiri dan dua
faktor, ideologi politik dan budaya modem, hal mi sigmfikan dengan keadaan
globahsasi.


Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa strategi RCTI dalam penayangan
tersebut sejalan dengan dua teon nasionalisme yang digunakan dan dapat
membentuk nasionalisme secara positif kepada masyarakat pemirsa. Walaupun
pada kenyataannya tujuan utama media televisi swasta adalah untuk mendapatkan
outcome lebth dan apa yang ditargetkan Prestasi Tunnas yang akhirnya menjadi
isu positif dan bermuara pada tumbuhnya rasa memthlu bangsa, cmta bangsa, rasa
kebanggaan, serta terbentuknya nasionalisme bangsa, dan pada akbirnya
menciptakan ketahanan nasional.

ABSTRACT

The act of nationalism can grow from many different factors, such as
ideology politic, modem culture, union aid unity, love to the nation, social life,
globalisation, life style, etc One of the ways to create nationalism is by taking
advantage telivision for adverstismg an international soccer match that contains
nationalism, heroism, patriotism, mental, fanatism, even the personality to be a
fair player for everyone who watch the soccer match for man/women The
purpose of this research to know the strategy of RCTI at actractmg the support for
Indonesia at AFF cup 2010 to create theire nationalism.


The research methode that was usen is kualitatif at the study case of soccer
channel that show the national team of Indonesia playing AFF cup 2010 that was
showed live by RCTI, if there s a research data that was taken by interviewing 13
informants that connected to the research Besides using primary data, the
researcher also use secondary data that companse report book, relevant
researches also news that is related to the research.


Base of the analysis of research, RCTI strategy at channeling the AFF cup
2010 is by creating a new social life at the society with soccer national team as the
icon, also they show the nation symbols, such as the national song, symbol, and
the nationality flag What RCTI is doing is the same with the theory of banal
nationalism from Michael Billig opinion, and making the theory stronger, Ernes
Galiner that the nationalism is divided into two parts of faktor, ideology politic
and the modem culture, this things show the significant with the globalisation.


The conclusion of the research shows that the strategy of RCTI at
adverstismg is following that 2 theory of nationalism that was used and could
create the form of nationalism positivly to the citizen who watch this channel
Eventhough at the reality the main purpose of national TV channel is to get an
outcome more that it was targeted The achivement of the national soccer tern that
was finally becammg a positive issue and the source at the growth of the feelings
to have the nation, love to the nation, the proud feeling, and the creation of
nationalosm at the society and at the end creating the nationalism.